Ac Mobil Nyala Tapi Tidak Keluar Angin, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya

Mungkin di antara pemilik mobil, pernah mengalami kalau ac mobil nyala tapi tidak keluar angin atau angin ac yang keluar kecil dari dashboard ac mobil. Ketika mengalami AC mobil tidak meniup udara atau tidak menyala, itu bisa sangat membuat frustrasi.


Untungnya, AC mobil tidak bertiup adalah masalah umum dan perbaikan yang relatif mudah tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Jika kamu benar-benar tidak mendapatkan udara dari sistem ventilasi di mobil, kamu mungkin tidak memiliki masalah dengan sistem pendingin udara mobil sama sekali! Jika kamu mendapatkan udara untuk dihembus tetapi tidak menjadi dingin, itu masalah yang berbeda tetapi mudah-mudahan masih merupakan perbaikan yang mudah.


AC Mobil Tidak Keluar Angin atau Kipas AC Mobil Tidak Berfungsi?

Jika AC mobil tidak mengeluarkan udara, bisa jadi ada masalah dengan kipas mobil. Sebagian besar kendaraan saat ini memiliki satu kipas multi-speed yang meniupkan udara melalui serangkaian saluran dan ventilasi berdasarkan pilihan pengemudi dalam sistem kontrol kendaraan mereka.


Kecepatan yang berbeda ini biasanya dikendalikan melalui satu set resistor atau modul komputer kecil yang dikendalikan oleh sakelar kipas. Resistor motor blower atau modul blower menjadi panas karena memberi daya pada kipas sehingga, sering kali, mereka dapat terbakar menyebabkan kecepatan tertentu dari kipas di mobil Anda berhenti bekerja, kipas dapat macet pada satu kecepatan, hanya bekerja pada kecepatan tinggi , atau tidak berfungsi pada setelan apa pun.


Karena resistor ini menjadi panas, banyak produsen mobil akan memasangnya ke saluran ventilasi mobil agar tetap dingin. Mengubahnya bisa semudah melepas dua sekrup dan satu sambungan listrik dan memasang satu set resistor baru atau modul baru yang tersedia di bengkel suku cadang lokal.


Meskipun setiap kendaraan sedikit berbeda, sistem ini seringkali sangat mirip sehingga artikel instruksional ini dapat membantu. Alasan lain mengapa kipas AC mobil tidak berfungsi bisa jadi karena filter udara kabin kendaraan.


Filter udara kabin berfungsi sebagai penyaring udara luar yang masuk ke dalam mobil untuk memastikannya bersih dan tidak dipenuhi kontaminan. Namun, jika filter udara ini tidak diganti, dapat menjadi tersumbat yang dapat mencegah sirkulasi udara kekuatan penuh melalui sistem ventilasi mobil.


Penyebab AC Mobil Tidak Menghembuskan Udara Dingin

Masalah kedua yang mungkin kamu alami di hari yang panas adalah sistem ventilasi kendaraan hanya mengeluarkan udara hangat atau udara panas bahkan ketika AC mobil dihidupkan.


Masalah ini ada hubungannya dengan sistem pendingin udara kendaraan. Sistem pendingin udara mobil menggunakan pendingin, kompresor, katup ekspansi, dan dua penukar panas untuk mengatur aliran udara dan mendinginkan udara di dalam kabin kendaraan.


Oleh karena itu, ada kemungkinan mobil kekurangan zat pendingin yang membuat AC mobil tidak dapat bekerja dengan baik. Ini adalah alasan paling umum mengapa AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin.


Sistem pendingin udara mungkin mengalami masalah saat diaktifkan kembali. Kadang-kadang mungkin ada masalah dengan kompresor, tetapi biasanya, masalahnya adalah kebocoran lambat yang menyebabkan cukup banyak refrigeran bocor yang menyebabkan AC mobil tidak berfungsi.


Penyebab AC Mobil Tidak Keluar Angin

AC mobil tak keluar angin sama sekali ini memandakan bahwasanya sistem komponen AC mobil sahabat Transkerja menghadapi dilema cukup serius. Sebab, situasi sulit tersebut enggak berkaitan dengan penyebab AC mobil enggak dingin. Melainkan ada komponen-elemen yang bermasalah atau rusak.


Sehingga, kawan-kawan Transkerja wajib mencari penyebab AC mobil enggak mengeluarkan angin sama sekali, biarpun saklar AC mobil sudah hidupkan. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu sebagian penyebab mengapa AC mobil hidup akan tetapi tidak mengeluarkan angin.


Ada sebagian penyebab kenapa AC mobil kawan-kawan Transkerja ini tak mengeluarkan angin. Sebab, ditemukan dua jenis kendala AC mobil yang tak mengeluarkan angin ini. Yakni, AC mobil enggak dingin sama sekali sejak AC dihidupkan maupun AC enggak dingin sama sekali sesaat AC mobil dihidupkan. Untuk itu, cek sejumlah penyebab kenapa AC mobil tidak keluar angin yang harus kamu ketahui, sebagai berikut ini


1. Sekering Putus

Sebagai sebentuk rangkaian kelistrikan maka sistem AC mempunyai sebuah pengaman merupakan Fuse. Fuse ini dapat memerankan salah satu penyebab angin tak keluar ataupun berhembus dari blower. Check sekring yang ada didalam rumah fuse,makin lebih sedap andaikata peran sekring masih tercatat contoh di tutup kotak sekring karena tidak wajib meraba sekring yang mana putus,tinggal dicari sekring AC-Blower maupun ada mobil menggunakan sebutan sekring Heater.


2. Circuit Terbuka Pada Blower

Selain itu penyebab AC mobil gak keluar angin adalah adanya circuit terbuka (kabel putus) yang mengarah ke blower AC. Untuk memperbaikinya merupakan dengan meninjau arus yang masuk serta mengalir melalui masing masing blower kecepatan. Apabilamana gak ada arus maka cek hubungan kabel memakai multimeter. Apakalau gak ada hubungan maka harus ditunaikan penggantian kabel.


3. Resistor Blower Rusak

Permasalahan ac mobil gak keluar anginnya saat sakelar ac(saklar blower) diputar pada status 1,2 juga 3. Dan udah tentu penyebab tak keluar angin pada blower kecepatan 1, 2 serta 3 ialah kerusakan pada resistor blower ataupun pada resistor blower ada sisi yang putus.


Letak resistor blower ada didalam rumah blower di bawah dasbor samping kiri ada di belakang laci, resistor blower dibaut menggunakan dua buah skrup, resistor blower mendapati 4 biji kabel.


jika Resistor blower dibuka bakal nampak sensor temperatur dan ukur menggunakan ohm mtr. Atau avo mtr. Di titik A serta B (saksikan gambar dibawah), pada persoalan ini muncul karena sensor temperatur pada resistor blower itu putus. Hingga mendatangkan arus listrik berhenti enggak mengucur ke sakelar blower pada panel ac.


Cara mengendalikan resistor blower itu sehingga bertindak kembali serta agar ac 123 pada panel ac keluar angin dari dasbor dengan menukar sensor itu maupun bilamana masih sangsi, coba jumper langsung sensor suhu itu pada kaki A juga B (saksikan gambar di atas) menggunakan kabel dengan disolder, seterusnya pasang lagi resistor blower itu ditempatnya, seterusnya check apa blower ac perputaran 1, 2 serta 3 keluar angin.


4. Evaporator Kotor

Yang terakhir penyebab ac mobil gak keluar angin yang kerap didapatkan disebabkan karena evaporator yang kotor. Kotornya evaporator kecuali merintangi saluran udara yang sanggup dipandang menggunakan airflow mtr bakal memengaruhi cut off dari kompressor ac. Situasi ini timbul karena sensor temperatur di evap gak akan terwujud suhu cut off.


Jika ini teradi kompressor ac terus akan bekerja,lama-lama tercipta gumpalan- gumpalan es di evaporator yang berpengaruh merintangi embusan udara dari blower.Hingga angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tapi kalau didengar ada suara angin didalam dasbor yang mengendap.


Untuk permasalahan seperti ini bisa dipenuhi perlakuan sementara,yakni setel suhu penataan pada status minimum maknanya sama dengan mematikan kompressor ac terus tujukan kecepatan angin pada status maksimal supaya gumpalan es di evaporator mencair.Demikian es sudah mencair angin perlahan-lahan bakal keluar melalui grill ac.


Untuk mencegah hal di atas terbentuk saat hidupkan ac upayakan setel temperatur kurang lebih 3/4 dari setel suhu aksimum (saksikan gambar di bawah di bagian temp) ataupun menggaet status maksimal di mana kompressor ac mau untuk on juga off secara automatis.


Sudah niscaya apabila evaporator ac sudah kotor jalannya ialah dilangsungkan pembersihan,jika untuk ac mobil yang masih belum di melengkapi dengan saringan evap lebih bagus kembali jikalau dikerjakan ataupun di pasang saringan evap atau filter kabin.


Cara Mengatasi AC Mobil Tak Mengeluarkan Angin

jika kamu udah memahami sumber persoalan dari AC mobil yang gak mengeluarkan angin. Maka, teman-teman Transkerja harus tahu pula bagaimana cara menangani permasalahan tersebut. Sehingga, AC mobil sobat Transkerja bisa kembali digunakan. Untuk itu, inilah sebagian cara membereskan persoalan AC mobil gak keluar angin. Diantaranya ialah sebagai berikut ini :


Membongkar Bagian Blower AC Mobil

kalau problem AC mobil tak dingin sejak blower AC dihidupkan. Maka, kamu bisa membongkar bagian blower AC. Cek bagian resistor blower tersebut. Pastikan kalau tak ada kabel yang terputus. Andaikan ada kabel yang terputus. Maka, kawan-kawan Transkerja dapat mengganti resistor blower AC mobil di bengkel mobil terdekat.


Membersihkan Evaporator

bila permasalahan angin AC mobil sempat keluar serta kemudian lama kelamaan tidak keluar angin sama sekali ini dihasilkan oleh kotornya evaporator. Untuk itu, sahabat wajib membersihkan komponen evaporator terlebih dahulu. Kamu dapat ke bengkel terdekat untuk melakukan pembersihan komponen penampung gas uap dingin AC mobil ini.


Memperbaiki Katup Expansi

Selain dipicu oleh kotoran evaporator. Permasalahan tersebut juga diakibatkan oleh rusaknya katup expansi. Untuk itu, sahabat harus mengangkat ke bengkel terdekat guna mengganti katup expansi.


Masalah AC mobil gak mengeluarkan angin ini merupakan salah satu ciri dari adanya kerusakan yang cukup parah pada komponen AC mobil. Sebab, enggak munculnya angin AC mobil ini bisa memicu kabin mobil terasa panas. Untuk itu, kamu wajib mengerti penyebab dan solusi AC mobil tak keluar angin dingin.


Diatas yakni ulasan terkait AC mobil gak keluar angin bermula dari penyebab juga metode mengatasinya. Jika mengalami masalah dengan ac mobil nyala tapi tidak keluar angin, bawalah kendaraan kamu ke layanan bengkel mobil terdekat hari ini. Mekanik mobil dapat mengidentifikasi masalah dan memastikan bahwa mobil akan kembali di jalan dengan kerja teratas dan cepat.


Penyebab AC Mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali

Sobat kudu mencari penyebab AC kendaraan ini enggak mengeluarkan angin sama sekali. Meskipun, saklar AC sudah kamu hidupkan serta menggunakan blower AC nomor 1 hingga nomor 3.

Penyebab AC mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali

Ada sebagian penyebab mengapa AC mobil teman-teman ini enggak mengeluarkan angin. Sebab, termuat dua jenis kendala AC kendaraan yang gak mengeluarkan angin ini. Yakni, AC mobil tidak dingin sama sekali sejak AC dihidupkan maupun AC enggak dingin sama sekali sesaat AC mobil dihidupkan.

Untuk itu, ini dia sebagian penyebab mengapa AC kendaraan tidak keluar angin yang wajib kamu ketahui. Diantaranya merupakan sebagai berikut ini :

AC mobil Tidak Mengeluarkan Angin Sejak Saklar Blower AC Dihidupkan

Kerusakan Di Bagian Resistor Blower AC Mobil

Andaikan AC kendaraan kamu tidak mengeluarkan angin sejak saklar blower AC ini dihidupkan. Maka, penyebabnya ada pada resistor blower AC mobil. Bisanya, resistor blower AC tersebut ada bagian kabel yang putus ataupun justru resistor blower AC mobil kawan-kawan rusak.

Kerusakan tersebut menyebabkan terputusnya aliran listrik dari panel AC ke saklar blower. Akibatnya, uap dingin dari evaporator ke blower AC mobil ini mendapati gangguan. Sehingga, blower AC mobil tidak dapat menyalurkan udara dingin dari evaporator.

AC kendaraan Tidak Mengeluarkan Angin sehabis Saklar AC kendaraan Dinyalakan

Kotornya Komponen Evaporator

Kotornya evaporator ini merupakan satu diantara penyebab kenapa angin AC mobil tidak keluar. Sebab, angin AC mobil ini terhambat oleh debu serta kotoran yang tampak pada komponen evaporator.

Alhasil, AC mobil tidak mengeluarkan angin selepas blower AC dinyalakan. Sehingga, pengemudi merasa kurang nyaman asal AC kendaraan tidak mengeluarkan angin juga menyebabkan kabin mobil terasa panas.

Kerusakan Pada Katup Expansi

Komponen katup expansi ialah satu di antara komponen bermanfaat AC mobil. Sebab, katup expansi (expansion valve) adalah bagian yang memperbaiki cairan freon dari saringan filter ke bentuk gas uap dingin. Uap dingin inilah yang nantinya ditampung oleh evaporator guna disalurkan ke blower AC mobil sahabat.

Andaikan komponen katup expansi ini mendapati kerusakan. Maka, cairan freon pun tak bisa diubah jadi gas. Akibatnya, AC mobil tidak dapat mengeluarkan angin sesudah saklar blower AC dinyalakan.Cara menangani Masalah AC kendaraan Tidak Mengeluarkan Angin

Manakala kamu udah mengetahui sumber masalah dari AC mobil yang enggak mengeluarkan angin. Maka, sobat wajib tahu pula macam apa cara menghandel masalah tersebut. Sehingga, AC mobil kamu bisa kembali digunakan. Buat itu, inilah sejumlah cara menanggulangi masalah AC mobil tidak keluar angin. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

Membongkar Bagian Blower AC Mobil

Jika keadaan sulit AC mobil tidak dingin sejak blower AC dihidupkan. Maka, kamu bisa membongkar bagian blower AC. Cek bagian resistor blower tersebut. Pastikan kalau tidak ada kabel yang terputus. Andaikan ada kabel yang terputus. Maka, sahabat dapat mengganti resistor blower AC kendaraan di bengkel kendaraan terdekat.

Membersihkan Evaporator

Semisal persoalan angin AC mobil sempat keluar serta kemudian lama kelamaan enggak keluar angin sama sekali ini dikarenakan oleh kotornya evaporator. Untuk itu, sahabat transkerja kudu membersihkan komponen evaporator terlebih dahulu. Kamu dapat ke bengkel terdekat untuk melakukan pembersihan komponen penampung gas uap dingin AC kendaraan ini.

Memperbaiki Katup Expansi

Selain diakibatkan oleh kotoran evaporator. Situasi sulit tersebut juga dikarenakan oleh rusaknya katup expansi. Buat itu, teman-teman harus membawa ke bengkel terdekat guna mengganti katup expansi.

Masalah AC mobil tidak mengeluarkan angin ini menjadi satu di antara ciri dari adanya kerusakan yang cukup parah pada komponen AC mobil. Sebab, tidak keluarnya angin AC kendaraan ini akan mengakibatkan kabin mobil terasa panas. Buat itu, teman-teman harus mengenal penyebab dan solusi AC mobil tidak keluar angin dingin.

Penyebab Dan Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Keluar Angin

Ada dua jenis AC mobil tidak keluar angin yaitu.

1.Dari awalnya ac hidup sudah tidak keluar angin

2.Awalnya ac hidup ada keluar angin namun makin lama angin tak keluar

Kedua hal diatas pasti memiliki sejumlah penyebab yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya terkait AC mobil tidak keluar angin baik dari penyebab ataupun cara mengatasinya bakal diulas pada ulasan berikut ini.

Penyebab juga Cara Memperbaiki AC mobil Tidak Keluar Angin

1. Sekering Putus

Sebagai semacam rangkaian kelistrikan maka sistem AC mempunyai sebuah pengaman ialah Fuse.

Fuse ini sanggup menjadi satu di antara penyebab angin enggak keluar maupun berhembus dari blower.

Check sekring yang muncul di dalam tempat tinggal fuse,makin lebih hosit jika tugas sekring masih tercatat contoh di tutup kotak sekring sebab tidak kudu meraba sekring yang mana putus,tinggal dicari sekring AC-Blower maupun ada kendaraan memakai istilah sekring Heater.

2. Circuit Terbuka Pada Blower

Selain itu penyebab AC mobil tidak keluar angin yakni adanya circuit terbuka (kabel putus) yang mengarah ke blower AC.

Untuk memperbaikinya merupakan dengan meninjau arus yang masuk dan mengalir melalui masing masing blower kecepatan.

Andaikata enggak ada arus maka cek hubungan kabel memakai multimeter.

Semisal tak ada hubungan maka wajib dilakukan penggantian kabel.

3. Resistor Blower Rusak

Permasalahan ac mobil tidak keluar anginnya kala sakelar ac(saklar blower) diputar pada status 1,2 serta 3.

Serta sudah mesti penyebab tidak keluar angin pada blower kecepatan 1, 2 serta 3 merupakan kerusakan pada resistor blower atau pada resistor blower ada sisi yang putus.

Letak resistor blower ada didalam rumah blower di bawah dasbor samping kiri ada di belakang laci, resistor blower dibaut menggunakan dua buah skrup, resistor blower memiliki 4 biji kabel.

Seandainya Resistor blower dibuka akan nampak sensor temperatur dan ukur menggunakan ohm mtr, maupun avo mtr.

Di titik A juga B (saksikan gambar dibawah), pada persoalan ini muncul karena sensor temperatur pada resistor blower itu putus.

Hingga menyebabkan arus listrik berhenti tak mengucur ke sakelar blower pada panel ac.

Cara menindak resistor blower itu agar berperan kembali serta agar ac 123 pada panel ac keluar angin dari dasbor dengan menukar sensor itu ataupun jika masih sangsi, coba jumper langsung sensor suhu itu pada kaki A serta B (saksikan gambar di atas) menggunakan kabel dengan disolder, seterusnya pasang lagi resistor blower itu ditempatnya, seterusnya check apa blower ac perputaran 1, 2 dan 3 keluar angin.

4. Evaporator Kotor

Yang terakhir penyebab ac mobil tidak keluar angin yang kerap didapatkan diakibatkan karena evaporator yang kotor.

Kotornya evaporator kecuali merintangi saluran udara yang bisa ditatap memakai airflow mtr akan memengaruhi cut off dari kompressor ac.

Hal ini terjadi sebab sensor temperatur di evaporator tidak akan terwujud suhu cut off.

Seumpama ini teradi sebab kompressor ac terus bakal bekerja, lama-lama tercipta gumpalan-gumpalan es di evaporator yang berpengaruh merintangi embusan udara dari blower.

Hingga angin tidak keluar dari grill ac didashboard.

Untuk permasalahan semacam ini dapat dilakukan perlakuan sementara, yakni setel suhu penataan pada status minimum maknanya sama dengan mematikan kompressor ac terus tujukan kecepatan angin pada status maksimal supaya gumpalan es di evaporator mencair.