Kontraktor Epoxy Lantai Bintaro Jakarta Selatan Aplikator Jasa Cat Epoxy Lantai

Epoxy floor maupun epoxy lantai yakni cat khusus yg terdiri dari 2 (dua) komponen bahan adalah cat epoxy / resin serta hardener. Kedua komponen dicampur di dalam pertimbangan tertentu hingga merata serta diterapkandi atas beton maupun keramik. tersedia beraneka ragam tugas epoxy lantai yg mesti di ketahui.

Epoxy lantai saat ini sudah sering dipakai untuk lantai industri, perkantoran, gudang bahkan rumah. Dengan segala ekses yg dimiliki oleh epoxy lantai sehingga jadi favorit bagi berlimpah orang. Keunggulan yang dimiliki oleh epoxy lantai yaitu akan menyebabkan lapisan lantai lebih kokoh, kuat, tahan lama, gak gampang tergores bahkan pecah, tahan tentang bahan kimia, meluputkan perkembangbiakan kuman pada lantai, gampang dibersihkan serta masih berlimpah yg lainnya.

Baca juga "Review Harga Epoxy Lantai Pabrik serta Keunggulan Kekurangan Epoxy Lantai Pabrik".

Apa itu Epoxy Lantai? Jenis-Jenis Sistem Lantai Epoxy serta daerah pendayagunaannya

Epoxy adalah nama yang datang untuk mewakili kelas materi serta tindakan memakai materi tersebut. “Sistem” Epoxy didasarkan pada kombinasi resin serta pengeras. Ketika dicampur bersama, resin serta pengeras secara kimia bereaksi untuk menggarap bahan plastik yang kaku. Lantai epoksi betul-betul kuat sehingga sering dibutuhkan di daerah lalu lintas padat semacam lingkungan industri, tempat tinggal sakit, maupun pelayanan olahraga.

Jenis Sistem Lantai Epoxy

apabila kamu menelusuri alternatif industri lantai yang mudah dirawat, kami yakin tersedia solusi epoxy lantai untukmu! Di pasar konstruksi, berjibun menyuguhkan lebih dari 30 sistem lantai epoxy serta industri yang berbeda. Berikut adalah sebagian yang paling populer:

Lantai Epoxy Self-Leveling

Self-leveling epoxy diterapkandi atas lantai beton yang baru, lama, retak, ataupun rusak untuk memicu permukaan lantai perawatan yang halus, mulus, tahan lama, serta rendah. Sistem self-leveling juga ada dalam berbagai ragam warna. Warna dimanfaatkan untuk membikin bangunan dekoratif, menampakkan pola lalu lintas, maupun menyoroti zona kerja di dalam pengaturan industri. Sistem ini dipakai ketika kamu menginginkan daya tarik estetika serta / ataupun abrasi, bahan kimia, ketahanan panas ataupun slip.

Self Leveling Epoxy Lantai

Di mana epoxy lantai ini digunakan: pelayanan manufaktur, gudang, showroom, garasi komersial, dapur, hangar pesawat, prasarana atletik, serta berjibun lagi.

Lantai Epoxy Mortar

amat tangguh, ini adalah sistem lantai epoxy terkuat yang tersedia. Sistem tinggi tanpa cacat ini dibikin dengan epoxy 100% padatan serta pasir bergradasi maupun pasir kuarsa serta kemudian dimasukkan ke tempatnya. Sistem mortar sungguh-sungguh berdampak serta tahan bahan kimia. Sistem ini juga tokcer memperbaiki lantai lama sebab proses pembangunannya yang tinggi.

Epoxy Mortar Lantai

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: pabrik, ruang mekanik, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, serta tempat layanan wilayah alat berat, kayak forklift, akan digunakan.

Baca juga "9 faedah Menerapkan Cat Epoxy Lantai Di sarana Industri".

Lantai Epoxy Quartz

Sistem lantai epoksi kuarsa memadukan resin polimer epoxy berkinerja tinggi dengan butiran kuarsa berwarna. Hasilnya ialah lantai multi-fungsi yg dekoratif, sanitasi, tahan slip, serta betul-betul tahan lama.

Quartz Epoxy Lantai

Di mana dibutuhkan epoxy lantai quartz: ruang ganti, toilet, sekolah, kafetaria, showroom, pabrik lampu, lobi, kantor, serta berjibun lagi.

Lantai Epoxy Anti Statis (ESD Resistant Floors)

Electro-static charge (ESD) bisa sangat berbahaya di berlimpah kelas kerja. Lantai epoxy anti-statis mendukung menurunkan bahaya statis. Sistem lantai ini lazimnya mengandung bahan konduktif yang mengakumulasi listrik statis untuk mengalirkan, membumikan, ataupun meredakan potensi buangan. sangat disarankan di tempat yg mengandung bahan yg mudah terbakar.

Epoxy Lantai Anti Static

Di mana epoxy lantai ini digunakannya: pelayanan perawatan kesehatan, layanan manufaktur elektronik, kimia maupun farmasi; lokasi yang memakai gas maupun cairan yang mudah terbakar maupun beakibat menumpuknya debu yang mudah terbakar.

Epoxy Flake Floors

Sistem lantai epoxy flake floor dikerjakan ketika keping berwarna ataupun serpihan ditempatkan didalam epoxy untuk melahirkan permukaan yg kuat, multi-warna, mulus, serta tangguh. Chip gak sekadar menyenangkan secara estetika, tapi permukaannya yang sedikit kasar memangkas slip serta jatuh. Serpihan ada dalam beragam warna, gaya, tekstur, serta ukuran yang tak berujung serta bisa dicampur jadi kombinasi alternatif Anda.

Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: dapur komersial, ruang ganti, lokasi olahraga, ruang pamer otomotif, klinik dokter hewan, binatu, serta berlimpah lagi.

arsitektur, keunggulan serta kekurangan lapisan epoxy lantai

Epoxy lantai, enggak semacam poliuretan, didasarkan pada dua komponen primer berikut:
  • resin epoxy;
  • pengeras khusus.

Mereka juga termasuk plural stabilisator, serta untuk meluaskan estetika epoxy lantai memakai skema warna serta unsur ornamental yang berbeda, katakanlah, glitter.

Apa keunggulan lantai epoxy?

Lantai epoxy mempunyai permukaan yg halus serta mengkilap karena tidak adanya sambungan. Tingkat mirror gloss bisa dipengaruhi oleh aditif. Permukaan mulus menjauhi penetrasi serta akumulasi kelembaban, kotoran serta bakteri, serta karenanya lantai ini sering dimanfaatkan di tempat tinggal sakit serta lembaga medis lainnya. Berikut ini sejumlah kelebihan epoxy lantai:
  • mendapati sifat anti-kotoran. Lapisan ini bersahaja didalam perawatan.
  • Mampu tidak bereaksi tentang senyawa kimia.
  • Resin epoxy tidak dapat terbakar, bisa dipakai untuk mencapai permukaan non-slip didalam proses penuangan, menyelaraskan tingkat kekasaran.
  • Bahan ini tahan lama, bisa diandalkan, hampir tak terhapus serta tidak memburuk di bawah pengaruh sinar mentari. Lantai Epoxy bisa bertahan lebih dari 30 tahun.
  • Hampir enggak berbau. kamu dapat merasakannya cuma saat pencampuran. Untuk menghilangkannya sepenuhnya, dua penayangan telah cukup.
  • Kombinasi harga serta kualitas yg optimal.
  • Mudah dituangkan dengan tangan kamu sendiri.

Layak untuk memproduksi reservasi: didalam keadaan cair, kombinasi mengandung zat yg betul-betul mengiritasi selaput lendir, dapat menimbulkan luka bakar serta sedikit mati lemas. tapi, sebab persentase konten yang mampu diabaikan, zat volatil memiliki waktu untuk menguap didalam proses polimerisasi basa. Itu sebabnya pemakaian peranti pakaian pelindung, kacamata serta sarung tangan saat menuangkan lantai epoxy oleh kamu sendiri ialah wajib.

kesanggupan arsitektur luas yang menguatkan kamu menetapkan pilihan pelapisan yang berpadu secara harmonis dengan interior apa pun.

Kebersihan. Pada permukaan semacam itu tak ada keadaan yang profitabel untuk pembentukan serta penyebaran beraneka ragam mikroorganisme berbahaya: jamur, lumut, serta lainnya.

Lantai Epoxy, mesti saja, mempunyai melimpah keuntungan, akan tetapi, kita gak boleh melupakan kelemahannya yang signifikan – lantai itu dituangkan secara monolitik ke seluruh permukaan, sehingga tak ada pertanyaan untuk mengganti maupun memperbaiki bagian yg terpisah. Kami menambahkan, lebih lanjut, bahwasanya pembongkaran lantai seperti itu menginginkan investasi waktu, tenaga, serta bujet yang relatif besar.

Kekurangan Epoxy Lantai

Di antara kekurangan lapisan epoxy, kudu untuk dicatat kepiawaian yang gak cukup dari beban titik, yaitu, dengan akibat yg kuat ataupun jatuhnya benda berat, retak maupun chipping bisa diharapkan. Fenomena semacam itu bisa dihindari andaikan tekstur yang dibutuhkan akan memenuhi keistimewaan wilayah yang telah jadi. Misalnya, formasi klasik dibutuhkan untuk kamar dengan lalu lintas rendah, serta untuk menata lantai, menghadapi beban tinggi, pengisi kuarsa dibutuhkan.

Lantai tersebut berbeda didalam jangka panjang – sekitar 20 tahun. Apa pun ketahanan aus mereka tak berbeda selama periode ini, goresan ataupun cacat kecil lainnya bisa terbentuk di permukaan. didalam hal ini, kamu wajib memperbarui lapisan, katakanlah, letakkan lapisan lain dari desain polimer.

Cara Aplikasi Epoxy Lantai

Lantai Epoxy sudah menerima popularitas besar sebab daya tahan, penampilan yang menarik serta kepraktisannya. Teknologi pemasangan lantai seperti itu menginginkan keterampilan serta pengetahuan tertentu, akan tetapi melimpah yang berhasil memproduksi lantai epoxy dikerjakan sendiri dengan tangan mereka sendiri. tiap-tiap orang bisa memilih dengan cermat versinya lantai, yang akan seragam untuk cost serta properti, menunaikan tugas-tugas tertentu.

Persiapan permukaan lantai

berharga untuk diingat kalau memasang lantai epoxy kamu sendiri cuma mungkin dimanifestasikan di pangkalan yg bersih serta siap. Permukaan dibersihkan secara menyeluruh dari debu, kotoran serta kontaminan lainnya. apabila permukaannya tak rata, kamu tidak dapat menunaikannya dengan penyedot debu serta larutan tentang noda, kamu kudu mengelapnya.

Teknologi epoxy lantai

Teknologi lantai epoxy menyerahkan momen bahwasanya semakin halus permukaan, semakin sedikit bahan yg dikonsumsi. apabila retakannya besar, lebih baik ratakan lantai terlebihdahulu dengan isian kasar. Pada tahap ini, semuanya kudu didahulukan dengan baik, dengan mempertimbangkan nuansa teknologi proses serta idiosinkrasi ruangan. Kualitas serta vitalitas lapisan akan tergantung pada persiapan permukaan lantai.

Persyaratan wajib permukaan lantai

Juga persyaratan wajib untuk lantai adalah horisontal. Dengan setetes kecil kamu bisa mengisi lantai, itu akan memperbaiki situasi, tapi akan tersedia konsumsi bahan meningkat. andaikan nilai diferensial melebihi norma, maka lebih baik terlebih dahulu membentuk screed beton serta tunggu sampai sungguh-sungguh kering.

Kelembaban lantai

Kelembaban menjadi kering screed gak boleh melebihi 4%. cuma permukaan yg rata serta dibersihkan yang dapat dipoles. Sebelum kamu mulai memasang epoxy lantai dengan tangan kamu sendiri, kamu wajib menentukan bahan yg diinginkan serta menghitung jumlahnya, pilih alat yang sesuai. Pastikan kamu menginginkan primer, pasir kuarsa murni, dua komponen epoxy lantai (misalnya, Epolast) untuk lapisan dasar, pernis transparan poliuretan, dempul epoxy. Epolast bisa diletakkan di atas konstruksi beton, logam maupun kayu. jikalau lantai epoxy dituangkan didalam ruangan di bawah beban tinggi maupun kelembaban tinggi, maka Epolast akan sungguh-sungguh dibutuhkan.

sekiranya acara kamu termasuk pembuatan lapisan dekoratif, maka pada lapisan dasar lay out objek datar yg dipilih serta memperbaikinya, menuangkan campuran, yg meliputi perekat epoxy dua komponen-sealant serta UV blocker.

Peralatan di dalam aplikasi epoxy lantai

Alat yg dibutuhkan untuk membuat penuangan lantai epoxy pun cukup gampang serta gampang diterima di took-toko arsitektur terdekat:
  • Mixer konstruksi;
  • Penyedot debu;
  • Spatula yg berbeda;
  • Rol jarum;
  • Rol sintepon;
  • Rakel;
  • Wadah plastik serta logam;
  • Alat pelindung diri.

Priming permukaan lantai

Primer dikenakan untuk adhesi dasar yg lebih baik dengan resin epoxy serta serapan yang seragam. Jumlah primer akan tergantung pada porositas permukaan. seandainya media betul-betul berpori, lapisan primer tipis enggak akan cukup.

Impregnasi kudu menyeluruh serta teliti, serta lebih baik untuk membikin sebagian lapisan.

selepas menerapkan lapisan pertama perlu paling tidak satu hari. Pada saat yg sama, tidak mungkin untuk membiarkan superioritas cairan, menangkal pembentukan genangan air. Untuk mengerjakan ini, tersedia alat semprot khusus yang menguatkan kamu mendistribusikan primer secara merata ke seluruh permukaan serta merampingkan konsumsinya.

Persyaratan teknologi penuangan lantai epoxy

situasi berikut ini didayagunakan untuk kepatuhan dengan lantai epoxy:
  • Kelembaban didalam ruangan enggak lebih dari 80%;
  • Suhu semua bahan yang terlibat didalam pencampuran tidak boleh di bawah 15 ° C;
  • Level suhu dalam ruangan adalah dari 5 ° hingga 25 °. direkomendasikan untuk membendung perubahan mendadak pada suhu udara serta permukaan lapisan;
  • Priming paling baik dilancarkan segera selepas membersihkan permukaan dari debu. andaikata lebih dari 2 jam sudah berlalu, permukaan perlu dibersihkan lagi;
  • Primer kudu betul-betul seragam. sehabis diaduk empat menit mesti berlalu. bernilai untuk memakai komposit siap didalam 30-40 menit.
  • Untuk akhirnya menutup semua pori-pori serta bikin pelapisan lebih merata, lapisan dasar diterapkan, dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. Pencampuran desain dasar lantai epoxy timbul pada tahap penyegelan pori-pori.
  • Komponen teraduk rata, maka wadah dengan konfigurasi mesti berdiri sekitar tiga menit untuk melepaskan udara, serta segera sesudah itu kamu dapat membangun lantai, menumpahkan desainnya dengan spatula karet.
  • arsitektur enggak boleh dalam tangki selama lebih dari 10 menit.
  • Konsumsi rancangan dasar lazimnya 400 ml per m2. Perhatian khusus kudu disajikan pada wilayah di mana konstruksi bersentuhan dengan pelapis lain, di sudut-sudut serta dekat kolom.
  • Tahap penuangan lapisan akhir lantai epoxy benar-benar berguna serta memerlukan akurasi. Ketebalan lapisan dapat berbeda, tetapi tidak terlalu tipis. struktur didistribusikan memakai pisau dokter. agar tak merusak teknologi, selepas 15 menit, akan tetapi tidak lebih dari setengah jam, seluruh permukaan ditusuk dengan jarum roller khusus untuk memusnahkan gelembung udara, yang bisa merusak keseragaman lantai. Untuk prosedur ini, kita mesti menggunakan sepatu anti slip, tanpa itu sulit membayangkan bergerak di atas permukaan konstruksi cairan.
  • Sehari kemudian, lapisan atas akan mengering, akan tetapi hanya selepas sepekan lantai self-leveling epoksi akan siap untuk digunakan. Selama ini permukaan kudu terbuka, mesti untuk meluputkan masuknya uap air, kotoran serta debu.
  • Untuk lebih melindungi lapisan lantai epoxy, kamu bisa menerapkan pernis poliuretan yang bayan dengan roller maupun sikat di dalam satu ataupun lebih lapisan. Pernis sepenuhnya mengering sehabis 24 jam, tapi kamu dapat mengenakan lantai sehabis empat hari.

Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yg harus dikenal Pemilik Rumah

Epoxy adalah material yang bertugas sebagai sealant (pelapis) untuk lantai beton. nama epoxy coatings (pelapis epoxy) serta epoxy paints (cat epoxy) sering memproduksi orang rancu. Walaupun kata pelapis serta cat sering dimanfaatkan secara bergantian, akan tetapi sungguh tersedia perbedaan mendasar antara pelapis lantai epoxy serta cat epoxy tersebut.

Cat epoxy, secara material, yaitu produk akrilik lateks yang memiliki beberapa kecil epoxy di dalam campurannya. Produk-produk ini mendapati daya lekat serta kemampuan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, tapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

beberapa saat itu, pelapis lantai epoxy sendiri yaitu dua bahan konstituen yang terdiri dari resin epoxy serta penguat poliamina. Sebelum memakai pelapis lantai epoxy, kedua bagian perlu dicampurkan terlebih dahulu. tak kayak cat, pelapis bersifat cepat kering serta juga tahan berkenaan proses pewarnaan tahan kimia serta abrasi.

Perbedaan di dalam Aplikasi serta Ketahanan

Satu hal yang pasti, cat lazimnya lebih gampang diterapkandaripada pelapis. Dengan cat, aplikator cuma cukup mencuci permukaan lantai beton, membiarkan substrat mengering, serta kemudian memakai satu maupun dua lapisan cat. Hasilnya, beberapa saat lantai bisa tampak bagus serta gampang ditunaikan, hemat serta praktis.

akan tetapi, selama sebagian bulan (atau sebagian tahun seumpama cat di dalam situasi terbaik), beton telanjang akan mulai hadir kusam, lapisan cat mulai luntur, khususnya seumpama didayagunakan di lingkungan dengan lalu lintas barang maupun orang yang padat. Selain itu, cat juga bisa gampang mengelupas.

Di sisi lain, pelapis lantai epoxy mempunyai ketahanan selama sejumlah tahun lamanya. Sistem pelapisan ini tahan lama, tahan tentang abrasi, bahkan di lokasi yang lalu lintasnya padat, dan juga tahan bahan kimia. Pelapis ini gak berpori, gak akan mengelupas, serta juga tidak licin. tetapi, pelapis lantai epoxy agak memerlukan lebih gede proses pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, hingga finishing.

Pelapis lantai epoxy juga mesti dihadirkan permukaan yang tepat, semacam shot blasting, grinding ataupun scarifying, supaya hasilnya optimal. Sistem pelapis juga terdiri dari heterogen lapisan mulai dari lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah, serta lapisan atas--membuatnya lebih tebal dari lapisan mudah atau dua cat sekalipun.

Dari persiapan permukaan, hingga aplikasi selesai, proses pelapisan epoxy diperlukan lebih dari yg kamu kira untuk mempersembahkan lantai berlapis epoxy berkualitas yg akan bertahan selama bertahun-tahun.

5 kebaikan pelapis epoxy lantai

Pelapis epoxy bisa didayagunakan di lantai untuk arsitektur komersial, trotoar, bahkan di dinding ataupun langit-langit gedung bertingkat, serta sering sekali dibutuhkan di lantai garasi. Berikut yakni kemaslahatan dari pendayagunaan pelapis lantai epoxy:
  • Daya tahan yang lebih baik: Lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yg dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang serta menguatkan kamu dapat fokus mengelola bisnis lainnya.
  • Kuat serta tahan lama: sesudah epoxy diubah jadi polimer padat, epoxy jadi amat kuat serta meninggalkan kerusakan kimia.
  • Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy lazimnya cepat serta gampang dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi bila dibubuhkan di pabrik (shut down time).
  • Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy lazimnya ada dalam beragam warna serta pola supaya sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  • Tahan korosi serta bahan kimia: pelapis epoxy bisa bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga amat cocok untuk gudang maupun tanaman yang mungkin terkena bahan tersebut.

Hal terutama dari penerapan pelapis epoxy yakni budget yang rendah untuk perawatan serta pembersihan. Jadi, sesudah beton dilapisi pelapis lantai epoxy, enggak akan gampang keropos karena disegel ataupun proses lainnya serta lebih gampang dibersihkan.

Kesimpulan

Teknologi menuangkan lantai epoxy dengan tangan kamu sendiri cukup rumit, serta seluruh prosesnya sungguh-sungguh melelahkan. diperlukan berlimpah waktu untuk mengeringkan setiap lapisan, untuk memenuhi semua tahapan teknologi. berharga untuk terus memantau bahwasanya debu gak jatuh, menjadi lebih baik tidak membuka jendela sampai selesai. kamu harus memperhatikan semua detail, terlebihnya pada tahap menyelesaikan pengisian. Bahkan di lantai di dalam ruangan kecil akan memakan waktu 10-12 hari.

Semua upaya ini sepadan untuk memperoleh lantai yang betul-betul mencolok yang akan mengusung sukacita serta kenyamanan ke rumah mana pun. Pembaca yg budiman, tinggalkan komentar kamu pada artikel di komentar ataupun bagikan pengalaman kamu di dalam menggunakan liputan ini. Baca juga"Kontraktor Epoxy Lantai Simak Cara Memilih Kontraktor Epoxy Lantai yang Professional".