Fungsi Defogger Pada Mobil, Cara Kerja, Penggunaan dan Pemeliharaannya

Fungsi Defogger Pada Mobil, Cara Kerja, Penggunaan dan Pemeliharaannya - Tak banyak perusahaan merk kendaraan yang menggunakan fitur defogger pada versi produknya. Soalnya di Indonesia ada kalanya fitur ini kerap di sunat oleh produser mobil karena merupakan fitur yang si…

Tak banyak perusahaan merk kendaraan yang menggunakan fitur defogger pada versi produknya. Soalnya di Indonesia ada kalanya fitur ini kerap di sunat oleh produser mobil karena merupakan fitur yang sia-sia untuk pasar Indonesia.


Hanya saja kembali lagi tergantung situasi tempat tinggal para konsumen kendaraan itu sendiri. Seumpama pemakai kendaraan tinggal di lokasi perkotaan yang padat, macet serta panas maka fitur tersebut nampaknya jarang untuk digunakan. Tetapi jika pengguna kendaraan hidup di kawasan pegunungan yang bersuhu dingin maka fitur ini akan sungguh-sungguh berdaya guna fitur keselamatan.


Pengertian Defogger


Pengertian defogger sendiri yakni fitur peranti yang meredakan tetesan air, embun atau es (bila bermusim salju) dari kaca depan utama, jendela samping juga kaca depan belakang kendaraan.


Banyak pengemudi yang belum memahami fungsi komponen tersebut, serta kapan keadaan yang benar untuk memakai defogger tersebut.


Fungsi fundamentalnya adalah untuk melangsungkan pembersihan kaca depan dari air juga emun yang menganggu jarak padang walhasil dapat menaikkan visibilitas yang aman dan nyaman selagi berkendara.


Perangkat ini juga dipahami sebagai 'defroster' atau 'demister'. Fitur Defogger ini umumnya digunakan selama musim hujan. 


Fungsi Defogger


Jika meninjau fungsinya, defogger sendiri menguntungkan untuk membendung munculnya embun di kaca kendaraan. Jadi, komponen ini amat berguna sekali tatkala musim hujan kayak saat ini. Dengan mengaktifkan defogger, visibilitas pengemudi sanggup lebih maksimal dan mengurangi akibat berlangsungnya kecelakaan.


Bisa dikatakan, defogger yaitu satu di antara upaya meluaskan keselamatan berkendara, khususnya kala berkendara di musim hujan. Lazimnya, ada dua tipe defogger yang terpancang pada kendaraan. Satu yg terkoneksi dengan AC (air conditioner) dan tipe lain yang tertempel langsung di kaca. Cara kerja keduanya mirip, dengan menunggangi pemanas untuk menangkal atau meniadakan pengembunan pada kaca.


Defogger pertama, yang terkoneksi dengan AC, pengoperasiannya kentara dan mudah. Mampu melalui tombol ataupun kenop pemutar untuk menentukan mode pada AC. Pada tipe ini, sanggup digunakan tatkala diperlukan.


Misalkan sedang berkendara di dalam kodisi hujan lebat dan mulai berlangsung pengembunan di kaca depan. Segera aktifkan defogger supaya pandangan ke depan enggak terganggu.


Sementara tipe kedua, defogged yang terpatok di kaca belakang. Bentuknya semacam garis maupun sejumlah filamen yang melekat di kaca. Tatkala sistem aktif, arus listrik melewati filamen itu dan menghasilkan panas.Lalu, dari panas tersebut yang membendung berlangsungnya pengembunan atau pembekuan walhasil kaca tentu jelas serta memberikan pandangan yang jernih tanpa adanya embun.


Penggunaan Defogger


Defogger berperan untuk meniadakan embun pada kaca mobil, baik di depan atau belakang. Embun umumnya timbul akibat perbedaan temperatur di luar dengan didalam kendaraan, terlebihnya saat hujan. Keberadaan embun akan sangat mengganggu visibilitas mengemudi bila dibiarkan. 


Karena itu penerapan Defogger seharusnya hanya tatkala hujan maupun berkendara di pegunungan dengan cuaca dingin yang menyimpan potensi membuat kaca mobil berembun.   Untuk menyalakan Defogger untuk kaca depan, ditemukan tombol dengan simbol seperempat lingkaran dengan panah berkelok-kelok menghadap ke atas. Beberapa saat Defogger belakang mampu difungsikan lewat tombol bergambar simbol kotak dengan tanda panah berkelok menghadap atas.


Cara Kerja Defogger Pada Mobil


Kala berkendara di musim hujan, berlimpah kali pengemudi menghadapi dilema pengembunan air di kaca depan dan jendela samping. Di sejumlah daerah terdingin atau diluar negeri yang sedang dilanda musim dingin termuat es menumpuk di permukaan kaca kendaraan.


Pada biasanya, di dalam situasi ini, jadi sangat sulit buat pengemudi untuk meninjau jarak pandang jalan serta kendaraan lain karena visibilitas jarak pandang yang buruk. Itulah sebabnya, produsen menggunakan defogger di kendaraan.


Perangkat ini meniadakan air, emun juga es dari permukaan kaca serta mengembalikan visibilitas berkendara. Hasilnya dapat membantu menurunkan kemungkinan kecelakaan serta meningkatkan keselamatan jalan.


Sistem defogger bekerja ada dua


1. Primer:


Jenis defogger ini bekerja dengan bantuan sistem pemanas juga pendingin udara (HVAC) kendaraan. Pada awalnya, udara segar ditarik didalam sistem pendingin udara di mana ia menghadapi dehumidifikasi. Udara dehumidifiedselanjutnya lolos ke inti pemanas.


Inti pemanas menarik panas dari air pendingin panas yang beredar di sekitar mesin juga mengalirkannya ke udara. Dengan demikian, udara kering juga panas keluar dari inti pemanas yangselanjutnya melewati ventilasi yang berbeda serta dibawa ke wilayah yang diinginkan semacam kaca depan.


Umumnya cara ini digunakan pada pabrikan kendaraan yang menyematkan defogger kaca depan kendaraan yang umumnya terletak pada dasboard yang keluar dari kisi-kisi kecil pada kaca depan.


2. Sekunder 


Defogger ini bekerja berdasarkan prinsip pemanasan listrik yang gelisah. Pabrikan menempelkan filamen bahan pemanas pada permukaan kaca. Sehabis menyalakan sistem, arus listrik melewati filamen dan menghasilkan panas. Dengan demikian, melelehkan bahan yang terkondensasi dan membersihkan kaca.


Ini ada pada defogger kaca belakang pada mobil. Andaikata dilihat bentukny berupa gari-garis yang mengelilingi kaca belakang kendaraan. Menguntungkan untuk menopang jarak pandang kamu ke belakang jika Anda sedang mengemudi mundur.


Tips Merawat Defogger


Tidak semua komponen di mobil harus pemeliharaan rutin ataupun khusus. Semacam defogger satu di antara contohnya. Piranti yang bertugas memanaskan kaca belakang ini hamper enggak butuh perawatan khusus. Malahan jika kaca belakang mobil sudah terpancang kaca film.


Memang keberadaan defogger ini cukup penting. Peran utamanya untuk menghalau kabut yang tumbuh di kaca belakang ataupun kaca belakang bagian samping untuk beberapa tipe kendaraan. Bahwasanya Anda cermati, pada kaca belakang termuat garis panjang tersusun 10 baris atau lebih. Fungsinya mengusir kabut dengan mengeluarkan panas yang ditimbulkan dari garis-garis itu.


Meski nyaris tanpa perawatan, akan tetapi sebaiknya memperhatikan sebagian hal yang cukup penting. Semacam waktu untuk menghidupkannya, maupun juga perilaku membersihkan kaca belakang.


Saat hujan niscaya suhu didalam kabin serta bagian luar mobil menjadi berbeda ataupun tidak seimbang. Nah kalau AC terus menyala, lazimnya muncul kabut putih yang akan menutupi kaca belakang, alhasil pandangan ke belakang jadi terhalang. Di sinilah peran utama dari defogger.


Nah, sekarang bagaimana caranya supaya defogger ini senantiasa berfungsi seiring bertambahnya usia kendaraan. Sebab fungsi defogger ini bakal sangat vital sewaktu musim hujan supaya keamanan berkendara tentu terjaga.


Pertama yang kudu diperhatikan yaitu hanya mengaktifkan defogger ketika dibutuhkan saja. Sewaktu sudah terdeteksi embun/kabut di kaca belakang, baru hidupkan. Gak baru hujan udah diaktifkan.Lalu langsung matikan selepas embun/kabut hilang. Kerap terbentuk, defogger senantiasa menyala padahal di kaca sudah tidak ada embun. Indikator defogger aktif cuma dari lampu yang tampak pada tombol dashboard, ataupun bisa sahabat cek apakah kaca terasa panas atau hangat


Hati-hati juga dengan soket maupun konektor pada defogger. Posisinya yang berdiri, benar-benar mungkin tersenggol pada saat kaca di lap. Walaupun sangat jarang rusak, enggak ada salahnya membuka soket yang ada untuk diawasi kondisinya. Buat mobil yang sudah agak lama, hati-hati berkenaan timah konektor, tidak sampai terlepas.


Maintenance paling gampang cukup dilap lembab saja. Tak gunakan bahan lap yang kasar, terlebihnya bagi kendaraan yang kaca belakang enggak dilapisi kaca film. Sebisa mungkin manfaatkan lap kanebo (chamois) maupun kain katun biasa.


Suatu ketika defogger dapat saja rusak. Satu di antara penyebabnya sebab penggantian kaca film. Tampak jelas defogger yang rusak, ialah akan ada perbedaan warna antara yang masih aktif serta tidak. Lazimnya yang masih aktif mempunyai warna lebih gelap. Bahwasanya mau lebih pasti, itu bisa diperiksa dengan multitester alhasil dapat terdeteksi, apakah jalur putus maupun hanya connector +/- yang tak terpasang dengan baik.


Jalinan garis defogger ini adanya di bagian didalam kaca. Terbentuk dari tembaga juga sangat mungkin putus karena perlakuan yang salah. Sekiranya sudah putus, sulit dibenahi. Paling gampang disambung pakai timah, akan tetapi membuat jelek tampilan. Seleksian lainnya dengan mengganti kaca film sekaligus dengan jalur defogger yang terang tidak murah.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement