Dongkrak Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Fungsi primer dongkrak mobil yaitu membawa tubuh mobil, walhasil memudahkan untuk menunaikan inspeksi pada bagian kolong kendaraan tersebut.


Dongkrak jadi hal yang amat bermanfaat untuk mobil. Kenapa? karena tugas primer dongkrak merupakan mengusung fisik mobil, alhasil memudahkan untuk membuat inspeksi pada bagian kolongnya. Dongkrak mobil juga mendapati peranan dan jenis yang bervariasi. Ini penjelasannya.


Fungsi Dongkrak Pada Mobil


Fungsi baku dongkrak yaitu membantu mengganti ban mobil yang bocor atau kempes. Namun, peran dongkrak tak melulu berhenti disana, dongkrak juga amat membantu didalam proses pengecekan mesin di bagian bawah mobil.


Contohnya ialah dapat menunjang dalam memasang jack stand, biar pemasangan catalytic converter lebih mudah. Selain itu, dongkrak juga menyokong untuk memperbaiki sistem pengereman juga pemeriksaannya.


Jenis Dongkrak Menurut Sistem Gaya


Dongkrak, berdasarkan sistem gaya, terbagi jadi dua merupakan dongkrak mekanik serta hidrolik. Dua jenis ini adalah inti dari sistem kerja dongkrak. Adapun pembahasan lengkapnya sebagai berikut.


Dongkrak Mekanik


Dongkrak mekanik, yakni dongkrak yang bertumpu pada roda gigi dan batang. Gaya pada dongkrak ini berpusat pada roda gigi, yang berikutnya akan meneruskan dan memperbesar gaya ke bagian batang.


Cara kerjanya, roda gigi ini diputar, lalu gaya tekan pada bagian tersebut sampai ke batang. Bagian batang mengonversikan gaya tekan jadi daya angkat.


Dongkrak Hidrolik


Dongkrak hidrolik sistem tumpunya ditemukan pada cairan fluida, yang bertugas untuk memberi daya tekan walhasil menimbulkan gaya angkat. Dongkrak jenis ini lazimnya berbentuk kayak mulut buaya, dengan tingkat kepraktisan yang tinggi.


Titik tumpu dongkrak ini berbentuk pipih juga mempunyai roda kecil, alhasil mendapati ground clearance yang rendah, dan dapat mengenakan sistem hidrolik. Hal ini mempersiapkan sistem kerja dongkrak ini jadi lebih mudah, dan gaya tekan yang kecil dapat memanifestasikan gaya angkat yang besar.


Jenis Dongkrak Menurut Bentuknya


Dongkrak mobil, enggak sekadar dibedakan berdasarkan jenis gayanya, tapi juga berdasarkan bentuknya. Perbedaannya bertempat pada bentuk serta teknik penggunaannya, tapi sistem kerja pokoknya tentu memakai mekanik maupun hidrolik.


Dongkrak Gunting


Dongkrak jenis ini mempunyai nama lain, ialah dongkrak ketupat maupun jembatan. Dongkrak gunting merupakan dongkrak standar yang umumnya disertakan di dalam setiap pembelian mobil baru. Dongkrak ini terdiri dongkrak mekanik.


Kelebihan dongkrak jenis ini merupakan praktis juga lebih ringan. Selain itu, dongkrak gunting juga mendapati harga yang murah, juga perawatannya mudah.


Cara menggunakannya, pertama letakkan dongkrak pada posisi yang aman serta tepat. Sesudah itu, ambil batang tuas pengungkit juga pasanglah pada lubang di tepi dongkrak. Berikutnya, putar tuas searah jarum jam (ke kanan) untuk mengangkat, dan ke kiri untuk menurunkannya.


Meskipun hadir gampang didalam teori, tapi kenyataanya dongkrak ini cukup susah dimanfaatkan karena memerlukan berlimpah tenaga untuk mengusung mobil. Batang tuas yang tipis, mempersiapkan dongkrak semakin sulit dipakai khususnya untuk yang gak terbiasa.


Dongkrak Botol


Dongkrak jenis ini ialah dongkrak hidrolik yang bentuknya mirip dengan botol. Biasanya, dongkrak ini berlimpah disertakan di dalam pembelian mobil, terbanyak kedua selain dongkrak gunting.


Kelebihan dongkrak botol ialah bentuknya yang lebih ringan dan kecil, serta teknik penggunaannya yang lebih mudah. Penggunaannya tak menginginkan melimpah energi, serta mengangkat mobil jauh lebih gampang. Selain itu, dongkrak ini ada mulai dari ukuran 2 ton hingga 100 ton.


Dongkrak ini dapat dipakai cuma dengan mefluktuatifkan tuas pengungkitnya. Minyak di dalam dongkrak meneruskan gaya yang selepas itu membentuk daya angkat. Cara penggunaannya cukup mudah, pertama tempatkan dongkrak botol di bawah mobil.


lalu ambil tuas pengungkit, dan putar ke kanan penuh pada pengunci hidrolik. Tujuannya yakni pengunci hidrolik, juga pindahkan tuas tersebut ke pemompa hidrolik. Lalu, pompa dengan metode mefluktuatifkannya. Untuk menurunkan, putar pengunci hidrolik ke arah kiri.


Dongkrak Buaya


Dongkrak lain yang lazimnya diperlukan pada mobil yakni dongkrak buaya, disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai buaya. Dongkrak ini terdiri didalam jenis dongkrak hidrolik.


Kelebihan dongkrak jenis ini merupakan penggunaannya paling gampang dibandingkan dongkrak botol maupun dongkrak gunting. Selain itu, dongkrak jenis ini dapat dikenakan disemua jenis mobil, mencakup mobil kecil.


Bentuk dongkrak ini mirip dengan dongkrak botol, tetapi mempunyai roda juga didalam posisi rebah, alhasil menggarap dongkrak ini semakin gampang digunakan. Dongkrak buaya juga dapat dibubuhkan disegala medan, baik miring ataupun gak rata, sebab adanya roda tadi.


Cara memakai dongkrak ini hampir sama dengan dongkrak botol, ialah memutar pengunci ke kanan dengan tuas pengungkit. Setelah itu, tuas dipindahkan pada pompa hidrolik untuk memompa dengan teknik mefluktuatifkan tuas. Untuk menurunkan, putar pengunci ke arah kiri.


Dongkrak Botol M/Buaya


Sesuai dengan namanya, dongkrak ini yaitu perpaduan antara dongkrak botol serta dongkrak buaya. Fungsinya mesti saja untuk lebih memaksimalkan performa dongkrak botol didalam membawa beban.


Kelebihannya ialah kapasitas yang sanggup diangkat oleh dongkrak ini jauh lebih tinggi, Namun, dongkrak ini mendapati beban yang terlalu berat alhasil susah untuk digeser. Dongkrak botol M/buaya mempunyai kapasitas 22 ton hingga 50 ton.


Cara memakai dongkrak ini sama dengan dongkrak botol M maupun buaya ialah mengerjakan penguncian juga memompanya. Jenis dongkrak ini pada dasarnya sama-sama memakai sistem hidrolik.


Cara memakai Dongkrak Mobil dengan Benar


Secara teori, pendayagunaan dongkrak terpantau amat mudah. Dongkrak cuma harus diletakkan di bawah mobil berikutnya dipompa ataupun diputar tuasnya. Namun, realitasnya enggak semudah itu. Berikut ini penjelasan teknik mendongkrak dengan benar.


Perhatikan Permukaan Parkir


Hal pertama yang mesti dilakukan sebelum mendongkrak mobil yaitu menguatkan mobil terparkir di lokasi yang datar. Lokasi datar bakal lebih memudahkan pemakaian dongkrak. Terlebih lagi apabila dongkrak diperlukan di tengah perjalanan.


Gunakan Rem Tangan


biar mobil gak bergerak saat didongkrak, kenakan rem tangan. Sekiranya sebenarnya diperlukan, dapat juga dimanfaatkan balok maupun batu untuk mengganjal ban di setiap sisi biar enggak bergerak.


Pilih Dongkrak


Pastikan dongkrak bekerja dengan baik, juga pilihlah dongkrak yang sesuai dengan fisik mobil. Katakanlah misalnya kayak dongkrak botol yang cukup sulit dipakai untuk mendongkrak sedan atau mobil lainnya.


Untuk dongkrak buaya dapat dikenakan didalam segala medan dan semua jenis mobil, tetapi bobotnya jauh lebih berat dan tak praktis. Sebaliknya, untuk dongkrak gunting benar-benar praktis, akan tetapi sedikit lebih sulit untuk digunakan.


Pastikan Titik Tumpu


Selepas itu, pastikan kalau titik tumpu dongkrak udah tepat. Titik tumpu dongkrak di mobil, umumnya bertempat antara batang gardan di dekat suspensi, maupun bertempat bagian bawah fisik mobil sebagai rangka utama.


Baca Buku Panduan


Membaca buku panduan sangat berarti supaya bisa mengenakan dongkrak secara tepat. Selain itu, teknik ini dapat diperlukan untuk meluputkan slip pada mobil pada saat hendak di dongkrak.


Jangan Mendongkrak Lebih dari 15 cm


Hal ini berguna untuk diketahui. Jangan mendongkrak mobil lebih dari 15 centimeter. Sebab, mobil bisa bergerak juga tergelincir.


Jangan Memasukkan Bagian Tubuh


Memasukkan bagian fisik pada kolong mobil yang didongkrak amat berbahaya. Terlebih mobil cuma menggunakan dongkrak mobil sebagai tumpuan utama. Seandainya perlu masuk ke kolong mobil, pastikan memakai jack stand supaya lebih aman.