Fungsi Lampu LED dan DRL, Kenali Perbedaannya

Lampu mobil yaitu satu di antara elemen yang sungguh-sungguh berarti untuk berkendara terlebihnya pada malam hari. Kebanyakan mobil keluaran terbaru udah menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Selain pendayagunaan lampu LED juga ditemukan lampu Daytime Running Light (DRL). Lalu apa sih perbedaan kedua lampu tersebut?


Perbedaan Lampu LED dan Lampu DRL


Lampu DRL sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Sebagian tahun terakhir pabrikan-pabrikan mobil udah memasang lampu DRL pada setiap produksi mobilnya.


Khususnya mobil keluaran terbaru rata-rata telah menggunakan gaya lampu DRL. Fungsinya, selain buat memperindah tampilan, juga sebagai fitur keselamatan berkendara. Misalnya saat melintas di jalan gelap maupun sewaktu melewati terowongan sobat Transkerja tak harus repot-repot menyalakan lampu. 


Fungsi lampu DRL bukan cuma sebagai aksesoris saja, tetapi lebih alat komunikasi dari kendaraan ke pengendara lain walhasil lampu DRL bakal menyala terus-menerus baik siang dan malam.


Untuk LED lebih ke sistem pencahayaan dari lampu primer yang menggantikan tugas dari bohlam biasa, kayak hologen dan HID. Penempatan DRL serta LED biasanya berbeda,  sejumlah ada yang terpisah dari lampu utama, beberapa lagi ada yang menyatu dengan hunian rumah lampu utama.


Jadi pada dasarnya tandas berbeda antara DRL serta LED, DRL itu tujuanya untuk kepentingan keselamatan. Sedangkan LED itu jenis lampu yang dikenakan ke lampu primer ataupun head lamp.