Bumbu Resep Rendang Ayam Padang Enak dan Cara Membuat Rendang Ayam Padang

Bumbu Resep Rendang Ayam Padang Enak dan Cara Membuat Rendang Ayam Padang - Rendang sungguh merupakan satu di antara resep masakan Indonesia yang benar-benar beken sekali, bukan hanya di negara kita bahkan sampai kel...

Rendang sungguh merupakan satu di antara resep masakan Indonesia yang benar-benar beken sekali, bukan hanya di negara kita bahkan sampai keluar negeri. Resep yang aslinya berasal dari daerah Padang ini sebenarnya sudah menjamur serta tersebar hampir di semua daerah negara kita. Dengan perpaduan bumbu bumbu rempah alami serta daging ayam yang bekualitas baik, resep rendang ayam sungguh bisa dijadikan menu favorit baru buat keluarga kita.

Citarasanya resep rendang ayam yang lezat serta khas benar-benar cocok sekali untuk hidangan setiap saat. khususnya kalau untuk lauk teman makan nasi hampir disetiap waktu, makan pagi, siang atau makan malam. Semacam variasi resep rendang yang lain, untuk memasak rendang ayam padang spesial harus memakai bahan bahan yang berkualitas. Kamu dapat mengenakan ayam kampung maupun ayam potong asal kualitasnya bagus serta masih segar. Jangan memakai daging ayam yang telah lama sebab tekstur dagingnya akan sedikit lembek serta niscaya bakal membawa dampak masakan resep rendang ayam nanti sedikit berubah rasanya.

Cara Membuat Rendang Ayam Padang

Penasaran kan semacam apa resepnya? Nah, buat kamu yang kepingin belajar mempersiapkan rendang ayam, resep berikut sangat membantu Anda. Silahkan simak!

Resep Rendang Ayam Padang Kering


Tiap-tiap Orang tentu amat tidak asing dengan masakan khas Sumatra Barat dengan kata rendang. Rendang ialah masakan daging bercita rasa pedas yang memakai gabungan dari beragam bumbu serta rempah-rempah.

Rendang lazimnya diolah dengan daging sapi, tapi gak ada salahnya membentuk rendang dengan bahan transenden daging ayam. Bahan baku yang dipakai sangat gampang didapat. Daging ayam bisa diolah jadi hidangan yang lezat serta menggugah selera makan Kandungan gizi pada daging ayam antara lain vitamin A, fosfor, zat besi, kalsium, lemak, protein, energi serta kalsium. Menu hidangan rendang ini akan menggugah selera makan.

Penasaran kan semacam apa resepnya? Nah, buatmu yang kepingin belajar memproduksi rendang ayam, resep berikut betul-betul membantu Anda. Silahkan simak!

Bahan esensial Rendang ayam padang Kering:
πŸ‘‰ bahan baku adalah ukuran sedang 1 ayam (kira-kira sekitar 800 gram sampai 1 kg). bersihkan, mencuci, tiriskan serta potong jadi potongan-potongan secukupnya.
πŸ‘‰ kentang sebagai bahan tambahan kurang lebih sekitar 150 gram. bisa dipakai ataupun tidak tergantung selera.
πŸ‘‰ Santan kental sebanyak 500 ml. lazimnya menginginkan sekitar 1,5 – 2 kelapa parut.
πŸ‘‰ Santan encer lebih ataupun kurang sebanyak 1 1/4 liter. bisa diambil dari sisa parutan kelapa untuk membikin santan kental.
πŸ‘‰ Parutan kelapa untuk campuran kuah rendangnya lebih maupun kurang sebanyak cuma 100 gram. Disangrai, akan tetapi jangan terlalu lama.
πŸ‘‰ 2 Batang Sereh. Ambil batang warna putih saja lalu memarkan.
πŸ‘‰ Daun jeruk sebanyak 5 lembar. Membuang batang serta mabil daunnya saja.
πŸ‘‰ asam Kandis kira-kira 2 pcs.

Bumbu Halus Rendang Ayam Padang Kering:
πŸ‘‰ daun kunyit yang lebih maupun kurang sebanyak 2 lembar saja.
πŸ‘‰ bawang merah sebanyak 12 siung.
πŸ‘‰ Cabe merah besar sekitar 70 gram. dapat ditambahkan seseuai selera.
πŸ‘‰ Cabe merah keriting sebanyak 90-110 gram. bisa dikurangi ataupun ditambahkan sesuai selera.
πŸ‘‰ bawang putih sebanyak 4 Siung.
πŸ‘‰ Ketumbar sebanyak 2 sendok teh.
πŸ‘‰ Jahe besar ukuran sedang kira-kira 2 cm.
πŸ‘‰ kunyit ukuran besar sepanjang 3 cm. kupas sebelum menggunakan
πŸ‘‰ Gula merah 1 sendok teh.
πŸ‘‰ Lada maupun merica 1 sendok teh
πŸ‘‰ Lengkuas kurang lebih sepanjang 3 cm.
πŸ‘‰ garam secukupnya (kurang lebih sekitar 1 sendok makan).

Metode membikin Rendang Ayam Padang Kering Pedas yang Enak
πŸ‘‰ Langkah pertama yakni untuk menghaluskan bumbu rempah-rempah yang akan ditumis.
πŸ‘‰ Haluskan cabai merah, cabai keriting, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, Kunyit, ketumbar, gula serta garam untuk betul-betul halus.
πŸ‘‰ Siapkan wajan ukuran yang agak besar. berikan sedikit minyak serta tambahkan bumbu rendang daging sapi yang telah di tumbuk ke dalamnya. Aduk aduk sebentar sampai bau harum.
πŸ‘‰ Masukkan santan encer yang telah disiapkan sebelumnya ke wajan. Aduk aduk sampai teraduk dengan bumbu.
πŸ‘‰ Masukkan Daun kunyit, asam kandis, daun jeruk yang telah dibuang batang daunnya serta batang serai. Aduk semua bahan sampai mendidih. Jangan lupa mengaduk sehingga santan tak pecah.
πŸ‘‰ Masukkan daging ayam yang telah dipotong sebelumnya. Kecilkan api serta aduk-aduk sehingga bumbu meresap ke di dalam ayam.
πŸ‘‰ Ketika ayam telah sedikit empuk, masukkan bahan bahan tambahan (irisan kentang, tahu ataupun lainnya). Aduk-aduk lagi sehingga semua bumbu meresap sempurna.
πŸ‘‰ sesudah bumbu rendang telah agak menyusut, masukkan santan kental serta kelapa parutnya.
πŸ‘‰ Aduk-aduk kombinasi lagi sehingga semua bahan tercampur.
πŸ‘‰ mencicipi masakan Rendang Ayam. andaikata kurang sedap, garam bisa ditambahkan sesuai selera.
πŸ‘‰ Masak lagi sampai agak mengering. serta Rendang Ayam siap disajikan

Bagaimana aturan membikin rendang ayam di atas? Cukup gampang kan. semacam memasak rendang yang lain, memasak resep ayam Rendang membutuhkan waktu. tapi ketika telah Jadi, waktu serta usaha yang sudah dikeluarkan sungguh-sungguh terbayar denganResep serta taktik bikin Rendang Ayam Padang Kering Pedas yang Enak merasakan satu di antara resep ayam ini.

Itulah Resep serta taktik memproduksi Rendang Ayam Padang Kering Pedas yang Enak.

Rendang Ayam Padang Tanpa Santan


Pada awalnya, resep rendang ayam cuma ditemui di Sumbar. Bumbu yang asli masih disimpan dengan baik oleh masyarakat Minangkabau. Hingga sekarang, makanan tradisi Minang tersebut jadi kuliner khas yang sungguh-sungguh tersohor di penjuru negeri. Bukan cuma dalam negeri, bahkan warga mancanegara pun mengakui rendang ayam serta sapi dari Sumbar itu sebagai satu di antara makanan terbaik di dunia. Hingga saat ini, variasinya semakin berlimpah. sejumlah yang cukup prominen di Indonesia antara lain rendang ayam kampung, kering, Padang, serta yang tanpa santan.

Saking nikmatnya, rendang sempat dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Rasanya yang enak serta gurih merupakan hasil dari proses masak yang panjang, lengkap dengan rempah-rempah khas Indonesia. gak melulu terolah daging, rendang juga dapat dirancang dari ayam, lho.

Penasaran kan kayak apa resepnya? Nah, buat kamu yang kepingin belajar memproduksi rendang ayam, resep berikut sungguh-sungguh membantu Anda. Silahkan simak!

Rendang lazimnya sebenarnya selalu identik dengan santan kental yang menggugah selera. tapi sememangnya menggarap santan sendiri dari parutan kelapa kadangkala sebenarnya agak memberatkan. Nah bahwasanya benar-benar begitu, kita juga dapat menggarap rendang ayam tanpa memakai santan lho. Walaupun tanpa santan, citarasa resep rendang ayam ini lumayan juga lho bahwasanya untuk teman makan nasi.

Bahan :
πŸ‘‰ Bahan fundamental yaitu 1/2 ekor ayam dengan berat kurang lebih 500 gram serta telah dipotong potong. Beri sedikit air jeruk nipis lalu diamkan sebentar.
πŸ‘‰ Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
πŸ‘‰ Sereh dijalani batang putihnya saja kurang lebih sepanjang 1 cm.
πŸ‘‰ Kecap manis kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 sendok makan.
πŸ‘‰ Lengkuas kurang lebih sepanjang 1 ruas jari serta memarkan.
πŸ‘‰ Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 ruas serta memarkan.
πŸ‘‰ Garam dapur beryodium serta gula pasir secukupnya sesuai selera.
πŸ‘‰ Air serta minyak secukupnya.

Bahan bumbu rendang
πŸ‘‰ Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung.
πŸ‘‰ Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung.
πŸ‘‰ Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari saja.
πŸ‘‰ Buah cabai rawit serta cabai merah besar secukupmnya maupun masing masing 2 ataupun 3 buah.
πŸ‘‰ Kemiri yang telah disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
πŸ‘‰ Kunyit ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 ruas saja lalu geprek biar gampang diuleg.
πŸ‘‰ Ketumbar sedikit saja.
πŸ‘‰ Merica halus sedikit saja maupun kurang lebih 1/2 sendok kecil.

Cara masak rendang ayam tanpa santan
πŸ‘‰ Pertama siapkan panci serta air secukupnya kemudian rebus ayam sampai matang serta empuk lalu angkat serta tiriskan.
πŸ‘‰ Sambil menunggu teman teman dapat menghaluskan bumbu kayak bawang, cabai serta lainnya sampai halus.
πŸ‘‰ Siapkan wajan kemudian goreng ayam tadi sampai berubah warna maupun setengah matang saja ya lalu sisihkan.
πŸ‘‰ Kurangi minyaknya kemudian masukkan bumbu rendang yang dihaluskan tadi serta aduk sampai harum.
πŸ‘‰ Masukkan sereh, daun jeruk serta bahan bahan lainnya kemudian aduk kembali sampai rata serta berubah warna.
πŸ‘‰ Masukkan air bekas rebusan secukupnya bersama potongan ayam yang telah digoreng setengah matang tadi
πŸ‘‰ Aduk aduk sampai menyusut serta meresap kemudian siap untuk disajikan.

Bahan Bumbu Resep Rendang Ayam Pedas

Rendang yaitu satu di antara masakan yang amat difavoritkan berjibun orang. Bahkan masakan yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini ngenggak melulu populer didalam negeri tetapi juga luar negeri. Resep rendang kerap dicari untuk dijadikan satu di antara hidangan istimewa.

Penasaran kan semacam apa resepnya? Nah, untukmu yang kepingin belajar membentuk rendang ayam, resep berikut amat membantu Anda. Silahkan simak!

Bahan Rendang :
πŸ‘‰ Bahan pokok yang dibuutuhkan ialah 1 ekor ayam ukuran sedang (kurang lebih sekitar 800 gram-1 kg). Cuci bersih, tiriskan serta potong potong sesuai selera (8-12 bagian).
πŸ‘‰ Kentang mini sebagai bahan tambahan kurang lebih sekitar 150 gram. dapat dihilangkan maupun diganti dengan yang lain sekiranya suka.
πŸ‘‰ Santan kental yang berasal dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 500 ml. umumnya membuatuhkan kurang lebih 1.5 – 2 buah kelapa yang diparut.
πŸ‘‰ Santan encer kurang lebih sebanyak 1 1/4 liter. dapat diambil dari sisa parutan kelapa untuk membikin santan kentalnya.
πŸ‘‰ Parutan buah kelapa untuk gabungan kuah rendangnya kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Sangrai dulu, akan tetapi jangan sampai gosong.
πŸ‘‰ Serai kurang lebih 2 pcs. Ambil batang bagian putihnya saja lalu dimemarkan sehingga gampang meresap dengan bumbu lain.
πŸ‘‰ Daun jeruk kualifikasi segar bagus sebanyak kurang lebih 5 lembar. Buang bagian batang serta ambil daunnya saja.
πŸ‘‰ Asam kandis kurang lebih 2 pcs.
πŸ‘‰ Daun kunyit ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
πŸ‘‰ Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 12 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (bumbu halus).
πŸ‘‰ Buah cabai merah besar kurang lebih sekitar 70 gram. dapat diperbanyak jika benar benar suka pedas (bumbu halus).
πŸ‘‰ Buah Cabai merah keriting yang pedas kurang lebih sebanyak 90-110 gram. dapat dikurangi maupun ditambah sesuai selera (bumbu halus).
πŸ‘‰ Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. semestinya memakai bawang lokal. Kupas kulitnya juga sebleum dihaluskan (bumbu halus).
πŸ‘‰ Ketumbar lazim kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil ataupun sendok teh (bumbu halus).
πŸ‘‰ Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja (bumbu halus).
πŸ‘‰ Kunyit ukuran sedang besar kurang lebuh sepanjang 3 cm. Kupas dulu sebelum dipakai (bumbu halus).
πŸ‘‰ Gula merah yang telah disisir tipis tipis sebanyak kurang lebih 1 sendok teh saja (bumbu halus).
πŸ‘‰ Merica sedikit saja (kurang lebih hanya butuh setengah sendok teh) (bumbu halus).
πŸ‘‰ Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 3 cm (bumbu halus).
πŸ‘‰ Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sekitar 1 sendok makan untuk bumbu halus).

metode bikin Rendang Padang Enak
πŸ‘‰ Langkah pertama yang perlu dilantaskan adalah menghaluskan bumbu bumbu yang akan ditumis.
πŸ‘‰ Haluskan cabai merah, cabai keriting, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, gula merah serta garamnya sampai benar benar halus.
πŸ‘‰ Siapkan satu wajan ukuran agak besar. Beri sedikit minyak serta masukkan bumbu rendang yang telah dihaluskan diatas ke dalamnya. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
πŸ‘‰ Masukkan santan encer yang telah disiapkan sebelumnya ke di dalam wajan tadi. Aduk aduk sampai terbaur dengan bumbu halusnya.
πŸ‘‰ Masukkan daun kunyit, asam kandis yang telah dipersiapkan, daun jeruk yang telah dibuang batang daunnya serta batang serai. Aduk aduk semua bahan sampai mendidih. Jangan sampai lupa mengaduk sehingga santan enggak pecah.
πŸ‘‰ Masukkan daging ayam yang telah dipotong potong sesuai selera. Kecilkan api serta aduk aduk hendaknya bumbu cepat meresap ke di dalam ayamnya.
πŸ‘‰ Saat daging ayam telah agak empuk, masukkan bahan bahan tambahan (kentang yang telah dipotong potong, tahu ataupun yang lainnya). Aduk aduk lagi hendaknya semua bumbu meresap sempurna.
πŸ‘‰ sesudah bumbu rendang telah agak menyusut, masukkan santan kental serta kelapa parutnya. Aduk aduk lagi sehingga semua bahan teraduk sempurna.
πŸ‘‰ Cicipi dulu masakan rendang ayamnya. bahwa kurang gurih, dapat ditambahkan garam dapur sesuai selera. Masal lagi sampai agak kering.

Resep Rendang Ayam Sederhana


Cara memasak rendang ayam sebenarnya buat sejumlah orang sangat menghabiskan waktu. terutamanya kalau wajib memarut serta memeras kelapanya sendiri. Ini jadi tantangan buat berjibun orang. akan tetapi sungguh proses itu sebanding dengan kelezatan resep rendang ayam praktis yang kita masak bukan. berikut kami sajikan bumbu rendang ayam mudah yang gampang serta lebih praktis.
Bahan-bahan

πŸ‘‰ Bahan pokok pasti saja daging ayam segar kurang lebih sebanyak 1000 gram. Cuci bersih dengan air mengalir kemudian kucuri dengan air jeruk nipis serta biarkan selama kurang lebih 1/2 jam.
πŸ‘‰ Santan kental kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
πŸ‘‰ Kaldu bubuk instan dengan rasa ayam secukupnya ataupun kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
πŸ‘‰ Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs.
πŸ‘‰ Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
πŸ‘‰ Lengkuas yang telah dimemarkan kurang lebih sepanjang 3 cm.
πŸ‘‰ Serai diikuti batangnya saja serta telah dimemarkan kurang lebih sebanyak 3 pcs.
πŸ‘‰ Air asam jawa bahwasanya tersedia kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
πŸ‘‰ Gula merah yang telah disisir kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
πŸ‘‰ Merica serta garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera maupun kurang lebih masing masing sebanyak 1 sendok kecil.
πŸ‘‰ Air bersih secukupnya maupun kurang lebih sebanyak 1500 ml.

Bahan Bumbu Rendang Ayam Sederhana

πŸ‘‰ Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 12 pcs.
πŸ‘‰ Bawang putih ukurang sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs.
πŸ‘‰ Buah cabai rawit merah sesuai selera ataupun kurang lebih sebanyak 6 sampai 8 pcs.
πŸ‘‰ Buah cabai merah besar sesuai selera maupun kurang lebih sebanyak 8 sampai 11 pcs.
πŸ‘‰ Ketumbar kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
πŸ‘‰ Kemiri yang telah disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
πŸ‘‰ Kunyit kurang lebih sebanyak 2 cm saja.
πŸ‘‰ Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 3 cm saja.

Cara memasak rendang sederhana

πŸ‘‰ Pertama haluskan serta uleg cabai, bawang, kemiri, ketumbar serta bumbu lainnya sampai halus.
πŸ‘‰ Siapkan wajan besar kemudian masukkan bumbu diatas bersama dengan air asam, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, santan serta airnya kemudian aduk aduk sampai mendidih.
πŸ‘‰ Aduk terus jangan sampai santannya pecah lalu sehabis kelihatan tersedia minyak keluar lalu masukkan potongan sisa bahannya kecuali ayam lalu aduk kembali.
πŸ‘‰ Masukkan potongan daging ayamnya kemudian aduk kembali sampai ayamnya empuk serta bumbunya meresap kedalam dagingnya.
πŸ‘‰ Tes rasa serta bahwa kurang tambahakan kaldu ayam maupun garam kemudian aduk kembali sebentar serta siap untuk disajikan.

Resep Rendang Ayam Padang Kering Pedas

Resep Rendang Ayam Padang Kering Pedas mudah Spesial Asli Enak. Aneka kreasi serta variasi olahan ayam satu di antaranya yakni masak rendang khas Padang ala Minangkabau ini. Varian ayam rendang maupun rendang ayam yang pakai santan serta resep rendang ayam tanpa santan sehat. seandainya kamu mau boleh dicampur kentang kecil maupun kentang bulat kayak pada resep ayam masak reandang yang mau dibagikan ini. Katanya lebih enak pakai ayam kampung (ayam lepas) tetapi ayam buras ataupun ayam potong pun boleh. Unggas ayam juga dapat diganti dengan bebek untuk resep rendang, burung puyuh, dll. permasalahan bumbu dapat buat sendiri ala rumahan serta dapat dayagunakan bumbu instan semacam bumbu rendang Indofood pada resep rendang ayam bumbu Indofood.

Resep rendang ayam enak serta paling berjibun digemari sebab rasanya yang mantap sebenarnya rendang ayam khas Padang Mianang tapi juga tersedia resep rendang ayam khas Jawa, khas Jambi, khas Aceh, serta khas dari daerah lain. Rendang ayam Padang rasanya gurih, asin, serta pedas sehingga unik dibanding rendang ayam dari daerah lain di Indonesia. Bumbu rendang ayam enggak sebanyak serta serumit bumbu resep rendang daging maupun resep rendang padang yang sama-sama lezat. Untuk membuatnya praktis banget. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi serta variasi olahan resepi rendang ayam khas Padang sajian sedap istimewa untuk jualan lengkap dengan metode bikin sendiri di tempat tinggal ala rumahan (Homemade) yang simple gampang serta praktis.

RESEP RENDANG AYAM PADANG

BAHAN & BUMBU :

πŸ‘‰ 1 ekor ayam dipotong agak besar
πŸ‘‰ 350 gram kentang kecil
πŸ‘‰ 10 bawang merah
πŸ‘‰ 3 siung bawang putih
πŸ‘‰ 1 ruas jari jahe
πŸ‘‰ 2 ruas jari kunyit
πŸ‘‰ 1 potong besar lengkuas muda
πŸ‘‰ 1500 ml santan dari 3 kelapa
πŸ‘‰ 150 gram cabai giling halus
πŸ‘‰ 2 batang serai dimemarkan
πŸ‘‰ 3 lembar daun jeruk purut
πŸ‘‰ 1-2 potong asam kandis

CARA MEMASAK RENDANG AYAM PADANG :

πŸ‘‰ Rendam kentang bersama kulitnya selama satu jam, sesudah itu gosok-gosok dengan ampas kelapa sampai bersih lalu cuci serta tiriskan, lumuri ayam dengan beberapa cabai, diamkan selama kurang lebih satu jam.
πŸ‘‰ Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit serta lengkuas.
πŸ‘‰ Rebus santan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, masukan sejumlah cabai giling, daun kunyit, serai, daun jeruk serta asam kandis sampai kental serta berminyak.
πŸ‘‰ Masukkan ayam serta kentang ke didalam santan. Masak dengan api kecil sambil diaduk sesekali hingga matang serta mengering bumbu rendangnya.
πŸ‘‰ Sajikan.

Resep Membuat Rendang Ayam Asli Khas Padang

Rendang sebenarnya merupakan satu di antara resep masakan Indonesia yang sungguh-sungguh prominen baik di negara kita hingga mancanegara. satu di antaranya adalah resep yang berasal dari daerah Padang ini yang telah mendunia serta dipahami baik di hampir semua tempat negara kita. Rendang bukan cuma Rendang Daging akan tetapi berjibun variasinya. Kali ini kita hendak membahas Rendang Ayam.

Dengan perpaduan bumbu-bumbu rempah alami serta daging ayam berkualitas baik, resep Rendang Ayam benar-benar bisa dijadikan menu favorit baru buat keluarga Anda. Rasanya lezat serta khas berasal dari santan kelapa serta parutan kelapa yang disangrai amat cocok untuk teman makan nasi hampir di setiap waktu baik sarapan, santap siang ataupun makan malam.

Penasaran kan semacam apa resepnya? Nah, untuk kamu yang mau belajar mempersiapkan rendang ayam, resep berikut benar-benar membantu Anda. Silahkan simak!

Bahan-bahan:
πŸ‘‰ 500 gram dada/paha ayam
πŸ‘‰ 1,5 liter santan
πŸ‘‰ 1 batang serai. Dimemarkan
πŸ‘‰ 1 lembar daun kunyit
πŸ‘‰ 2 lembar daun jeruk purut
πŸ‘‰ 2 biji asam kandis
πŸ‘‰ Garam secukupnya

Bumbu-bumbu (dihaluskan):
πŸ‘‰ 1 ons cabe merah
πŸ‘‰ 16 buah bawang merah
πŸ‘‰ 7 siung bawang putih
πŸ‘‰ 5 buah kemiri
πŸ‘‰ 2 cm jahe
πŸ‘‰ 3 cm lengkuas. Dimemarkan

Cara Membuat Rendang Ayam Asli Khas Padang:
πŸ‘‰ Siapkan panci, rebus santan bersama bumbu yang dihaluskan.
πŸ‘‰ Masukkan daun kunyit, daun jeruk purut, asam kandis, dan garam. Aduk terus hingga mengental agar santannya tidak pecah.
πŸ‘‰ Masukkan potongan dada dan paha ayam. Biarkan mendidih hingga keluar minyaknya. Aduk terus dan dimasak dengan api sedang.
πŸ‘‰ Angkat dan sajikan.

Resep Rendang Ayam Kampung

Rendang ialah satu di antara masakan yang benar-benar difavoritkan berlimpah orang. Bahkan masakan yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini ngtidak sekadar populer didalam negeri tetapi juga luar negeri. Resep rendang kerap dicari untuk dijadikan satu di antara hidangan istimewa.

Jika lazimnya rendang terakit dari bahan pokok daging sapi, akan tetapi juga dapat loh diganti dengan daging ayam. Cita rasanya pun nggak kalah menggugah selera. Kini menu ini ngtidak sekadar tersedia di daerah asalnya, akan tetapi kita juga bisa menemukannya hunian rumah makan khas Padang. Tapi, kamu juga dapat loh membuatnya sendiri, terlebih-lebih untuk menyambut lebaran kali ini.

Penasaran kan kayak apa resepnya? Nah, buat kamu yang kepingin belajar menggarap rendang ayam, resep berikut benar-benar membantu Anda. Silahkan simak!

Bahan-bahan:

πŸ‘‰ 1 kg ayam kampung, potong menjadi 8–12 bagian
πŸ‘‰ 500 ml santan kental
πŸ‘‰ 1 batang serai, memarkan
πŸ‘‰ 2 lembar daun jeruk purut
πŸ‘‰ 1 lembar daun kunyit
πŸ‘‰ 2 cm lengkuas, memarkan
πŸ‘‰ 3 sdm air asam dari 50 gram asam Jawa

Bumbu yang Dihaluskan :

πŸ‘‰ 5 butir kemiri
πŸ‘‰ 50 gram cabe merah keriting
πŸ‘‰ 10 butir bawang merah
πŸ‘‰ 6 siung bawang putih
πŸ‘‰ 2 cm jahe
πŸ‘‰ 2 cm kunyit
πŸ‘‰ 1 sdt ketumbar bubuk
πŸ‘‰ ½ butir pala
πŸ‘‰ ½ sdt jinten
πŸ‘‰ 2 sdt garam secukupnya

Cara Membuat Rendang Ayam Kering:

πŸ‘‰ Cuci potongan ayam hingga bersih, lalu tiriskan.
πŸ‘‰ Siapkan wajan besar, lalu rebus bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, daun kunyit, air asam, dan santan sampai mendidih. Aduk terus, jangan sampai santan mengental karena rasanya pasti akan jadi berbeda.
πŸ‘‰ Masukkan potongan ayam kampung, aduk-aduk sesekali agar santan tidak pecah.
πŸ‘‰ Masak dengan api kecil hingga daging ayam empuk dan santan agak kering. Koreksi rasa. Tambahkan garam atau bumbu lainnya jika dirasa masih ada yang kurang.
πŸ‘‰ Angkat, lalu sajikan dengan nasi hangat.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement