Jenis-Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui - Belakangan ini tugas lampu mobil enggak cuma sebagai penerang saja. Namun telah berkembang jadi perlengkapan yang memoles penampilan kendaraan. Ada melimpah jenis lampu mobil yang mampu dijadikan seb…

Belakangan ini tugas lampu mobil enggak cuma sebagai penerang saja. Namun telah berkembang jadi perlengkapan yang memoles penampilan kendaraan. Ada melimpah jenis lampu mobil yang mampu dijadikan sebagai pilihan, baik fungsi pokoknya untuk penerang maupun dimanfaatkan untuk aksesoris tambahan.


Seluas yang diketahui orang mengenal lampu kendaraan cuma pada peran utama. Bertepatan dengan pertumbuhan zaman, terutama di dunia otomotif, terdapat berlimpah dijumpai jenis lampu untuk mobil. Peran dari lampu kendaraan pun juga bermacam-macam. Apa saja jenis juga peranan lampu mobil? Berikut ini pembahasannya.


Mengetahui Beragam Lampu Mobil


Perkembangan teknologi sememangnya udah sedemikian pesat. Keadaan tersebut berpengaruh pada berbagai macam bidang, mencakup diantaranya juga pada dunia otomotif. Beragam kecanggihan teknologi turut memberi imbas pada perkembangan dunia otomotif.


Kalau  dahulu orang mempunyai sebuah mobil merupakan sebagai prasarana kebutuhan transportasi, belakangan ini peranan mobil udah berubah. Kadang seseorang membeli mobil cuma untuk semacam koleksi saja. Akibatnya, hal ini juga berimbas pada teknik orang merawat juga memakai mobil tersebut.


Memiliki mobil sebagai pelayanan transportasi, maka kelengkapan  komponen mobil tentu saja  juga sebatas pada harapan sebagai alat transportasi. Namun lain halnya bila peran mobil yakni sebagai koleksi, maka bagian yang ditambahkan lebih pada nilai artistik atau kecantikan selain tugas utama.


Demikian juga diperoleh pada komponen lampu mobil. Lampu ialah bagian komponen dari mobil yang mempunyai tugas penting.


Selain sebagai pelayanan penerangan, aksesoris maupun untuk mempercantik mobil, lampu mobi kenyataannya juga memiliki berbagai macam fungsi, baik untuk pengendara maupun untuk orang lain.


Namun sebelum membahas bervariasi peranan lampu mobil, sepantasnya lebih dahulu mengetahui, varian lampu mobil yang lazim diperlukan ataupun dipasang pada mobil. Jenis lampu mobil ini dibedakan berdasarkan bahan juga juga tingkat intensitas cahayanya. Bermacam-macam varian lampu mobil diantaranya adalah.


Halogen


Jenis lampu halogen ini ialah jenis lampu yang paling berlimpah diperlukan pada mobil. Lazimnya lampu halogen ini dipasang pada penerang prinsipil (headlamp), ialah pada bagian depan mobil. Kemampuan yang disebabkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt.


Lampu halogen mendapati teknik kerja dengan mengoperasikan filamen pada temperatur tinggi. Karena  lampu halogen ini memakai filamen kayak lampu pijar pada biasanya, di dalam pengoperasian filamen ini bisa mendatangkan cahaya atau pijar yang lebih terang.


HID (High Intensity Discharge)


Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibentuk tanpa memakai filamen. Cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada didalam tabung. Biarpun tanpa filamen, cahaya yang dihasilkan lebih terang dibanding dengan lampu halogen.


Di samping itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama, biarpun tanpa memerlukan daya yang tinggi. Tapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini memerlukan arus listrik yang berbeda, walhasil prosesnya agak rumit sebab mesti memakai ballast untuk menyeimbangkannya.


LED (High Emitting Diodes)


Lampu LED telah lama dipahami sebagai lampu penerang didalam ruangan. Pada kendaraan bermotor, lampu jenis ini lazim digunakan untuk rem serta juga pada plat motor. Namun belakangan ini, lampu LED juga sesekali dipakai sebagai lampu pokok pada kendaraan bermotor.


Lampu LED mobil ini mempunyai sejumlah keunggulan, diantaranya, dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang juga kuat, daripada dengan lampu HID. Lampu ini juga memiliki ketahanan yang lebih baik, walhasil mengarah tahan lama.


Alasan lampu ini melimpah digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet,  tak memerlukan ballast pada pemasangannya. Walaupun demikian, untuk pemasangannya memerlukan penambahan relay juga conversion kit yang umumnya telah merupakan satu paket di dalam pembelian lampu LED.


Lampu LED sendiri dibagi jadi sejumlah macam, diantaranya adalah.


  • LED Limited, umum dikenakan sebagai lampu primer karena mempunyai daya yang tinggi.
  • LED Cree, ialah lampu tambahan yang lazim didayagunakan pada rem juga juga sebagai sein.
  • LED COB (chip and board), lampu ini ialah susunan deretan chips didalam satu papan, serta biasa dimanfaatkan sebagai lampu kabin platform.

Jenis Lampu Kendaraan Berdasarkan Fungsinya


Selain dibedakan berdasarkan bahannya, lampu mobil juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Pembagian jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah.


Lampu Senja (Lampu Kota)


Merupakan lampu yang harus dihidupkan saat kendaraan berjalan, biarpun cuaca sedang terang juga disiang hari. Jenis ini berada pada lampu kepala  juga bakal langsung menyala saat menekan saklar utama. Dengan pertimbangan lebih irit, lampu kota kadang kala menggunakan lampu jenis LED


Lampu Tail (Stop Lamp)


Jenis pertama merupakan lampu tail, berwarna merah yang yaitu isyarat pada kendaraan di belakang, bahwasanya mobil akan berhenti.


Lampu ini berada di bagian belakang mobil dan berada satu saklar dengan lampu senja. Lampu yang diperlukan umumnya adalah jenis lampu LED, karena terkesan mewah juga futuristik.


Lampu Dekat (Low Beam)


Fungsi pokok dari lampu dekat untuk menerangi jalan di depan mobil didalam jarak pendek sekitar 5 meter. Low beam umum dihidupkan pada malam hari pada jalanan yang ramai dan  terang ataupun cukup pencahayaannya.


Lampu Jauh (High Beam)


Merupakan kebalikan dari lampu dekat, lampu jauh dimanfaatkan saat perjalanan malam hari dengan situasi jalan sepi dan gelap. Jarak jangkauan dari lampu ini sekitar 10 meter. Jenis high Bean yang dimanfaatkan lazimnya dari halogen juga berada satu saklar dengan lampu dekat


Lampu Kabut (Fog Lamp)


Seperti namanya, lampu ini diperlukan bila perjalanan di dalam situasi kabut tebal. Berada di bagian bawah bumper dengan warna lampu kuning terang.


Lampu Rem (Brake Light)


Brake light memiliki ciri khas, merupakan umumnya berwarna merah. Lampu ini berada di bagian belakang yang berujud memberi tanda pada pengendara lain kalau mobil kawan-kawan Transkerja akan berhenti. Lampu ini bakal menyala terang saat pedal rem diinjak


Lampu Sein (Turn Signal Lamp)


Lampu sein ialah lampu isyarat pada kendaraan lain kalau mobil akan belok ke arah kanan atau kiri. Lampu ini diharuskan berwarna kuning sebagai tanda kendaraan di belakang untuk pelan-pelan juga hati-hati.


Lampu Hazard


Lampu mobil ini cuma dihidupkan saat mobil didalam keadaan darurat saja dengan metode menyalakan sein kiri dan kanan secara bersamaan.


Lampu Mundur


Bentuk dari lampu mundur yakni berwarna kuning keputihan yang akan menyala saat mobil di dalam posisi bakal bergerak mundur. Posisi lampu ini berada di bagian belakang mobil, alhasil kendaraan yang tampak dari belakangnya dapat mengetahuinya.


Lampu Kabin


Satu-satunya lampu kendaraan yang berada didalam interior mobil yakni lampu ini. Lampu ini didayagunakan untuk penerangan di malam hari. Lampu kabin umumnya berwarna kuning redup biar enggak mengganggu pandangan kendaraan yang muncul di belakangnya.


Ternyata tersedia melimpah sekali jenis lampu untuk mobil, baik dipindai dari bahannya, atau dari kegunaannya. Buat pecinta otomotif, bebas untuk menentukan jenis lampu untuk mempercantik mobilnya, asal tetap sesuai dengan peraturan yang udah ditetapkan.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement