Memahami Fungsi Gardan Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Memahami Fungsi Gardan Pada Mobil dan Cara Kerjanya - Saat berkendara, laju kendaraan bakal mengusung kamu kemanapun melalui jalan lurus, belok kanan ataupun kiri, menanjak atau menurun, itu semua karena peran diferential maupun yang biasa disebut garda…

Saat berkendara, laju kendaraan bakal mengusung kamu kemanapun melalui jalan lurus, belok kanan ataupun kiri, menanjak atau menurun, itu semua karena peran diferential maupun yang biasa disebut gardan mobil yang berada pada bagian bawah mobil. Baik pada bagian roda depan atau belakang.


Kenyamanan didalam berkendara yaitu sejenis tanggung jawab bagi setiap kendaraan. Oleh karena itu, semua teknologi atau komponen yang ada pada mobil perlu kontributif pada kenyamanan.


Maintenance mobil kali ini bakal mempelajari lebih dekat berkenaan apa itu gardan mobil, fungsinya, dan komponen-komponen bernilai yang ada di dalamnya.


Apa itu Gardan Mobil?

Sebagai bagian dari perakitan gandar depan dan / atau belakang, diferensial atau gardan memainkan peran integral dalam bagaimana mobil berubah. Diferensial dirancang untuk menggerakkan sepasang roda sambil memungkinkan mereka memutar pada kecepatan yang berbeda. Fungsi ini menyediakan rpms proporsional antara roda kiri dan kanan.


Misalnya, ketika kendaraan mengelilingi sudut, roda di luar harus menempuh jarak lebih cepat daripada roda di bagian dalam. Diferensial mendistribusikan jumlah torsi yang sama dengan kedua roda. Ini memungkinkan roda untuk bereaksi terhadap resistensi, atau memberikan traksi, untuk memberi roda lebih banyak resistensi untuk memutar lebih sedikit dengan lebih banyak perlawanan berputar lebih cepat.


Beberapa kendaraan, seperti Go-Karts, tidak dilengkapi dengan diferensial. Dalam hal ini, kedua roda mengemudi dipaksa untuk memutar dengan kecepatan yang sama, biasanya pada gandar umum yang digerakkan oleh aparatus rantai sederhana. Kendaraan penggerak roda depan dirancang berbeda di dalam as roda dan perakitan diferensial terletak di perakitan gandar transmisi atau transumxle.


Apa Fungsi Gardan Pada Mobil

Seperti sebagian besar komponen kendaraan, masing-masing memiliki tugas tertentu yang membantu menjaga kendaraan tetap bergerak. Anda mungkin pernah mendengar tentang diferensial kendaraan tetapi apa itu dan apa fungsinya?


Fungsi baku dari gardan mobil ataupun differential mobil ini adalah untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilakn oleh mesin kendaraan teman-teman mendatangi roda – roda penggerak, yang sebelumnya tenaga putar ini diseliratkan ke sistem kopling, transmisi, batang propeller dan seterusnya ialah gardan mobil.


Gardan mobil bakal membagi putaran dari transmisi ke roda kiri dan kanan sesuai dengan kualifikasi kendaraan.


Misalnya, saat mobil berbelok maka putaran roda kanan dan roda kiri mesti dibagi putarannya sesuai dengan keadaan. Sebab jika putaran setiap roda sama pada saat berbelok, maka bisa dipastikan ada satu sisi roda yang slip (berputar diatas jalan akan tetapi tidak jalan) yang mengadakan ban bakal cepat habis.


Fungsi gardan mobil

  • Jadi pembeda putaran roda sebab terkait ketika mobil berbelok. Saat mobil berbelok, maka jarak tempuh roda belakang kanan serta kiri berbeda. Keadaan ini menggarap putaran kedua roda wajib dibedakan.
  • Sanggup meneruskan tenaga putaran dari propeller ke axle.
  • Mengganti arah di dalam power flow.
  • Bisa menaikkan momen putaran output sebab final gear yang ada di gardan efektif untuk menambah momen puntiran propeller shaft.

Mengapa Gardan Diperlukan?

Diferensial adalah sistem gearing yang memungkinkan roda luar untuk berputar lebih cepat daripada roda bagian dalam saat berbelok. Ini penting ketika kendaraan berubah, menyebabkan roda bergerak di luar kurva putaran untuk meluncur lebih jauh dan lebih cepat dari yang lain.


Kecepatan rotasi rata-rata dua roda mengemudi mirip dengan kecepatan rotasi input dari poros penggerak. Peningkatan kecepatan satu roda seimbang dengan pengurangan kecepatan yang lain.


Komponen Gardan Mobil juga Fungsinya

Inilah sebagian komponen berharga yang ada didalam gardan mobil juga fungsi-fungsinya :


  1. Bearing: Atau lazim menyebutnya laher, bertugas sebagai lokasi dudukan bagi komponen yang berputar.
  2. Diffrential Carrier: Diffrential Carrier berperan sebagai hunian rumah ataupun wadah, pelindung, serta juga wilayah menempelnya komponen - komponen gardan.
  3. Ring Gear: Ring gear berperan menerima putaran dari drive pinion yang seterusnya diteruskan ke side gear.
  4. Drive Pinion: Berfungsi sebagai komponen penerima putaran esensial pada diffrential yang seterusnya diteruksan ke ring gear. Banyak orang menyebutnya sebagai gigi nanas karena bentuknya mirip sekali dengan nanas yang terkupas.
  5. Side Gear: Side gear atau gigi samping yang ada pada diffrential sebanyak 2 Pcs. Komponen inilah yang meneruksan putaran ke roda melalui poros axle shaft.
  6. Diffrential Pinion Gear: Diffrential pinion gear bentuknya menyerupai side gear, akan tetapi lebih kecil sedikit. Letaknya yang berapit pada kedua side gear befungsi untuk mengatur putaran side gear kiri serta kanan sesuai dengan situasi kendaraan.

Cara Kerja Gardan Mobil

Gardan ialah komponen berguna dalam mobil, tetapi bagaimana cara kerja gardan mobil? Gardan benar-benar mempunyai peran krusial didalam meneruskan tenaga mesin di bagian poros roda. Teknik kerja gardan mobil dibagi di dalam beberapa tahap sesuai dengan kualifikasi ban. Cara kerja komponen ini tampak berbeda ketika mobil berjalan lurus juga belok. Mari memahami cara kerjanya lebih dalam.


1. Ketika Mobil Berjalan Lurus

Saat mobil berjalan dengan posisi setir sedang lurus ke depan, maka tenaga putar yang dihasilkan dari propeller shaft dapat masuk didalam pinion drive gear. Seterusnya langsung disangkutkan didalam ring gear dengan mata gigi yang mempunyai jumlah lebih besar. Inilah yang memproduksi RPM pada ring gear lebih rendah dibandingkan RPM pinion drive gear. Walaupun begitu, torsinya tentu bertambah.


Selanjutnya, putaran pada bagian ring gear bakal diteruskan ke differential case. Mengapa begitu? karena kedua komponen tersebut saling berkaitan.


Untuk differential case sendiri yaitu rangka yang ada dalam rangkaian side gear serta pinion. Dari posisi ini, poros pinion bertumpu di sisi differential case. Kemudian kedua ujung poros diletakkan ke dua gigi pinion yang sungguh telah berdekatan dengan dua side gear.


Kondisi ini mempersiapkan aliran putaran pada differential case bakal berangkat ke poros pinion, lalu ke pinion gear, hingga tiba di side gear. Komponen pinion gear yang sanggup berputar didalam poros pinion membikin roda kiri dan kanan terpantau beda dari sisi putarannya. Akan tetapi sebab posisi setir lurus, beban roda sebelah kiri dan kanan jadi sama. Dengan begitu, pinion cuma melanjutkan putaran ke side gear dari case.


2. Ketika Mobil Berbelok

Jika mobil kamu berbelok, semacam ke sebelah kiri, maka roda di sisi bagian di dalam menerima tahanan putar pada roda depan yang mendapati perubahan arah. Kualifikasi ini menyodorkan perbedaan berat antara side gear A dan B. Dapat juga disebut kalau side gear roda kiri lebih berat dibandingkan side gear roda kanan.


Alhasil, pinion gear bakal berputar akibat perbedaan berat pada side gear. Side gear sebelah kanan mempunyai putaran lebih cepat. Inilah yang mempersiapkan putaran roda kiri dan kanan berbeda.


Saat pinion gear membedakan putaran, arah berputar keduanya jadi saling berlawanan. Lantaran sebab posisi kedua pinion gear saling berlawanan membikin sudut 90 derajat dari arah side gear.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement