Cara Membersihkan Injektor Mobil

Cara Membersihkan Injektor Mobil - Sobat belum tahu apa itu injektor, komponen ini tugasnya ialah untuk mengabutkan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Sebagai pemasok bahan bakar, tentunya keberadaan dan tugasnya benar-benar penting. S…

Sobat belum tahu apa itu injektor, komponen ini tugasnya ialah untuk mengabutkan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Sebagai pemasok bahan bakar, tentunya keberadaan dan tugasnya benar-benar penting. Sobat harus memperhatika  performanya dengan teratur melakukan pembersihan. Lalu, macam apa cara membersihkan injektor mobil? Apakah bisa dikerjakan sendiri? Simak pembahasan berikut ini.


Sama kondisinya dengan cara membersihkan radiator mobil, begitu pula cara membersihkan injektor mobil yang paling mudah juga bisa teman-teman Transkerja lakukan sendiri yakni dengan memanfaatkan cairan pembersih khusus. Cairan pembersih ini dimasukkan ke tangki bahan bakar, dengan demikian kamu tak mesti melakukan pembongkaran pada komponen injektornya secara langsung. Namun, tetaplah berhati-hati saat memasukkan cairan pembersih ke dalam tangki. 


Nantinya, cairan pembersih akan mengalir mendatangi injektor bersamaan dengan bahan bakar untuk melakukan pembersihan bagian dalamnya. Beberapa saat itu, kamu tetap dapat mengenakan mobil semacam biasanya, enggak harus menunggu cairan pembersih melaksanakan tugasnya. Tapi, wajib kamu ingat bahwasanya pemakaian cairan pembersih ini ialah cara pembersihan paling dasar. Hasil pembersihannya pun kurang maksimal sebab cairan terbaur dengan bahan bakar didalam tangki. 


Cara Membersihkan Injektor Mobil


Berikut ini yakni beberapa cara maupun proses pembersihan untuk injektor mobil yang baik dan juga benar. Walhasil bagian ini dapat berperan secara optimum.


Menyemprotkan cairan pembersih 


Di sisi lain, ada juga cairan pembersih yang mampu kamu manfaatkan untuk pembersihan injektor mobil dengan metode disemprotkan langsung ke dalam lubang injektornya. Teknik membersihkan injektor mobil ini mengharuskan sobat Transkerja membongkar dulu komponennya dan melepasnya total dari mesin. Maka dari itu, dapat dipastikan teman-teman menginginkan bantuan mekanik yang tahu metode bongkar injektor dengan benar. 


Meski begitu, kawan-kawan tetap perlu tahu macam mana cara kerja cairan pembersih ini pada injektor. Jadi, selepas dilepas dari mesin, di bagian injektor daerah bahan bakar masuk, bakal dimuatkan semprotan pembersih. Sewaktu injektor diaktifkan, maka cairan pembersih akan mengalir juga membersihkan kerak ataupun kotoran yang berapit di dalamnya. Saat kamu telah meninjau hasil semprotan yang keluar dari injektor di dalam bentuk spray, maka itu berarti pembersihan udah selesai dilakukan.


Menggunakan alat khusus pembersih injektor


Ada satu cara membersihkan injektor mobil paling ampuh yang bisa mengusung seluruh noda ataupun kerak dari bagian dalamnya. Langkahnya dimulai dengan membongkar injektor dan mengeluarkannya dari mesin mobil untuk sementara. Saat udah dilepas, injektor bakal direndam dengan cairan khusus pembersih/injektor cleaner di dalam semacam wadah. Supaya cairan bisa menjangkau bagian terdalam dari injektor, wadah bakal dipasangi getaran ultrasonic untuk bikin cairannya bergerak. 


Setelah cairan pembersih berhasil meluruhkan kerak, noda, juga kotoran, seterusnya injektor akan dipasang ke tabung-tabung kaca supaya hasil penyemprotan cairan pembersih bisa dinilai hasilnya. Cara menilainya dengan membandingkan waktu injeksi yang dimanifestasikan dan jumlah bahan bakar. Bahwasanya dirasa udah oke, maka injektor bisa dipasang kembali ke mesin. Tetapi jikalau masih kurang, maka komponen tersebut bakal direndam kembali ke dalam cairan. 


Cara membersihkan injektor mobil yang pertama mungkin bisa kamu lakukan sendiri di tempat tinggal karena cuma memasukkan cairan pembersih ke tangki bahan bakar. Tapi, metode kedua serta ketiga tentunya tak akan bisa teman-teman Transkerja lakukan sendiri karena memerlukan pembongkaran injektor dari mesin juga cairan khusus untuk membersihkannya. 


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement