Turbocharger Mengenal Komponen, Fungsi, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya

Turbocharger Mengenal Komponen, Fungsi, Perbedaan, Cara Kerja dan Kelebihannya - Turbocharger merupakan sejenis kompresor sentrifugal yang memperoleh kekuatan dari turbin yang dihasilkan dari asap gas buang kendaraan. umumnya dipakai di engine pembakaran di dalam untuk memajukan …

Turbocharger merupakan sejenis kompresor sentrifugal yang memperoleh kekuatan dari turbin yang dihasilkan dari asap gas buang kendaraan. umumnya dipakai di engine pembakaran di dalam untuk memajukan keluaran tenaga serta efisiensi engine dengan menaikkan tekanan udara yang memasuki mesin. Kunci manfaat dari turbocharger adalah mereka menyediakan sebuah pertumbuhan yang lumayan melimpah didalam tenaga machine cuma dengan sedikit menambah berat.

Salah satu kekurangan dalam machine berbahan bakar bensin ialah rasio kompresi wajib direndahkan (biar tak melewat tekanan kompresi maksimum serta untuk meluputkan knocking mesin) yang menurunkan efisiensi machine ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini enggak ada di dalam engine diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, gaji tenaga dari suatu turbocharger mempersiapkan perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini membangun engine pesawat dengan turbocharger betul-betul menguntungkan; serta ialah awal pemikiran untuk pengembangan alat ini.

Komponen machine ini mempunyai tiga bagian penting: roda turbin, roda kompressor serta tempat tinggal as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar menggunakan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk di dalam massa yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000 putaran per menit maka pelumasan yang baik sangat diperlukan.

Komponen Pada Turbocharger dan Fungsinya

Adapun komponen komponen fundamental dari engine turbocharger yang sanggup kalian ketahui adalah sebagai berikut ini.

Turbine Shaft

Turbin ini ialah satu di antara komponen mekanik yang tersedia dalam sistem turbo yang mempunyai peranan untuk mengkonversikan energi panas dari fluida gas buang hasil pembakaran yang masih mendapati sisa pembakaran tak sempurna serta energi panas yang melaluinya jadi energi gerak yang memutar poros turbo.

Compressor Whell

Kompressor ini mempunyai tugas membarui energi gerak maupun putar yang disebabkan oleh turbine shaft yang disalurkan ke kompressor whell melalui poros jadi energi kompresi yang mendorong udara lebih gadang supaya masuk kedalam ruang bakar. derajat kecepatan putaran pada compressor whell ini akan sama dengan putaran turbine shaft.

Bearing Housing / Center Housing

Masing masing dari komponen turbin dan kompresor pada engine turbocharger disusun atas bagian rotor dan tempat tinggal casing. Dari keduanya ini berada pada satu poros yang sama yang ditopang oleh semacam sistem bearing diantara keduanya. Didalam sebuah perakitan antara turbin housing juga compressor housing ini akan disatukan oleh sebentuk sistem yang dikenal dengan nama  CHRA atau center housing and rotating assembly. karena sistem bearing ini juga terdapat pada sistem CHRA maka lubrikasi dari sistem turbocharger inipun juga terpusat pada CHRA. serta di dalam CHRA inilah sistem sirkulasi pelumasan dari oli dan pendinginan turbo berlangsung.

Intercooler

Karena udara yang dikompresi dari baling baling kompressor yang terputar dengan putaran yang sangat tinggi dapat membawa dampak suhu udara pun jadi meningkat. serta oleh karena itu pada sebentuk sistem turbocharger diperlukan yang namanya intercooler yang bertugas untuk menurunkan suhu dari udara yang dikompresi ini. Untuk lebih transparan berkenaan intercooler silahkan kamu baca tulisan yang berjudul tugas dari intercooler pada engine turbo.

Blow-Off Valve

Komponen ini hampir sama dengan wastegaste cuma saja posisinya yang berada pada bagian depan intercooler yang berangkat kedalam ruang bakar ( untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas ) . peranan dari komponen ini ialah untuk membuang udara terkompresi yang berlebihan yang hendak masuk keruang bakar ketika akselerasi dari kendaraan diturunkan.

Contoh simplenya yakni ketika seseorang mengemudikan kendaraan beroda empat hendak melepas pedal gas, maka udara terkompresi ini akan secara otomatis berlebihan sedangkan ruang bakar enggak membutuhkannya, Hal ini, sehingga  udara terkompresi itu akan dibuang melalui katup blow off valve sehingga tak perlu terus terusan dipaksakan masuk kedalam ruang bakar. Bila gak maka udara akan terus mengalir serta tekanan pada sistem akan semakin tinggi yang bisa mengakibatkan kebocoran pada sistem intercooler maupun komponen lainnya.

Wastegate Actuator

Fungsi dari wastegaste actuator ini ialah aktuator yang berperan untuk membuka bypass valve guna membuang gas buang kendaraan pada suasana tertentu yang berlebihan sehingga tidak masuk kedalam sistem turbin serta meneruskan membuangnya berangkat exaust ataupun knalpot ketika engine sedang berakselerasi. serta ketika machine di dalam keadaan stabil maka valve bypass akan ditutup.

Wastegaste ini bekerja berdasarkan pegas per yang sanggup disetel kekencangannya sehingga tehnisi bisa menyetel seberapa kencang untuk memperoleh kinerja yang lebih baik dari suatu machine turbocharger.

Turbocharger  Pada Kendaraan

Satu di antara metode untuk membikin machine mobil mengeluarkan tenaga serta torsi yang lebih banyak yakni dengan memasangkan turbocharger. Selain lebih maksimal, pendayagunaan turbo juga dapat menggarap emisi lebih rendah.

Turbocharger dijumpai oleh Alfred Buichi, seorang insinyur asal Swiss, pada awal abad ke-20. Penggunaannya hingga waktu ini semakin meluas.

Lantas, apa sesungguhnya turbocharger itu? Turbocharger ialah peranti tambahan yang didayagunakan untuk mendaur ulang gas buang untuk meninggikan tenaga mesin.

Secara lebih sederhana, turbocharger yaitu alat untuk "memaksa" udara masuk lebih gede serta papat ke ruang bakar. Tenaga lebih kuat, emisi juga bisa ditekan.

Perbandingannya machine 3 liter 6 silinder bertenaga 240 Tk, setara dengan engine 2 liter 4 silinder ditambah turbo. Tenaga sama besar, torsi naik 30 persen, lebih efisien 25 persen serta CO2 turun 20 persen. Tak heran seumpama kemudian berlimpah pabrikan yang menggunakannya.

Selain itu, engine turbo juga dapat dikenakan layaknya peranti aftermarket lainnya. Harganya beragam, tergantung merek serta spesifikasnya.

Teknologi turbo sendiri terus berkembang. Dewasa ini tersedia yang diucap dengan turbo variabel, pengembangan lebih lanjut dari turbo fixed. Pada turbo baru ini, bilah turbin dapat berubah sesuai putaran mesin, sehingga output-nya dapat lebih gede.


Mekanisme Kerja Engine Turbo Mobil

Untukmu sobat transkerja.com pecinta otomotif mesti sudah tak aneh lagi mendengar kata turbo. Dahulu, pemakaian turbocharger umumnya dipakai untuk keperluan balap, tapi seiring dengan perkembangan periode kini sejumlah tipe mobil, truk atau mobil diesel telah disematkan turbo machine mobil.

Mengenal turbo engine mobil

Fungsi esensial dari turbo yaitu untuk menyerahkan tambahan tenaga pada truk maupun mobil diesel. Tanpa adanya komponen turbo, truk serta kendaraan beroda empat diesel tak akan mendapati power yang kuat.  Turbo ini sendiri ialah sejenis bagian yang berperan untuk meninggikan asupan udara didalam mesin. Dengan begitu, tenaga engine yang dihasilkan melambung drastis.

Perkembangan turbo pada machine mobil sendiri hingga saat ini masih terus berlanjut serta semakin canggih. Contohnya di sebagian tipe kendaraan roda empat ditemukan label kayak VNT (variable nozzle turbocharger), VGT (variable geometry turbocharger) serta VCDI (variable geometric common rail direct injection) dimana label tersebut melambangkan sistem turbocharger apa yang digunakan.

Meski fungsinya sama, tetapi tandas turbocharger serta supercharger adalah dua jenis elemen yang berbeda. Mari kita bahas lebih jauh. Meski fungsinya sama, namun nyata turbo machine pada mobil turbocharger serta supercharger yaitu dua jenis konstituen yang berbeda. Mari kita bahas lebih jauh.

Perbedaan Turbocharger dengan Supercharger pada Mobil


Satu persamaan dari komponen turbo machine kendaraan roda empat baik turbocharger serta supercharger ialah keduanya yaitu "sistem induksi paksa". Komponen ini memampatkan udara yang mengalir ke mesin. Implikasinya adalah tenaga yang keluar lebih gadang, dapat mencapai 50 persen dari machine standar.

Perbedaan turbo pada machine kendaraan beroda empat yang bertempat pada power supply ataupun tenaga penggeraknya. sebentuk turbocharger memakai aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi. Udara akan mengalir melalui turbin serta kemudian memutar kompresor. Putaran yang dihasilkan dapat mencapai 150 ribu rpm, lebih cepat sampai 30 kali lipat dari pada machine kendaraan roda empat biasa. akan tetapi wajib dicatat kalau turbocharger baru akan bekerja saat engine berputar pada rpm tertentu, sebab turbin baru akan berputar ketika gas buang mempunyai tekanan yang cukup.

Semakin cepat putaran engine (RPM), semakin kuat pula tiupan gas buang yang terjadi. Semakin kuat tiupan gas buang, putaran turbin juga akan semakin cepat. Untuk menangkal panas yang dihasilkan sebab putaran turbin, lazimnya engine turbo akan disetel dengan intercooler. Intercooler sendiri bertugas untuk mengecilkan molekul dengan cara menurunkan suhu udara pada intake. Semakin kecil molekul udara pada intake, maka semakin melimpah pula molekul udara ke engine sehingga engine mampu mengeluarkan tenaga yang lebih gede.

kemudian macam mana dengan turbo pada engine supercharger? Sumber tenaga komponen ini ialah putaran engine mobil. Antara engine serta supercharger disinggungkan melalui sabuk sehingga supercharger akan bekerja ketika machine memulai kerja. Oleh karena tidak tersedia hubungannya dengan gas buang, udara yang "disedot" turbin untuk kemudian dipaksa masuk ke machine ialah udara bebas di sekitar supercharger.

Pilih engine kendaraan beroda empat Turbocharger atau Supercharger?


Dilihat dari perspektif lingkungan, turbocharger memiliki keunggulan. karena kayak yang sudah dijelaskan, turbin turbocharger berputar sebab tekanan dari udara di saluran buang, gas yang semestinya keluar serta jadi polusi udara.

Tapi bahwasanya dimonitor dari performa, ini amat tergantung dari kendaraan itu sendiri. Sebagai contoh, di Eropa turbocharger lebih prominen sebab di sana rata-rata kendaraan roda empat berkubikasi kecil empat silinder sehingga pemasangan turbo pada engine kendaraan roda empat benar-benar dirasa lebih cocok. Seiring dengan perkembangan teknologi, penerapan turbocharger dirasa semakin bermanfaat untuk kita. Selain hemat bahan bakar, gas buang dari hasil pembakaran yang sempurna dinilai lebih ramah kalangan serta niscaya saja berkat pendayagunaan turbocharger teman-teman tak mesti takut mobil kamu tak bertenaga.

Tetapi dibalik surplus dari turbo tersedia juga kekurangannya. ada kalanya engine yang telah dipasang turbo jadi tidak responsif ataupun biasa disebut turbo lag. Turbo lag sendiri berlangsung ketika kamu seketika menginjak pedal gas akan tetapi engine tidak langsung menanggapinya. Selain itu, pemakaian turbo perlu dirawat dengan hati-hati andaikata teman-teman salah memakai bahan bakar dapat fatal akibatnya.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement