Flek Hitam Menghilang Hati Senang Banget Baru 7 Hari Pake Ini Udah Terlihat Hasilnya. Flek Hitam, Kusam, dan Keriput Hilang

Flek hitam maupun ephelis yakni nama untuk kumpulan pigmen alami, maupun melanin, yg berisi melanosome. Flek hitam bisa terpantau pada kulit wajah, walau bisa juga muncul pada bagian badan lain, kayak lengan serta bahu. Bintik-bintik ini akan mengarah gampang ditatap dan gampang muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Flek hitam adalah kualifikasi yg umum timbul serta umumnya tidak membahayakan diri pengidapnya.

Gejala Flek Hitam

Flek hitam pada kulit akan kelihatan semacam bercak maupun titik noda berwarna cokelat terang yg merata. Flek hitam akan memudar seiring berkurangnya intensitas paparan sinar ultraviolet. Sebaliknya, terlalu melimpah terpapar sinar uv bisa memicu inflamasi maupun disebut juga sunburn freckles.

Flek hitam lazimnya enggak berbahaya bagi kesehatan serta biasanya gak beakibat kanker. akan tetapi, pada kasus yg jarang, flek hitam bisa jadi gejala dari penyakit xeroderma pigmentosum serta neurofibromatosis. Flek hitam yang sulit dibedakan dengan keadaan kanker kulit juga berbahaya, contohnya melanoma. Oleh sebab itu, tersedia baiknya mewaspadai bercak ataupun titik noda tersebut. Segera temui dokter kulit untuk mengenali serta memperoleh diagnosis yang tepat.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosome di dalam melanin, khususnya selepas terpapar oleh sinar ultraviolet. Melanin yaitu pigmen yg menetapkan warna pada kulit, mata, rambut, serta bagian tertentu didalam telinga manusia. Bagian kulit yang memiliki berlimpah melanosome akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya. Flek hitam bisa bertambah gelap sehabis terpapar sinar ultraviolet, sehingga penerapan tabir surya amat direkomendasikan untuk orang dengan kecenderungan ini.

Faktor geografis juga jadi penyebab timbulnya flek hitam. Orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa menjurus mendapati lebih besar melanin sebagai respons tubuhnya mengenai sinar ultraviolet. Proses ini membentuk kulit mereka lebih biasa berwarna cokelat gelap. Hal ini dipengaruhi oleh fitur melanin yang bisa menyerap sinar ultraviolet, sekaligus menghalau radiasi UV.

Flek hitam juga bisa tumbuh karena bawaan genetik. Orang-orang dengan kulit cerah serta mempunyai rambut pirang maupun merah adalah yang kerap kali mendapati kondisi ini. Flek hitam juga dapat muncul pada orang-orang tua. Bintik-bintik ini dipahami dengan sebutan liver spot maupun sun spot.

Pengobatan Flek Hitam

Walau flek hitam yakni bawaan genetik, orang yg enggak mendapati gen ini pun bisa mempunyai bintik-bintik pada kulitnya bilamana berada di bawah sinar ultraviolet terlalu lama. Untuk itu, flek hitam bisa diantisipasi dengan menunggangi tabir surya dengan SPF 50. Pada orang-orang berkulit cerah, hal ini semakin berharga untuk membendung radiasi UV yang beakibat membangkit penyakit kanker kulit.

Bagaimana metode mengendalikan flek hitam di wajah secara alami di dalam Waktu Singkat?
mendapati flek hitam di wajah pasti saja mengganggu penampilan serta bikin jadi gak percaya diri, khususnya mereka yang sangat-sangat memperhatikan penampilan. Selain jerawat, permasalahan kulit ini sebenarnya menjengkelkan. terutamanya bagi kaum Hawa. Nggak heran, mereka biasa mengadakan perawatan sebagai metode menandaskan flek hitam.

Dark spots maupun flek hitam merupakan masalah kulit yang umum dialami para wanita yg mulai menua. tapi kaum wanita yg berusia muda juga dapat mempunyai keadaan sulit flek hitam sekiranya tidak merawat kesehatan kulit, terutamanya wajahnya. kualifikasi yg diketahui juga dengan istilah hyperpigmentation ini tumbuh ketika kulit yg terpapar matahari menghadapi kepesatan produksi sel melanosit serta membangkit penggelapan pada kulit.

Flek hitam biasanya muncul pada tempat badan yg kerap kali terpapar sinar ultraviolet semacam wajah, lengan, serta kaki. Selain akibat sinar ultraviolet, flek hitam juga bisa dihasilkan oleh kebiasaan merokok, penuaan, kurang vitamin, hingga stres. memang, flek hitam bisa dicegah dengan pendayagunaan sunscreen serta konsumsi makanan yang sanggup menaikkan kesehatan kulit. akan tetapi, buat kamu yang terlanjur mempunyainya, berikut ini transkerja.com ulas dari pelbagai cara menyirnakan flek hitam dengan mengeksploitasi bahan alami serta gampang dimiliki merupakan madu.

1. Madu murni

Menggunakan madu murni secara langsung tanpa dicampur bahan apapun yakni cara memupuskan flek hitam paling gampang untuk diadakan. tekniknya pemakaiannya yaitu sebagai berikut, pertama cuci wajah memakai air hangat, kemudian oleskan madu secara merata keseluruh permukaan wajah.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga madu mengering, lalu bilas memakai air bersih bisa juga memakai air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka sebab air hangat pada tahap awal. Keringkan wajah memakai tisu maupun handuk dengan cara yg lembut. jalankan perawatan ini secara biasa setiap harinya.

2. Madu serta jeruk nipis

Jeruk nipis tinggi akan vit-C yang bagus untuk menetralisir bakteri pada kuli, serta madu sebagai pelembab alami, maka dari itu madu serta jeruk nipis akan jadi perpaduan yg benar-benar bagus didalam perawatan wajah.  pendayagunaan madu serta jeruk nipis bisa mencerahkan wajah dan memudarkan serta mengenyahkan flek hitam.

Cara eliminasi flek hitam membandel dengan madu serta jeruk nipis yakni sebagai berikut. Pertama siapkan madu murni dan jeruk nipis, campur 2 sdm madu serta 1sdm air jeruk nipis, lalu aduk sampai merata. Kemudian, oleskan campuran madu + air jeruk nipis ke wajah secara perlahan serta merata, dengan memakai kapas. Langkah selanjutnya, biarkan hingga kering lebih kurang 15 - 20 menit, sehabis itu bilas dengan air bersih serta keringkan dengan handuk lembut. Untuk hasil yang optimal tunaikan perawatan tersebut secara biasa 3 sampai 4 kali di dalam seminggu.

3. Madu serta gula

Cara mengenyahkan flek hitam selanjutnnya yaitu dengan menunggangi madu serta gula. komposit antara madu serta gula lebih diketahui dengan kata scrub madu ini selain bisa memudarkan serta menghapuskan flek hitam juga mampu untuk mengusung kulit mati dari wajah sehingga wajah dapat terpantau lebih bersih serta gak kusam lagi.

Proses bikin scrub madu ini cukup mudah, yakni tuangkan 3 sdm madu didalam semacam wadah bersih, lalu tambahkan 2 sdm gula serta aduk hingga terbaur rata. terapkanpada wajah yang sudah di cuci dengan air bersih sebelumnya. Usapkan secara merata dengan menyodorkan pijatan halus serta lembut pada wajah.

Lakukan perawatan memakai madu serta gula ini minimal 2 kali seminggu, selain bisa dimanfaatkan sebagai metode menghilanglan flek hitam di wajah, kamu juga bisa memakainya untuk merawat bagian badan lainnya.

4. Madu serta putih telur

Kandungan protein pada putih telur bermanfaat bagi kulit di dalam membantu meregenerasi sel-sel baru, sehingga komposit antara madu serta putih telur juga bisa dijadikan preferensi metode menandaskan flek hitam membandel pada wajah.

Cara menyirnakan flek hitam secara alami adalah sebagai berikut. Pertama siapkan madu murni serta putih telur. Kemudian campur 2 sdm madu dengan putih telur, aduk hingga teraduk merata. Sebelumnya, bilas wajah dengan air hangat. Kemudian, oleskan campuran madu + putih telur ke wajah secara perlahan serta merata, disertai dengan pijatan lembut. Tunggulah hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yg maksimal, kerjakan perawatan memakai madu serta putih telur ini sebanyak 3 sampai 4 kali didalam seminggu.

5. Bawang bombay

Siapa sangka bawang bombay bisa menjadi satu di antara metode menyirnakan flek hitam di wajah yg membandel! Gosokkan bawang bombay pada kulit wajah yang memiliki flek hitam serta bilas dengan air hangat.

6. Jus lemon

Kandungan vitamin C didalam jus lemon mampu menunjang menyamarkan flek hitam di wajah. Oleskan jus lemon pada kulit wajah yang memiliki flek hitam membandel dengan kapas serta bilas setelahnya.

7. Yogurt

Kandungan asam laktat di dalam yogurt menolong membasmi flek hitam di wajah. Pilih yoghurt yg tanpa rasa serta tanpa gula. Taruh yogurt pada kulit wajah dengan flek hitam yang membandel serta diamkan selama sejumlah menit, selepas itu bilas hingga bersih.

8. Lidah buaya

Lidah buaya mendapati senyawa aloin serta asam salisilat yang mampu mengenyahkan flek hitam di wajah. Cukup oleskan lidah buaya pada kulit Anda.

9. Krim pencerah

Beberapa krim bisa dioleskan untuk mencerahkan flek hitam di wajah yang membandel. Krim pencerah tersebut dapat berbahan dasar hydroquinone, alpha hydroxy acid, vitamin C, retinoid, asam azelaic, ataupun cysteamine.

Beberapa efek negatif yang sanggup timbul dari pemakaian krim pencerah ialah kulit kering, warna kulit berbeda di tempat tertentu, peradangan, sensasi panas, iritasi kulit, pengelupasan kulit, kulit sensitif serta ruam-ruam.

10. Penanganan dengan laser

Cara eliminasi flek hitam di wajah yg membandel memakai laser meliputi pemberian cahaya yg intens ke daerah wajah yang memiliki flek hitam.

tetapi, ada beberapa pengaruh negatif yang sanggup dialami, kayak bengkak, gatal-gatal, kulit terkelupas, perubahan warna kulit, infeksi, kulit kemerahan, serta kulit bersisik. Karenanya untuk meninggalkan efek yang tak diinginkan, laser dijalankan oleh dokter yg terlatih.

Bila kamu mempunyai riwayat herpes di mulut, kamu mungkin harus mengonsumsi obat antivirus sebelum menjalani penanganan laser. kamu juga harus memberitahukan ke dokter bila kamu sedang menggunakan obat krim wajah tertentu.

11. Cryosurgery

Berbeda dengan penanganan laser, cryosurgery membekukan daerah wajah yang memiliki flek hitam membandel dengan cairan nitrogen untuk menghancurkan sel kulitnya. efek kurang baik yang mampu dialami ialah ruam-ruam, berkurangnya pigmen kulit, serta pendarahan. Prosedur ini wajib dijalankan oleh dokter.

12. Pengelupasan dengan zat kimia

Pengelupasan kulit dengan zat kimia bisa jadi pengganti cara memupuskan flek hitam di wajah yg membandel. Dokter akan menyodorkan senyawa kimia asam glikolat maupun asam trikloroasetat untuk mengelupas bagian kulit wajah yang memiliki flek hitam.

efek negatif yang mampu terbentuk sehabis menjalani pengelupasan dengan zat kimia adalah kulit kemerahan, kulit terasa perih, iritasi, kulit bersisik, bengkak, serta kulit terkelupas.

13. Make-up

Kadangkala hal mudah yang mampu dibuat sebagai metode melenyapkan flek hitam di wajah yg membandel yakni dengan menutupinya memakai make-up supaya setidaknya flek-flek hitam cuma pegari samar.

Kadangkala, sebagian flek hitam di wajah yang dianggap bandel sebenarnya tidaklah permanen di sejumlah orang. Bila kamu meninggalkan sinar ultraviolet, kemungkinan flek-flek hitam dapat berkurang.

Umumnya, flek-flek hitam yg dihasilkan oleh paparan sinar ultraviolet bisa melambung seiring bertambahnya usia serta flek-flek hitam yg disebabkan oleh genetik dapat menghilang saat usia bertambah.

Pencegahan Flek Hitam

Beberapa orang yang mendapati flek hitam mempunyai seleksian untuk menjalani terapi laser sebagai upaya meredakan bintik-bintik tersebut. Selain terapi laser, pemilik flek hitam bisa memanfaatkan makeup untuk menyamarkan bintik-bintik yang dirasa mengganggu penampilan.

Trik lainnya yakni dengan menunggangi topi lebar serta pakaian nyaman yang bisa melindungi fisik dari sinar ultraviolet. Hindari juga berada terlalu lama di luar ruangan saat matahari sedang terik ialah pukul 10.00 - 14.00.

Tips meluputkan flek hitam datang kembali

Meski gak berbahaya maupun menyakitkan, flek-flek hitam di wajah sebenarnya mengganggu penampilan. Bahkan sering kali kamu menjadi enggak percaya diri karenanya. akan tetapi kamu tak wajib gelisah. Kabar baiknya, kamu dapat mengusir noda hitam di wajah dengan plural cara yang mudah. sebagian di antaranya memakai bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Flek-flek hitam mampu memicu karena wajah berlebihan terpapar sinar uv. Di samping itu tersedia juga flek yang diakibatkan oleh faktor genetik. Nah, untuk meninggalkan flek hitam datang kembali kamu dapat mencoba sejumlah cara berikut ini.

1. Jangan lupa pakai sunscreen

Sunscreen berguna untuk menjauhi flek hitam jadi lebih gelap lagi serta juga melindungi kulit sensitif karena pemakaian hydroquinone. Pastikan kamu memakai sunscreen minimal mengandung SPF 30 ketika keluar rumah.

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan alami yg mendukung melawan radikal bebas penyebab heterogen kerusakan kulit, termasuk flek hitam. Selain itu, vitamin C juga menyokong meluaskan jumlah glutathione serta vitamin E di dalam tubuh. Kedua zat ini juga dipahami sebagai antioksidan. Glutathione menopang kulit membentuk pheomelanin, bukannya eumelanin, sehingga hasilnya kulitmu akan jadi lebih cerah.

Tips menanggulangi Kulit Kusam yang Mudah dilangsungkan di hunian rumah

mempunyai kulit wajah yang cantik serta cerah mesti menjadi dambaan bagi setiap wanita. Sayang, tersedia beberapa faktor yg membikin para wanita mempunyai dilema pada wajahnya. satu di antaranya adalah kulit kusam.

Perawatan mengendalikan kulit kusam di klinik kecantikan sungguh gampang ditemukan. tetapi, sungguh memecahkan kulit kusam bisa ditunaikan dengan gampang di rumah.

Apa penyebab kulit wajah kusam?

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan semakin lambat beregenerasi serta kehilangan elastisitasnya. Hal inilah yang memproduksi sel-sel kulit mati menumpuk sehingga melahirkan tampilan wajah yg kering serta kusam.

Selain faktor internal, tersedia beberapa faktor eksternal yg memproduksi kulit wajah kusam, misalnya:

1. Paparan sinar ultraviolet
Paparan sinar ultraviolet secara berlebihan bisa memicu kerusakan pada kulit. Hal tersebut bisa mengakibatkan timbulnya keadaan sulit kulit, kayak kulit kasar, noda hitam, serta kusam.

2. Kebiasaan merokok
Kebiasan merokok juga bisa mengakibatkan kulit jadi kusam. Hal ini karena kandungan zat didalam rokok yang sanggup merusak konstruksi kulit dibandingkan orang yang tak merokok. Asap rokok bisa merusak kolagen, mempersiapkan kulit tampak pucat, berkerut, serta kusam.

3. pemakaian produk perawatan kulit yg salah
Salah didalam menggunakan produk perawatan kulit bakal menyebabkan kulit kamu jadi kusam. Produk perawatan kulit yg dimaksud, termasuk sabun pembersih, toner wajah, serum wajah, hingga pelembap wajah.

4. Faktor stres
Aktivitas sehari-hari yang kamu langsungkan bisa sebagai satu diantara penyebab wajah kamu jadi kusam. Untuk menangkalnya, kamu harus mengelola stres yang dialami biar tak memengaruhi tampilan wajah.

Cara mengendalikan kulit kusam supaya tampak lebih cerah

Cara menangani kulit kusam supaya tampak lebih cerah sungguh bisa dimulai dari langkah perawatan sehari-hari yg sederhana. Berikut sejumlah perawatan mudah yang mampu kamu jalankan untuk membereskan kulit kusam supaya tampak lebih cerah, di antaranya:

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

satu di antara teknik menangani kulit kusam yakni dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Jangan lebih dari itu karena malah bakal mengakibatkan wajah jadi kering. kamu bisa membersihkan wajah pada pagi serta malam hari.

Gunakan sabun pembersih dengan kandungan yg ringan. Kemudian, lanjutkan dengan penerapan cairan toner wajah.

2. memakai pelembap

Setelah membersihkan wajah serta memakai cairan toner, kamu harus melembapkan wajah memakai pelembap. kenakan pelembap sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. berarti pula untuk menetapkan pelembap wajah yang memiliki kandungan SPF serta antikomedogenik.

3. Mengoleskan sunscreen (tabir surya)

Langkah berikutnya yaitu teratur mengoleskan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Sunscreen tak cuma dioleskan sekali saja. Tergantung aktivitas kamu apakah di luar ataupun dalam ruangan, oleskan kembali setiap sejumlah jam supaya memperoleh kegunaan yang optimal.

4. menyelenggarakan eksfoliasi kulit

Cara membereskan kulit kusam berikutnya ialah dengan menyelenggarakan eksfoliasi wajah secara rutin. Eksfoliasi secara teratur bisa mencerahkan tampilan kulit wajah Anda, termasuk membawa sel-sel kulit mati yang menumpuk, mencerahkan kulit, menyamarkan garis kerutan, serta meninggalkan pori-pori tersumbat.

5. memakai masker wajah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwasanya stres bisa jadi faktor yang membikin kulit wajah kusam. Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai masker wajah secara rutin.

Anda bisa mengenakan masker wajah yang berjibun dijual di toko-toko produk kecantikan. Pastikan untuk menetapkan masker wajah sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.

Jika tidak, kamu bakal membawa dampak masker wajah alami sendiri di rumah. Caranya:

Dalam suatu mangkuk kecil, campurkan ½ gelas oatmeal serta satu sendok makan madu.
Tuang air hangat, lalu aduk komposit tersebut secara merata.
Oleskan pada permukaan kulit wajah Anda, tapi hindari lokasi mata.
Duduklah dengan santai selama 10 menit sambil menunggu masker wajah mengering.

6. mengadakan perawatan kulit di klinik kecantikan

Jika perawatan kulit mudah telah kamu tunaikan dan kurang menyerahkan efek yang maksimal, tak tersedia salahnya buatmu untuk melancarkan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Beberapa jenis perawatan kulit di klinik kecantikan yg umum diusulkan yakni:
Chemical peeling. Perawatan kecantikan ini berniat untuk mengenyahkan sel-sel kulit mati sehingga kontributif kulit tampak lebih cerah serta awet muda. Peeling akan dimanifestasikan dengan mengeksploitasi zat kimia tertentu, contohnya asam glikolat, asam trikloroasetat, asam salisilat, maupun asam karbolat (fenol).

Dermabrasi. Prosedur perawatan yg dilancarkan untuk mengusung sel-sel kulit mati serta meremajakan kulit wajah. sebentuk alat yang berputar akan dibutuhkan untuk memupuskan sel kulit di bagian terluar.

Laser resurfacing. Perawatan kulit ini bermaksud untuk menangani kulit kusam sehingga menggarap kulit wajah kamu jadi lebih cerah. dengan menunggangi laser yang diarahkan pada lokasi tertentu di kulit, prosedur ini akan membawa bagian kulit yg tak diinginkan secara tepat.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter juru kulit terlebih dahulu sebelum menjadwalkan perawatan kulit di klinik kecantikan. Dengan demikian, prosedur ini akan sesuai dengan harapan Anda.

Ingin Tampak Awet Muda? Ini 5 metode Hilangkan Keriput Tanpa Operasi

Pernahkah kamu menggali wajah serta meninjau mulai melimpah keriput? Keriput wajah berlangsung sebagai hal yg lumrah karena merupakan proses penuaan. akan tetapi tersedia cara memupuskan keriput yg mudah diterapkan.

Tanpa mesti operasi, tanpa mesti merogoh kocek untuk membeli rangkaian skincare, kita dapat tampil awet muda dengan mengeksploitasi bahan-bahan alami yang mampu dijumpai di rumah.

tapi sebelum itu, ketahui dulu apa saja yg menyulut tumbuhnya keriput.

Keriput ialah kualifikasi kulit yg timbul secara alami. Meski demikian, pra syarat kulit tiap-tiap orang berbeda-beda. tersedia yang timbul keriput dengan cepat, tersedia yg lambat.

Beberapa faktor berikut ini memengaruhi timbulnya keriput, yaitu:
  • Faktor genetik alias keturunan menetapkan tekstur serta konstruksi kulit. Bila tersedia keluarga yg menghadapi keriput dini, kemungkinan besar kamu juga bisa menghadapi keriput dini.
  • Paparan sinar ultraviolet terus-menerus, khususnya pada orang-orang berkulit terang
  • Polusi udara
  • Merokok
  • Waktu tidur yg kurang
  • Mencuci wajah berlebihan sehingga membangkit kelembaban kulit berkurang.
  • Stres emosional yg berlangsung lama

Berikut langkah-langkah yang sanggup kita jalankan dengan gampang serta alami di hunian rumah untuk menunda tumbuhnya keriput:

Cara membebaskan keriput #1: Memijat wajah dengan minyak

Minyak yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari keriput ialah minyak kelapa serta minyak zaitun. Minyak kelapa ataupun zaitun bisa dioleskan pada wajah serta pijat setiap sebelum tidur.

Minyak kelapa serta minyak zaitun kaya akan zat anti-oksidan yang menjauhi terbentuknya radikal bebas penyebab keriput. Selain itu, keduanya mengandung zat pelembap alami kulit.

Cara memijat wajah dengan minyak yaitu:
  1. Oleskan minyak secukupnya pada wajah yg sudah dibersihkan.
  2. Gunakan jari telunjuk serta jari tengah untuk memijat 20 putaran di sekitar alis.
  3. Beri tekanan ringan pada dahi memakai ibu jari selama sepuluh detik.
  4. Lakukan hal yg sama pada rahang selama sepuluh detik.

Memijat wajah secara biasa bisa menghaluskan kulit sekaligus merelaksasi otot-otot wajah sehingga bisa membebaskan keriput.

Cara eliminasi keriput #2: Masker dari bahan alami

Bahan-bahan alami yang sanggup kita buat jadi masker wajah antara lain:
  • Campuran pisang dengan jus jeruk serta yogurt
  • Campuran putih telur dengan air perasan lemon serta madu
  • Campuran mentimun serta yogurt

Semua bahan tersebut mengandung zat anti-oksidan serta mineral yang sanggup meluputkan keriput.

Cara menyirnakan keriput #3: Gel lidah buaya

Gel daging lidah buaya (aloe vera) mempunyai khasiat meredakan peradangan kulit, terutamanya sehabis terpapar sinar ultraviolet.

Mengoleskan gel lidah buaya membikin kulit jadi sejuk sekaligus menghindari iritasi serta keriput.

Cara mengenyahkan keriput #4: Asupan makanan sehat

Selain memenuhi harapan kulit dari luar, kita juga kudu menenuhi tujuan kulit dari didalam yaitu dengan makan makanan sehat.

Makanan yang bisa menghindari keriput dini antara lain makanan yg mengandung vitamin E (misalnya kacang-kacangan), antioksidan serta vitamin C (misalnya blueberry, strawberry, jeruk, tomat, dsb).

Cara meredakan keriput #5: Posisi tidur yg benar

Akademi Dermatologi Amerika menyarankan posisi tidur yang baik untuk meninggalkan keriput adalah tidur terlentang dengan wajah menghadap atas.

Posisi tidur tengkurap ataupun menyamping bisa menimbulkan keriput dini pada wajah.

Bagaimana, gampang bukan? Yuk, segera praktekkan metode memupuskan keriput supaya kamu selalu tampil awet muda.