Fungsi Tuas Pada Mobil Matic

Seperti halnya pada mobil transmisi manual. Mobil matic juga dilengkapi dengan tuas. Tuas mobil matic sendiri mempunyai ciri khas berupa kehadiran kombinasi huruf dan angka P-R-N-D-2-L.


Tuas pada mobil matic rupanya memiliki tugas yang berbeda dibanding mobil manual. Hal itu niscaya bikin pemilik mobil matic awam agak sedikit kebingungan.


Pada tulisan ini, kami akan deskripsikan apa saja peranan tuas pada suatu mobil matic. Keterangan tersebut dapat kawan-kawan simak sebagai berikut ini!


Membantu Mobil Matic Saat Hendak Parkir


Fungsi pertama dari tuas mobil matic ialah membantu proses parkir pada mobil matic itu sendiri. Peran ini diperoleh saat tuas mobil diposisikan di huruf P. Pada tuas mobil matic, P sendiri berarti “Parking”.


Saat tuas diposisikan ke huruf P, mobil matic bisa diposisikan secara ideal. Bila hendak parkir didalam posisi mundur, teman-teman bisa mengkombinasikan huruf P-nya dengan huruf R (“Reverse”).


Kalau mobil matic kudu parkir secara paralel, kawan-kawan bisa menekan tombol Shift Lock yang ada pada tuas. Tombol tersebut bisa mempersiapkan mobil matic terparkir dengan baik, terutamanya saat hendak parkir paralel. Sayangnya, cuma muncul sejumlah jenis mobil matic saja yang tuas mobilnya dilengkapi tombol Shift Lock.


Membantu Pengemudi Mengemudikan Mobil Matic dengan Kecepatan Terbaik


Fungsi seterusnya yakni membantu pengendara didalam mengemudikan mobil matic dengan kecepatan terbaik. Hal itu tak lepas dari adanya huruf D (“Drive”) yang ada pada tuas matic. Tugas ini benar-benar membantu pengemudi saat berkendara di jalanan ibukota.


Huruf D sendiri sebetulnya tidak cuma menolong mobil di dalam kecepatan terbaik. Tetapi, juga menolong mobil matic di dalam melaksanakan over drive. Terutama, saat mobil matic hendak menyalip mobil lain di depan. Namun, peranan tersebut cuma sanggup dimanfaatkan saat mobil matic dikendarai di jalan tol.


Membuat Mobil Matic bisa Melaju di Tanjakan dengan Stabil


Selain meringankan berkendara di jalan raya juga tol, tuas mobil matic juga dapat membantu mobil melaju di tanjakan. Hal itu dapat dilancarkan bila tuas diposisikan di angka ‘2’.


Saat tuas berada di angka tersebut, mobil matic bisa melaju di tanjakan dengan kecepatan stabil. Enggak cuma itu, tuas mobil dalam posisi angka 2 juga bikin mobil matic irit bahan bakar. Terutama, saat mobil melaju di tanjakan.


Membantu Mobil Matic Melaju di Turunan


Enggak melulu di tanjakan, tuas mobil matic pun juga menyokong melewati turunan. Hal itu terbentuk bila tuas diposisikan ke huruf L (“Low”). Saat tuas di posisi tersebut, mobil matic bisa melaju mulus di turunan dengan kecepatan rendah dan aman. Huruf L pada tuas mobil matic sendiri kontributif mobil matic melangsungkan transmisi rendah saat mobil melaju di turunan.


Membantu Mobil Matic Berhenti dengan Baik


Tuas mobil matic rupanya enggak sekadar menolong mobil saat melaju atau parkir. Tetapi, juga saat mobil mesti berhenti maupun mengerem. Hal itu tumbuh saat tuas diposisikan di huruf N (“Netral”).


Huruf N pada tuas menunjang mobil matic berada di posisi netral saat mobil hendak berhenti. Terutama, andaikata mobil harus berhenti semetara. Semisal saat mobil terjebak macet maupun saat lampu merah.


Itulah sebagian peran tuas pada mobil matic. Semoga dapat membantu sobat yang belum tahu apa saja peranan dari tuas mobil matic. Sampai jumpa di ulasan selepas itu!