Klakson Mobil Mati? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Penyebab klakson mobil enggak bunyi melimpah faktornya juga yang mesti kejadian ini amat menjengkelkan. Pada saat klakson pada kendaraan tiba-tiba mati, tidak sedikit orang yang malah mengabaikannya. Padahal, adanya klakson mendapati tugas yang amat esensial pada sebagian kondisi, contohnya untuk memberi peringatan pada pengendara lain.


Klakson terdiri elemen yang berharga didalam kendaraan, gak melulu pada mobil saja pada kendaraan lain juga perannya terbilang penting. Walhasil saat klakson ini mati, penggunanya wajar seandainya bingung saat kepingin mendahului kendaraan yang ada di depannya. Terlebih lagi seandainya menemui ibu-ibu yg acap kali salah didalam menekan lampu sein, klakson ini betul-betul membantu.


Hanya saja sekiranya klakson rusak dan waktu yang benar harus menggunakannya, apakah akan berteriak memberi tanda? pasti tidak! Itulah sebabnya kamu harus segera memperbaiki klakson yang enggak berbunyi. Hendaknya tahu jelas, ayo ingat penyebab juga juga cara mengendalikan klakson mobil mati di bawah ini:


Penyebab Klakson Mobil Mati


Jangan abaikan keadaan sulit klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ingat dulu penyebab serta metode memecahkan klakson yang mati berikut ini!


1. Sekering klakson


Sekring yaitu satu di antara elemen yang bertugas mengamankan rangkaian listrik supaya mobil enggak kelebihan muatan maupun daya. Ketik klakson pada mobil gak bunyi, maka kalian bisa mencurigai sekring sebagai penyebab utamanya. Karena saat sekring mendapati kerusakan maupun kabel terputus, keadaan ini berpengaruh tentang sistem kelistrikan juga klakson. Akibatnya, saat kalian menekan tombol klakson, suara akan melemah sampai-sampai dapat saja sama sekali gak berbunyi.


Biasanya, letak sekring ini berada di bagian sisi mobil. Komponen ini mempunyai warna yang bening kayak plastik dengan bentuk menyerupai garpu. Untuk membereskan kerusakan ini kalian dapat membeli sekring dengan yang baru.


2. Switch klakson yang bermasalah


Penyebab klakson mobil yang enggak bunyi saja karena adanya enigma pada switch kendaraan. Berada di tombol klakson, bagian ini berkaitan langsung dengan setir kendaraan. Supaya klakson dapat bertugas kembali, kalian wajib memperbaiki switch yang bermasalah ini dengan membuka setir mobil.


Untuk membongkar bagian setir ini seyogianya kalian jalankan di bengkel terpercaya. Karena jika belum ahli, dapat saja kalian terkena tinju airbag saat membongkar setir.


3. Kabel penghubung klakson rusak


Klakson terdiri dari berbagai ragam komponen pendukung yang membuat kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya dapat cukup besar. Satu di antaranya yaitu komponen kabel penghubung. Cukup berjibun hal yang mengundang problem pada kabel. Sejumlah di antaranya, yaitu:

  • Terkena jamur.
  • Terjadinya korosi.
  • Putus.
  • Terjadi korsleting.

Cara paling simpel untuk meninggalkan klakson mobil mati adalah dengan mengecek bagian ini secara teratur. Membuat pembersihan kabel lalu memasangnya kembali dapat menjadi solusi pencegahan.


Bila terlanjur bermasalah, maka langsungkan pengetesan terminal memakai alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti tumbuh kerusakan pada kabel.


4. Kesulitan pada relay klakson


Tidak semua mobil benar-benar dilengkapi dengan peranti relay. Sekiranya mobilmu memilikinya, dapat menjadi satu di antara penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.


Hampir mirip dengan sekring, relay juga memiliki peranan di dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri merupakan sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.


Masalah yang acap kali timbul pada relay merupakan terkena kotor maupun air. Pertama, kamu dapat mengecek dan menyelenggarakan pembersihan pada bagian ini. Bila terbentuk kerusakan pada relay, segeralah mengadakan penggantian. Tenang saja, penggantian ini enggak bakal memakan melimpah biaya, kok.


5. Klakson menghadapi kerusakan


Klakson yang enggak berbunyi bisa saja sebab kualifikasi klakson itu sendiri yang kondisinya tak bagus lagi sampai-sampai rusak. Kalian dapat membuat tes dengan pemberian arus listrik. Ikuti langkah berikut ini:

  • Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.
  • Pasang kabel jumper untuk menyatukan satu di antara ujungnya pada terminal baterai positif serta yang lainnya pada klakson.
  • Saat sahabat Transkerja menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat juga segera lepaskan kawat jumper dari klakson.
  • Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil menghadapi kerusakan.

Dengan demikian, yang kudu kamu kerjakan yaitu mengangkat mobil ke bengkel untuk mengganti ataupun memperbaiki klakson.


6. Persoalan pada airbag setir


Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir bisa menjadi sumber problem serta penyebab klakson mobil mati. Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan didalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula sewaktu bagian ini mendapati kerusakan.


Untungnya, andaikata airbag menghadapi kerusakan, bakal ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, kawan-kawan Transkerja pun dapat langsung memahami penyebab klakson mati juga langsung melangsungkan penanganan.


Itulah tadi penjelasan terhadap penyebab klakson mobil mati serta metode penanganannya. Ingat, sekiranya tidak dapat memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga pembahasan di atas bermanfaat.