Pengertian Kunci Momen Torque Wrench

Kunci momen ataupun kunci torsi yaitu satu di antara perkakas paling bermanfaat didalam urusan otomotif. Komponen mesin kendaraan gak akan dapat dirangkai secara baik tanpa memakai kunci torsi tersebut. Yuk, simak penjelasan berikut ini sehingga sobat Transkerja tahu lebih bahana berkenaan kursi torsi ini.

Pengertian Kunci Momen


Kunci momen ataupun torsi yakni kunci jenis SST yang lazim ditemukan di bengkel-bengkel kendaraan bermotor. SST (Special Service Tools) adalah peralatan yang khusus dirancang untuk merakit komponen otomotif dan alat ini tidak dapat diganti dengan alat-alat lainnya.

Biasanya, kunci torsi berbentuk bulat memanjang. Ujung bagian atasnya berbentuk pen yang nantinya bakal ditancapkan ke kunci shock. Sedangkan di ujung bagian bawah dekat gagang pegangannya kedapatan suatu penyetel momen.

Penyetelan tersebut dapat disesuaikan dengan kekencangan yang dibutuhkan. Ukuran kekencangan pada kunci tersebut nantinya bakal ditunjukkan didalam bentuk angka.

Fungsi Kunci Momen


Selain didayagunakan untuk mengeratkan mur dengan baut, kunci torsi umumnya juga diperlukan sebagai alat pengukur kekencangan baut maupun mur. Dengan memanfaatkan kunci torsi ini, sahabat Transkerja bisa mengerti berapa nilai kekencangan yang paling betul pada baut dan mur.

Mur ataupun baut memang udah disertai dengan nilai kekencangannya masing-masing, hanya saja gak semua baut juga mur yang dipancangkan dengan erat itu bagus. Di sejumlah keadaan, ada juga ditemui baut serta mur yang malah mendapati kerusakan sekiranya dipasang terlalu erat.

Dalam situasi inilah kunci torsi betul-betul diperlukan. Dengan kunci torsi, mur juga baut dapat terpatok dengan baik dan sesuai, enggak terlalu kendor ataupun terlalu erat.

Berkat kunci tersebut, tingkat kekencangan keduanya tak juga dapat mengakibatkan baut atau mur ulir alhasil dol ataupun sampai-sampai patah. Tugas kunci momen tersebut amat bermanfaat sekali bukan?

Jenis Kunci Momen


Kunci torsi mempunyai jenis yang cukup banyak, akan tetapi jenis yang paling berjibun ditemukan yakni yang bermodel klik. Mau tahu apa saja jenis kunci torsi yang lainnya? Berikut bakal diuraikan secara lengkap berkenaan apa saja jenis kunci torsi.

Deflecting Beam Torque Wrench


Deflecting beam torque wrench yaitu satu di antara jenis kunci torsi yang memakai jarum sebagai penunjuk nilai kekencangannya. Bentuk dari kunci ini semacam pedang dengan kunci soket di satu di antara ujungnya juga jarum di ujung yang lainnya.

Jarum yang ada pada kunci torsi tersebut nantinya bakal bergerak sesuai besaran momen mur juga baut. Alat ini sebenarnya sangat gampang digunakan, tetapi posisi bacanya perlu dilakukan dengan seksama hendaknya tidak keliru.

Dial Indicator Torque Wrench


Jenis kunci torsi yang satu ini memakai dial indicator untuk menerangkan besaran momen pengencangannya. Seiring dengan pengencangan yang dilakukan, jarum pada dial indicator akan bergerak mengindikasikan skala tertentu.

Tingkat kecermatan yang dipunyai oleh dial indicator torque wrench terbilang cukup tinggi. Kejelian yang dapat dicapai berkisar antara 0.01 sampai 0.001 mm. Kunci torsi jenis dial indicator biasanya dimanfaatkan pada industri otomotif.

Pneumatic Torque Wrench


Pneumatic torque wrench adalah kunci torsi yang menggunakan tekanan udara didalam mengencangkan baut dan mur. Alat yang satu ini berlimpah dimanfaatkan oleh baut-baut yang menginginkan pengencangan besar.

Kunci torsi pneumatik mempunyai getaran yang sangat sedikit juga akurasi yang betul-betul baik pula. Kesanggupan yang dipegang berkisar antara 118 Nm sampai 47,600 Nm. Udara yang mendapati kompresi yaitu sumber tenaga dari kunci torsi pneumatik ini.

Hydraulic Torque Wrench


Hydraulic torque wrench adalah kunci torsi yang menggunakan tenaga hidrolik didalam proses pengencangan bautnya. Superioritas dari kunci momen jenis yang satu ini ialah bobotnya ringan serta ukurannya lebih kecil.

Click Type Torque Wrench


Kunci torsi gaya klik amat gampang digunakan. Nilai kekencangan bisa disesuaikan tanpa wajib meninjau jarum indikatornya. Nilai kekencangan juga cuma mampu dikenal melalui bunyi klik. Jadi, ketika pengencangan udah sampai pada skala yang diinginkan, kunci bakal berbunyi `klik`.

Namun, kunci torsi ini kudu diatur ukuran momennya terlebih dahulu sebelum digunakan. Click type torque wrench dapat dijabarkan sebagai kunci torsi yang handal dan sungguh-sungguh akurat.

Digital Torque Wrench


Digital torque wrench terbilang sebagai kunci torsi yang canggih. Macam mana tidak? skala baca pada kunci yang satu ini dipenuhi secara digital. Dengan demikian, kesalahan didalam membaca bisa dikurangi.


Cara Memakai Kunci Momen


Cara kerja kunci torsi sebenarnya hampir sama dengan kunci pada lazimnya. Tetapi, perbedaan kunci momen dengan yang lainnya ada pada indikator ukur di dekat gagang pegangannya.

Biar kamu lebih paham lagi gimana cara memakai kunci torsi, mari simak ulasannya di bawah ini.

Longgarkan Mur Penyetel


Langkah pertama yang wajib sobat Transkerja tunaikan untuk memakai kunci torsi adalah melonggarkan mur penyetelnya. Seumpama mur udah dilonggarkan, maka seterusnya Anda perlu menggeser skala kekencangan mur.

Geser sampai jarum berada pada angka yang diinginkan. Nilai kekencangan mur satu dengan yang lainnya kudu ditata sama sehingga enggak rusak karena tegangan yang berbeda.

Kunci Batas Beban


Jika mur penyetel udah berhasil dilonggarkan, maka yang harus sahabat Transkerja tunaikan seterusnya adalah mengunci batas beban. Penguncian tersebut bisa dimanifestasikan dengan mengencangkan mur pengunci. Dengan demikian, batas beban akan terkunci.

Gunakan Kunci umum untuk Mengencangkan Mur dan Baut


Fungsi kunci momen sungguh untuk mengencangkan baut juga mur. Hanya saja, pakai pula kunci umum di awal pengerjaan. Andaikan mur dan baut telah agak mengencang, baru kamu gunakan kunci torsi untuk lebih menguatkannya.

Pasang Kunci Soket

Sebelum memakai kunci torsi untuk mengencangkan baut serta mur, kunci soket perlu dipasang terlebih dahulu. Silahkan kamu pasang kunci soket yang sebelumnya udah disesuaikan ukurannya dengan baut maupun mur ke kunci torsi.

Masukkan Mur maupun Baut ke Kunci Soket


Langkah seterusnya yakni memasang kunci soket ke baut maupun mur yang udah sesuai ukurannya. Masukkan baut ataupun mur tersebut ke kunci soket melalui lubang yang termuat pada ujung kunci torsi.

Namun, terlebih dulu kawan-kawan Transkerja pasang mur maupun baut ke benda yang hendak dieratkan. Baru kemudian kamu bisa memasukkan baut ataupun mur tersebut ke kunci soketnya.

Putar-Putar Kunci Torsi


Langkah terakhir dari metode menggunakan kunci torsi adalah memutar-memutar kunci tersebut searah dengan jarum jam.

Putar-putar kunci torsi sampai pada nilai kekencangan yang diinginkan. Bila kawan-kawan Transkerja memakai tipe klik, maka putar-putar kunci torsi sampai ada bunyi `klik`.

Sedikit catatan, kalau mur ataupun baut yang hendak dikencangkan mempunyai momen puntir yang besar, sepantasnya Anda buat secara bertahap. Semisal pengencangan baut yang mempunyai momen sebesar 8 kg, maka kudu dilakukan secara bertahap, yakni bermula dari 4 - 6 - 8 kg.

Kunci momen sungguh-sungguh merupakan peranti terutama di dalam pekerjaan di industri otomotif.

Masing-masing mesin pun mendapati standar kekencangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pakai kunci torsi untuk mengeratkannya supaya baut dan mur tak mendapati kerusakan.