Cara Menangani Penyebab Klakson Mobil Mati

Penyebab klakson mobil tak bunyi melimpah faktornya dan yang mesti kejadian ini betul-betul menjengkelkan. Pada saat klakson pada kendaraan tiba-tiba mati, gak sedikit orang yang malah mengabaikannya. Padahal, adanya klakson mempunyai tugas yang betul-betul prinsipil pada sebagian kondisi, contohnya untuk memberi peringatan pada pengendara lain.


Klakson terdiri konstituen yang berguna didalam kendaraan, enggak cuma pada mobil saja pada kendaraan lain juga perannya terbilang penting. Walhasil sewaktu klakson ini mati, penggunanya wajar jikalau bingung saat kepingin mendahului kendaraan yang ada di depannya. Terlebih lagi jikalau menemui ibu-ibu yg acap kali salah didalam menekan lampu sein, klakson ini sungguh-sungguh membantu.


Terdapat sejumlah jenis klakson pada kendaraan yang dapat kita temui. Kayak klakson umum yang berbunyi tin, klakson keong dengan suara yang sedikit lebih keras. Klakson bus dengan bunyi tulalit, hingga klakson pada mobil polisi yang fitur bunyinya tidak sama dengan kendaraan lain. Nah, apapun jenisnya, klakson pada kendaraan tentu saja bisa mendapati kerusakan dan wajib segera kalian perbaiki. Karena berkendara tanpa memakai klakson cukup merepotkan. Lebih lanjut, berikut ini deretan penyebab klakson mobil tidak bunyi.


Penyebab Klakson Mobil Mati


Jangan abaikan permasalahan klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ketahui dulu penyebab serta teknik membereskan klakson yang mati berikut ini!


1. Sekering klakson


Sekring adalah konstituen yang berperan mengamankan rangkaian listrik supaya mobil tidak kelebihan muatan atau daya. Ketik klakson pada mobil tak bunyi, maka kalian dapat mencurigai sekring sebagai penyebab utamanya. Sebab saat sekring mendapati kerusakan atau kabel terputus, hal ini berakibat tentang sistem kelistrikan juga klakson. Akibatnya, saat kalian menekan tombol klakson, suara akan melemah sampai-sampai bisa saja sama sekali tidak berbunyi.


Biasanya, letak sekring ini berada di bagian sisi mobil. Komponen ini mendapati warna yang bening semacam plastik dengan bentuk menyerupai garpu. Untuk memecahkan kerusakan ini kalian dapat membeli sekring dengan yang baru.


2. Dilema pada Switch Klakson


Masalah yang terbentuk pada switch mobil pun dapat menjadi penyebab klakson mogok berbunyi. Bagian switch ini terdapat pada tombol klakson dan berhubungan dengan setir mobil.


Untuk memperbaiki kerusakan switch, mau tak mau kamu wajib membongkar setir mobil. Akan lebih baik andaikata kamu mempercayakan situasi ini pada montir bila tak memiliki keandalan yang mumpuni. Enggak mau ‘kan tiba-tiba ‘tertinju’ airbag sewaktu membuka stir?


3. Kabel penghubung klakson rusak


Klakson terdiri dari bervariasi komponen pendukung yang menyusun kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya bisa cukup besar. Satu di antaranya merupakan komponen kabel penghubung. Cukup melimpah hal yang mendatangkan dilema pada kabel. Sejumlah di antaranya, yaitu:

  • Terkena jamur.
  • Terjadinya korosi.
  • Putus.
  • Terjadi korsleting.

Cara paling praktis untuk menjauhi klakson mobil mati merupakan dengan mengecek bagian ini secara rutin. Melangsungkan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali dapat menjadi solusi pencegahan.


Bila terlanjur bermasalah, maka jalankan pengetesan terminal memakai alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti timbul kerusakan pada kabel.


4. Relay Klakson yang Bermasalah


Tidak semua mobil sememangnya dilengkapi dengan peralatan relay. Bila mobilmu memilikinya, dapat menjadi satu di antara penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.


Hampir mirip dengan sekring, relay juga mempunyai peranan di dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri yakni sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.


Masalah yang kerap kali tumbuh pada relay adalah terkena kotor maupun air. Pertama, kawan-kawan Transkerja bisa mengecek serta membuat pembersihan pada bagian ini. Bila timbul kerusakan pada relay, segeralah menggarap penggantian. Tenang saja, penggantian ini gak bakal memakan berlimpah biaya, kok.


5. Klakson mendapati kerusakan


Nah, misalkan tidak timbul kerusakan pada relay ataupun sekring, kemungkinan besar justru klakson mobil yang keadaannya jelek. Supaya bisa memahami penyebab memang, lakukanlah tes dengan mempersembahkan arus listrik. Teknik untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek merupakan sebagai berikut:

  • Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.
  • Pasang kabel jumper untuk merangkaikan satu di antara ujungnya pada terminal baterai positif serta yang lainnya pada klakson.
  • Saat sobat Transkerja menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat dan segera lepaskan kawat jumper dari klakson.
  • Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil mendapati kerusakan.

Dengan demikian, yang wajib kamu buat yaitu mengangkat mobil ke bengkel untuk mengganti maupun memperbaiki klakson.


6. Enigma pada airbag setir


Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir dapat menjadi sumber keadaan sulit dan penyebab klakson mobil mati. Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan di dalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula pada saat bagian ini menghadapi kerusakan.


Untungnya, sekiranya airbag menghadapi kerusakan, bakal ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, sahabat Transkerja pun dapat langsung memahami penyebab klakson mati juga langsung mengerjakan penanganan.


Itulah tadi ulasan terhadap penyebab klakson mobil mati serta metode penanganannya. Ingat, andaikata tidak bisa memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga pembahasan di atas bermanfaat.