7 Kebaikan Tomat Ini Bakal Sebabkan Kamu Lebih Kerap Menyantapnya

7 Kebaikan Tomat Ini Bakal Sebabkan Kamu Lebih Kerap Menyantapnya - Apakah kamu termasuk satu di antara dari pengagum buah tomat? seumpama ya, kawan-kawan Transkerja termasuk satu di antara orang yang beruntung. Pasalnya, buah yang satu ini mendapati berlimpah kandu…

 Apakah kamu termasuk satu di antara dari pengagum buah tomat? seumpama ya, kawan-kawan Transkerja termasuk satu di antara orang yang beruntung. Pasalnya, buah yang satu ini mendapati berlimpah kandungan gizi yang melimpah juga berpengaruh positif bagi kesehatan. Apa saja kandungan nutrisi serta faedah kesehatan dari buah tomat? Yuk, simak penjelasan berikut ini!
 

Kandungan gizi pada tomat


Dalam 100 gram tomat, sahabat Transkerja dapat menemukan berbagai macam kandungan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh, kayak berikut ini:

πŸ“ƒ Air: 93 gram
πŸ“ƒ Energi: 24 kalori
πŸ“ƒ Protein: 2 gram
πŸ“ƒ Lemak: 0.7 gram
πŸ“ƒ Karbohidrat: 3.3 gram
πŸ“ƒ Serat: 1.8 gram
πŸ“ƒ Kalsium: 5 miligram (mg)
πŸ“ƒ Fosfor: 27 mg
πŸ“ƒ Zat besi: 0.5 mg
πŸ“ƒ Natrium: 10 mg
πŸ“ƒ Kalium: 210 mg
πŸ“ƒ Tembaga: 0.07 gram
πŸ“ƒ Seng: 0.2 mg
πŸ“ƒ Beta-Karoten: 384 mikrogram (mcg)
πŸ“ƒ Karoten total: 320 mcg
πŸ“ƒ Thiamin (Vitamin B1): 0.07 mg
πŸ“ƒ Riboflavin (Vitamin B2) 0.04 mg
πŸ“ƒ Niasin: 0.7 mg
πŸ“ƒ Vitamin C: 30 mg

 

Manfaat tomat bagi kesehatan


Dengan mengonsumsi buah tomat, kamu bisa memperoleh bervariasi khasiat untuk kesehatan kayak berikut ini:

1. Melindungi kesehatan jantung


Sebuah penelitian didalam European Journal of Public Health mengatakan kalau kandungan likopen juga beta-karoten didalam badan dapat memengaruhi akibat teman-teman Transkerja tentang serangan jantung. Semakin rendah kadar likopen dan beta-karoten, semakin tinggi akibat sobat Transkerja mendapati serangan jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah tomat yang kaya akan likopen juga beta-karoten dapat menyodorkan manfaat untuk menekan efek mendapati satu di antara penyakit jantung yang mematikan tersebut. Tidak melulu itu, kandungan likopen juga berfaedah mengurangi persentase kolesterol jahat yang ialah faktor akibat dari penyakit jantung.

Bahkan, kandungan likopen yang diperoleh dalam buah tomat juga menyerahkan efek perlindungan tentang lapisan di dalam pembuluh darah, sehingga menyandang potensi menurunkan akibat terjadinya pembekuan darah.

2. Cegah kanker


Selain buah jeruk, ternyata tomat termasuk satu di antara buah tertinggi sebagai sumber vitamin C dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang membeludak di dalam buah tomat ini menyerahkan manfaat didalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

tidak melulu itu, kandungan beta-karotene di dalam tomat juga mendapati manfaat untuk menjauhi pembentukan tumor pada penderita kanker prostat. Hal ini udah terbukti melalui penelitian pada tahun 2016 didalam jurnal berjudul Molecular Cancer Research.

Belum lagi kandungan likopen didalam tomat yang ternyata mendapati manfaat lebih dari sekedar memberi warna merah pada buah ini. Likopen termasuk satu di antara jenis polifenol yang sanggup mendukung pencegahan mengenai kanker prostat. Kendati begitu, para ahli masih wajib menjalankan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat-manfaat tersebut.
 

3. Menangani diabetes


satu di antara faedah yang mampu kamu dapatkan dari mengonsumsi buah tomat yaitu membantu menanggulangi penyakit diabetes. Situasi ini dibuktikan oleh semacam penelitian pada tahun 2017 yang menuturkan bahwasanya pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan kaya serat mendapati penurunan kadar gula darah didalam tubuh.

Sementara itu, pasiendiabetes tipe 2 juga menghadapi penurunan pada kadar gula darah hingga kadar lemak di dalam tubuh. Oleh sebab itu, tak heran seumpama buah tomat dapat membantu membereskan penyakit diabetes, sebab dalam secangkir buah tomat, kedapatan 2 gram serat.

Bahkan, The American Diabetes Association, menyarankan untuk mengonsumsi 25 gram serat setiap hari untuk wanita dan 38 gram serat setiap hari untuk pria seandainya mau mengendalikan penyakit kencing manis ini.
 

4. Melancarkan pencernaan


Jika sahabat Transkerja sedang mendapati sembelit maupun susah buang air besar, mengonsumsi buah tomat mungkin bisa membantu mengendalikan pra syarat tersebut. Pasalnya, kandungan air juga serat pada tomat dapat membantu melancarkan pergerakan usus serta sehingga buang air besar jadi lancar.

Selain itu, serat akan mengakibatkan kotoran yang diperoleh pada usus terdorong keluar sehingga meringankan menyedikitkan konstipasi atau sembelit. Tak heran andaikata buah tomat sering kali memperoleh julukan sebagai buah pencahar.

Namun, uniknya, buah tomat juga baik dikonsumsi untuk meninggalkan diare. Oleh karena itu, buah ini dapat menyodorkan manfaat untuk kesehatan pencernaan, mengingat buah ini dapat membereskan kedua problem primer pada sistem pencernaan.

5. Melindungi kesehatan mata


Beta-karotene, satu di antara kandungan nutrisi pada tomat, ternyata gak sekadar mempunyai manfaat untuk merawat kesehatan jantung. Ya, kandungan gizi yang satu ini juga bisa membantu teman-teman Transkerja memelihara kesehatan mata.

Beta-karotene, likopen, juga lutein yakni antioksidan yang bisa kawan-kawan Transkerja temukan didalam buah tomat dan mendapati manfaat untuk melindungi mata dari bervariasi kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.

Bahkan, penelitian pada tahun 2014 membuktikan bahwasanya orang yang mengonsumsi makanan kaya lutein karotenoid dan zeaxanthin, antioksidan yang bisa kawan-kawan Transkerja temukan pada buah tomat, menghadapi penurunan akibat tentang degenerasi makula neovaskular hingga 35 persen.
 

6. Merawat kesehatan kulit


Sebuah penelitian pada tahun 2011 mendapatkan bahwasanya kombinasi pasta tomat juga minyak zaitun bisa melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat paparan sinar uv. Enggak sekadar itu, kombinasi tersebut juga mendorong produksi pro-kolagen.

Seperti yang telah berjibun diketahui, kolagen ialah komponen bernilai di dalam pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku. Namun, enggak cuma itu, kandungan vitamin C pada buah tomat juga mendapati tugas bernilai di dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan amat rentan mengenai kerusakan kulit akibat paparan sinar uv, pencemaran lingkungan, juga asap. Andaikata kamu membiarkannya begitu saja, kulit akan lebih cepat keriput, kendur, muncul bercak hitam, hingga plural masalah kesehatan kulit lainnya.
 

7. Menyuburkan kesehatan dimasa hamil


Tahukah sahabat Transkerja bahwa buah tomat juga mempunyai manfaat kesehatan untuk ibu hamil? Pasalnya, buah tomat mempunyai kandungan folat yang baik untuk kehamilan. Kandungan folat didalam buah tomat mempersembahkan manfaat untuk memperhatika janin dari cacat tabung saraf.

sebenarnya, para dokter sering menyarankan kepada para ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat untuk memajukan asupan folat. Biarpun demikian, lebih baik untuk mendapatkannya secara alami dari buah serta sayuran, satu di antaranya dengan mengonsumsi buah tomat secara rutin.

tidak sekadar itu, mengonsumsi buah tomat rupanya juga baik untuk melindungi kesehatan rahim bagi wanita yang sedang merencanakan program kehamilan.

Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement