Apakah Daun Seledri Bagus Untuk Ginjal?

Seledri maupun tumbuhan dengan sebutan latin Apium graveolens ini mendapati aroma yang khas juga tekstur yang garing. oleh sebab itu, sayuran ini kadang-kadang diterapkan sebagai bahan pelengkap masakan, baik sebagai penyedap atau sekadar hiasan. Seledri pun berlimpah dikonsumsi mentah sebagai campuran salad hingga dijadikan bahan sup. Selain itu, seledri juga bisa diolah jadi jus. Jus seledri direken sebagai satu di antara minuman yang baik untuk memelihara kesehatan ginjal.


Manfaat daun seledri bagi kesehatan ginjal

Daun seledri atau Apium graveolens adalah jenis sayuran yang berasal dari Mediterania juga Timur Tengah. Sejak berabad-abad yang lalu, daun seledri udah tersohor bakal manfaatnya untuk kesehatan, semacam asam urat, pereda nyeri, hingga sakit ginjal.

Bagaimana tidak, daun seledri mengandung pelbagai macam zat serta vitamin yang didayagunakan oleh tubuh. sebagian di antaranya ialah antioksidan, vitamin C, zat besi, hingga asam folat.

tak sekadar itu, nilai gizi yang ada di daun seledri juga berfungsi untuk memperhatika kesehatan ginjal. Berikut ini sejumlah kebaikan yang dapat kawan-kawan Transkerja temukan di daun seledri untuk ginjal teman-teman.


1. Mengoptimalkan fungsi ginjal

Daun seledri telah diketahui sejak dahulu kala sebagai sumber antioksidan yang gampang didapatkan. Antioksidan ialah senyawa yang dipakai untuk melindungi badan dari pengaruh radikal bebas. Bahkan, zat ini juga diyakini menolong menangkal penyakit ginjal.


Pernyataan tersebut dibuktikan lewat penelitian dari The New England Journal of Medicine. Para peneliti dari University of Alabama ini mencoba meninjau bagaimana pengaruh antioksidan berkenaan kerja ginjal. Oleh karena itu, kandungan antioksidan yang ada di seledri dipercaya bisa digunakan untuk memajukan performa ginjal.


2. Menurunkan risiko gagal ginjal

Sel fisik yang acap kali terpapar radikal bebas ataupun mendapati proses oksidasi condong jadi lebih cepat rusak. keadaan ini dapat mengakibatkan gangguan tugas ataupun malahan kerusakan organ tertentu, terdiri ginjal. jikalau terdapat kerusakan pada ginjal, akibat untuk kejadian gagal ginjal bakal lebih tinggi. Untuk meluputkan hal tersebut, cukupilah asupan antioksidan dengan mengonsumsi makanan sehat serta bergizi, yang satu di antaranya adalah seledri.


Menurut pelbagai penelitian, antioksidan terbukti dapat menahan atau meninggalkan kerusakan sel badan akibat radikal bebas. Efek ini membentuk seledri yang kaya bakal antioksidan berguna untuk meninggalkan kerusakan ginjal. Selain itu, antioksidan juga dipahami bisa mengoptimalkan tugas ginjal secara menyeluruh.


3. Membantu mengendalikan tekanan darah

Penyakit ginjal erat korelasinya dengan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol, lama-kelamaan bisa merusak pembuluh darah di seluruh tubuh. keadaan ini bisa menggarap beragam organ fisik jadi rusak, mencakup ginjal.


Jika peran ginjal telah terganggu maupun rusak, pelbagai tugas ginjal kayak menyaring darah dari zat beracun, menolong produksi hormon, juga mengatur keseimbangan elektrolit serta garam dalam fisik pun akan terganggu.


oleh sebab itu, kamu kudu mengontrol tekanan darah tentu stabil guna memelihara kesehatan ginjal. keadaan ini bisa dimanifestasikan dengan sebagian cara, berawal dari menjalani pola makan sehat, membatasi asupan garam dan gula, melimpah minum air putih, hingga teratur berolahraga.


satu di antara jenis makanan yang baik untuk mengontrol tekanan darah yaitu seledri. hal ini berkat kandungan kalium, antioksidan, juga zat phtalid pada seledri yang sanggup turunkan tekanan darah juga menjaganya tentu stabil.


4. Memuat flavonoid yang baik untuk ginjal

Kandungan lain yang termuat di daun seledri yaitu flavonoid, adalah zat yang acap kali didapatkan di sayur-sayuran, mencakup seledri.


Manfaat flavonoid didalam daun seledri untuk ginjal yakni membantu menaikkan peranan ginjal secara keseluruhan. Temuan ini udah dikaji di dalam penelitian dari Frontiers in Physiology.


Studi tersebut menerangkan bahwasanya flavonoid menopang melindungi ginjal dari bermacam-macam agen nefrotoksik. Agen ini diketahui sebagai senyawa yang dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal kronis dan cedera ginjal akut akibat alkohol, nikotin, dan cadmium.


Senyawa yang juga dapat didapatkan di apel serta sirsak ini juga ampuh meluputkan penyakit ginjal yang dipicu oleh hipertensi. Pasalnya, flavonoid bisa membantu mengurangi tekanan darah juga bereaksi pada parenkim ginjal, ialah jaringan penyusun ginjal. Dari sinilah yang menggarap daun seledri dipercaya mempunyai manfaat yang baik untuk organ ginjal sahabat Transkerja.


5. Mencegah pembentukan batu ginjal

Seledri yakni satu di antara jenis sayuran yang berlimpah mengandung kalium dan antioksidan. Zat tersebut dikenal dapat membendung penumpukan atau pengendapan mineral didalam ginjal, alhasil meredakan risiko terbentuknya batu ginjal.


Selain itu, seledri juga berjibun memuat air. Berkat kandungan kalium dan air yang cukup tinggi, seledri bisa mempersiapkan badan lebih besar membuang zat sisa juga racun melalui urine. Efek ini menghasilkan seledri baik dikonsumsi untuk proses detoksifikasi sekaligus meninggalkan batu ginjal.


6. Miliki Kandungan Sodium yang Rendah

Manfaat daun seledri seterusnya sebagai bahan alami yang mempunyai kadar sodium rendah. Kandungan sodium yang rendah akan memicu kerja ginjal semakin lancar. kalau fisik mengandung kadar sodium yang berlebihan, hal itu memiliki potensi memengaruhi kerja ginjal. Dengan rajin mengonsumsi seledri, jumlah sodium di dalam fisik akan berkurang juga ginjal bakal jadi lebih sehat.


4 Cara Mengolah Seledri

Setelah memahami bermacam-macam kebaikan daun seledri untuk ginjal, kamu harus mengenali cara mengolahnya yang sehat terlebih dahulu. Berikut sejumlah cara mengolah daun seledri yang sehat:


1. Kamu juga bisa mencoba menggarap jus dari 400 gram daun seledri setiap hari. untuk buat jus seledri, kamu juga bisa menambahkan berbagai ragam bahan lain, semacam bayam, buah pir, maupun air perasan lemon. mempersiapkan jus seledri amat mudah, cukup potong kecil-kecil seledri dengan bahan lain, lalu masukkan didalam blender. Tambahkan air perasan lemon dan es batu. Kemudian saring jus yang udah diblender, sebelum diminum.


2. supaya sahabat memperoleh khasiat daun seledri secara optimum untuk ginjal, teman-teman Transkerja bisa mengikuti langkah langkah ini. Potong seledri serta batangnya, lalu masukkan didalam sup. pakai daun seledri ketika memasak tahu orak-arik. Konsumsi dengan almond, kacang tanah, maupun selai kacang yang ditaburi kismis. Dijadikan jus seledri .


3. Meminum air rebusan daun seledri: cara mengolah daun seledri yang pertama yaitu dengan merebusnya. Cucilah 1 ikat daun seledri sampai bersih, lalu potong jadi kecil-kecil. Rebuslah potongan daun seledri selama 10 menit. selepas itu, tuang air rebusan daun seledri didalam botol. kamu bisa menempatkan air rebusan ini didalam kulkas dan minum 1 gelas setiap hari. teknik ini diyakini bisa membersihkan ginjal.


4. Camilan: Seledri juga dapat jadi camilan sehat. Cukup dengan menyiapkan batang seledri segar, lalu potong dengan ukuran sedang dan belah jadi dua. Tambahkan dua sendok selai kacang pada batang seledri serta camilan seledri pun siap untuk dinikmati.


Waspada Efek Samping

Meski daun seledri bermanfaat pada kesehatan ginjal, tak berarti kamu mesti mengonsumsinya di dalam jumlah banyak. Makan seledri secara berlebihan memajukan risiko hiperkalemia karena terlalu berlimpah kalium didalam tubuh.


Daun seledri sungguh-sungguh mempunyai manfaat buat kesehatan. akan tetapi, klaim kebaikan daun seledri untuk ginjal sampai waktu ini masih mesti diteliti lebih lanjut. maka dari itu, seledri belum terbukti dapat dipakai sebagai pengobatan penyakit ginjal.


Jika kawan-kawan Transkerja ragu, tanyakan pada dokter apakah seledri aman untuk dikonsumsi. Dengan begitu, akibat penyakit ginjal pun berkurang juga fisik jadi lebih sehat.