Daftar Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja (Terlengkap)

Daftar Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja (Terlengkap) - Buatmu yang masih mencari pekerjaan, TransKerja mau mempersembahkan seluruh saran lain agar memperbesar harapan sobat TransKerja memiliki pe...

Buatmu yang masih mencari pekerjaan, TransKerja mau mempersembahkan seluruh saran lain agar memperbesar harapan sobat TransKerja memiliki peluang meraih pekerjaan tersebut. Saat melamar pekerjaan, satu di antara tahapan yang akan kamu lalui yakni interview atau wawancara. Nah sobat TransKerja, supaya wawancaramu berlangsung lancar, kamu perlu tahu kira-kira pertanyaan apa saja yang akan diberitahukan kepadamu nanti. Satu di antara pertanyaan yang paling biasa dilontarkan oleh pewawancara yang mesti kamu ketahui yakni contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Daftar Contoh Keunggulan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja


Agar persiapanmu lebih matang untuk menghadapi wawancara kerja, kamu mesti membikin daftar jawaban dari setiap perkiraan pertanyaan. Kayak yang telah TransKerja sebutkan sebelumnya, kamu juga perlu menyiapkan contoh kelebihan serta kekurangan diri sendiri supaya kamu dapat mengatur strategi menjawab. Kira-kira apa saja contoh keunggulan serta kekurangan diri sendiri serta bagaimana cara menjawabnya? Berikut akan TransKerja bagikan daftar lengkap contoh keunggulan serta kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja.

Poin yang harus disoroti di dalam wawancara kerja


Sebelum menginformasikan contoh keunggulan serta kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja, TransKerja akan membagikan informasi bermanfaat berikut terlebih dahulu. Sebelum menghadapi wawancara kerja, kamu harus tahu bahwasanya tersedia beberapa hal berharga yang wajib kamu perhatikan. Tujuannya ialah supaya kamu dapat lancar menjawab sesuai dengan keadaan dan pengalaman dirimu. tersedia 4 poin berharga yang harus kamu perhatikan terkait keunggulan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja, merupakan sebagai berikut.

Jujur


Kamu kudu menjawab dengan jujur setiap diberi pertanyaan berkenaan apa saja kelebihan dan kekurangan diri sendiri oleh pewawancara. tidak kudu ‘memoles’ jawaban supaya pegari mengagumkan di mata pewawancara. Selain itu, kamu juga harus dapat menyakinkan pewawancara bahwasanya jawaban yang kamu berikan tersebut sebenarnya ialah karaktermu yang sebenarnya.

Pastikan menentukan Jawaban yang Benar


Saat memutuskan jawaban mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri, coba lihat lagi lowongan kerja yang kamu lamar. Cobalah untuk fokus kepada kualifikasi yang kamu memiliki serta tetap relevan berkenaan kualifikasi dari lowongan pekerjaan tersebut. Kamu juga harus memikirkan apa saja kelemahan dirimu yang kira-kira dapat menyebabkan yang gak terlalu berarti tentang lowongan pekerjaan yang sudah kamu lamar.

Menjawab Tiap Pertanyaan


Kamu tidak boleh merasa terlalu rendah diri maupun arogan ketika membicarakan surplus serta kesanggupan yang kamu miliki. Begitu pula sebaliknya, jangan merasa malu ketika kamu perlu membicarakan berkenaan kelemahan di dalam dirimu. Kamu perlu menjawab setiap pertanyaan dengan jujur supaya pewawancara dapat mengerti profil calon kandidat lebih dalam. Jangan pernah mencoba untuk tak menjawab kalau kamu tak mendapati superioritas serta kekurangan saat wawancara kerja.

Jangan Pernah Melimpahkan Kesalahan Kepada Orang Lain


Saat kamu menjawab berkenaan apa saja kelemahanmu, jangan pernah sekali-kali menyalahkan orang lain atas kekuranganmu tersebut. Pastikan kalau kamu menjawab berkenaan apa saja kelemahan di dalam dirimu dengan penuh tanggung jawab.

Daftar 10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja


Saat akan menghadapi wawancara kerja, ada baiknya kamu membangun daftar apa saja ekses serta kekurangan diri sendiri terlebih dahulu. Pastikan bahwasanya kelebihanmu yang kamu tulis ialah superioritas yang sanggup diperlukan langsung di dunia kerja. Selain itu, pastikan juga kalau kekuranga yang kamu tuliskan yaitu kekurangan yang gak mengangkat pengaruh signifikan berkenaan performamu saat bekerja. Kamu juga dapat menambahkan sejumlah pengalaman yang pernah kamu alami sebelumnya ketika menjawab pertanyaan mengenai superioritas serta kekurangan diri sendiri.

Lalu, apa saja jawaban yang mampu kamu berikan terkait superioritas serta kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja? Kamu dapat simak 10 contoh superioritas serta kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja yang akan TransKerja berikan berikut ini.

Contoh Keunggulan Diri Sendiri


1. Percaya diri


Kelebihan yang pertama yang mampu jadi alternatif jawabanmu ialah percaya diri. Sampaikan jawaban ini dengan energi yang positif serta gestur yang baik. Pastikan kalau kamu tidak merasa arogan serta berlebihan saat menjawab kalau kamu mendapati sifat yang percaya diri. Cukup dengan memberi contoh semacam kamu selalu mempunyai keyakinan pada diri sendiri atas hasil kerjamu serta saat menempuh keputusan.

2. Komitmen Tinggi mengenai Pekerjaan


Untuk jawaban yang satu ini, pastikan kamu tidak melebih-lebihkan yang tidak cocok dengan bakatmu. Kamu dapat menjawabnya semacam kamu selalu bangga serta mempunyai pandangan positif berkenaan perusahaan tempatmu bekerja di dalam situasi apapun. Kamu juga dapat menjawab bahwasanya kamu mempunyai fokus yang tinggi saat bekerja sehingga kamu dapat mengerahkan seluruh tenagamu untuk mengerjakan pekerjaan. Contoh lainnya yaitu misalnya kamu dapat membentuk hubungan hubungan baik dengan sesama karyawa serta berusaha untuk mengadakan yang terbaik untuk perusahaan.

3. Penuh Semangat


Ingatlah kalau kamu selalu harus santai saat menjawab bahwasanya kamu adalah pribadi yang penuh semangat. Jangan terlalu berapi-api serta bikin gestur berlebihan. Kamu dapat menunjukkannya melalui jawabanmu semacam kamu selalu bisa menjumpai sisi positif di setiap pekerjaanmu sehingga kamu selalu merasa bahagia.

4. Rapi


Kerapian dapat sebagai satu diantara hal yang dipertimbangkan oleh perekrut. Selalu berpenampilan rapi sememangnya merupakan nilai tambah di dunia kerja, terlebihnya di perusahaan besar. Tetapi, rapi di sini bukan cuma dalam berpakaian akan tetapi juga didalam hal pekerjaan. Misalnya kamu dapat menjawab bahwasanya kamu bekerja sesuai tata urutan serta tak melewatkan satu pun detail pekerjaan.

5. Kesanggupan Komunikasi yang Baik


Kemampuan komunikasi juga ialah aspek berarti yang jadi pertimbangan saat kamu mendaftar suatu pekerjaan. Dengan mempunyai keandalan komunikasi yang baik, kamu akan lebih gampang menjalin hubungan kerja yang baik sehingga koordinasi juga akan berjalan dengan baik. superioritas ini sungguh dapat kamu tunjukkan melalui metode menjawab setiap pertanyaan saat sedang wawancara. Tunjukkan kalau kamu tidak berbicara secara bertele-tele, lugas, serta gampang dimengerti oleh orang lain.

6. Keandalan Interpersonal yang Baik


Selain komunikasi, keandalan interpersonal yang baik juga dapat mendukungmu untuk mempersiapkan hubungan kerja ketika kamu telah diterima. Kamu dapat menjawab dengan jawaban bahwasanya kamu yaitu pendengar yang baik. preferensi jawaban lainnya semacam kamu mempunyai kesanggupan bernegosiasi yang baik. keandalan tersebut sedikit melimpah akan profitabel perusahaan ketika menerimamu sebab kamu akan menolong mereka bernegosiasi dengan klien terlebihnya bagi perusahaan semacam agensi iklan.

7. Bisa Bekerja didalam Tim


untuk membahas pertanyaan ini, kamu harus menceritakan kalau kamu gampang jikalau diajak bekerja sama. walaupun kamu suka bekerja sendiri, ketika kamu bekerja di kantor, kamu akan dihadapkan dengan beraneka macam pekerjaan yang mengharuskanmu bekerja dengan orang lain. Sehingga, berjibun perekrut yang menginginkan orang-orang dengan knowhow kerja sama yang baik supaya koordinasi dapat berjalan dengan baik. Kamu dapat menjawabnya dengan pengalamanmu ketika sedang mengorganisir suatu kegiatan di kampus bersama kawan-kawanmu.

8. Pribadi yang Menyenangkan


Menyenangkan di sini artinya kamu dapat diterima oleh orang-orang di sekitarmu serta berjibun digemari orang lain. Katakan bahwasanya kamu mendapati berlimpah teman serta relasi saat kamu kuliah dahulu. bahwasanya kamu menjawab dengan jawaban ini, pewawancara mungkin akan memperoleh energi yang lebih positif darimu. Selain itu, pewawancara dapat lebih mempertimbangkan dirimu sebagai orang yang gampang bergaul serta gampang beradaptasi di daerah baru.

9. Senang Belajar Hal-Hal Baru


Seperti contoh jawaban sebelumnya, kamu dapat menjawab juga bahwasanya kamu suka seandainya belajar hal baru dikawasan baru. Katakan bahwasanya dengan menekuni hal baru, kamu merasa tertantang serta ingin berusaha untuk dapat menguasai hal tersebut. Kamu juga dapat menyerahkan jawaban bahwasanya kamu senang seumpama bisa menambah keandalan maupun skill baru dari hal yang akan kamu pelajari. Hal ini memperlihatkan bahwasanya kamu gak takut apabila kamu kudu keluar dari zona nyamanmu.

10. Memiliki Passion di Bidang Pekerjaan


Selain komitmen mengenai pekerjaan, kamu juga perlu menunjukkan kalau kamu juga mendapati passion berkenaan pekerjaanmu. Passion di dalam pekerjaan di sini maksudnya adalah kamu dapat merasakan pekerjaanmu serta membawa pikiran positif untukmu. Katakan kepada para pewawancara bahwasanya kamu selalu antusias serta gembira ketika kudu melakukan pekerjaanmu. Sebutkan juga kalau di bidang pekerjaan yang mau kamu geluti, kamu tidak harus disuruh untuk mengerjakannya karena kamu merasa senang mengerjakannya tanpa perlu diperintah terlebih dahulu.

Contoh Kekurangan Diri Sendiri


Sebelum mempersembahkan contoh kekurangan diri sendiri, TransKerja mau mengingatkanmu sejumlah hal penting. Ketika kamu ditanya soal kekurangan, ingatlah bahwasanya kamu selalu wajib jujur menjawabnya. Tetapi, kamu dapat mengakalinya dengan menjawab kelemahan sebagai kelebihanmu. Kamu juga dapat menjawab kelemahanmu dengan solusi dari dirimu sendiri untuk mengendalikan kelemahan tersebut.

1. Belum Mendapati Pengalaman yang Banyak


Kalau kamu yaitu belum berpengalaman yang belum mendapati melimpah pengalaman kerja, wajib hukumnya bagimu untuk mengindikasikan ketertarikan atas pekerjaan yang kamu lamar. Kamu dapat menjabarkan berkenaan langkah-langkah yang telah pernah kamu ambil untuk mendukung kariermu nanti. Misalnya kamu pernah mengikuti seminar terhadap penulisan untuk kontributif kariermu sebagai content writer.

2. Tidak Menguasai Bidang Tertentu yang tak Berkaitan


Misalnya, bahwasanya kamu melamar lowongan pekerjaan yang tidak berhubungan dengan angka serta statistik, kamu dapat menjawab dengan jawaban kalau kamu lemah pada bidang matematika. Kamu juga dapat menambahkan dengan menjawab kalau kamu sedang berusaha untuk menangani kelemahanmu ini. Misal, kamu dapat menyatakan bahwasanya kamu sedang rajin menekuni aplikasi yang dapat dikenakan untuk menghitung dengan cepat.

3. Tidak Sabaran


Seperti yang telah TransKerja sebutkan sebelumnya, kamu juga dapat menceritakan kekurangan sebagai kelebihanmu. Misalnya, kamu adalah orang yang tidak sabar ketika bekerja. Tambahkan dengan jawaban bahwasanya kamu kepingin pekerjaanmu tersebut selesai dengan cepat. Tambahkan juga dengan jawaban kalau kamu selalu memproduksi to-do-list ataupun daftar hal yang mesti dilakukan yang dapat kamu kenakan sebagai penentu prioritas pekerjaan.

4. Fokus Berlebihan Pada Detail


Sifatmu yang terlalu detail oriented ada kalanya dapat berguna serta jadi sifat bermanfaat untuk suatu pekerjaan. Namun, sifat ini dapat kamu jadikan sebagai satu di antara kelemahanmu. Dengan menjawab jujur, pewawancara mungkin dapat mempertimbangkanmu sebagai seorang pekerja keras. Pewawancara akan melihatmu sebagai satu di antara orang yang sanggup menghindarkan perusahaan dari kesalahan sekecil apapun.

5. Berantakan


Jika kamu bukanlah orang yang rapi, pastikan bahwasanya sifat berantakanmu yaitu terkait hal-hal yang gak menyangkut pekerjaan. Misalnya mengenai meja kerja yang tak tertata, ataupun kamu tidak pernah menata pesan masuk di email. Kamu juga dapat mengakalinya dengan menjawab kalau kamu selalu menyelenggarakan pembersihan setidaknya sepekan sekali. Pewawancara mungkin akan meninjau hal ini sebagai satu di antara upayamu untuk memperbaiki diri.

6. Enggak percaya diri


buat kamu ara introvert serta karyawan baru, kamu mungkin akan sering menghadapi persoalan ini. Sifat ini sedikit berlimpah nyatanya dapat menghambatmu di dalam bekerja semacam kamu memutuskan untuk diam saja ketimbang perlu menerima penolakan sekiranya mengutarakan idemu. Tapi, apabila kamu menjawab dengan sifat ini, pastikan juga untuk menampilkan bahwasanya kamu sedang berusaha untuk memperbaikinya. satu di antaranya yaitu dengan menjawab kalau kamu sedang mengikuti kursus public speaking untuk menambah kepercayaan dirimu.

7. Tidak Bisa Membagi Pekerjaan Kepada Orang Lain


Kamu mungkin benar-benar suka bekerja sendiri, namun kamu juga butuh bantuan orang lain sebagai makhluk sosial. Kamu mungkin akan terdengar sebagai orang yang hebat karena serba cekatan saat mengerjakan suatu pekerjaan sendirian. Tapi, kamu akan kesulitan andaikata kamu mau naik pangkat jadi manajer karena butuh kerja sama dari tim untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Atasi kelemahan ini dengan menjawab bahwasanya saat ini kamu sedang berusaha untuk lebih mempercayai orang lain ataupun kesadaran bahwasanya kamu memperoleh berlimpah kebaikan jikalau membagi-bagi tugas.

8. Kurang Menguasai Bahasa Asing


Penguasaan bahasa asing kini telah mulai sebagai satu diantara kualifikasi bermanfaat bagi perusahaan secara khususnya perusahaan multinasional. Kamu sebenarnya bisa mengungkapkan bahwasanya kamu belum terlalu menguasai sejumlah bahasa asing, namun pastikan juga kalau setidaknya kamu telah mumpuni didalam satu bahasa asing. Misalnya, kamu dapat menjawab bahwasanya kamu belum ahli didalam bahasa Mandarin namun kamu telah mampu berbahasa Inggris. Sampaikan juga bahwasanya kamu pernah menggaet ujian kompetensi bahasa tersebut serta berapa skor yang kamu peroleh.

9. Kurang dapat Mempercayai Orang Lain


Jika kamu menjawab kekuranganmu yakni kesulitan mempercayai orang lain, pastikan kamu gak menyampaikannya secara negatif. Sampaikan dengan tenang serta berhati-hati biar enggak menyulut kesan yang buruk. Kamu dapat mengatakan kalau sifatmu tersebut cuma berlaku bagi orang-orang yang enggak kamu kenal. Kamu juga dapat menyatakan kalau sifatmu tersebut malah malah membikinmu lebih berhati-hati di dalam menempuh langkah ataupun menetapkan suatu keputusan.

10. Gampang Kecewa


Pastikan bahwasanya sifatmu yang satu ini berkaitan dengan performa kerjamu. Kamu boleh menyampaikan kelemahan ini, asal kamu juga selalu menyodorkan alasan yang logis. Kamu dapat menuturkan bahwasanya kamu gampang kecewa andaikata kamu menghadapi kegagalan saat mengerjakan sesuatu sebab tak cocok dengan target yang telah diberikan. Tapi, sebutkan juga bahwasanya kamu tak akan terus berlarut didalam kekecewaan itu sebab kamu membuat kegagalan tersebut sebagai pemicu supaya kamu tidak mengulanginya lagi di masa depan.

Nah, demikianlah contoh keunggulan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja untuk membantumu menghadapi wawancara kerja. Kunci pokoknya yakni membenarkan pada dirimu sendiri serta jujur kepada para pewawancara. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengekspos semangat serta antusiasmu saat wawancara supaya pewawancara dapat meninjau keseriusanmu dalam melamar pekerjaan tersebut.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement