Klakson Mobil Enggak Bunyi? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Klakson Mobil Enggak Bunyi? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya - Saat klakson mobil mati, berjibun orang menjurus mengabaikannya. Padahal, kendatipun jarang dipakai, kehadiran klakson akan menjadi betul-betul berguna di sejumlah kesempatan, semacam untuk menyodork…

Saat klakson mobil mati, berjibun orang menjurus mengabaikannya. Padahal, kendatipun jarang dipakai, kehadiran klakson akan menjadi betul-betul berguna di sejumlah kesempatan, semacam untuk menyodorkan peringatan di depan mata.


Sebaliknya, saat ini kehadiran klakson sesekali waktu kali untuk menegur maupun “marah-marah” saja saat di jalan. Andaikata disadari, peran transenden klakson yang sungguh untuk memberi penjelasan pada orang maupun kendaraan untuk menyodorkan jalan maupun memerbikan peringatan.


Terdapat sejumlah jenis klakson pada kendaraan yang mampu kita temui. Semacam klakson umum yang berbunyi tin, klakson keong dengan suara yang sedikit lebih keras. Klakson bus dengan bunyi tulalit, hingga klakson pada mobil polisi yang kualitas bunyinya tidak sama dengan kendaraan lain. Nah, apapun jenisnya, klakson pada kendaraan senantiasa saja bisa menghadapi kerusakan juga wajib segera kalian perbaiki. Sebab berkendara tanpa memakai klakson cukup merepotkan. Lebih lanjut, berikut ini deretan penyebab klakson mobil tidak bunyi.


Penyebab Klakson Mobil Mati


Jangan abaikan permasalahan klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ingat dulu penyebab dan metode menangani klakson yang mati berikut ini!


1. Sekering klakson


Sekring yakni salah satu elemen yang bertugas mengamankan rangkaian listrik supaya mobil tak kelebihan muatan maupun daya. Ketik klakson pada mobil tak bunyi, maka kalian dapat mencurigai sekring sebagai penyebab utamanya. Karena saat sekring menghadapi kerusakan maupun kabel terputus, hal ini berpengaruh berkenaan sistem kelistrikan juga klakson. Akibatnya, pada saat kalian menekan tombol klakson, suara bakal melemah malahan dapat saja sama sekali tak berbunyi.


Biasanya, letak sekring ini berada di bagian sisi mobil. Komponen ini mendapati warna yang bening semacam plastik dengan bentuk menyerupai garpu. Untuk menanggulangi kerusakan ini kalian dapat membeli sekring dengan yang baru.


2. Switch klakson yang bermasalah


Masalah yang berlangsung pada switch mobil pun dapat menjadi penyebab klakson mogok berbunyi. Bagian switch ini berada pada tombol klakson serta berhubungan dengan setir mobil.


Untuk membongkar bagian setir ini sepantasnya kalian kerjakan di bengkel terpercaya. Karena jika belum ahli, dapat saja kalian terkena tinju airbag saat membongkar setir.


3. Kabel penghubung klakson rusak


Klakson terdiri dari bermacam ragam komponen pendukung yang menyusun kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya dapat cukup besar. Satu di antaranya yaitu komponen kabel penghubung. Cukup berlimpah hal yang membangkitkan enigma pada kabel. Sebagian di antaranya, yaitu:

  • Terkena jamur.
  • Terjadinya korosi.
  • Putus.
  • Terjadi korsleting.

Cara paling simpel untuk meninggalkan klakson mobil mati yaitu dengan mengecek bagian ini secara rutin. Mengerjakan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali dapat menjadi solusi pencegahan.


Bila terlanjur bermasalah, maka buat pengetesan terminal memakai alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti terbentuk kerusakan pada kabel.


4. Relay Klakson yang Bermasalah


sungguh tidak semua mobil mempunyai perkakas relay. Tetapi andaikata kendaraan kalian memilikinya kemungkinan penyebab klakson pada mobil enggak dapat bunyi berasal dari relay ini. Relay mempunyai peranan yang hampir sama dengan sekring didalam hal kelistrikan mobil. Komponen ini berfungsi sebagai jembatan yang merangkaikan antara arus listrik dengan baterai pada mobil.


Biasanya persoalan yang kerap kali tumbuh pada Relay adalah karena kondisinya yang kotor atau usang. Supaya klakson mobil bisa mengeluarkan bunyi lagi, kalian dapat membersihkan bagian yang kotor ini. Tetapi bila kenyataannya Relay sudah rusak, segeralah kerjakan penggantian dengan yang baru.


5. Klakson menghadapi kerusakan


Nah, misalkan gak berlangsung kerusakan pada relay ataupun sekring, kemungkinan besar justru klakson mobil yang keadaannya jelek. Supaya dapat mengerti penyebab sebenarnya, lakukanlah tes dengan menyodorkan arus listrik. Metode untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek yaitu sebagai berikut:

  • Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.
  • Pasang kabel jumper untuk menyatukan satu di antara ujungnya pada terminal baterai positif serta yang lainnya pada klakson.
  • Saat teman-teman Transkerja menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat juga segera lepaskan kawat jumper dari klakson.
  • Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil menghadapi kerusakan.

Dengan demikian, yang wajib teman-teman Transkerja tunaikan merupakan mengangkat mobil ke bengkel untuk mengganti maupun memperbaiki klakson.


6. Komplikasi pada airbag setir


Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir dapat menjadi sumber dilema juga penyebab klakson mobil mati. Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan didalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula saat bagian ini menghadapi kerusakan.


Untungnya, apabila airbag menghadapi kerusakan, bakal ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, kamu pun bisa langsung memahami penyebab klakson mati dan langsung melancarkan penanganan.


Itulah tadi penjelasan terhadap penyebab klakson mobil mati serta cara penanganannya. Ingat, apabila tidak dapat memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga pembahasan di atas bermanfaat.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement