Ini Dia Fungsi Baut dan Mur yang Bisa Anda Ketahui

Ini Dia Fungsi Baut dan Mur yang Bisa Anda Ketahui - Baut juga mur jadi bagian yang enggak terpisahkan didalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari perabotan tempat tinggal tangga hingga ahli yang bekerja dengan alat teknik kayak di industri manufaktur, a…

Baut juga mur jadi bagian yang enggak terpisahkan didalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari perabotan tempat tinggal tangga hingga ahli yang bekerja dengan alat teknik kayak di industri manufaktur, arsitektur maupun otomotif. Baut sendiri adalah suatu batang maupun tabung yang mempunyai bentuk alur helix atau tangga spiral di bagian permukaannya yang dimanfaatkan sebagai pengikat dan penghubung antara dua komponen.


Di pasaran kedapatan banyak sekali tipe serta jenis baut, pada artikel ini kami akan mengulas lebih detail berkenaan jenis serta fungsi dari baut serta mur.


Fungsi Baut Berdasarkan Jenisnya


Memiliki pelbagai fungsi sesuai dengan jenis maupun tipenya. Adapun berikut ini ialah beberapa jenis baut bersama fungsinya, yaitu:


Baca juga: Fungsi Airbag Pada Mobil dan Cara Kerjanya


1. Carriage Bolt


Mur serta baut mempunyai jenis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, harga baut juga mur juga berbeda-beda. Untuk jenis baut pertama yang cukup prominen yaitu Carriage bolt.


Carriage bolt mempunyai bentuk semacam kubah dengan segi empat. Peranan baut ini sendiri ialah untuk mempererat bagian yang disambungkan.


2. Stud Bolt


Jenis baut seterusnya yaitu stud bolt yang gak mempunyai kepala di kedua ujungnya maupun hanya berbentuk ulir saja. Penerapan ulir baut ini merupakan ditanam di bagian komponen juga berfungsi sebagai suku cadang juga perlengkapan mesin. Baut ini ada dalam berbagai ukuran dan bisa dikombinasikan dengan mur.


Baca juga: Fungsi Fog Lamp (Lampu Kabut) dan Perbedaannya Dengan Lampu DRL


3. U Bolt


Sama semacam namanya, U bolt yakni baut dengan bentuk huruf U. Jenis baut ini dikenakan untuk keinginan pipa air ataupun pipa gas juga berfungsi untuk membendung pegas daun pada poros kendaraan.


4. Point Head Bolt


Point head bolt ialah baut dengan bagian grip dan ulir berskala sejajar diameternya. Baut ini memiliki 12 ridges melingkar lurus pada arah ulirnya di atas kepala baut.


5. Flange bolts


Jenis baut yang satu ini mempunyai bentuk bubungan atau flens di bawah kepala bautnya. Baut ini terproduksi dari berbagai macam material berawal dari besi umum sampai baja hitam.


Fungsi Mur Berdasarkan Jenisnya


Tak jauh berbeda dari baut, Mur juga mempunyai fungsi yang beragam sesuai dengan jenis, bentuk juga kebutuhannya. Makanya tak heran seumpama harga baut juga mur berbeda-beda sesuai fungsinya. Adapun berikut ini ialah beberapa tipe atau jenis kepala Mur bersama fungsinya, yaitu


1. Mur Segi Enam


Mur segi enam adalah jenis Mur yang berperan untuk semua keperluan industri.


2. Castellated nut


Castellated nut yakni jenis Mur yang memiliki bentuk kepala kayak mahkota dengan slot pengunci, umumnya diterapkan untuk mengunci posisi mur supaya tetap pada posisi yang sudah ditentukan.


3. Mur Pengunci


Selanjutnya ada pula Mur pengunci maupun lock nut yang mempunyai ukuran lebih tipis jikalau dibandingkan umur yang lainnya. Sesuai dengan namanya, Mur ini mendapati fungsi sebagai pengunci.


Tentunya masih berjibun jenis baut juga mur selain yang dijelaskan di atas.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement