17 Fungsi Omega 3 Bagi Tubuh Manusia yang Terbukti Ilmiah

Omega 3 yakni asam lemak esensial, yang artinya zat ini gak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Padahal kemaslahatan omega 3 ini cukup besar bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk menaikkan kecerdasan otak, memperhatika kesehatan mata serta jantung, bahkan menjauhi penyakit kanker.

Asam lemak esensial ini dapat dicapai dari makanan laut (seafood), kayak ikan salmon, tuna, sarden serta makanan laut jenis lainnya, kayak lobster serta udang. Asam lemak omega 3 juga dapat didapati dari sejumlah jenis kacang-kacangan serta biji-bijian, begitupun dari sebagian produk suplemen kesehatan maupun makanan bayi.

3 Jenis Asam Lemak Omega 3

Terdapat 3 jenis asam lemak omega 3 yg sangat bernilai untuk tubuh, yakni DHA, EPA, serta ALA:
✔️ DHA (docosahexaenoic acid) yaitu asam lemak omega-3 yg terkandung didalam beberapa jenis minyak ikan serta rumput laut.
✔️ EPA (eisocaspentaenoic acid) setanding halnya dengan DHA, EPA juga berlimpah terkandung di dalam ikan laut.
✔️ ALA (alpha-linolenic acid) merupakan asam lemak omega 3 yang ditemukan didalam kacang-kacangan serta biji-bijian dan daging berkualitas tinggi kayak sapi yg diberi makan rumput.

Walaupun tak dapat diproduksi didalam fisik serta cuma menyandarkan asupan dari makanan, tapi omega 3 jenis ALA dipahami secara efiesien bisa diubah badan jadi EPA. DHA juga bisa disebabkan oleh fisik dari ALA, tapi diperlukan ALA di dalam jumlah besar untuk bisa memanifestasikan DHA.

17 Fungsi Omega 3 Bagi Tubuh Manusia yang Terbukti Ilmiah

1. Melawan Depresi serta Kecemasan

Manfaat omega 3 ternyata enggak melulu berhubungan dengan kesehatan tubuh saja, akan tetapi juga kesehatan mental. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi omega 3 secara biasa bisa merampingkan gejala depresi serta kecemasan.

Depresi yakni satu di antara gangguan mental yg paling biasa terjadi di dunia dengan gejala depresi meliputi kesedihan, kelesuan, serta kehilangan orientasi didalam hidup. beberapa saat kecemasan juga yakni gangguan yg sangat biasa serta ditandai oleh kekhawatiran berlebihan serta sering merasa gugup.

Dari ketiga jenis asam lemak omega-3 : ALA, EPA serta DHA. EPA ialah asam lemak yang paling baik didalam melawan depresi, bahkan semacam studi menjumpai bahwasanya EPA sama efektifnya dengan obat antidepresan kayak Prozac di dalam melawan depresi.

2. Menaikkan Kesehatan Mata

Manfaat omega 3 lainnya yaitu untuk menaikkan kesehatan mata. sebab DHA adalah komponen struktural yang prinsipil dalam otak serta retina mata. Bila kamu tak cukup mengonsumsi DHA, keadaan sulit penglihatan mungkin akan timbul, semacam degenerasi makula.

Faktanya, bila kamu mengonsumsi omega-3 yang cukup maka akibat degenerasi makula akan menurun. Degenerasi makula yakni satu di antara penyebab primer kerusakan mata serta kebutaan permanen di dunia.

3. Meninggikan Kesehatan Otak Bayi

Manfaat omega 3 juga bisa dirasakan oleh bayi bahkan sejak di dalam kandungan. Omega 3 sangat berarti untuk perkembangan serta perkembangan otak pada bayi. DHA menyumbang 40% asam lemak tak jenuh ganda di otak serta 60% di retina mata. Oleh sebab itu, gak mengherankan kalau bayi yg diberi susu formula dengan kandungan DHA mendapati penglihatan yang lebih baik daripada bayi yg diberi susu formula tanpa DHA.

Bila selama masa kehamilan memperoleh asupan omega 3 yang cukup, maka bayi akan mendapatkan berlimpah khasiat sehabis proses kelahiran, di antaranya:
✔️ Kecerdasan yang lebih gadang.
✔️ Komunikasi serta keterampilan sosialnya lebih baik.
✔️ Minim masalah yg berhubungan dengan perilaku.
✔️ memangkas efek keterlambatan perkembangan mental.
✔️ Berkurangnya efek ADHD, autisme serta cerebral palsy.

4. Memperkecil efek Penyakit Jantung

Mencukupi asupan omega 3 ternyata bisa membantu menurunkan akibat penyakit jantung. Para peneliti meninjau kalau orang-orang yang kerap kali memakan ikan sungguh-sungguh jarang menderita penyakit jantung serta stroke, hal tersebut beberapa besar dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 yang sudah terbukti mempunyai berlimpah keuntungan untuk kesehatan jantung.

Manfaat omega 3 bagi kesehatan jantung termasuk:
✔️ Trigliserida: Omega 3 bisa menurunkan trigliserida yg berkisar antara 15-30%.
✔️ Tekanan darah: Omega 3 bisa menurunkan tekanan darah.
✔️ Kolesterol HDL: Omega 3 bisa memajukan kadar kolesterol HDL "baik".
✔️ Penggumpalan darah: Omega 3 dapat membangun trombosit darah tidak menggumpal secara bersamaan. Ini menunjang menahan terbentuknya pembekuan darah yang berbahaya.
✔️ Plak: mengawasi supaya arteri senantiasa lancar serta bebas dari kerusakan, omega-3 menopang membendung plak yang sanggup membatasi serta mengeraskan arteri.
✔️ Peradangan: Omega 3 menyurutkan produksi sejumlah zat yg biasa mendatangkan terjadinya suatu peradangan.

Bagi sejumlah orang omega 3 juga dapat menurunkan kolesterol LDL "jahat", tetapi penelitian lanjutan masih dipakai untuk membuktikan ini. Terlepas dari semua efek bermanfaat pada faktor akibat penyakit jantung ini, gak ada bukti meyakinkan bahwasanya suplemen omega 3 bisa menahan serangan jantung maupun stroke.

5. Mengecilkan Gejala ADHD pada Anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yakni sebentuk gangguan pada perkembangan otak yang menyulut penderitanya jadi hiperaktif, impulsif, dan susah memusatkan perhatian. kemaslahatan omega 3 juga bisa dirasakan oleh anak-anak yang mendapati gejala ADHD. sebagian penelitian mendeteksi bahwasanya anak-anak dengan ADHD mendapati kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah daripada dengan orang normal.

Banyak penelitian menjumpai bahwasanya suplemen omega 3 sungguh-sungguh bisa mengecilkan gejala ADHD. Omega 3 kontributif memajukan perhatian serta kesanggupan menyelesaikan peran pada anak ADHD. Zat ini juga dipercaya bisa menurunkan hiperaktif, impulsif, gelisah serta sifat agresif pada anak.

6. Menyurutkan Gejala Sindrom Metabolik

Manfaat lain dari omega 3 ini yaitu mampu meluak gejala sindrom metabolik yg merupakan kumpulan keadaan kayak obesitas sentral (lemak perut), tekanan darah tinggi, resistensi insulin, trigliserida tinggi serta kadar HDL yg rendah. sebagian kualifikasi di atas bisa memajukan efek terkena berlimpah penyakit semacam penyakit jantung serta diabetes.

7. Melawan Peradangan

Pada dasarnya peradangan mempunyai fungsi bermanfaat sebab fungsinya untuk melawan infeksi serta memperbaiki kerusakan didalam tubuh. tapi kadang-kadang inflamasi bisa berlanjut untuk waktu yg lama bahkan tanpa adanya infeksi ataupun cedera yang disebut peradangan kronis (jangka panjang).

dipahami bahwasanya peradangan jangka panjang bisa memicu tumbuhnya beragam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung serta kanker. Untuk itu, asam lemak omega 3 bisa menyusutkan produksi molekul serta zat yang terkait dengan peradangan, kayak eicosanoids inflamasi serta sitokin. sebentuk studi juga mengindikasikan hubungan antara asupan omega-3 yang lebih gadang bisa menurunkan peradangan.

8. Melawan Penyakit Autoimun

Pada penyakit autoimun, sistem imun badan akan menyerang sel baik sebab dijadikan sebagai sel asing, satu di antara contohnya Diabetes tipe 1. Pada penyakit ini, sistem kekebalan badan menyerang sel penghasil insulin di pankreas.

Studi mengekspos bahwasanya dengan menambah asupan omega 3 yg cukup selama setahun pertama kehidupan pada bayi bisa menurunkan efek mengidap penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, diabetes autoimun pada orang dewasa, serta multiple sclerosis. Omega-3 juga sudah terbukti mendukung mengobati lupus, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn serta psoriasis.

9. Memperbaiki Gangguan Mental

Manfaat omega 3 lainnya yakni memperbaiki gangguan mental. Orang yang memiliki gangguan kejiwaan lazimnya mempunyai kadar omega-3 yang rendah. Penelitian sudah mengekspos bahwasanya suplemen omega 3 bisa menyedikitkan frekuensi perubahan suasana hati serta kekambuhan pada orang dengan gangguan skizofrenia serta bipolar. Asam lemak omega 3 juga diklaim bisa menurunkan perilaku kekerasan.

10. Melawan Penurunan peran Otak serta Alzheimer

Penurunan peran otak yakni satu di antara konsekuensi dari proses penuaan yang tak terhindarkan. sejumlah penelitian mengindikasikan bahwasanya asupan omega-3 yang tinggi bisa menyusutkan efek terjadinya penurunan tugas otak sebab usia serta penurunan akibat penyakit Alzheimer. Studi juga mendeteksi bahwasanya orang yg kerap kali makan ikan laut menjurus mendapati lebih dominan materi abu-abu di otak di mana jaringan otak tersebut bertugas untuk memproses informasi, memori, serta emosi.

11. Menopang Menangkal Kanker

Kanker yaitu satu di antara penyakit kronis yang menginginkan proses penyembuhan yg panjang serta asam lemak omega 3 sudah lama diklaim bisa meluak akibat penyakit kanker tertentu.

Penelitian mengekspos kalau orang yang mengonsumsi omega-3 beefek 55% lebih rendah terkena kanker usus besar daripada yg tidak. Konsumsi omega-3 juga disangkut pautkan dengan penurunan efek kanker prostat pada pria serta kanker payudara pada wanita. akan tetapi gak semua penelitian sepakat terhadap hal ini.

12. Menurunkan Asma Pada Anak

Asma adalah penyakit paru paru kronis dengan gejala semacam batuk, sesak napas serta mengi/bengek. Serangan asma yg terbilang berat dapat sangat berbahaya karena membawa dampak sulit bernapas. Asma sendiri dihasilkan oleh peradangan serta pembengkakan di saluran pernafasan paru-paru. sebagian penelitian sudah merapatkan konsumsi omega-3 dengan akibat asma yg lebih rendah pada anak-anak serta orang dewasa.

13. Meluak Lemak Di Hati

Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) merupakan satu di antara penyakit kelainan hati berupa steatosis (perlemakan) makrovesikular yang muncul. Penyakit ini akan melonjak efeknya pada penderita obesitas serta merupakan satu diantara penyebab paling lazim penyakit hati kronis. Untungnya, suasana ini dapat dilawan dengan menggunakan asam lemak omega 3 yg sudah terbukti menyusutkan lemak serta peradangan hati pada penderita NAFLD.

14. Bisa Memperbaiki Kesehatan Tulang

Osteoporosis serta arthritis ialah dua kelainan yang umumnya tumbuh pada tulang. Studi menampakkan kalau omega 3 bisa memperbaiki kemampuan tulang dengan meninggikan jumlah kalsium didalam tulang yg otomatis akan menurunkan akibat osteoporosis. Omega 3 juga mampu merampingkan efek arthritis semacam merampingkan nyeri sendi serta meluaskan keuletan pegangan.

15. Redakan nyeri haid

Nyeri haid umumnya terjadi di perut bagian bawah serta panggul yang kerap kali meluas ke punggung bawah serta paha. Penelitian memperlihatkan bahwasanya wanita yg rajin mengonsumsi omega 3 dikenal menghadapi nyeri haid yang lebih ringan. Bahkan penelitian lain menambahkan bahwasanya suplemen omega 3 lebih ampuh daripada ibuprofen di dalam mengobati rasa sakit yg parah selama menstruasi.

16. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tidur yang baik serta cukup ialah satu di antara faktor kesehatan yang utama. Studi mengindikasikan kalau kurang tidur disinggungkan dengan berlimpah penyakit, termasuk obesitas, diabetes serta depresi.

Pada anak-anak yang mendapati asam lemak omega-3 rendah akan lebih rentan mendapati dilema tidur serta menderita sleep apnea. Kadar DHA yg rendah juga disangkutkan dengan tingkat hormon melatonin yg lebih rendah serta akan mempengaruhi kualitas tidur. Studi pada anak-anak serta orang dewasa mengindikasikan kalau suplemen dengan omega-3 menopang mempersiapkan tidur lebih nyenyak serta berkualitas.

17. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

DHA adalah komponen struktural kulit yang bertanggung jawab untuk mengawasi kesehatan membran sel yg mempengaruhi beberapa besar tesktur kulit. Selaput sel yg sehat akan mendatangkan kulit lembut, lembab, lentur, serta bebas dari kerutan.

EPA juga memberi kegunaan pada kulit, seperti:
✔️ Mengatur produksi minyak di kulit.
✔️ Mengatur hidrasi (cairan) di kulit.
✔️ meluputkan hiperkeratinisasi folikel rambut (benjolan merah kecil sering kelihatan pada lengan atas).
✔️ menjauhi penuaan dini pada kulit.
✔️ menghindari tumbuhnya jerawat.

Omega 3 juga  bermanfaat di dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar uv. EPA menunjang menghalangi pelepasan zat yg memangkas kolagen di kulit selepas terkena paparan sinar ultraviolet.