Penyebab Rem Cakram Motor Macet dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Cakram Motor Macet dan Cara Mengatasinya - Satu di antara bagian terpenting dari kendaraan motor adalah rem. Pada masa kini, rem jenis cakram motor ialah jenis rem yang berjibun digunakan. Situasi tersebut diakibatkan rem cakram memiliki da…

Satu di antara bagian terpenting dari kendaraan motor adalah rem. Pada masa kini, rem jenis cakram motor ialah jenis rem yang berjibun digunakan. Situasi tersebut diakibatkan rem cakram memiliki daya peranan yang lebih cespleng daripada dengan rem umum atau rem jenis tromol.


Kegunaan rem bagi kendaraan bermotor benar-benar sangat penting, sebab alat ini yang didayagunakan untuk menangkal atau memutuskan laju kendaraan. Namun bagaimana bahwasanya alat ini menghadapi gangguan, semacam seret atau macet? tentu saja keadaan ini dapat berakibat fatal bila tidak segera diperbaiki.


Fungsi Rem Cakram

Fungsi dari rem sungguh sama untuk semua jenis yang ada, yaitu untuk mengakhiri laju kendaraan. Alat ini betul-betul penting, terutamanya pada saat keadaan mendesak, misalnya kendaraan kudu berhenti tiba-tiba, untuk meluputkan tabrakan di depan, atau karena alasan lain.


Dengan demikian, maka amat jelas, peran alat ini amat penting. Dapat dibayangkan, saat kendaraan melaju dengan kencang, dan tiba-tiba di depan ada kendaraan yang berhenti. Maka jalan satu-satunya ialah perlu mengakhiri laju kendaraan biar gak berlangsung kecelakaan.


Rem kendaran motor sendiri ada dua jenis, adalah rem tromol dan rem cakram. Kedua jenis rem ini mendapati tugas yang sama, adalah untuk menutup laju kendaraan bermotor. Di dalam keadaan ini rem bakal menutup putaran roda kendaraan.


Cara kerja dari rem adalah dengan menjalankan gesekan pada roda yang sedang berputar. Gesekan timbul bila tuas rem ditarik alhasil rem bakal berhimpitan dengan roda kendaraan juga membuat gesekan. Gesekan tersebut bakal memicu putaran roda menjadi melambat dan akhirnya berhenti.


Macam-macam Rem

Sebagaimana disebutkan, ada dua jenis kendaraan motor yang dikenal. Merupakan rem tromol juga rem biasa. Perbedaan antara kedua jenis rem tersebut yakni bertempat pada daya maupun vitalitas yang dihasilkan untuk mengakhiri laju roda kendaraan yang sedang berputar.


Rem tromol mendapati potensi yang lebih kecil. Rem ini lazim digunakan pada kendaraan motor keluaran lama. Rem tromol dilengkapi dengan kampas rem, ialah bagian rem yang langsung bergesekan dengan bagian roda kendaraan. Didalam pemeliharaannya kampas rem bisa aus serta mesti diganti bila udah habis.


Jenis rem yang satunya yakni rem cakram. Disebut rem cakram sebab alat ini dilengkapi dengan bagian yang disebut cakram. Cakram motor sendiri berbentuk piringan, dan dengan alat ini, rem akan menangkal laju roda kendaraan yang sedang berputar.


Piringan cakram pada rem cakram ini mendapati daya gesek yang kuat. Situasi ini yang menimbulkan rem cakram mendapati kemahiran yang lebih baik ketimbang dengan rem biasa. Dengan alasan ini, rem cakram lebih dominan digunakan, karena dianggap lebih aman juga manjur bagi kendaraan.


Penyebab Rem Macet

Banyak peristiwa kecelakaan yang timbul yang diakibatkan oleh rem motor gak berfungsi. Penyebab pertama, rem tiba-tiba blong juga tak mampu mengakhiri putaran roda saat tuas rem ditarik. Penyebab lain, rem tiba-tiba macet, juga tak sanggup kembali ke posisi semula sesudah tuas rem ditarik.


Akibat dari rem macet ini, roda tidak dapat kembali berputar biarpun tuas rem udah dilepas. Situasi ini disebabkan kampas rem masih senantiasa menempel pada bagian roda, walhasil roda tidak sanggup berputar. Akibat lainnya, kendaraan menjadi terasa berat saat berjalan maupun didorong.


Penyebab rem macet ini muncul beberapa macam. Penyebab lazim yang lazim terjadi adalah dikarenakan kotoran yang berapit pada rem, alhasil mengakibatkan rem gak bertugas secara optimal. Lebih lengkapnya, penyebab rem macet yakni sebagai berikut.


Kotoran

Kotoran yakni penyebab fundamental dari rem yang macet atau seret. Kotoran ini umumnya berasal dari debu yang masuk serta akhirnya menempel pada bagian piringan rem.


apabila debu ini gak segera dibersihkan, maka bakal membuat rem cakram jadi seret serta lama-kelamaan dapat menyebabkan rem macet.


Karat

Hampir sama dengan debu dan kotoran, karat lazimnya diperoleh pada bagian piringan rem. Akibat yang ditimbulkan juga sama, rem motor jadi seret, serta akhirnya akan macet.


Kampas Rem

Kampas rem ialah bagian luar dari rem. Kampas rem ini nantinya yang akan berapit langsung pada roda kendaraan saat tuas rem ditarik. Tujuan dari penerapan kampas rem ialah untuk meninggalkan gesekan langsung antara piringan cakram serta bagian roda kendaraan.


Karena bergesekan langsung dengan bagian roda, kampas rem bakal aus juga habis. Akibatnya rem tak akan berfungsi sempurna, serta bakal mengakibatkan suara berdecit pada saat tuas rem ditarik. Pada saat itu, kampas rem wajib diganti dengan yang baru untuk mencegah keadaan rem blong.


Rem macet juga dapat dipicu oleh kampas rem yang masih baru dipasang. Penyebab lainnya yaitu pemasangan kampas rem yang gak pas serta bisa juga suku cadang tidak asli. Itulah sebabnya, disarankan, pemasangan kampas rem atau rem diimplementasikan oleh ahlinya di bengkel resmi, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.


Cara memecahkan Rem Macet

Untuk menangani rem cakram motor yang macet, sebenarnya tak terlalu sulit. Tapi sungguh-sungguh dibutuhkan kejelian dan kesabaran, sebab muncul sejumlah bagian yang wajib dibuka juga dilepas.


Alat yang dipakai untuk membersihkan juga gampang didapatkan. Cukup memakai sabun cair, sikat gigi, serta pelumas.


Tetapi untuk membersihkan rem yang macet, seharusnya dipahami terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, pembersihan juga penanganannya dapat lebih tepat. Teknik memecahkan rem macet sendiri secara lazim diantaranya sebagai berikut.


Rem Macet sebab Kotoran

Rem macet yang diakibatkan oleh kotoran atau debu, teknik mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Kotoran umumnya berapit pada master rem motor, maka bagian tersebut yang hendaklah dibersihkan. Metode membersihkannya adalah


  1. Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut.
  2. Semprot bagian celah piston kecil juga komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan memanfaatkan campuran air dan sabun cuci piring cair.
  3. Pasang kembali kaliper semacam semula. Pastikan kaliper terpampang pada posisi yang betul

Rem seret karena karat

Untuk memecahkan rem macet akibat karat, tentu saja yaitu dengan membersihkan karat tersebut. Penyebab timbulnya karat piringan rem di dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Metode menanggulangi rem seret karena karat ialah sebagai berikut


  1. Buka kaliper pada piringan cakram. Sehabis lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih.
  2. Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menunggangi grease ataupun gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.

Rem seret sebab kampas habis maupun salah pemasangan

Untuk menanggulangi rem seret karena kampas rem habis ataupun salah pemasangan, satu-satunya jalan yakni dengan mengusung ke ahlinya yakni bengkel. Kampas rem yang habis diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya seyogianya digelar di bengkel.


Rem seret benar-benar sangat mengganggu dan juga membahayakan. Untuk itu, persoalan rem seret ataupun cakram motor macet, seyogianya segera dicarikan jalan timbulnya adalah dengan mengunjungi bengkel terdekat untuk diselenggarakan pengecekan dan mengerti lebih lanjut keadaan motor yang sungguh.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement