Bisnis Bengkel Motor Kwitang Jakarta Pusat Analisa Rincian Modal Usaha Bengkel Motor

Motor ialah alat transportasi yg merakyat. Hampir semua lapisan masyarakat memakai transportasi roda dua ini. Selain harganya yg terjangkau serta banyaknya keluasan untuk mempunyai motor dari bervariasi lembaga pembiayaan, motor juga mendapati konsumsi bahan bakar yang irit ketimbang dengan transportasi roda empat.

Dengan semakin banyaknya pengguna motor, semakin berjibun pula peluang untuk usaha di bidang ini. Setiap tahun angka pengguna motor selalu melambung dan bertambah. Maka, tidak heran apabila kita meninjau begitu banyaknya motor yg melintas di jalan raya, sehingga membuat kemacetan. Lahan parkir motor pun semakin padat.

Populasi motor yg tiap tahunnya semakin melambung bikin peluang membuka usaha bengkel motor semakin laris. Dengan jumlah motor yg sangat berlimpah tersebut memproduksi prospek bisnis bengkel motor pun semakin bagus.

Setidaknya tersedia 3 jenis bengkel yang sanggup dibuka untuk mulai membuka usaha, diantaranya ialah bengkel yg melayani service motor secara biasa serta menerima service ringan ataupun berat untuk segala merek motor, bengkel juru motor tertentu tanpa afiliasi dengan merek motor tertentu, serta bengkel motor custom yg melayani modifikasi motor.

Untuk mulai membuka bengkel, wajib menunaikan perencanaan yang matang, mulai dari sistem sarana customer, hingga menyoal operasional bengkel. tetapi sebelumnya kita hendak membahas hal-hal terkait bengkel motor secara umum.

Untuk mulai membuka bengkel motor umum, yang pertama kali kudu kamu siapkan yaitu lahan. Untuk jenis bengkel biasa ini tidak menginginkan lahan yang terlalu luas. Berikut ini ialah rincian cost sebagai gambaran yg mau mulai merintis usaha dibidang bengkel motor biasa :

Modal Awal yang kudu Dikeluarkan

untukmu yg pengen mengawali membuka usaha bengkel motor, kamu dapat menyiapkan dana awal dengan detail sebagai berikut

– penyewaan lahan serta renovasi

– penyewaan ruko dengan perkiraan Rp30 juta per tahun. lazimnya semakin ramai wilayah ruko, semakin mahal pula harga sewanya.

– Renovasi ruko jadi bengkel kurang lebih Rp10 juta

Jika ditotal modal awal untuk mulai mewujudkan usaha bengkel motor ialah sebesar Rp40 juta. Terbilang cukup besar bukan? Untuk menyusutkan beban modal awal, kamu dapat bernegosiasi dengan pemilik ruko untuk contoh pembayaran sewa, dapat dibayarkan setahun dua kali ataupun secara triwulan.

tapi satu hal yang mesti kamu perhatikan, selalu pilih ruko dengan tempat yang strategis, setidaknya sering di lalui oleh pengendara kendaraan bermotor maupun andaikan kudu yang dekat dengan perumahan. Selain soal lokasi, perhatikan pula competitor yg tersedia di sekeliling ruko yg hendak disewa. Logikanya customer akan memutuskan bengkel yg terpercaya dibandingkan yg baru berdiri.

budget alat-alat Bengkel

Selain cost cost yang sifatnya sebagai aset utama, kamu pun perlu mulai memikirkan budget anggaran membeli perkakas bengkel. Setidaknya alat-alat bengkel terbagi jadi dua, ialah peralatan yang sifatnya biasa serta alat-alat yg sifatnya khusus. Berikut yakni estimasi harga alat-alat yang wajib kamu siapkan sebelum membuka usaha bengkel motor :

Peralatan umum (harga perkiraan) :

– 1 set kunci T: Rp200.000

– 1 set kunci Y cabang 3: Rp60.000

– 1 set kunci pas ring: Rp550.000

– 1 set kunci ring: Rp200.000

– 1 set kunci pas: Rp450.000

– Kunci bintang: Rp50.000

– Kunci serta tangkai shok: Rp200.000

– 1 set kunci L: Rp185.000

– Kunci Inggris 45mm: Rp150.000

– Kunci busi motor bebek 3 jenis: Rp100.000

– 1 set obeng minus serta plus: Rp120.000

– Obeng ketok: Rp150.000

– Tang jepit, potong, buaya, sklip buka serta sklip tutup: Rp200.000

– Tang steel: Rp120.000

– Palu besi serta karet: Rp150.000

– Pahat: Rp25.000

– Gergaji besi: Rp75.000

– Ragum: Rp500.000

Total untuk membeli perangkat tersebut adalah berkisar: Rp3.485.000

Berikut ini yaitu harga harga peranti khusus yg wajib disiapkan :

– Gerinda tangan: Rp500.000

– Gerinda duduk: Rp200.000

– Bor tangan: Rp400.000

– Kompresor udara: Rp1.500.000

Total untuk membeli perangkat khusus ini adalah Rp2.600.000.

Jika di total seluruh kepentingan untuk membeli perkakas yakni sebesar Rp6.085.000.

satu di antara pelayanan dari bengkel rata-rata yakni menyuguhkan sparepart serta pelumas. Oleh karenanya pada tahap awal jangan lupa pula untuk menganggarkan bujet belanja untuk membeli spareparts kecil, misal paking carburator, paking knalpot, paking blok mesin, saklar, panel, baut mesin, kampas hingga busi. Rata rata barang barang tersebut ialah barang yg cukup fastmoving sehingga mempersiapkan stock enggak akan terlalu lama mengendap yg dapat mengakibatkan barang barang tersebut cepat rusak.

Sedangkan untuk pelumas motor saat ini tersedia berlimpah sekali di pasaran dengan merek dan jenis yang berbeda-beda. Cari tahu lah merek dan tipe apa yg paling laku, kemudian dapat membeli oli untuk stock di bengkel hingga 3 bulan kedepan. Selain oli, kamu juga memerlukan cairan cairan lainnya kaya carburator cleaner, injector cleaner, fork oil, minyak rem, serta lain sebagainya.

– Pelumas serta cairan-cairan lain: Rp3.500.000

– Spareparts: Rp3.000.0000

Total: Rp6.500.000

Kunci bagi wirausaha pemula bengkel ialah membela ketersediaan barang-barang yg sudah Kita sebutkan sebelumnya di atas setidaknya untuk 3 bulan kedepan. dan satu hal lagi, hindari untuk menerima konsinyasi maupun titip jual barang barang yang ditawarkan oleh sales sparepart atau oli. Hal tersebut betul-betul beresiko tentang kehilangan barang.

Untuk yg bertujuan membeli barang kulakan melalui sales spareparts, manfaatkan lah promo yang tengah berlangsung. tentu saja setiap sales akan menyuguhkan promo-promo menarik bagi bengkel, mulai dari beli 1 karton gratis satu karton, hingga potongan harga yang menarik. dengan mengeksploitasi promo ini, kamu jadi lebih berlimpah mendapati keuntungan.

cost Operasional

Selain mempertimbangkan pasokan stock sparepart dan bermacam-macam produk yang hendak Kita jual, satu hal yg tak boleh Kita lupakan ialah besaran bujet operasional. bujet operasional tersebut mencakup upah karyawan mekanik serta admin, budget listrik, bujet kebersihan serta keamanan hingga bujet budget tak terduga yang kerap kali kali muncul tanpa perhitungan kita. Berikut gambaran untuk bujet operasional yg harus kamu ketahui :

– Upah dua orang karyawan untuk mekanik serta admin: Rp480.000x 2 = Rp960.000 / bulan (1 mekanik dengan upah Rp30.000 perhari).

– bujet listrik serta telepon: Rp500 ribu

– anggaran lain-lain: Rp1 juta

Total: Rp2.460.000

hendaknya aman, siapkan anggaran operasional untuk tiga bulan pertama. menjadi Rp2.460.000 x 3 = Rp7.380.000

Setelah kamu memahami hal-hal yang kudu kamu siapkan berikut ini yaitu rekapitulasi bujet bujet yang harus disiapkan sebelum membuka bengkel sendiri :

anggaran menyewa lahan/ ruko serta renovasi = Rp40.000.000
bujet alat-alat = Rp6.085.000
cost parts serta pelumas = Rp6.500.000
budget operasional (3 bulan) = Rp7.380.000

Total modal awal = Rp 59.965.000

Tips Sukses Buka Bengkel Motor untuk Pemula

Ada sejumlah langkah yg wajib disiapkan untuk membuka bengkel motor:

1. Menyiapkan Wilayah Strategis

Tempat yakni poin berarti yang wajib diawasi sebelum membuka bengkel motor. Pilihlah daerah yang mudah disoroti dan gampang dijangkau. Sebagai pemula strategi memilah tempat yang strategis merupakan langkah yang sanggup dibutuhkan supaya bengkel diketahui masyarakat.

sungguh kita bakal dihadapkan dengan membengkaknya anggaran untuk sewa ataupun kepemilikan wilayah yang strategis, tetapi hal ini akan sepadan dengan peluang yang akan kita dapatkan. Jangan beranggapan membuka usaha bengkel di lahan wilayah tinggal akan menopang kamu sebab tidak adanya bujet sewa ataupun bujet kepemilikan.

Pemikiran itu dapat dipertimbangkan, kalau kamu telah memiliki pelanggan yg melimpah sebelumnya serta pelanggan yg telah mengerti superioritas dari fasilitas Anda. Untuk pemula, opsi wilayah tinggal sebagai lahan usaha dapat saja mempunyai akibat lambatnya pertumbuhan dari bisnis.

Anda sebenarnya tidak mengeluarkan budget yang tinggi untuk tempat, tetapi kamu juga gak memiliki pertumbuhan yg substansial dari bisnis.

2. Menyiapkan Montir yang Mampu Diandalkan

bila kita bukanlah orang yang mengerti problem teknik sepeda motor, peran kita yang kedua adalah memeriksa montir yang bisa diandalkan untuk menolong menanggulangi permasalahan-masalah motor pelanggan. Untuk menghemat budget pengeluaran pada sumber daya manusia, kita bisa merekrut satu orang yang lebih berpengalaman dengan dua asisten yg masih pemula.

Dengan harapan pemula akan belajar dari montir yang lebih berpengalaman, seiring dengan pertumbuhan bengkel, montir pemula akan mendapati pengalaman yg hampir sama dengan montir yg lebih berpengalaman, sehingga anggaran yang akan dikeluarkan untuk budget SDM akan berimbang bersamaan dengan pertumbuhan bengkel yang dimiliki.

3. Menyelidik Tahu Informasi Pemasok Suku Cadang

Langkah ketiga ialah menelusuri supplier yang mampu memasok semua keperluan suku cadang pada bengkel yg kita miliki. memperoleh supplier sangatlah penting, mengingat layanan yg dikemukakan enggak melulu pelayanan servis, melainkan jula suku cadang juga.

Dengan menetapkan supplier yang menjual harga dengan margin kompetitif, kita bakal memperoleh berlimpah keuntungan. Misalnya, kita bisa menjual sedikit lebih realistis dengan harga di bawah harga pasar sebagai langkah promosi supaya orang bisa mengingat serta kembali ke bengkel kita.

Cobalah untuk menyelidik supplier suku cadang secara langsung. Hindari menetapkan reseller, lazimnya harga dari reseller mendapati selisih lebih tinggi dibandingkan supplier langsung. tapi kamu perlu membuahkan dana lebih karena untuk membeli suku cadang pada supplier langsung mereka mendapati minimum pembelian yang lebih besar dibandingkan supplier agen.

4. Menyiapkan Strategi Promosi

Langkah terakhir yaitu menyiapkan langkah untuk membuat kegiatan pemasaran supaya bengkel cepat dipahami oleh calon konsumen. kamu bisa menggunakan jaringan media sosial untuk menyokong publikasi usaha. Jangan lupa untuk mempersembahkan promosi kepada calon pelanggan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kesempatan dengan ramainya ojek online saat ini. Para ojek online merupakan calon konsumen yg potensial. Berikan promosi-promosi kepada ojek online seumpama berkunjung ke bengkel Anda.

5. Menguasai Teknik Mekanik Secara Bertahap

buat kamu yg tidak begitu ramai memahami keadaan sulit mekanik, mungkin mesti belajar secara bertahap sambil berjalannya bisnis. Misalnya, belajar kepada karyawan kamu dengan memerhatikan serta secara tidak langsung ikut didalam hal penanganan konsumen.

Hal ini kudu dikuasai supaya kamu bisa mengantisipasi seandainya satu di antara karyawan kamu mengundurkan diri ataupun tak masuk. Mengikuti kelas-kelas singkat teknik mekanik juga enggak ada salahnya supaya kamu memperoleh pengetahuan yang lebih formal.