Jual Pohon Apel Murah Jember, Jawa Timur Harga Terbaru

Jember, Jawa Timur: Menanam Pohon apel di Jember, Jawa Timur menjadi satu di antara prospek yang menjanjikan. bidang usaha budidaya tanaman apel ialah satu di antara bentuk bisnis yang layak dan prospektif. Sebab, apel sendiri termasuk buah yang melimpah disukai oleh seluruh lapisan masyarakat baik di dalam negri atau di luar negri. Apel yakni buah segar nan renyah yang kaya akan kandungan air, vitamin B dan C. Di seluruh dunia, buah apel hampir jadi buah-buahan yang kerap kali dikonsumsi. Hal ini mempersiapkan permintaan buah apel terus-menerus semakin berkembang sehingga pembudidayaannya dilancarkan secara besar-besaran di setiap daerah.


Apel menjadi satu di antara buah favorit bagi beberapa orang, apakah kawan-kawan Transkerja.com satu di antara pencinta apel? Teksturnya yang renyah serta berair memproduksi apel disukai. Selain itu, apel juga memiliki melimpah keuntungan untuk tubuh, kayak bisa membendung radikal-bebas hingga menangani gula darah.


Buah apel yang matang lazimnya berwarna merah, walaupun tersedia juga yang matang didalam keadaan hijau, ataupun hijau kekuningan. Apel merah yakni salah satu jenis apel yang paling berlimpah disukai karena daya tarik warnanya yang merah menggugah selera. akan tetapi apel hijau gak kalah tenar, rasanya selalu manis akan tetapi biasanya lebih renyah juga kadang terasa masam. Semuanya mendapati keunggulan masing-masing. berjibun jenis apel yang beredar luas di pasaran, sejumlah di antaranya adalah apel asli Indonesia. beberapa saat yang lain diimpor dari sejumlah negara lain.


Jual Pohon Apel di Jember, Jawa Timur



Jual Beli Pohon Apel Terlengkap Jember, Jawa Timur: Beli aneka produk Pohon Apel di Jember, Jawa Timur terlengkap dengan mudah, cepat & aman. Kamu bisa menemukan penjual Pohon Apel dari seluruh Jember, Jawa Timur yang terdekat dari lokasi & wilayah kamu sekarang. Selain itu, kamu juga bisa cek Harga Terbaru Pohon Apel Jember, Jawa Timur dan diurutkan dari harga yang termurah! Nikmati juga pengalaman menyenangkan & lebih hemat untuk berbelanja Pohon Apel Jember, Jawa Timur dengan bebas ongkir hingga fitur cicilan 0% dari berbagai bank.


1. Jual Pohon Apel Rome Beauty Jember, Jawa Timur

Apel Rome Beauty mempunyai warna kulit buah hijau bersembur warna merah. Rasanya segar sedikit asam. Bentuknya sedikit bulat hampir sama dengan bentuk apel Manalagi. cuma saja mempunyai lekukan di bagian ujung relatif dalam. Rome Beauty daging buahnya sedikit keras tapi jika masak di pohon, buahnya terasa lebih renyah. Jenis apel ini sering didayagunakan untuk bahan pembuatan sari apel karena rasanya yang kuat.


2. Jual Pohon Apel Princess Noble Jember, Jawa Timur

Apel ini disebut juga apel hijau maupun Apel Australia. Ciri khasnya berada pada warna kulit buah yang selalu hijau kekuningan biarpun telah masak. Buahnya berbentuk agak bulat dengan lekukan di bagian ujung relatif dalam. Berat rata-rata tiap buah sekitar 175 g.


3. Jual Pohon Apel Anna/Apel Jonathan Jember, Jawa Timur

Jangan teperdaya dengan warnanya yang merah menggoda semacam apel impor. Apel Anna berjibun tumbuh di Batu, Malang. Selagi muda, buah ini berwarna hijau, lalu berlahan-lahan berubah jadi merah ketika udah tua.


4. Jual Pohon Apel Manalagi Jember, Jawa Timur

Apel Manalagi memiliki warna kulit buah hijau kekuningan walaupun telah matang. Tanaman ini berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat serta Eropa Timur. akan tetapi untuk jenis apel Manalagi berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Buahnya berbentuk jorong, pangkal serta pucuk berlekuk dalam. Jenis apel ini memiliki pori kulit buah yang jelas, halus, serta renggang. Rasa apel ini segar dan memiliki aroma yang kuat.


5. Jual Pohon Apel Manalagi Ceri Jember, Jawa Timur

Apel Manalagi Ceri ialah apel manalagi yang berskala lebih kecil. Apel ini juga tidak kalah disukai dari Apel Manalagi.


6. Jual Pohon Apel Fuji Jember, Jawa Timur

Apel Fuji berwarna merah muda hampir di seluruh permukaan kulitnya. Apel Fuji pertama kali dikembangkan di Jepang pada era 1930-an, ialah hasil seleksi dari silangan antara Red Delicious juga Ralls Janet.  Sejak diperkenalkan, Apel Fuji langsung terkenal di Jepang, Korea, Tiongkok, juga Amerika Serikat. Hal ini sebab Apel Fuji mempunyai rasa yang benar-benar lezat juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.


7. Jual Pohon Apel Golden Delicious Jember, Jawa Timur

Buah berwarna kuning cerah ini nampak ceria. Apel Golden Delicious masuk didalam jenis apel dengan tekstur daging buah yang lunak. Berkulit tipis, sehingga varietas Golden Delicious gak dapat disimpan lama karena dapat memar serta layu. Jadi, cobalah untuk memakainya sesegera mungkin. Apel ini sungguh-sungguh ideal untuk diolah jadi pai, salad, saus apel, serta dijadikan frozen fruit.


8. Jual Pohon Apel Granny Smith Jember, Jawa Timur

Granny Smith satu di antara jenis apel hijau yang berasal dari Australia. Kulitnya berwarna hijau cerah, tekstur dagingnya renyah, serta mendapati rasa asam yang betul-betul kuat. Ketika sungguh-sungguh matang, kulit hijaunya mempunyai sentuhan warna kemerahan. beberapa saat beberapa orang senang memakannya langsung, sejumlah orang yang lain lebih suka memasaknya, yang bakal menyebabkannya lebih manis. Buah ini ialah pelengkap yang ideal untuk makanan gurih semacam bawang dan keju. Pada segi estetika, kulit hijau Apel Granny Smith menyerahkan elemen visual yang bagus untuk hidangan.


9. Jual Pohon Apel Royal Gala Jember, Jawa Timur

Apel ini berasal dari Selandia Baru. Warna kulitnya kuning dengan garius-garis berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, manis, dan beraroma tajam.


10. Jual Pohon Apel Washington Jember, Jawa Timur

Apel ini berasal dari Amerika, warna kulitnya merah bergaris-garis. Daging buahnya lunak juga rasanya manis sedikit asam. Apel ini benar-benar gampang sobat Transkerja.com dapatkan di pasaran Indonesia.


11. Jual Pohon Apel McIntosh Jember, Jawa Timur

Nama apel ini dilalui dari sebutan penemunya yang berasal dari Kanada, John McIntosh. walaupun dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, Kanada dan Amerika senantiasa jadi wilayah budidaya terbesar apel ini. Sebagai informasi, apel McIntosh merupakan apel nasional Kanada. Apel McIntosh mendapati kulit berwarna merah tua, tapi diperoleh warna hijau yang tak merata. Ukuran apel ini lebih gede dari granny smith juga mempunyai bentuk bulat. walaupun aromanya tak begitu tajam, apel McIntosh memiliki daging buah yang manis, renyah juga lembut dengan kandungan air yang cukup banyak.


12. Jual Pohon Apel Black Diamond Jember, Jawa Timur

Adalah black diamond, apel hitam yang cuma tumbuh di lokasi Tibet. Apel ini biasanya berukuran sedang dengan bentuk flat round. dipahami sebagai Chinese red delicious, warna ungu gelapnya diperoleh karena keadaan geografi Tibet, kayak perbedaan suhu antara siang dan malam yang signifikan. Selain berwarna ungu gelap, apel ini juga berkilau dengan tekstur mengkilat semacam lilin. sebab itulah apel ini dinamakan black diamond. Daging buah apel ini berwarna putih, keras serta renyah saat dimakan segar akan tetapi melembut di dalam penyimpanan. Rasanya sendiri amat manis menyegarkan.



Manfaat Menanam Pohon Apel



1. Pohon Apel Membentuk Buah yang Banyak

Meski tanam pohon apel benar-benar ribet sebab kudu memperhitungkan suhu, kelembapan, juga curah hujan. Namun, hasilnya bisa teman-teman Transkerja.com rasakan seandainya udah menggarap semuanya dengan benar. Hasil yang dipresentasikan oleh pohon apel juga berkali-kali lipat dari usaha yang kamu lakukan. Sekali panen, pohon ini dapat membentuk 6 sampai 15 kg buah apel. bisa kawan-kawan Transkerja.com bayangkan tersedia berapa biji buah apel yang dihasilkan? Selain banyak, buah apel yang dihasilkan juga enak sesuai dengan jenis apel dan cara kamu menanamnya. Semua buah apel ini bisa kamu makan langsung atau diolah lagi jadi makanan juga minuman lainnya. teman-teman Transkerja.com juga dapat menjual apel serta plural jenis olahannya untuk memperoleh cuan yang besar.


2. Buah Apel Bagus Pada kesehatan

Buah apel baik bagi kesehatan udah melekat di benak semua orang. Buah apel sungguh-sungguh mempunyai melimpah sekali keuntungan untuk badan anda. Hal ini dikarenakan didalam buah apel ada melimpah sekali vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Buah yang mempunyai warna merah, hijau, ataupun kuning ini vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kaya akan serat, serta sebagian mineral lainnya. Dengan banyaknya vitamin tersebut, buah apel dapat membantu menyembuhkan serta menghindari berbagai penyakit. Dengan adanya vitamin C, buah ini bisa melindungi kekebalan badan anda. Buah apel juga bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. di dalam 100 gram apel, terkandung 5 gram serat.


Kolesterol jahat didalam fisik bisa menurun bahwa anda rajin mengonsumsi apel sebab buah ini mengandung pektin yang berguna menyerap kolesterol. meluputkan penyakit berbahaya, semacam kanker juga kebaikan dari buah apel karena adanya senyawa bernama butyrate. Buah apel juga turut memegang potensi menghindari penyakit kardiovaskuler, semacam stroke, jantung, diabetes, serta asma. Selain buahnya yang bermanfaat, pohon apel juga mendapati daun yang gak kalah bermanfaatnya. Kandungan di dalam daun apel hampir sama dengan buah apel dengan keuntungan yang hampir sama pula. andaikata teman-teman Transkerja.com menanam pohon apel, kawan-kawan Transkerja.com udah dapat khasiat diatas dua kali dari buah apel serta daun apel.


3. Pohon Apel Memperhatika Lingkungan

tanam pohon apel juga turut membela kelas sebab segala bagian dari pohon ini dapat bermanfaat untuk memperbaiki lingkungan. Pohon apel mempunyai daun yang begitu rindang. Saat siang, daun hijau ini akan mengeluarkan oksigen serta menghirup karbon dioksida sehingga udara di sekitar pohon ini akan terasa lebih segar. Hal ini bisa teman-teman Transkerja.com manfaatkan bahwasanya anda tinggal di jalan yg acap kali diambil kendaraan hingga membangkit polusi udara.


Akar dari pohon apel juga begitu panjang serta kuat sehingga memerlukan air dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan adanya akar tersebut, banjir bisa dicegah. Setiap hujan, pohon ini niscaya akan menyerapnya. Pohon apel yang cukup besar juga bisa menghadang polusi suara yang tercipta bila kendaraan lewat. kendati gak sepenuhnya menghilang. Namun, suara bising akan sedikit teredam.


4. Pohon Apel bisa Ditanam Dimana Saja

Meskipun benih apel cuma dapat ditanam di cuaca dan iklim yang memenuhi syarat saja. Namun, pohon apel memang bisa ditanam dimana saja. niscaya saja hal ini memudahkan buatmu yang tinggal di luar daerah yang sesuai dengan kriteria yang disebutkan sebelumnya. Iklim serta cuaca dingin yang diperlukan cuma untuk pembibitan pohon apel saja. sehabis itu, pohon ini dapat ditanam dimana saja.


Pohon apel biasanya bisa tumbuh subur di tempat yang udaranya sejuk. Oleh sebab itu satu di antara daerah budidaya apel terbesar di Indonesia letaknya tersedia di Malang yang udaranya sebenarnya sejuk. Apel yakni jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel kebanyakan berwarna merah kulitnya kalau masak serta (siap dimakan), akan tetapi bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya lebih kurang lembek, daging buahnya keras. Buah ini mendapati sejumlah biji di dalamnya.


Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel mengembang di berjibun daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. sebutan ilmiah pohon apel di dalam bahasa Latin yakni Malus domestica. Apel budidaya ialah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan beberapa genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar). Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga diperlukan berjibun jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek bagi diproduksi saus apel. Apel juga diproduksi bagi jadi minuman sari buah apel.



Ciri-Ciri khusus Pohon Apel



1. Akar

Pohon apel adalah jenis tanaman berakar tunggang. Akar pada pohon apel dapat tumbuh secara vertikal dan juga horizontal. Akar tunggang vertikal pohon ini dapat tumbuh hingga ke kedalaman 7-10 meter. Bagian ujung akar tunggang yang tumbuh secara vertikal ini ditumbuhi dengan rambut-rambut halus. beberapa saat itu, akar tunggang horizontal pada pohon apel akan tumbuh menyebar di sekitar permukaan tanah. tugas fundamental akar tunggang yang tumbuh secara horizontal ini yakni untuk memudahkan pohon mendapatkan air serta zat hara di sekitar lokasi tanah yang dangkal. Bukan cuma itu saja, akar tunggang horizontal juga berperan untuk menguatkan cengkraman akar supaya pohon dapat semakin kokoh berdiri. Pangkal akar pohon apel akan berskala lebih gadang daripada ujung akarnya.


2. Batang

Batang pohon apel bentuknya bulat memanjang dan bisa tumbuh hingga 7-10 meter. Namun, pertumbuhan batang pohonnya juga dipengaruhi tingkat kesuburan serta jenis dari pohon apel tersebut sehingga bukan tidak mungkin tersedia pohon apel yang panjang batangnya lebih dari 10 meter. Warna kulit batang pohon apel lazimnya coklat muda dan coklat tua. beberapa saat itu, tekstur batang pohon apel akan terasa cukup kasar sebab mengandung berlimpah serat kayu. Batang pohon apel mempunyai tugas berguna pada proses fotosintesis, karena mengandung pembuluh xilem juga floem. Pembuluh xilem berperan sebagai pengangkut air juga zat hara yang berasal dari akar supaya bisa sampai ke daun untuk melalui proses fotosintesis. Sedangkan pembuluh floem berperan pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk kemudian disebarkan ke seluruh bagian pohon apel.,


3. Bunga

Bunga pada pohon apel termasuk jenis bunga majemuk yang berarti pada satu tangkai kedapatan dua kelamin. Putik yang berperan sebagai kelamin betina juga benang sari yang berperan sebagai kelamin jantan. Pada setiap tandannya, lazimnya akan termuat 6-7 kuntum bunga dengan mahkota berwarna putih maupun tersedia pula yang warnanya merah muda. Masing-masing bunga apel mendapati lima kelopak dengan diameter sekitar 2,5 cm. Selain itu, masing-masing bunga juga akan dikaitkan ke batang pohon oleh tangkai berskala pendek.


5. Buah

Buah apel lazimnya berbentuk bulat dengan sedikit lekukan pada bagian atasnya. Warna buah apel terbilang cukup beragam, mulai dari merah, putih kemerahan dan tersedia pula yang hijau. Hal tersebut sangat bergantung pada jenis dari pohon apel itu sendiri. Umumnya, kulit luar buah apel benar-benar tipis sehingga bisa dikonsumsi langsung bersama dengan daging buahnya. kalau warna kulit buah apel bermacam-macam tergantung varietas pohonnya, akan tetapi warna daging buah apel hampir semua varietas pohon apel sama merupakan putih kekuningan. Rasa daging buah apel amat menyegarkan dengan tekstur yang renyah. Buah apel termasuk jenis buah yang berlimpah mengandung vitamin juga mineral. Biasanya, proses panen pohon apel baru bisa ditunaikan sehabis 141 hari dari proses bunga mekar.


6. Biji

Biji apel berbentuk lonjong dengan ujung agak runcing juga pangkal yang membulat. Letak biji berwarna coklat ini tersedia di bagian tengah daging buah apel.


7. Daun

Daun pohon apel bentuknya oval dengan ujung yang meruncing serta pangkal tumpul. Tulang daun apel menyirip juga susunannya kayak tulang ikan. Bagian tepi daun tersedia yang bergerigi tetapi tersedia pula yang bergelombang. Warna daun apel berbeda satu serta lainnya, tergantung dari jenisnya karena ada yang berwarna hijau muda tersedia pula yang berwarna hijau tua. Sama kayak daun tanaman lainnya, tugas primer daun pada pohon apel yakni lokasi fotosintesis serta daerah penguapan air. Pohon apel mendatangkan buah yang mengandung berlimpah vitamin sehingga niscaya bisa menyehatkan tubuh. Buah apel juga mampu menyerahkan nilai ekonomi yang cukup tinggi sekiranya dibudidayakan dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, sebelum menanam pohon apel, kamu wajib tahu seputar ciri-ciri pohon apel supaya lebih gampang menerapkan cara budidaya apel yang tepat.




Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan



Apel yakni buah yang paling prominen di seluruh dunia. pelbagai penelitian setuju bahwasanya buah apel mempunyai berjibun faedah menakjubkan untuk tubuh. Benarkah buah ini bisa menangkal bermacam-macam penyakit? kawan-kawan Transkerja.com akan memperoleh faedah serta nutrisi dari mengonsumsi buah apel utuh juga segar. Simak penjelasan berkenaan kandungan hingga khasiat buah apel di bawah ini.


1. Membela kesehatan jantung

Manfaat ataupun khasiat pertama dari buah apel ialah mengawasi dan Meringankan menahan risiko penyakit jantung. Hal ini sebab di dalamnya ditemukan kandungan yang bisa mengurangkan persentase kolesterol di dalam darah. satu di antaranya yaitu adanya senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan. gak melulu itu saja, senyawa polifenol berupa flavonoid epicatechin juga bisa membantu menurunkan tekanan darah serta akibat stroke. wajib dipahami pula kalau faedah polifenol didalam buah apel berada di bagian kulitnya. Maka dari itu, seharusnya Anda enggak kudu mengupas bagian kulit apel saat hendak memakannya.


2. Meringankan menurunkan berat badan

Serat di dalam apel tersedia yang bersifat gak larut juga larut. Serat larut yang disebut pektin di dalam buah apel bermanfaat untuk Menunjang menanggulangi kadar gula didalam darah. Hal ini sebab pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien didalam apel untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula di dalam darah. Kandungan serat juga air pada buah apel enggak melulu membela kesehatan pencernaan, namun juga Menyokong kamu supaya lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, hal ini pula yang membentuk buah apel juga bermanfaat untuk Menunjang membela keseimbangan serta menurunkan berat badan. mendapati pencernaan sehat, kadar lemak juga gula darah yang terkontrol, serta berat fisik ideal bisa mengecilkan risiko kamu mengidap penyakit degeneratif di kemudian hari.


3. Kaya akan kandungan antioksidan

Kandungan lainnya dalam buah apel yakni beta karoten (vitamin A) yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan. wajib dikenal pula bahwasanya beta karoten adalah pigmen tumbuhan yang menyodorkan warna cerah kayak merah, orange, juga juga kuning. kegunaan beta karoten pada buah apel ialah membantu merampingkan serta meluputkan terjadinya stres oksidatif dalam tubuh. Maka dari itu, senyawa antioksidan ini juga bisa membantu melindungi mata dari hilangnya penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar uv, hingga gangguan kognitif kayak penyakit Alzheimer.


4. Menurunkan efek penyakit diabetes

Dalam semacam penelitian, tersedia yang membahas terhadap keuntungan serta khasiat buah apel yaitu menurunkan akibat kamu menghadapi diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah apel sehingga Mendukung menangkal kerusakan jaringan serta sel beta di pankreas. Sel beta ini bisa mendatangkan insulin juga seringkali mendapati kerusakan pada penderita diabetes tipe 2. Lalu, kandungan serat didalam buah apel juga bermanfaat untuk memberi makan pada bakteri baik didalam usus sehingga bisa membantu melindungi kamu dari diabetes tipe 2.


5. Menjauhkan terjadinya kanker

Warna merah yang mendominasi sejumlah besar jenis buah apel berasal dari kandungan antosianin yang memiliki faedah antiradang dan antikanker. didalam studi yang berjudul Anthocyanins and Their Role ini Cancer Prevention, ditemui bahwasanya fitonutrien didalam apel bisa membantu melindungi badan hewan dari kanker paru juga kanker usus. satu di antara flavonol yang didapati di apel juga dapat menangkal juga merampingkan risiko terjadinya kanker pankreas. Studi lainnya di dalam jurnal akademik Annals of Oncology mendeteksi bahwasanya teratur mengonsumsi satu buah apel maupun lebih setiap hari dapat menurunkan akibat kanker kolorekteral hingga 20% dan kanker payudara sebesar 18%. kendatipun begitu, masih diperlukan berlimpah penelitian lainnya untuk memutuskan kegunaan buah apel didalam melawan sel kanker. Antosianin juga berperan didalam membela kesehatan penglihatan serta Menolong menangkal penurunan peranan saraf yang ditimbulkan oleh usia tua.


6. Melawan penyakit asma

Antioksidan berperan bermanfaat didalam memperhatika kesehatan tubuh, secara khususnya sebab fungsinya untuk menahan efek buruk radikal bebas semacam kerusakan sel. Kandungan antioksidan dalam buah apel juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif sehingga menurunkan efek asma. Selain itu, kulit apel juga mengandung flavonoid yang bisa Menunjang mengatur sistem kekebalan badan juga merampingkan peradangan. dapat disebutkan bahwa antioksidan serta antiinflamasi didalam buah apel bisa membantu fisik mengatur respons imun juga melindungi reaksi alergi semacam serangan asma.


7. Mengawasi kesehatan tulang

Sebagian jenis mineral yang tersedia di di dalam buah apel yakni kalium serta zat besi. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk melindungi kepadatan serta kemampuan tulang. gak cuma itu saja, senyawa antioksidan juga anti-inflamasi di dalam buah apel juga bermanfaat untuk mengawasi dan Meninggikan massa tulang seiring bertambahnya usia.


Jual Beli Pohon Apel Terlengkap Jember, Jawa Timur: Beli aneka produk Pohon Apel di Jember, Jawa Timur terlengkap dengan mudah, cepat & aman. Kamu bisa menemukan penjual Pohon Apel dari seluruh Jember, Jawa Timur yang terdekat dari lokasi & wilayah kamu sekarang. Selain itu, kamu juga bisa cek Harga Terbaru Pohon Apel Jember, Jawa Timur dan diurutkan dari harga yang termurah! Nikmati juga pengalaman menyenangkan & lebih hemat untuk berbelanja Pohon Apel Jember, Jawa Timur dengan bebas ongkir hingga fitur cicilan 0% dari berbagai bank.