Penyebab Indikator Lampu Rem Tangan Terus Menyala dan Cara Mengatasinya

Indikator lampu dalam suatu kendaraan yang terus menyala pada mobil tak dapat kita sangka sepele, soalnya nyalanya indikator lampu ini memberitahukan adanya sebentuk masalah yang terbentuk di kendaraan kita.

Dalam hal ini, kita bakal membahas nyalanya lampu di indikator yang terus menerus dengan sinyalnya pada bagian rem tangan yang pastinya akan jadi masalah bila terus dibiarkan.

Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Nyala Terus

Ada beberapa keterangan mengenai penyebab dari indikator lampu hand rem yang terus menyala. 

1. Posisi rem tangan yang enggak benar

Penyebab pertama dari lampu indikator rem tangan atau handbrake yang menyala terus dapat dikarenakan oleh posisi rem tangan yang tak tepat. Mungkin saja kamu belum mengurangi rem tangan dengan sempurna alhasil lampu indikator menyerahkan peringatan.

Untuk menanggulangi masalah ini, sobat transkerja cukup memainkan tuas rem tangan dengan cara memakainya lalu menurunkannya kembali dengan benar. Kalau situasi sulit ini terus dibiarkan, rem tangan mobil kamu bakal mengalami penurunan brake shoe yang bikin rem tangan jadi kendur.

2. Minyak rem udah kosong

Anda pasti paham kalau rem memerlukan minyak/oli yang selalu diganti ataupun diisi secara rutin. Sewaktu lampu indikator rem tangan menyala, maka sanggup jadi penyebabnya terdapat pada tangki minyak rem yang kosong.

Isilah tangki rem (tangki reservoir) dengan minyak rem hingga batas maksimum supaya rem tangan mobil teman-teman transkerja dapat berfungsi dengan optimal. Bila minyak rem belum diganti dalam waktu yang lama, maka kamu harus menguras tangkinya terlebih dahulu sebelum melaksanakan pengisian minyak rem.

Dalam menguras tangki minyak rem, teman-teman harus mengosongkannya terlebih dahulu dengan membuang sisa minyak yang tersisa, selepas itu dibersihkan dengan menunggangi tissue hingga betul-betul kering. Sehabis itu, silahkan isi tangki minyak rem tersebut hingga batas maksimum.

3. Adanya kerusakan pada switch rem

Penyebab terakhir dari indikator rem parkir yang nyala terus yaitu timbulnya kerusakan pada bagian switch rem. Sekiranya lampu indikator terus menyala biarpun sobat transkerja udah melakukan teknik pertama juga cara kedua, maka dapat dipastikan bahwasanya bagian switch rem menghadapi kerusakan.

Kerusakan pada switch rem ini cuma dapat diatasi dengan mengusung mobil sobat transkerja ke bengkel terdekat terdekat. Proses perbaikan switch rem harus dilakukan oleh teknisi ahli untuk menjauhi terjadinya kerusakan dari komponen kendaraan lainnya.

Selain itu, penyebab lampu rem tangan kendaraan nyala terus umumnya karena kedapatan permasalahan pada bagian mesin mobil. Kadang-kadang juga lampu tersebut menyala sendiri tanpa terbentuk kerusakan sebab sistem sensor indikator mendapati gangguan maupun error.

Banyaknya lampu indikator kendaraan pada dasbor mungkin bikin kawan-kawan menjadi kebingungan dalam memahaminya. Sahabat transkerja kudu mengetahui sejumlah indikator tersebut mempersembahkan peringatan bernilai untuk situasi mobil.

Usahakan enggak mengabaikannya demi keselamatan juga kenyamanan selama kawan-kawan berkendara. 

Lampu indikator handbrake bakal menyala tatkala perangkat rem tangan aktif. Buat pemula, tanda ini kerap diabaikan karena lupa untuk melepas handbrake atau parking brake.

Kamu kudu berhati-hati bila indikator handbrake selalu menyala sekalipun parking brake sudah dinonaktifkan. Peringatan tersebut akan muncul untuk menandakan minyak rem mobil akan segera habis.

Untuk sejumlah mobil, lampu indikator rem kendaraan nyala terus bila terjadi kebocoran minyak rem maupun ketebalan kampas sudah sangat tipis, walhasil permukaan minyak rem pada tabung reservoir menurun signifikan.

Cara mengatasi lampu rem tangan terus menyala

 

Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Nyala Terus dan Cara Mengatasinya

Sekiranya lampu indikator handbrake mobil sahabat terus menyala, kawan-kawan sanggup melakukan metode ini untuk menyelesaikannya. 

Menepi sejenak serta periksa volume minyak rem. Bilamana ketinggian minyak rem berkurang dari batas minimum sahabat transkerja perlu menambahkannya sendiri setibanya di tempat tinggal atau wilayah tujuanmu.

Kalau pedal rem terasa kurang pakem, hal ini menunjukkan permukaan kampas rem sudah tipis serta solusinya ialah mengganti kampas rem.