Kenapa Klakson Mobil Tidak Bunyi? Bisa Jadi Penyebabnya Karena Ini

Saat klakson mobil mati, berjibun orang menjurus mengabaikannya. Padahal, walaupun jarang dipakai, kehadiran klakson bakal menjadi sangat berguna di sejumlah kesempatan, kayak untuk menyodorkan peringatan di depan mata.


Klakson mencakup elemen yang berarti di dalam kendaraan, enggak cuma pada mobil saja pada kendaraan lain juga perannya terbilang penting. Walhasil saat klakson ini mati, penggunanya wajar andaikan bingung saat kepingin mendahului kendaraan yang ada di depannya. Terlebih lagi apabila menemui ibu-ibu yg acap kali salah didalam menekan lampu sein, klakson ini sangat membantu.


Terdapat sejumlah jenis klakson pada kendaraan yang sanggup kita temui. Kayak klakson umum yang berbunyi tin, klakson keong dengan suara yang sedikit lebih keras. Klakson bus dengan bunyi tulalit, hingga klakson pada mobil polisi yang individualitas bunyinya tak sama dengan kendaraan lain. Nah, apapun jenisnya, klakson pada kendaraan tentu saja bisa mendapati kerusakan dan kudu segera kalian perbaiki. Karena berkendara tanpa memakai klakson cukup merepotkan. Lebih lanjut, berikut ini deretan penyebab klakson mobil tak bunyi.


Penyebab Klakson Mobil Mati


Jangan abaikan problem klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ingat dulu penyebab dan cara membereskan klakson yang mati berikut ini!


1. Kerusakan pada Bagian Sekring


Sekring adalah konstituen yang berperan mengamankan rangkaian listrik supaya mobil tak kelebihan muatan ataupun daya. Ketik klakson pada mobil gak bunyi, maka kalian bisa mencurigai sekring sebagai penyebab utamanya. Karena saat sekring mendapati kerusakan ataupun kabel terputus, hal ini berdampak berkenaan sistem kelistrikan juga klakson. Akibatnya, saat kalian menekan tombol klakson, suara akan melemah malahan dapat saja sama sekali tak berbunyi.


Biasanya, letak sekring ini berada di bagian sisi mobil. Komponen ini mempunyai warna yang bening kayak plastik dengan bentuk menyerupai garpu. Untuk menanggulangi kerusakan ini kalian dapat membeli sekring dengan yang baru.


2. Switch klakson yang bermasalah


Masalah yang tumbuh pada switch mobil pun dapat menjadi penyebab klakson mogok berbunyi. Bagian switch ini bertempat pada tombol klakson juga berhubungan dengan setir mobil.


Untuk membongkar bagian setir ini sepantasnya kalian tunaikan di bengkel terpercaya. Karena jika belum ahli, bisa saja kalian terkena tinju airbag saat membongkar setir.


3. Kabel penghubung klakson rusak


Klakson terdiri dari beraneka ragam komponen pendukung yang menyusun kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya dapat cukup besar. Satu di antaranya ialah komponen kabel penghubung. Cukup berlimpah hal yang membangkitkan dilema pada kabel. Sejumlah di antaranya, yaitu:

  • Terkena jamur.
  • Terjadinya korosi.
  • Putus.
  • Terjadi korsleting.

Cara paling praktis untuk menghindari klakson mobil mati adalah dengan mengecek bagian ini secara teratur. Menjalankan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali bisa menjadi solusi pencegahan.


Bila terlanjur bermasalah, maka langsungkan pengetesan terminal memakai alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti tumbuh kerusakan pada kabel.


4. Relay Klakson yang Bermasalah


Tidak semua mobil sungguh dilengkapi dengan alat-alat relay. Bila mobilmu memilikinya, bisa menjadi satu di antara penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.


Hampir mirip dengan sekring, relay juga memiliki tugas di dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri ialah sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.


Masalah yg kerap kali berlangsung pada relay yaitu terkena kotor maupun air. Pertama, kamu dapat mengecek juga menyelenggarakan pembersihan pada bagian ini. Bila tumbuh kerusakan pada relay, segeralah menyelenggarakan penggantian. Tenang saja, penggantian ini tak akan memakan berjibun biaya, kok.


5. Klakson mendapati kerusakan


Nah, misalkan enggak timbul kerusakan pada relay maupun sekring, kemungkinan besar justru klakson mobil yang keadaannya jelek. Supaya bisa mengerti penyebab sebenarnya, lakukanlah tes dengan menyodorkan arus listrik. Teknik untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek merupakan sebagai berikut:

  • Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.
  • Pasang kabel jumper untuk menyambung satu di antara ujungnya pada terminal baterai positif dan yang lainnya pada klakson.
  • Saat kamu menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat juga segera lepaskan kawat jumper dari klakson.
  • Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil menghadapi kerusakan.

Dengan demikian, yang perlu kamu jalankan merupakan mengangkat mobil ke bengkel untuk mengganti maupun memperbaiki klakson.


6. Persoalan pada airbag setir


Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir bisa menjadi sumber keadaan sulit dan penyebab klakson mobil mati. Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan didalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula pada saat bagian ini mendapati kerusakan.


Untungnya, bila airbag mendapati kerusakan, akan ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, kamu pun dapat langsung mengerti penyebab klakson mati serta langsung menggarap penanganan.


Itulah tadi ulasan terhadap penyebab klakson mobil mati juga teknik penanganannya. Ingat, seandainya tidak bisa memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga keterangan di atas bermanfaat.