Memahami Transmisi Mobil dan Cara Menggunakannya

Ketika membeli kendaraan, pembeli lazimnya disodorkan pada 2 seleksian transmisi, yaitu mau manual maupun otomatis. Dua-duanya punya kekhususan yang berbeda walhasil pemakaiannya pun berbeda.


Dikawasan perkotaan, rakyat kita lebih meminati transmisi otomatis sebab situasi jalan raya yang padat. Tetapi untuk di tempat yang jalan rayanya enggak begitu padat dan memiliki medan yang menantang, transmisi manual sedang jadi favorit. Keduanya alternatif transmisi ini mempunyai kelebihan masing-masing.


Transmisi manual mendapat sejumlah superioritas semisalnya semacam lebih terjangkau bahan bakar, sebab pengemudi dapat mengatur putaran mesin tatkala berkendara. Tatkala mengadakan perpindahan transmisi dengan benar pada putaran mesin maka pendayagunaan bahan bakar bakal lebih hemat. Belum juga harga mobil transmisi manual lazimnya lebih terjangkau.


Sementara transmisi otomatis memiliki keunggulan gampang digunakan. Bagi orang biasa juga belajar mengendarai mobil otomatis bakal terasa lebih gampang. Surplus lainnya yakni nyaman digunakan, tak lekas bikin capek,serta tak repot menggeser transmisi kala perjalanan.


Selanjutnya keadaan yang wajib dilaksanakan serta gak boleh dilakukan pada masing-masing bentuk transmisi.


Transmisi Manual


 1. Tatkala parkir di daerah yang jalan miring (naik/turun), jangan cuma menggantungkan rem parkir (tangan) saja lantaran dicemaskan rem parkir kurang pakem. Pindahkan (masukkan) tuas transmisi ke gigi satu supaya lebih aman dan mobil enggak merosot.


2. Tidak membiasakan satu di antara tangan selalu berada di tuas transmisi selama perjalanan. Mengemudi dengan satu tangan lebih berbahaya karena reflek lebih lambat untuk menangani setir.


3. Tatkala di lampu merah, enggak memasukkan gigi juga menahan kopling sambil menunggu lampu hijau. Posisikan tuas transmisi di netral dan lepas injakan kaki di pedal kopling sambil kaki kanan tentu menginjak rem. Selain faktor keamanan, teknik ini juga sanggup membuat kampas kopling lebih awet.


4. Gak pernah mengemudi dengan membendung kopling. Ketika mobil udah melaju serta gigi udah masuk, lepaskan kaki dari pedal kopling juga atur gas sesuai kecepatan. Metode ini mampu membuat kampas kopling lebih awet.


Transmisi Otomatis


1. Tidak adanya pedal kopling bikin transmisi otomatis cuma memiliki pedal gas serta rem. Kala mulai melaju, gak langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Injak secara perlahan serta melaju dengan kecepatan yang semakin meningkat.


2. Gak memposisikan tuas transmisi di 'N' (Netral) ketika melampaui jalan menurun. Biarkan di posisi 'D' (Drive) supaya mobil tentu terkontrol dengan baik. Untuk sejumlah kendaraan, kala jalan menurun posisikan transmisi pada gigi 3 atau bahkan 2 (dibawah 'D'), supaya saat menurun, kecepatan ditahan pada gigi tersebut.


3. Tidak secara tiba-tiba berpindah dari 'D' ke 'R' (Reverse) tatkala sedang melaju. Berikan jeda sebagian saat di netral sebelum berpindah walhasil mobil tentu aman serta tidak merusak gir boks.


4. Kala di lampu merah, selayaknya posisikan tuas transmisi di 'N'. Biarkan selalu di posisi 'D' sambil menunggu lampu hijau dengan posisi kaki menginjak pedal rem untuk mencegah laju mobil.


5. Tidak memindahkan tuas transmisi ke 'P' (Parking) ketika mobil masih melaju. Pastikan kendaraan sudah sepenuhnya berhenti, baru pindahkan ke posisi 'P'.


Pengertian Transmisi


Transmisi ialah satu di antara dari sistem pemindah tenaga dari mesin ke diferensial,seterusnya keporos axle yang menyebabkan roda dapat berputar juga menggerakan sebentuk kendaraan.


Demikian ini berlangsung agar bisa berfungsi menangkap variasi momen serta kecepatan sesuai dengan keadaan jalan dan kondisi pembebanan, yang lazimnya dengan mengeksploitasi perbandingan-perbandingan roda gigi juga untuk mereduksi putaran alhasil diperoleh kesesuaian tenaga mesin dengan beban kendaraan.


Fungsi Transmisi


Fungsi transmisi adalah untuk mengatur perbedaan putaran antara mesin dengan putaran poros yang keluar dari transmisi. Pengaturan putaran ini dimaksudkan supaya kendaraan bisa bergerak sesuai beban juga kecepatan kendaraan.


Sistem transmisi adalah satu di antara komponen sistem penyediaan air bersih yang bertugas untuk mengalirkan air dari sumber air ke reservoir air serta instalasi dokumentasi air, juga dari reservoir air ke reservoir air lainnya.


Transmisi merupakan satu di antara bagian dari sistem pemindah tenaga yang bertugas untuk memperoleh variasi momen juga kecepatan sesuai dengan keadaan jalan serta kondisi pembebanan yang biasanya menggunakan patokan roda gigi.


Prinsip dasar transmisi merupakan bagaimana memperbaiki kecepatan putaran suatu poros jadi kecepatan putaran yang di inginkan. Gigi transmisi bertugas untuk mengatur tingkat kecepatan juga momen mesin sesuai dengan keadaan yang dialami sepeda motor “Boentarto, 1994”.


Dalam sebentuk rangkaian transmisi kedapatan komponen-komponen pendukung diantaranya transmission case, shift fork, input shaft, counter gear, gigi percepatan, hub sleave, sinkronizer ring/singkromes, reverse gear, main bearing, output shaft, extension housing.


Transmisi adalah proses pengakutan penjelasan dari satu titik ke titik lain dalam suatu jaringan, jarak antar titik mampu sangat jauh. Mampu terdapat melimpah elemen jaringan yang terkorelasi, demikian elemen ini disinggungkan oleh koneksi yang disediakan oleh sistem transmisi.


Jenis-Jenis Transmisi


Adapun macam-macam tipe dari transmisi antara lain:


Transmisi Manual


Pengertian transmisi manual yakni transmisi yang didayagunakan pada kendaraan bermotor yang memakai clutch atau kopling. Transmisi jenis ini dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan torsi mesin berangkat transmisi juga pemindah gigi yang dioperasikan memakai tangan atau kaki.


Cara kerja dari transmisi manual serta komponen-komponennya ialah bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan di dalam hal ini dimaknakan sebagai sistem yang berperan mengatur tingkat kecepatan didalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga “engine” ke roda kendaraan.


Transmisi Otomatis


Selain tipe trasmisi manual, juga ada transmisi otomatis, pengertian transmisi otomatis yakni transmisi yang menggarap perpindahan gigi percepatan secara otomatis, transmisi yang didayagunakan ialah transmisi otomatis V-belt “CVT”.


Arti dari CVT yakni sistem transmisi daya dari mesin mendatangi ban belakang dengan menunggangi sabuk yang merangkaikan antara primary sliding shave dengan primary vixed shave memakai prinsip gaya gesek “Daryanto, teknik otomotif, 1985”.


Transmisi Semiotomatis


Pengertian transmisi semiotomatis yakni transmisi yang mengerjakan perpindahan gigit percepatan tanpa menginjak kopling.


Komponen Transmisi


Berikut ini ditemukan beberapa komponen transenden transmisi, terdiri atas:


Main Gear


Main gear tersemat pada main shaft dengan perantara bearing. Jumlah main gear tergantung dengan jumlah tingkat kecepatan yang muncul dari transmisi. Peran main gear untuk membikin gear ratio bersama-sama dengan counter gear sesuai dengan tingkat kecepatan.


Counter Gear


Terdiri dari sebagian gear yang disatukan, melimpahnya gear tergantung dengan melimpahnya tingkat kecepatan. Peran dari counter gear untuk mengalihtugaskan putaran dari input shaft (main drive gear), ke main gear sekaligus bikin gear ratio.


Reverse Idler Gear Shaft


Reverse idle terpatok pada reverse idle gear. Gear ini berperan untuk menyatukan counter gear dengan main reverse gear walhasil main reverse gear berputar berlawanan dengan input shaft (main drive gear).


Input Shaft


Input shaft transmission disatukan dengan main drive gear yang berperan untuk mengalihtugaskan putaran dari clutch ke counter gear.


Main Shaft


Main shaft bertugas sebagai output transmission sekaligus lokasi pemasangan main gear dan hub set antara main shaft dengan input shaft transmission bisa berputar bebas, sebab dihubungkan dengan perantara bearing.


Interlock System


Dalam pengopersian transmisi, setiap tingkat kecepatan cuma boleh terbentuk satu gear yang masuk (satu sleeve hub yang berkaitan dengan main gear), sebab setiap main gear mendapati gear ratio yang berbeda. Untuk maksud tersebut pada transmisi di pasang interlock system.