Kontraktor Epoxy Lantai Cempaka Jakarta Pusat Aplikator Jasa Cat Epoxy Lantai

Epoxy berasal pertamakali diproduksi di Negara Amerika Serikat, Epoxy yakni cairan kimia resin serta sebelum jadi resin, cairan kimia ini kudu melalui tahapan khusus adalah proses polimerisasi dari epoksida, supaya dapat dipakai untuk lantai sebelum itu wajib dicampurkan dulu dengan hardener. hardener yaitu satu di antara bahan untuk mengkombinasikannya dengan resin, bahan kimia tersebut yakni amina polifungsi, alcohol, asam serta fenol. Apa manfaatnya?? manfaatnya ialah supaya resin yang dicampurkan dengan hardener kalau dibutuhkan pada lantai melalui proses pemeratataan yg sempurna, akan menjadikakan lapisan tersebut jadi keras. Intinya dengan melalui konsep bagaimana mencampuran resin dengan hardener, maka akan memanifestasikan pengerasan yang sempurna serta merata, sehingga memanifestasikan lapisan yg amat keras serta juga bisa mencegah segala jenis benturan apapun. misalnya kayak menangkal beban kendaraan, lemari, engine produksi dll.

Epoxy lantai saat ini saat ini diperlukan untuk lantai pabrik, lantai gudang, hunian rumah sakit, laboratorium, ruang pamer, bengkel, serta lain lain.Manfaatnya supaya lebih pegari bersih hygienes serta lantai terhindar dari lokasi bersarang /berkembangnya bakteri. Bahkan tubuh POM mewajibkan perusahaan perusahaan Farmasi, Makanan serta Minuman memakai Cat Epoxy untuk kebersihan lantainya. Untuk mendatangkan Epoxy Lantai yg baik serta maksimal, tentu saja mesti ditunjang oleh tenaga ahli yg berpengalaman yang dapat mengterapkancat epoxy lantai dengan baik serta benar.

Baca juga "Review Harga Epoxy Lantai Pabrik serta Keunggulan Kekurangan Epoxy Lantai Pabrik".

Apa itu Epoxy Lantai? Jenis-Jenis Sistem Lantai Epoxy serta daerah pemakaiannya

Epoxy yakni kata yang datang untuk mewakili kelas materi serta tindakan memakai materi tersebut. “Sistem” Epoxy didasarkan pada kombinasi resin serta pengeras. Ketika dicampur bersama, resin serta pengeras secara kimia bereaksi untuk membuat bahan plastik yang kaku. Lantai epoksi betul-betul kuat sehingga sering dimanfaatkan di daerah lalu lintas padat semacam lingkungan industri, hunian rumah sakit, maupun layanan olahraga.

Jenis Sistem Lantai Epoxy

seandainya kamu menelusuri preferensi industri lantai yg mudah dirawat, kami yakin tersedia solusi epoxy lantai buat kamu! Di pasar konstruksi, berlimpah menyediakan lebih dari 30 sistem lantai epoxy serta industri yang berbeda. Berikut yaitu sebagian yang paling populer:

Lantai Epoxy Self-Leveling

Self-leveling epoxy diterapkandi atas lantai beton yg baru, lama, retak, ataupun rusak untuk memicu permukaan lantai perawatan yg halus, mulus, tahan lama, serta rendah. Sistem self-leveling juga ada dalam bermacam-macam warna. Warna didayagunakan untuk memproduksi struktur dekoratif, menampilkan pola lalu lintas, ataupun menyoroti zona kerja didalam pengaturan industri. Sistem ini dimanfaatkan ketika kamu memerlukan daya tarik estetika serta / maupun abrasi, bahan kimia, ketahanan panas ataupun slip.

Self Leveling Epoxy Lantai

Di mana epoxy lantai ini digunakan: pelayanan manufaktur, gudang, showroom, garasi komersial, dapur, hangar pesawat, prasarana atletik, serta berlimpah lagi.

Lantai Epoxy Mortar

amat tangguh, ini yaitu sistem lantai epoxy terkuat yg tersedia. Sistem tinggi tanpa cacat ini dibentuk dengan epoxy 100% padatan serta pasir bergradasi maupun pasir kuarsa serta kemudian dimasukkan ke tempatnya. Sistem mortar sungguh-sungguh berdampak serta tahan bahan kimia. Sistem ini juga mujarab memperbaiki lantai lama karena proses pembangunannya yang tinggi.

Epoxy Mortar Lantai

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: pabrik, ruang mekanik, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, serta tempat layanan area alat berat, kayak forklift, akan digunakan.

Baca juga "9 khasiat Menerapkan Cat Epoxy Lantai Di sarana Industri".

Lantai Epoxy Quartz

Sistem lantai epoksi kuarsa mengumpulkan resin polimer epoxy berkinerja tinggi dengan butiran kuarsa berwarna. Hasilnya ialah lantai multi-fungsi yg dekoratif, sanitasi, tahan slip, serta amat tahan lama.

Quartz Epoxy Lantai

Di mana dipakai epoxy lantai quartz: ruang ganti, toilet, sekolah, kafetaria, showroom, pabrik lampu, lobi, kantor, serta melimpah lagi.

Lantai Epoxy Anti Statis (ESD Resistant Floors)

Electro-static charge (ESD) bisa sangat berbahaya di melimpah kasta kerja. Lantai epoxy anti-statis mendukung meluak bahaya statis. Sistem lantai ini umumnya mengandung bahan konduktif yg mengakumulasi listrik statis untuk mengalirkan, membumikan, maupun menyirnakan potensi buangan. benar-benar disarankan dikawasan yg mengandung bahan yg mudah terbakar.

Epoxy Lantai Anti Static

Di mana epoxy lantai ini digunakannya: sarana perawatan kesehatan, prasarana manufaktur elektronik, kimia ataupun farmasi; wilayah yang memakai gas maupun cairan yg mudah terbakar ataupun beefek menumpuknya debu yang mudah terbakar.

Epoxy Flake Floors

Sistem lantai epoxy flake floor dirancang ketika keping berwarna maupun serpihan ditempatkan didalam epoxy untuk membikin permukaan yang kuat, multi-warna, mulus, serta tangguh. Chip tak sekadar menyenangkan secara estetika, tapi permukaannya yg sedikit kasar mengecilkan slip serta jatuh. Serpihan ada dalam beragam warna, gaya, tekstur, serta ukuran yang tak berujung serta bisa dicampur jadi kombinasi opsi Anda.

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: dapur komersial, ruang ganti, wilayah olahraga, ruang pamer otomotif, klinik dokter hewan, binatu, serta berjibun lagi.

konfigurasi, surplus serta kekurangan lapisan epoxy lantai

Epoxy lantai, tak semacam poliuretan, didasarkan pada dua komponen transenden berikut:
  • resin epoxy;
  • pengeras khusus.

Mereka juga termasuk beraneka macam stabilisator, serta untuk memajukan estetika epoxy lantai memakai skema warna serta bagian dekoratif yg berbeda, katakanlah, glitter.

Apa ekses lantai epoxy?

Lantai epoxy mendapati permukaan yang halus serta mengkilap sebab tidak adanya sambungan. Tingkat mirror gloss bisa dipengaruhi oleh aditif. Permukaan mulus menjauhi penetrasi serta akumulasi kelembaban, kotoran serta bakteri, serta karenanya lantai ini sering dimanfaatkan di hunian rumah sakit serta lembaga medis lainnya. Berikut ini sejumlah kelebihan epoxy lantai:
  • mempunyai sifat anti-kotoran. Lapisan ini bersahaja di dalam perawatan.
  • Mampu tak bereaksi mengenai senyawa kimia.
  • Resin epoxy gak dapat terbakar, bisa didayagunakan untuk mencapai permukaan non-slip didalam proses penuangan, mengakurkan tingkat kekasaran.
  • Bahan ini tahan lama, bisa diandalkan, hampir tak terhapus serta gak memburuk di bawah pengaruh sinar mentari. Lantai Epoxy bisa bertahan lebih dari 30 tahun.
  • Hampir gak berbau. kamu dapat merasakannya cuma saat pencampuran. Untuk menghilangkannya sepenuhnya, dua penayangan telah cukup.
  • Kombinasi harga serta kualitas yang optimal.
  • Mudah dituangkan dengan tangan kamu sendiri.

Layak untuk membikin reservasi: di dalam keadaan cair, komposit mengandung zat yang betul-betul mengiritasi selaput lendir, bisa memicu luka bakar serta sedikit mati lemas. tetapi, karena persentase konten yang sanggup diabaikan, zat volatil mempunyai waktu untuk menguap di dalam proses polimerisasi basa. Itu sebabnya penerapan perangkat pakaian pelindung, kacamata serta sarung tangan saat menuangkan lantai epoxy oleh kamu sendiri ialah wajib.

kesanggupan konstruksi luas yang membolehkan kamu menetapkan seleksian pelapisan yg berpadu secara harmonis dengan interior apa pun.

Kebersihan. Pada permukaan semacam itu tidak ada situasi yang profitabel untuk pembentukan serta penyebaran berbagai macam mikroorganisme berbahaya: jamur, lumut, serta lainnya.

Lantai Epoxy, pasti saja, mendapati berjibun keuntungan, akan tetapi, kita gak boleh melupakan kelemahannya yg substansial – lantai itu dituangkan secara monolitik ke seluruh permukaan, sehingga gak ada pertanyaan untuk mengganti maupun memperbaiki bagian yang terpisah. Kami menambahkan, lebih lanjut, bahwasanya pembongkaran lantai seperti itu memerlukan investasi waktu, tenaga, serta cost yang relatif besar.

Kekurangan Epoxy Lantai

Di antara kekurangan lapisan epoxy, harus untuk dicatat kemahiran yang tak cukup dari beban titik, yaitu, dengan pengaruh yang kuat maupun jatuhnya benda berat, retak maupun chipping bisa diharapkan. Fenomena kayak itu bisa dihindari seandainya aransemen yg dimanfaatkan akan memenuhi individualitas area yg telah jadi. Misalnya, struktur klasik diterapkan untuk kamar dengan lalu lintas rendah, serta untuk menata lantai, mendapati beban tinggi, pengisi kuarsa dibutuhkan.

Lantai tersebut berbeda didalam jangka panjang – sekitar 20 tahun. Apa pun ketahanan aus mereka tidak berbeda selama periode ini, goresan maupun cacat kecil lainnya bisa terbentuk di permukaan. di dalam hal ini, kamu wajib memperbarui lapisan, katakanlah, letakkan lapisan lain dari tekstur polimer.

Cara Aplikasi Epoxy Lantai

Lantai Epoxy sudah menangkap popularitas besar karena daya tahan, penampilan yg menarik serta kepraktisannya. Teknologi pemasangan lantai kayak itu memerlukan keterampilan serta pengetahuan tertentu, akan tetapi melimpah yg berhasil membikin lantai epoxy dibuat sendiri dengan tangan mereka sendiri. tiap-tiap orang bisa memilih dengan betul versinya lantai, yg akan pas untuk budget serta properti, menyelenggarakan tugas-tugas tertentu.

Persiapan permukaan lantai

bernilai untuk diingat kalau memasang lantai epoxy kamu sendiri cuma mungkin digelar di pangkalan yang bersih serta siap. Permukaan dibersihkan secara menyeluruh dari debu, kotoran serta kontaminan lainnya. seumpama permukaannya tidak rata, kamu tidak dapat membuatnya dengan penyedot debu serta larutan tentang noda, kamu mesti mengelapnya.

Teknologi epoxy lantai

Teknologi lantai epoxy mempersembahkan momen kalau semakin halus permukaan, semakin sedikit bahan yg dikonsumsi. bila retakannya besar, lebih baik ratakan lantai terlebihdahulu dengan isian kasar. Pada tahap ini, semuanya perlu dititikberatkan dengan baik, dengan mempertimbangkan nuansa teknologi proses serta keistimewaan ruangan. Kualitas serta kekuasaan lapisan akan tergantung pada persiapan permukaan lantai.

Persyaratan wajib permukaan lantai

Juga persyaratan wajib untuk lantai adalah horisontal. Dengan setetes kecil kamu bisa mengisi lantai, itu akan memperbaiki situasi, akan tetapi akan tersedia konsumsi bahan meningkat. seandainya nilai diferensial melebihi norma, maka lebih baik terlebih dahulu membentuk screed beton serta tunggu sampai sungguh-sungguh kering.

Kelembaban lantai

Kelembaban menjadi kering screed tidak boleh melebihi 4%. cuma permukaan yg rata serta dibersihkan yang dapat dipoles. Sebelum kamu mulai memasang epoxy lantai dengan tangan kamu sendiri, kamu perlu menentukan bahan yg diinginkan serta menghitung jumlahnya, pilih alat yang sesuai. Pastikan kamu memerlukan primer, pasir kuarsa murni, dua komponen epoxy lantai (misalnya, Epolast) untuk lapisan dasar, pernis transparan poliuretan, dempul epoxy. Epolast bisa diletakkan di atas bangunan beton, logam ataupun kayu. apabila lantai epoxy dituangkan dalam ruangan di bawah beban tinggi maupun kelembaban tinggi, maka Epolast akan sangat dibutuhkan.

bila acara kamu termasuk pembuatan lapisan dekoratif, maka pada lapisan dasar lay out objek datar yg dipilih serta memperbaikinya, menuangkan campuran, yang meliputi perekat epoxy dua komponen-sealant serta UV blocker.

Peralatan didalam aplikasi epoxy lantai

Alat yg diterapkan untuk menunaikan penuangan lantai epoxy pun cukup mudah serta gampang diterima di took-toko desain terdekat:
  • Mixer konstruksi;
  • Penyedot debu;
  • Spatula yg berbeda;
  • Rol jarum;
  • Rol sintepon;
  • Rakel;
  • Wadah plastik serta logam;
  • Alat pelindung diri.

Priming permukaan lantai

Primer dimanfaatkan untuk adhesi dasar yang lebih baik dengan resin epoxy serta serapan yang seragam. Jumlah primer akan tergantung pada porositas permukaan. apabila media betul-betul berpori, lapisan primer tipis tidak akan cukup.

Impregnasi perlu menyeluruh serta teliti, serta lebih baik untuk menggarap sebagian lapisan.

selepas menerapkan lapisan pertama kudu paling gak satu hari. Pada saat yg sama, tidak mungkin untuk membiarkan ekses cairan, meninggalkan pembentukan genangan air. Untuk membuat ini, tersedia alat semprot khusus yg mengharuskan kamu mendistribusikan primer secara merata ke seluruh permukaan serta mengecilkan konsumsinya.

Persyaratan teknologi penuangan lantai epoxy

keadaan berikut ini dipakai untuk kepatuhan dengan lantai epoxy:
  • Kelembaban dalam ruangan gak lebih dari 80%;
  • Suhu semua bahan yg terlibat didalam pencampuran tidak boleh di bawah 15 ° C;
  • Level suhu dalam ruangan yakni dari 5 ° hingga 25 °. diusulkan untuk menjauhi perubahan mendadak pada suhu udara serta permukaan lapisan;
  • Priming paling baik dibuat segera selepas membersihkan permukaan dari debu. apabila lebih dari 2 jam sudah berlalu, permukaan mesti dibersihkan lagi;
  • Primer harus betul-betul seragam. sesudah diaduk empat menit perlu berlalu. bermanfaat untuk memakai kombinasi siap didalam 30-40 menit.
  • Untuk akhirnya menutup semua pori-pori serta bikin pelapisan lebih merata, lapisan dasar diterapkan, dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. Pencampuran konfigurasi dasar lantai epoxy terbentuk pada tahap penyegelan pori-pori.
  • Komponen terbaur rata, maka wadah dengan aransemen harus berdiri sekitar tiga menit untuk melepaskan udara, serta segera selepas itu kamu dapat membikin lantai, menumpahkan strukturnya dengan spatula karet.
  • tekstur enggak boleh dalam tangki selama lebih dari 10 menit.
  • Konsumsi formasi dasar lazimnya 400 ml per m2. Perhatian khusus perlu dinyatakan pada daerah di mana formasi bersentuhan dengan pelapis lain, di sudut-sudut serta dekat kolom.
  • Tahap penuangan lapisan akhir lantai epoxy sungguh-sungguh bermanfaat serta memerlukan akurasi. Ketebalan lapisan dapat berbeda, akan tetapi tidak terlalu tipis. arsitektur didistribusikan memakai pisau dokter. agar tidak merusak teknologi, selepas 15 menit, akan tetapi tidak lebih dari setengah jam, seluruh permukaan ditusuk dengan jarum roller khusus untuk memusnahkan gelembung udara, yang sanggup merusak keseragaman lantai. Untuk prosedur ini, kita wajib menggunakan sepatu anti slip, tanpa itu sulit membayangkan bergerak di atas permukaan konstruksi cairan.
  • Sehari kemudian, lapisan atas akan mengering, akan tetapi hanya selepas sepekan lantai self-leveling epoksi akan siap untuk digunakan. Selama ini permukaan perlu terbuka, wajib untuk menjauhi masuknya uap air, kotoran serta debu.
  • Untuk lebih melindungi lapisan lantai epoxy, kamu bisa menerapkan pernis poliuretan yang terang dengan roller maupun sikat didalam satu maupun lebih lapisan. Pernis sepenuhnya mengering sesudah 24 jam, akan tetapi kamu dapat memanfaatkan lantai sehabis empat hari.

Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yg kudu diketahui Pemilik Rumah

Epoxy yaitu material yang bertugas sebagai sealant (pelapis) untuk lantai beton. kata epoxy coatings (pelapis epoxy) serta epoxy paints (cat epoxy) sering membikin orang rancu. Walaupun nama pelapis serta cat sering dibutuhkan secara bergantian, akan tetapi memang tersedia perbedaan mendasar antara pelapis lantai epoxy serta cat epoxy tersebut.

Cat epoxy, secara material, adalah produk akrilik lateks yang memiliki beberapa kecil epoxy didalam campurannya. Produk-produk ini mendapati daya lekat serta ketahanan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, akan tetapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

beberapa saat itu, pelapis lantai epoxy sendiri ialah dua bahan elemen yang terdiri dari resin epoxy serta penguat poliamina. Sebelum memakai pelapis lantai epoxy, kedua bagian harus dicampurkan terlebih dahulu. gak kayak cat, pelapis bersifat cepat kering serta juga tahan tentang proses pewarnaan tahan kimia serta abrasi.

Perbedaan didalam Aplikasi serta Ketahanan

Satu hal yang pasti, cat umumnya lebih gampang diterapkandaripada pelapis. Dengan cat, aplikator cuma cukup mencuci permukaan lantai beton, membiarkan substrat mengering, serta kemudian memakai satu maupun dua lapisan cat. Hasilnya, beberapa saat lantai bisa tampak bagus serta gampang dikonkretkan, hemat serta praktis.

tapi, selama sejumlah bulan (atau sejumlah tahun andaikan cat didalam kualifikasi terbaik), beton telanjang akan mulai pegari kusam, lapisan cat mulai luntur, khususnya seumpama dipakai di lingkungan dengan lalu lintas barang ataupun orang yg padat. Selain itu, cat juga bisa gampang mengelupas.

Di sisi lain, pelapis lantai epoxy mempunyai ketahanan selama sejumlah tahun lamanya. Sistem pelapisan ini tahan lama, tahan mengenai abrasi, bahkan di lokasi yang lalu lintasnya padat, dan juga tahan bahan kimia. Pelapis ini tidak berpori, gak akan mengelupas, serta juga tak licin. akan tetapi, pelapis lantai epoxy agak menginginkan lebih tinggi proses pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, hingga finishing.

Pelapis lantai epoxy juga kudu dihadirkan permukaan yg tepat, kayak shot blasting, grinding maupun scarifying, supaya hasilnya optimal. Sistem pelapis juga terdiri dari berbagai macam lapisan mulai dari lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah, serta lapisan atas--membuatnya lebih tebal dari lapisan praktis atau dua cat sekalipun.

Dari persiapan permukaan, hingga aplikasi selesai, proses pelapisan epoxy diperlukan lebih dari yang kamu kira untuk mempersembahkan lantai berlapis epoxy berkualitas yg akan bertahan selama bertahun-tahun.

5 khasiat pelapis epoxy lantai

Pelapis epoxy bisa dibubuhkan di lantai untuk struktur komersial, trotoar, bahkan di dinding ataupun langit-langit gedung bertingkat, serta kerap kali dipakai di lantai garasi. Berikut adalah khasiat dari pendayagunaan pelapis lantai epoxy:
  • Daya tahan yang lebih baik: Lantai beton yg dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yg dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang serta mengizinkan kamu dapat fokus mengelola bisnis lainnya.
  • Kuat serta tahan lama: sesudah epoxy diubah jadi polimer padat, epoxy jadi betul-betul kuat serta meluputkan kerusakan kimia.
  • Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy umumnya cepat serta gampang dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi seandainya didayagunakan di pabrik (shut down time).
  • Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy lazimnya ada dalam berbagai macam warna serta pola supaya sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  • Tahan korosi serta bahan kimia: pelapis epoxy bisa bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk gudang ataupun tanaman yg mungkin terkena bahan tersebut.

Hal terutama dari pendayagunaan pelapis epoxy adalah budget yang rendah untuk perawatan serta pembersihan. Jadi, sesudah beton dilapisi pelapis lantai epoxy, tak akan gampang keropos sebab disegel ataupun proses lainnya serta lebih gampang dibersihkan.

Kesimpulan

Teknologi menuangkan lantai epoxy dengan tangan kamu sendiri cukup rumit, serta seluruh prosesnya betul-betul melelahkan. diperlukan berjibun waktu untuk mengeringkan setiap lapisan, untuk memenuhi semua tahapan teknologi. bernilai untuk terus memantau bahwasanya debu tak jatuh, menjadi lebih baik gak membuka jendela sampai habis. kamu mesti memperhatikan semua detail, secara khususnya pada tahap menyelesaikan pengisian. Bahkan di lantai di dalam ruangan kecil akan memakan waktu 10-12 hari.

Semua upaya ini sepadan untuk memperoleh lantai yang sungguh-sungguh mencolok yang akan mengusung sukacita serta kenyamanan ke hunian rumah mana pun. Pembaca yang budiman, tinggalkan komentar kamu pada artikel di komentar ataupun bagikan pengalaman kamu didalam menggunakan liputan ini. Baca juga"Kontraktor Epoxy Lantai Simak Cara Memilih Kontraktor Epoxy Lantai yang Professional".