Kontraktor Epoxy Lantai Paseban Jakarta Pusat Aplikator Jasa Cat Epoxy Lantai

Epoxy lantai pada bidang industri yaitu suatutanggunganuntuk memenuhi International Organization for Standardization (ISO). Selain itu, epoxy lantai bisa jadi alih tugas alternatif keramik yang bisa memperindah serta mempercantik permukaan lantai rumah, showroom, toko, serta lainnya.

Epoxy lantai lazimnya dipadukan pada lantai beton sehingga membentuk stuktur lantai yang kuat, keras, tahan tentang tekanan benda yang mendapati beban berat hingga ringan serta tahan berkenaan perubahan lingkaran seperti abrasi, bahan kimia. Dengan segala superioritas yg dimiliki, harga epoxy lantai cukup bervariasi bahkan lebih gadang ketimbang dengan cat lantai pada lazimnya. Epoxy lantai yakni satu di antara cat epoxy yang mendapati kualitas terbaik di kelasnya dan berjibun jadi preferensi terbaik untuk membangun lantai nampak lebih indah serta menawan. tetapi berlimpah faktor yang bisa mempengaruhi harga epoxy lantai.

Baca juga "Review Harga Epoxy Lantai Pabrik serta Keunggulan Kekurangan Epoxy Lantai Pabrik".

Apa itu Epoxy Lantai? Jenis-Jenis Sistem Lantai Epoxy serta wilayah pendayagunaannya

Epoxy adalah kata yang datang untuk mewakili kelas materi serta tindakan memakai materi tersebut. “Sistem” Epoxy didasarkan pada kombinasi resin serta pengeras. Ketika dicampur bersama, resin serta pengeras secara kimia bereaksi untuk memproduksi bahan plastik yg kaku. Lantai epoksi betul-betul kuat sehingga sering dipakai di daerah lalu lintas padat kayak lingkungan industri, hunian rumah sakit, ataupun layanan olahraga.

Jenis Sistem Lantai Epoxy

seumpama kamu menyidik seleksian industri lantai yang mudah dirawat, kami yakin tersedia solusi epoxy lantai buat kamu! Di pasar konstruksi, melimpah menyediakan lebih dari 30 sistem lantai epoxy serta industri yang berbeda. Berikut ialah sebagian yang paling populer:

Lantai Epoxy Self-Leveling

Self-leveling epoxy diterapkandi atas lantai beton yang baru, lama, retak, ataupun rusak untuk membikin permukaan lantai perawatan yg halus, mulus, tahan lama, serta rendah. Sistem self-leveling juga ada dalam pelbagai warna. Warna dipakai untuk memproduksi bangunan dekoratif, menampilkan pola lalu lintas, ataupun menyoroti zona kerja didalam pengaturan industri. Sistem ini dimanfaatkan ketika kamu menginginkan daya tarik estetika serta / maupun abrasi, bahan kimia, ketahanan panas ataupun slip.

Self Leveling Epoxy Lantai

Di mana epoxy lantai ini digunakan: layanan manufaktur, gudang, showroom, garasi komersial, dapur, hangar pesawat, sarana atletik, serta berlimpah lagi.

Lantai Epoxy Mortar

amat tangguh, ini yakni sistem lantai epoxy terkuat yang tersedia. Sistem tinggi tanpa cacat ini diproduksi dengan epoxy 100% padatan serta pasir bergradasi ataupun pasir kuarsa serta kemudian dimasukkan ke tempatnya. Sistem mortar benar-benar berdampak serta tahan bahan kimia. Sistem ini juga efisien memperbaiki lantai lama sebab proses pembangunannya yg tinggi.

Epoxy Mortar Lantai

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: pabrik, ruang mekanik, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, serta lokasi layanan lokasi alat berat, kayak forklift, akan digunakan.

Baca juga "9 kebaikan Menerapkan Cat Epoxy Lantai Di layanan Industri".

Lantai Epoxy Quartz

Sistem lantai epoksi kuarsa memadukan resin polimer epoxy berkinerja tinggi dengan butiran kuarsa berwarna. Hasilnya ialah lantai multi-fungsi yang dekoratif, sanitasi, tahan slip, serta benar-benar tahan lama.

Quartz Epoxy Lantai

Di mana dimanfaatkan epoxy lantai quartz: ruang ganti, toilet, sekolah, kafetaria, showroom, pabrik lampu, lobi, kantor, serta berlimpah lagi.

Lantai Epoxy Anti Statis (ESD Resistant Floors)

Electro-static charge (ESD) bisa sangat berbahaya di melimpah kelas kerja. Lantai epoxy anti-statis kontributif meluak bahaya statis. Sistem lantai ini lazimnya mengandung bahan konduktif yang mengakumulasi listrik statis untuk mengalirkan, membumikan, maupun melenyapkan potensi buangan. amat diusulkan di daerah yang mengandung bahan yg mudah terbakar.

Epoxy Lantai Anti Static

Di mana epoxy lantai ini digunakannya: prasarana perawatan kesehatan, layanan manufaktur elektronik, kimia ataupun farmasi; lokasi yang memakai gas ataupun cairan yg mudah terbakar ataupun beakibat menumpuknya debu yg mudah terbakar.

Epoxy Flake Floors

Sistem lantai epoxy flake floor diproduksi ketika keping berwarna maupun serpihan ditempatkan didalam epoxy untuk menimbulkan permukaan yang kuat, multi-warna, mulus, serta tangguh. Chip enggak melulu menyenangkan secara estetika, tapi permukaannya yang sedikit kasar merampingkan slip serta jatuh. Serpihan ada dalam beragam warna, gaya, tekstur, serta ukuran yg tak berujung serta bisa dicampur jadi kombinasi seleksian Anda.

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: dapur komersial, ruang ganti, lokasi olahraga, ruang pamer otomotif, klinik dokter hewan, binatu, serta berlimpah lagi.

konfigurasi, surplus serta kekurangan lapisan epoxy lantai

Epoxy lantai, tak kayak poliuretan, didasarkan pada dua komponen prinsipil berikut:
  • resin epoxy;
  • pengeras khusus.

Mereka juga termasuk beraneka macam stabilisator, serta untuk menambah estetika epoxy lantai memakai skema warna serta bagian ornamental yang berbeda, katakanlah, glitter.

Apa superioritas lantai epoxy?

Lantai epoxy mempunyai permukaan yg halus serta mengkilap karena tidak adanya sambungan. Tingkat mirror gloss bisa dipengaruhi oleh aditif. Permukaan mulus meninggalkan penetrasi serta akumulasi kelembaban, kotoran serta bakteri, serta karenanya lantai ini sering dimanfaatkan di rumah sakit serta lembaga medis lainnya. Berikut ini sejumlah kelebihan epoxy lantai:
  • mendapati sifat anti-kotoran. Lapisan ini bersahaja di dalam perawatan.
  • Mampu enggak bereaksi berkenaan senyawa kimia.
  • Resin epoxy enggak dapat terbakar, bisa didayagunakan untuk mencapai permukaan non-slip didalam proses penuangan, menepatkan tingkat kekasaran.
  • Bahan ini tahan lama, bisa diandalkan, hampir gak terhapus serta enggak memburuk di bawah pengaruh sinar matahari. Lantai Epoxy bisa bertahan lebih dari 30 tahun.
  • Hampir tak berbau. kamu dapat merasakannya cuma saat pencampuran. Untuk menghilangkannya sepenuhnya, dua penayangan telah cukup.
  • Kombinasi harga serta kualitas yg optimal.
  • Mudah dituangkan dengan tangan kamu sendiri.

Layak untuk membentuk reservasi: didalam keadaan cair, campuran mengandung zat yg betul-betul mengiritasi selaput lendir, bisa memicu luka bakar serta sedikit mati lemas. tapi, sebab persentase konten yang bisa diabaikan, zat volatil mempunyai waktu untuk menguap di dalam proses polimerisasi basa. Itu sebabnya pemakaian perangkat pakaian pelindung, kacamata serta sarung tangan saat menuangkan lantai epoxy oleh kamu sendiri adalah wajib.

keandalan konstruksi luas yang mengharuskan kamu menentukan seleksian pelapisan yg berpadu secara harmonis dengan interior apa pun.

Kebersihan. Pada permukaan semacam itu tidak ada pra syarat yang profitabel untuk pembentukan serta penyebaran bervariasi mikroorganisme berbahaya: jamur, lumut, serta lainnya.

Lantai Epoxy, niscaya saja, mempunyai berlimpah keuntungan, tetapi, kita enggak boleh melupakan kelemahannya yg signifikan – lantai itu dituangkan secara monolitik ke seluruh permukaan, sehingga gak ada pertanyaan untuk mengganti maupun memperbaiki bagian yg terpisah. Kami menambahkan, lebih lanjut, bahwasanya pembongkaran lantai seperti itu menginginkan investasi waktu, tenaga, serta anggaran yang relatif besar.

Kekurangan Epoxy Lantai

Di antara kekurangan lapisan epoxy, harus untuk dicatat potensi yang tak cukup dari beban titik, yaitu, dengan efek yg kuat ataupun jatuhnya benda berat, retak ataupun chipping bisa diharapkan. Fenomena kayak itu bisa dihindari kalau konfigurasi yang dibutuhkan akan memenuhi partikularitas lokasi yang telah jadi. Misalnya, konfigurasi klasik dikenakan untuk kamar dengan lalu lintas rendah, serta untuk menata lantai, menghadapi beban tinggi, pengisi kuarsa dibutuhkan.

Lantai tersebut berbeda di dalam jangka panjang – sekitar 20 tahun. Apa pun ketahanan aus mereka tidak berbeda selama periode ini, goresan ataupun cacat kecil lainnya bisa terbentuk di permukaan. di dalam hal ini, kamu kudu memperbarui lapisan, katakanlah, letakkan lapisan lain dari arsitektur polimer.

Cara Aplikasi Epoxy Lantai

Lantai Epoxy sudah menerima popularitas besar karena daya tahan, penampilan yang menarik serta kepraktisannya. Teknologi pemasangan lantai kayak itu memerlukan keterampilan serta pengetahuan tertentu, tapi melimpah yg berhasil membikin lantai epoxy diselenggarakan sendiri dengan tangan mereka sendiri. tiap-tiap orang bisa memilih dengan benar versinya lantai, yg akan pantas untuk anggaran serta properti, menjalankan tugas-tugas tertentu.

Persiapan permukaan lantai

berharga untuk diingat kalau memasang lantai epoxy kamu sendiri cuma mungkin direalisasikan di pangkalan yg bersih serta siap. Permukaan dibersihkan secara menyeluruh dari debu, kotoran serta kontaminan lainnya. andaikan permukaannya tak rata, kamu enggak dapat menjalankannya dengan penyedot debu serta larutan berkenaan noda, kamu kudu mengelapnya.

Teknologi epoxy lantai

Teknologi lantai epoxy menyerahkan momen bahwasanya semakin halus permukaan, semakin sedikit bahan yg dikonsumsi. bila retakannya besar, lebih baik ratakan lantai terlebihdahulu dengan isian kasar. Pada tahap ini, semuanya kudu dikhususkan dengan baik, dengan mempertimbangkan nuansa teknologi proses serta kekhasan ruangan. Kualitas serta kapasitas lapisan akan tergantung pada persiapan permukaan lantai.

Persyaratan wajib permukaan lantai

Juga persyaratan wajib untuk lantai ialah horisontal. Dengan setetes kecil kamu bisa mengisi lantai, itu akan memperbaiki situasi, tapi akan tersedia konsumsi bahan meningkat. andaikata nilai diferensial melebihi norma, maka lebih baik terlebih dahulu membentuk screed beton serta tunggu sampai sungguh-sungguh kering.

Kelembaban lantai

Kelembaban menjadi kering screed enggak boleh melebihi 4%. cuma permukaan yang rata serta dibersihkan yang sanggup dipoles. Sebelum kamu mulai memasang epoxy lantai dengan tangan kamu sendiri, kamu mesti memilah bahan yg diinginkan serta menghitung jumlahnya, pilih alat yang sesuai. Pastikan kamu memerlukan primer, pasir kuarsa murni, dua komponen epoxy lantai (misalnya, Epolast) untuk lapisan dasar, pernis transparan poliuretan, dempul epoxy. Epolast bisa diletakkan di atas arsitektur beton, logam maupun kayu. kalau lantai epoxy dituangkan dalam ruangan di bawah beban tinggi ataupun kelembaban tinggi, maka Epolast akan benar-benar dibutuhkan.

bila plan kamu termasuk pembuatan lapisan dekoratif, maka pada lapisan dasar lay out objek datar yang dipilih serta memperbaikinya, menuangkan campuran, yang meliputi perekat epoxy dua komponen-sealant serta UV blocker.

Peralatan di dalam aplikasi epoxy lantai

Alat yg didayagunakan untuk mengadakan penuangan lantai epoxy pun cukup simpel serta gampang didapat di took-toko konstruksi terdekat:
  • Mixer konstruksi;
  • Penyedot debu;
  • Spatula yang berbeda;
  • Rol jarum;
  • Rol sintepon;
  • Rakel;
  • Wadah plastik serta logam;
  • Alat pelindung diri.

Priming permukaan lantai

Primer didayagunakan untuk adhesi dasar yang lebih baik dengan resin epoxy serta serapan yang seragam. Jumlah primer akan tergantung pada porositas permukaan. apabila media betul-betul berpori, lapisan primer tipis enggak akan cukup.

Impregnasi mesti menyeluruh serta teliti, serta lebih baik untuk memproduksi sebagian lapisan.

selepas menerapkan lapisan pertama wajib paling tidak satu hari. Pada saat yg sama, tak mungkin untuk membiarkan surplus cairan, meluputkan pembentukan genangan air. Untuk melaksanakan ini, tersedia alat semprot khusus yang mengharuskan kamu mendistribusikan primer secara merata ke seluruh permukaan serta meluak konsumsinya.

Persyaratan teknologi penuangan lantai epoxy

kualifikasi berikut ini dikenakan untuk kepatuhan dengan lantai epoxy:
  • Kelembaban dalam ruangan enggak lebih dari 80%;
  • Suhu semua bahan yg terlibat di dalam pencampuran tidak boleh di bawah 15 ° C;
  • Level suhu didalam ruangan ialah dari 5 ° hingga 25 °. direkomendasikan untuk menahan perubahan mendadak pada suhu udara serta permukaan lapisan;
  • Priming paling baik dilantaskan segera selepas membersihkan permukaan dari debu. kalau lebih dari 2 jam sudah berlalu, permukaan wajib dibersihkan lagi;
  • Primer wajib betul-betul seragam. sesudah diaduk empat menit wajib berlalu. berguna untuk memakai kombinasi siap di dalam 30-40 menit.
  • Untuk akhirnya menutup semua pori-pori serta bikin pelapisan lebih merata, lapisan dasar diterapkan, dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. Pencampuran tekstur dasar lantai epoxy timbul pada tahap penyegelan pori-pori.
  • Komponen teraduk rata, maka wadah dengan rancangan harus berdiri sekitar tiga menit untuk melepaskan udara, serta segera selepas itu kamu dapat memproduksi lantai, menumpahkan konfigurasinya dengan spatula karet.
  • aransemen tak boleh didalam tangki selama lebih dari 10 menit.
  • Konsumsi desain dasar umumnya 400 ml per m2. Perhatian khusus kudu ditunaikan pada daerah di mana tata letak bersentuhan dengan pelapis lain, di sudut-sudut serta dekat kolom.
  • Tahap penuangan lapisan akhir lantai epoxy sangat berarti serta menginginkan akurasi. Ketebalan lapisan dapat berbeda, tetapi tidak terlalu tipis. desain didistribusikan memakai pisau dokter. biar enggak merusak teknologi, sesudah 15 menit, akan tetapi tidak lebih dari setengah jam, seluruh permukaan ditusuk dengan jarum roller khusus untuk memupuskan gelembung udara, yang mampu merusak keseragaman lantai. Untuk prosedur ini, kita wajib menggunakan sepatu anti slip, tanpa itu sulit membayangkan bergerak di atas permukaan konstruksi cairan.
  • Sehari kemudian, lapisan atas akan mengering, akan tetapi hanya selepas sepekan lantai self-leveling epoksi akan siap untuk digunakan. Selama ini permukaan mesti terbuka, kudu untuk menahan masuknya uap air, kotoran serta debu.
  • Untuk lebih melindungi lapisan lantai epoxy, kamu bisa menerapkan pernis poliuretan yg terang dengan roller maupun sikat didalam satu ataupun lebih lapisan. Pernis sepenuhnya mengering sehabis 24 jam, tapi kamu dapat memanfaatkan lantai selepas empat hari.

Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yg wajib dikenal Pemilik Rumah

Epoxy ialah material yang bertugas sebagai sealant (pelapis) untuk lantai beton. kata epoxy coatings (pelapis epoxy) serta epoxy paints (cat epoxy) sering membikin orang rancu. Walaupun nama pelapis serta cat sering dibutuhkan secara bergantian, tapi sungguh tersedia perbedaan mendasar antara pelapis lantai epoxy serta cat epoxy tersebut.

Cat epoxy, secara material, adalah produk akrilik lateks yang memiliki sebagian kecil epoxy di dalam campurannya. Produk-produk ini mempunyai daya lekat serta vitalitas yg lebih baik daripada cat akrilik standar, tetapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

beberapa saat itu, pelapis lantai epoxy sendiri ialah dua bahan konstituen yang terdiri dari resin epoxy serta penguat poliamina. Sebelum memakai pelapis lantai epoxy, kedua bagian wajib dicampurkan terlebih dahulu. tak kayak cat, pelapis bersifat cepat kering serta juga tahan berkenaan proses pewarnaan tahan kimia serta abrasi.

Perbedaan didalam Aplikasi serta Ketahanan

Satu hal yang pasti, cat umumnya lebih gampang diterapkandaripada pelapis. Dengan cat, aplikator cuma cukup mencuci permukaan lantai beton, membiarkan substrat mengering, serta kemudian memakai satu ataupun dua lapisan cat. Hasilnya, beberapa saat lantai bisa muncul bagus serta gampang digelar, hemat serta praktis.

tetapi, selama sejumlah bulan (atau sejumlah tahun bila cat didalam situasi terbaik), beton telanjang akan mulai terpantau kusam, lapisan cat mulai luntur, terlebihnya apabila dibubuhkan di lingkungan dengan lalu lintas barang maupun orang yang padat. Selain itu, cat juga bisa gampang mengelupas.

Di sisi lain, pelapis lantai epoxy mempunyai ketahanan selama sebagian tahun lamanya. Sistem pelapisan ini tahan lama, tahan mengenai abrasi, bahkan di tempat yang lalu lintasnya padat, dan juga tahan bahan kimia. Pelapis ini tak berpori, enggak akan mengelupas, serta juga enggak licin. akan tetapi, pelapis lantai epoxy agak menginginkan lebih dominan proses pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, hingga finishing.

Pelapis lantai epoxy juga kudu dibentuk permukaan yang tepat, kayak shot blasting, grinding ataupun scarifying, supaya hasilnya optimal. Sistem pelapis juga terdiri dari beragam lapisan mulai dari lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah, serta lapisan atas--membuatnya lebih tebal dari lapisan mudah atau dua cat sekalipun.

Dari persiapan permukaan, hingga aplikasi selesai, proses pelapisan epoxy diperlukan lebih dari yg kamu kira untuk menyodorkan lantai berlapis epoxy berkualitas yang akan bertahan selama bertahun-tahun.

5 kemaslahatan pelapis epoxy lantai

Pelapis epoxy bisa dibubuhkan di lantai untuk struktur komersial, trotoar, bahkan di dinding ataupun langit-langit gedung bertingkat, serta sering sekali dimanfaatkan di lantai garasi. Berikut yakni kebaikan dari pendayagunaan pelapis lantai epoxy:
  • Daya tahan yang lebih baik: Lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yg dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang serta mengharuskan kamu dapat fokus mengelola bisnis lainnya.
  • Kuat serta tahan lama: selepas epoxy diubah jadi polimer padat, epoxy jadi sungguh-sungguh kuat serta menghindari kerusakan kimia.
  • Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy lazimnya cepat serta gampang dipasang, yg berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi seumpama dikenakan di pabrik (shut down time).
  • Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy umumnya ada dalam bermacam ragam warna serta pola supaya sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  • Tahan korosi serta bahan kimia: pelapis epoxy bisa bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga amat cocok untuk gudang maupun tanaman yg mungkin terkena bahan tersebut.

Hal terutama dari pemakaian pelapis epoxy yakni anggaran yang rendah untuk perawatan serta pembersihan. Jadi, sesudah beton dilapisi pelapis lantai epoxy, tak akan gampang keropos sebab disegel maupun proses lainnya serta lebih gampang dibersihkan.

Kesimpulan

Teknologi menuangkan lantai epoxy dengan tangan kamu sendiri cukup rumit, serta seluruh prosesnya sungguh-sungguh melelahkan. diperlukan berjibun waktu untuk mengeringkan setiap lapisan, untuk memenuhi semua tahapan teknologi. bernilai untuk terus memantau bahwasanya debu tidak jatuh, menjadi lebih baik tidak membuka jendela sampai beres. kamu kudu memperhatikan semua detail, secara khususnya pada tahap menyelesaikan pengisian. Bahkan di lantai didalam ruangan kecil akan memakan waktu 10-12 hari.

Semua upaya ini sepadan untuk memperoleh lantai yg amat mencolok yang akan mengangkat sukacita serta kenyamanan ke tempat tinggal mana pun. Pembaca yang budiman, tinggalkan komentar kamu pada artikel di komentar ataupun bagikan pengalaman kamu didalam menggunakan liputan ini. Baca juga"Kontraktor Epoxy Lantai Simak Cara Memilih Kontraktor Epoxy Lantai yang Professional".