Minuman Penurun Kolesterol yang Patut Kamu Coba

Mengecilkan persentase kolesterol didalam darah tidak melulu bisa dibuat dengan memakai obat penurun kolesterol. ada juga minuman penurun kolesterol yg secara medis terbukti bisa menstabilkan kembali kadar kolesterol di dalam darah Anda.

Seseorang disebutkan menderita kolesterol tinggi ketika mempunyai total kolesterol darah lebih dari 240 miligram per desiliter (mg/dL). Angka tersebut dipengaruhi oleh komponen di dalam kolesterol darah, yaitu kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), serta trigliserida.

Untuk menstabilkan kadar kolesterol Anda, pilihlah minuman yang mampu menurunkan kadar LDL serta trigliserida maupun menaikkan HDL. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bakal membawa dampak kamu mendapati akibat mengidap penyakit berbahaya, semacam stroke serta serangan jantung.

Apa saja minuman penurun kolesterol?

Secara umum, apa yang kamu makan ataupun minum sememangnya sangat memengaruhi kadar kolesterol total didalam darah. andaikan kamu terlanjur menderita kolesterol tinggi, berikut sebagian minuman penurun kolesterol yang mampu kamu coba.

Jus delima

Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih besar dari teh hijau. Antioksidan inilah yang mampu merawat kesehatan jantung, satu di antaranya dengan menurunkan penumpukan lemak jahat alias LDL.

Baca juga "Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Daun Salam dan Mengkudu"

Teh

Teh, baik berupa teh hitam, teh hijau, teh putih, hingga teh oolong sudah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol sebab kaya akan antioksidan. Teh hijau, misalnya, terbukti bisa menurunkan LDL hingga 2,19 mg/dL, meski teh ini enggak bisa sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

Bukan cuma teh tradisional yang memiliki tugas menurunkan kolesterol darah, teh herbal kayak teh jahe serta teh peppermint juga mendapati efek yang sama.

Perbedaan teh tradisional serta teh herbal ialah teh herbal sebetulnya bukan berasal dari tumbuhan teh-tehan, melainkan tanaman lain yang diekstrak daun, batang, ataupun buahnya serta diolah jadi teh.

Meski demikian, efek teh sebagai minuman penurun kolesterol gak akan kamu rasakan langsung saat itu juga. Riset menyebut kadar kolesterol di dalam darah baru dapat turun andaikan kamu biasa minum teh setidaknya selama sejumlah minggu.

Baca juga "Tanaman Penurun Kolesterol Paling Efektif, Efisien dan Alami"

Jus alpukat

Alpukat mengandung lemak gak jenuh (monounsaturated fats) serta serat yang bisa menurunkan LDL serta menaikkan kadar HDL. Selain mengonsumsinya sebagai jus, kamu juga bisa memakan alpukat sebagai buah atau menjadikannya sebagai gabungan salad.

Cokelat

Minuman cokelat ternyata mendapati efek baik bagi jantung sebab mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) seumpama diminum dua kali sehari selama sebulan.

Meski demikian, hati-hati dengan minuman cokelat yg mengandung berjibun gula karena gula malah mendapati efek samping pada jantung. Pilihlah minuman berbentuk dark chocolate, adalah yang mengandung cocoa 75–85 persen ataupun lebih.

Susu kedelai

Kedelai pada dasarnya yakni tanaman polong-polongan yg sebenarnya baik untuk kesehatan jantung. kemaslahatan kedelai juga dapat dirasakan melalui susu kedelai.

Studi terkini menyebut minuman penurun kolesterol ini sungguh-sungguh direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yg sedang mendapati kolesterol tinggi karena susu kedelai bisa menurunkan LDL serta menaikkan HDL dengan cukup cepat.

Minyak zaitun extra virgin

Minum 60 ml minyak zaitun extra virgin setiap hari dipercaya bisa menyehatkan jantung sebab minyak ini mampu menurunkan LDL serta menaikkan HDL. Minyak zaitun extra virgin juga mengandung polifenol yang bisa menurunkan efek kamu terkena penyakit jantung.

Selain keenam minuman penurun kolesterol di atas, kamu juga diusulkan memperbanyak makan buah serta sayur, dan meninggalkan asupan yang bisa memajukan kolesterol, kayak santan, makanan cepat saji, jeroan, serta sebagainya, untuk mengawasi kadar kolesterol didalam darah senantiasa normal.

Semua jenis buah serta sayur bisa dikonsumsi, tetapi penelitian mengekspos sayuran dengan daun hijau serta buah dari kelas berry ataupun anggur paling bagus dikonsumsi oleh kamu yg rentan mendapati kenaikan kadar kolesterol.

Selalu konsultasikan kesehatan kamu ke dokter. Jangan menganggap sepele tingginya kadar kolesterol badan sebab sangat beefek untuk menghadapi penyakit jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi.

Baca juga "Terapi Jus Penurun Kolesterol"