Memahami Cara Kerja Kipas Radiator Pada Mobil

Memahami Cara Kerja Kipas Radiator Pada Mobil - Pada setiap jenis kendaraan, ada beberapa bagian penting dan krusial yang semuanya bekerja sama untuk menjaga semuanya berjalan dan beroperasi dengan lancar. Tanpa komponen vital tersebut, mobil tida…

Pada setiap jenis kendaraan, ada beberapa bagian penting dan krusial yang semuanya bekerja sama untuk menjaga semuanya berjalan dan beroperasi dengan lancar. Tanpa komponen vital tersebut, mobil tidak akan bisa tampil maksimal. Mari kita lihat salah satu bagian mobil yang lebih penting: Yup...kipas radiator.

Apa fungsi dari kipas radiator?

Pada dasarnya, kipas radiator meniupkan udara yang lebih dingin melalui radiator untuk menurunkan suhu cairan pendingin dan mendinginkan panas dari mesin mobil.

Jelas, ketika mesin berjalan, itu menghasilkan panas. Panas itu harus diuraikan agar mesin tidak mengalami panas berlebih atau menjadi terlalu panas.

Mesin yang terlalu panas jelas bukan hal yang baik dan perbaikan dapat dengan cepat menjadi sangat mahal! Jauh lebih murah untuk mengatasi kipas radiator yang rusak daripada menunda dan menghadapi masalah yang jauh lebih besar.

Saat kendaraan bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi, aliran udara melalui kisi-kisi cukup untuk mendinginkan mesin. Namun, ketika mobil bergerak pada kecepatan yang lebih lambat, kipas radiator harus menyala untuk membantu menjaga mesin tetap dingin karena tidak cukup udara yang mengalir melalui kisi-kisi ke mesin.

Di masa lalu, kipas yang digerakkan oleh mesin sangat populer. Namun, jenis kipas ini memiliki satu kelemahan yang sangat signifikan. Saat sangat dibutuhkan, mereka cenderung melambat. Ini benar karena kipas menurunkan kecepatan putarannya saat mobil tidak bergerak atau mulai melambat. Akhirnya, ini membuka jalan bagi keberadaan radiator pendingin elektrik sebagai pengganti yang lebih baik untuk kipas yang digerakkan oleh mesin.

Apa saja jenis-jenis kipas radiator?

Umumnya kipas radiator tidak bekerja dengan sendirinya. Kipas ini dikenal sebagai komponen penting dari keseluruhan sistem pendingin kendaraan tertentu. Agar mobil benar-benar bekerja dengan lancar, semua bagian harus bekerja dengan benar dan tanpa cacat. Ada berbagai jenis kipas radiator: elektrik fan dan manual.

Elektrik fan digunakan untuk membantu kinerja mesin dan membantu mengurangi emisi. Mereka menggunakan sensor komputer yang mendeteksi kapan mereka perlu dihidupkan untuk mendinginkan mesin. Kipas manual terhubung ke puly penggerak mesin. Saat mesin beroperasi pada suhu yang lebih tinggi, kopling kipas termo merasakan panas radiator dan mengaktifkan kipas radiator.

Di mana letak kipas radiator?

Kipas radiator terdapat di antara mesin dan radiator, meskipun beberapa kipas radiator terdapat di bagian depan atau anterior radiator. Kipas elektrik terdapat di bagian depan radiator dan disebut juga sebagai “kipas pendorong”. Kipas pendorong ini menerima udara yang masuk melalui area gril. Akhirnya, mereka mendorong udara yang lebih dingin ke area radiator.

Kipas radiator yang terdapat di bagian belakang atau disebut sebagai “kipas penarik”. Mereka berfungsi untuk menarik udara dari kisi-kisi yang termuat pada radiator.

Baca juga: Penyebab Kerusakan Pada Kipas Radiator

Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement