Fungsi Extra Fan Pada Mobil Mengenal Penambahan Extra Fan pada Mobil

Extra fan pada kendaraan roda empat jadi konstituen yang sering diabaikan untuk para pemilik mobil. Padahal komponen ini mendapati peran yang berguna didalam memperhatika suhu engine kendaraan beroda empat supaya senantiasa stabil.

Mungkin kamu sering mendengar kata extra fan mobil. Akan tetapi apakah sahabat Transkerja.com juga bingung terhadap komponen di ruang engine mobil ini. Apa sih extra fan itu? Apa saja fungsinya? Kita akan bahas satu persatu.

1. Apa Itu Extra Fan Mobil


Sama kayak namanya, extra fan merupakan kipas tambahan. Kipas ini umumnya diletakkan berdampingan dengan kipas lainnya. tapi dua kipas ataupun fan tersebut berbeda karakter dan tugas masing-masing.

Didalam suatu sistem pendinginan AC mobil, ditemukan satu alat tambahan yang mempunyai peran untuk menopang proses pendinginan freon di dalam kondensor AC, Alat terebut bernama etra fan ataupun di dalam bahasa indonesia nya yaitu kipas tambahan.

Extra fan ini berupa kipas yang digerakkan oleh dinamo maupun motor listrik dengan sumber tenaga yang berasal dari tenaga listrik. Extra fan ini umumnya bekerja berdasarkan ON - Off dari kompressor Ac mobil, atau berdasarkan temperatur yang tersedia pada sistem radiator kendaraan beroda empat yang diatur melalui sensor sensor yang terpasang.

Extra fan digerakkan memakai tenaga dari accu alias aki mobil. akan tetapi extra fan mobil enggak bekerja terus menerus. Ia cuma akan berputar ketika tersedia perintah dari sensor. Sensor ini yang diletakkan dekat air radiator tersedia juga di kompresor AC mobil.

2. Peranan Extra Fan Mobil


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lazimnya kedapatan dua fan ataupun kipas. serta letak kipas-kipas ini berderet diletakkan dekat dengan radiator mobil. Kipas yang pertama yakni kipas radiator yang berperan untuk mendinginkan radiator apabila sensor membaca suhu radiator telah terlampau panas. beberapa saat extra fan mobil bekerja seandainya kompresor AC mobil menyala.

Fungsinya untuk menunjang proses mendinginkan freon dalam kondensor AC. mengapa tersedia yang diletakkan dekat dengan kipas radiator? karena selama extra fan kendaraan roda empat bekerja, diharapkan hembusan anginnya juga ikut menopang mendinginkan radiator dengan metode melepas panas dari radiator. menjadi peran fan kedua ini dapat membantu peran fan radiator.

Manfaat dari extra fan pada Mobil


Adalah kipas tambahan yang digerakkan oleh listrik serta terpasang di depan radiator sebagai pendukung dari kipas utama. Extra fan dijadikan sebagai suplai tambahan angin saat mobil di dalam keadaan macet.

Seringpula dijadikan alat bantu pendingin kondensor AC supaya freon yang kudu didinginkan mendapatkan pasokan angin tambahan dari kipas tambahan ini. Untuk sebagian tipe mobil, kipas ekstra ini jadi kelengkapan standar. Semisal pada besutan Eropa yang menjurus mendapati suhu engine lebih panas, extra fan jadi keharusan. Untuk maintenance, extra fan wajib ditengok karena dinamo kipas mempunyai usia pakai.

Dengan adanya extra fan ini, maka proses pendinginan di dalam sistem AC mobil bisa lebih diintensifkan, freon bertekanan tinggi yang didinginkan dalam kondensor akan lebih cepat dingin, sehingga nantinya hawa dari AC mobil pun lebih sejuk dibandingkan kendaraan roda empat yang tidak menggunakan extra fan pada umunya.

Ciri kendaraan beroda empat yang memakai extra fan


Guna memahami apakah kendaraan roda empat yang kalian miliki memakai extra fan maupun kah tidak, kalian dapat mencoba mengintip kedalam ruang machine mobil serta perhatikan berapa jumlah kipas yang tersedia disana ( 1 ataupun 2 kipas ). apabila hanya termuat sebentuk kipas pendinginan yang langsung tersambung ke poros mesin, berarti hal ini menandakan kendaraan beroda empat kalian tak mempunyai extra fan. Lalu seandainya mobil tersebut secara default enggak mendapati extra fan, apakah dapat dipasangi extra fan? jawabnya bisa, ialah dengan memasangkan extra fan variasi ataupun original bawaan mobil lain yang sesuai serta gak menganggu kinerja mobil itu sendiri nantinya.

Penambahan extra fan pada mobil  diperlukan jika...


Apa benar kendaraan roda empat keluaran terbaru enggak wajib lagi dipakai extra fan tambahan? Lalu gimana andaikata mobil sering dipakai pada keadaan jalan yang macet serta sedikit pasokan suplai udara segar ke mesin. Ternyata pasang extra fan pada kendaraan roda empat dipakai apabila...

Kalau ditilik lebih dalam, pabrikan kendaraan roda empat telah memperhitungkan secara detail terhadap rancangan machine yang dibuat. serta kondisinya dianggap perlu, maka dari awalnya pabrikan telah menambahkan extra fan tambahan pada kendaraan roda empat sebelum dijual. justru saat ini rata-rata kipas pendingin engine kendaraan beroda empat telah menggunakan visco fan yang mana selama engine hidup maka kipas pendingin akan terus berputar mendinginkan mesin.

Oleh karena itu, kebanyakan pabrikan mobil saat ini telah tidak menyematkan lagi extra fan tambahan. Namun, pasang extra fan pada mobil senantiasa digunakan jikalau kamu telah menggarap modifikasi berat semacam memasang turbocharger pada mobil, dan mengganti berlimpah internal part machine ataupun modifikasi yang membentuk temperatur engine meningkat.