20 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Berikut Risikonya Yang Wajib Diwaspadai

20 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Berikut Risikonya Yang Wajib Diwaspadai - Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang berjibun dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Meski harganya murah, tomat padat nutrisi serta bermanfaat buat kesehatan. Kandungan tomat diyakini …

 Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang berjibun dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Meski harganya murah, tomat padat nutrisi serta bermanfaat buat kesehatan.

Kandungan tomat diyakini mampu menghindari berbagai keadaan sulit kesehatan semacam penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, tomat bisa dikonsumsi untuk mereka yang kepingin menurunkan berat badan.

Tomat berisi senyawa karotenoid tinggi mencakup lutein dan likopen. Kandungan-kandungan tersebut amat berarti buat kesehatan mata biar tidak gampang rabun.

Tomat memerankan salah satu sayuran yang paling enteng dikonsumsi sebab bisa diolah jadi jus, salad, isi sandwich, juga bervariasi menu masakan. Sayuran ini juga baik dikonsumsi anak-anak atau orang dewasa. Tomat mempunyai bervariasi jenis dan ukuran, semacam tomat ceri, tomat besar, tomat hijau juga merah.

Manfaat tomat akan lebih maksimal seandainya dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Tapi masih melimpah orang yang gak suka memakan tomat secara lansung sehingga mau-tak mau mesti diolah terlebih dahulu. Kendati begitu, tomat tentu memberi khasiat baik buat kesehatan.

Sayuran jenis ini juga memuat vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, juga lycopene yang bertugas sebagai antioksidan. Kandungan tersebut bertugas untuk melihara kulit dari efek radikal bebas juga sinar uv. Tomat juga mampu menghaluskan juga mengobati beraneka macam masalah kulit lainnya, semacam jerawat dan komedo.

Lantas apa saja manfaat tomat? Berikut yaitu segudang kebaikan tomat buat kesehatan serta kecantikan, kayak dirangkum dari Medical News Today.

Manfaat Tomat buat kesehatan juga Kecantikan


πŸ“ƒ. Meninggalkan penyakit kanker
πŸ“ƒ. Menurunkan tekanan darah
πŸ“ƒ. Melihara kesehatan jantung
πŸ“ƒ. Mengendalikan diabetes
πŸ“ƒ. Menyembuhkan sembelit
πŸ“ƒ. Melancarkan pencernaan
πŸ“ƒ. Menjaga kesehatan mata
πŸ“ƒ. Melembapkan juga mencerahkan kulit
πŸ“ƒ. Menangani beraneka macam masalah kulit wajah semacam jerawat dan komedo
πŸ“ƒ. Menyehatkan janin (bagi ibu hamil)
πŸ“ƒ. Memperbanyak ASI bagi ibu menyusui
πŸ“ƒ. Menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi
πŸ“ƒ. Menjauhi hipertensi
πŸ“ƒ. Menangani kulit berminyak
πŸ“ƒ. Menurunkan kerontokan rambut
πŸ“ƒ. Memajukan mood
πŸ“ƒ. Melindungi daya tahan sistem imun tubuh
πŸ“ƒ. Membela keuletan tulang, sendi serta otot
πŸ“ƒ. Meluaskan peranan otak
πŸ“ƒ. Mengobati luka sehingga tidak infeksi

Risiko Mengonsumsi Tomat Secara Berlebihan


Anda tidak usah tenggelam dengan segudang keuntungan tomat. Walaupun mendapati melimpah khasiat pada kesehatan tubuh, sayuran ini juga dapat mengakibatkan beberapa pengaruh kurang baik jikalau dikonsumsi berlebihan.

Environmental Working Group (EWG) setiap tahunnya menyusun daftar buah-buahan dan sayuran dengan tingkat zat residu pestisida tertinggi. Makanan ini dipahami sebagai Dirty Dozen.

EWG menyarankan seseorang untuk membeli tomat organik tanpa diberi pestisida untuk menghindari penyakit. Tapi sayangnya kini berjibun tomat di pasaran yang telah terkena pestisida. Oleh karena itu, teman-teman Transkerja mesti menentukan bahwasanya mencuci tomat dengan bersih.

Di sisi lain, tomat juga gak boleh dikonsumsi berlebihan bagi pengidap penyakit jantung yang wajib minum obat dengan kadar kalium tinggi. Selain itu, kalau terlalu melimpah mengonsumsi kalium dan potasium di dalam tomat, maka bakal berbahaya bagi yang mempunyai gangguan ginjal.

Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement