Manfaat Kayu Bajakah Tunggal

Temuan mengejutkan berkenaan kebaikan akar bajakah yang ampuh mengobati penyakit kanker payudara hingga kini masih jadi perbincangan di masyarakat. Banyak orang yang ikut berburu akar bajakah untuk pengobatan ataupun dibisniskan.

Penemuan akar kayu bajakah ini ialah hasil penelitian yang dilancarkan tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hasil riset para pelajar itupun diikutsertakan di dalam lomba riset internasional yang berbuah medali emas.

Hasil penelitian terhadap keuntungan akar bajakah sebagai obar kanker payudara juga membentuk heboh dunia medis di tanah air. Bahkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengundang para siswa itu serta akan menggarap penelitian lanjutan oleh Balitbangkes.

Tanaman bajakah tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) merupakan tumbuhan merambat dengan ketinggian dapat mencapai 50 meter. Tanaman ini lazimnya merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae.

Genus Spatholobus Littoralis Hassk dijumpai Justus Karl Hasskarl, seorang ahli Botani asal Jerman pada tahun 1842. Tanaman bajakah ini tersedia 29 spesies yg kebanyakan tumbuh di hutan tropis Indonesia. tapi kemaslahatan akar bajakah dibutuhkan untuk pengobatan herbal baru tersohor belakangan ini.

Daun tanaman bajakah tampala mempunyai warna kuning, putih beserta coklat, dengan bentuk tajam. Sedangkan bunganya berwarna ungu, putih serta pink dengan bentuk kecil.

Kabarnya, masyarakat di sekitar hutan Kalimantan Tengah menganggap tanaman ini dengan berbagai hal yang bersifat mistis. Termasuk pemanfaatan kayu bajakah untuk mengusir gangguan makhluk halus.

Manfaat akar bajakah terkuak setelah dibuat teh herbal oleh para siswa itu. Tanaman ini memang juga sudah dipahami sebagai tanaman herbal yang sudah lama dimanfaatkan masyarakat, terutamanya untuk mengobati luka, disentri serta menghilangkan pegal badan.

Gemparnya temuan ini mendorong dipenuhinya sebagian penelitian lanjutan berkenaan kandungan akar kayu bajakah. Hasilnya, tanaman ini kaya dengan zat antioksidan. Bahkan kadar antioksidan ini ribuan kali lipat dibandingkan herbal kanker lainnya.

Uji laboratorium juga menjumpai sebagian kandungan berguna herbal ini, kaya tannin, steroid, saponin, fenolik, terpenoid beserta alkonoid. Bahkan akar bajakah juga ditemukan senyawa sel pitu gimia yang berfungsi sebagai anti kanker.

Manfaat Akar Bajakah Selain untuk Kanker

Hasil temuan para pelajar itu mendorong berbagai golongan membuat uji lab mengenai tumbuhan herbal ini. Berikut ini berbagai kemaslahatan akar bajakah selain kanker, sekalipun mesti uji klinis lanjutan.

Menyembuhkan Luka

Masyarakat tradisional sudah menggunakan kayu bajakah untuk menutup pendarahan luka. Dari penelitian juga ditemui kandungan batang bajakah tampala yang kaya senyawa flavonoid, fenolik, tannin serta saponin yang bersifat angiogenesis.

meninggikan Imunitas Tubuh

Selain ampuh memecahkan kanker, keuntungan akar bajakah juga bermanfaat di dalam meluaskan imunitas beserta ketangguhan tubuh. Tingginya kadar antioksidannya benar-benar berguna untuk menahan radikal bebas serta melindungi tubuh.

Menghaluskan Kulit beserta Anti Penuaan Dini

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik, tannin serta saponin di dalam akar bajakah tenyata juga berguna didalam menghaluskan kulit. Senyawa ini berfungsi mendorong pertumbuhan kolagen yang penting mengencangkan kulit wajah beserta menghalau penuaan dini.

Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Temuan menggemparkan ini juga mendorong banyak orang untuk mengerti cara mengkonsumsi kayu bajakah. Untuk memperoleh keuntungan akar bajakah tunggal ini yakni dengan menempuh bagian akarnya saja.

Untuk cara mengolah beserta mengonsumsi herbal ini, maka akar bajakah kudu dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di bawah sinar matahari. Mungkin harus beberapa hari agar herbal ini jadi kering betul.

Untuk memanifestasikan faedah akar bajakah yang optimal, di dalam penyimpanannya harus dicacah ataupun diiris di dalam bentuk kecil-kecil beserta dihaluskan hingga jadi bubuk. Menghaluskannya dapat dengan ditumbuk secara manual atau dengan blender.

Bubuk akar bajakah inilah yg kemudian diseduh dengan air panas. Takarannya, 1 gram akar bajakah dilarutkan di dalam 500 ml air. Air teh akar bajakah yang berwarna coklat bening inilah yang diminum setiap hari.

Itulah beberapa faedah akar bajakah untuk kesehatan, khususnya didalam mengobati kanker payudara. Indonesia sungguh kaya tanaman herbal yg harus digali lebih banyak lagi.

Fakta Di Balik Khasiat Akar Tanaman Bajakah

Akar tanaman bajakah sendiri telah digunakan masyarakat setempat sejak turun-temurun, bahkan salah satu warga yg mengidap kanker payudara stadium empat sudah menikmati khasiat dari bajakah.

tapi, di balik penemuan itu, diperoleh kekhawatiran pihak guru pembimbing siswa, yang takut akan banyak orang memburu pohon itu sehingga dapat merusak hutan di Kalimantan Tengah.

Berikut fakta di balik khasiat akar tanaman bajakah:

1. Tumbuhan hidup di hutan

Tumbuhan ini cuma bisa didapati di bagian didalam hutan, salah satunya di hutan yg berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Palangkaraya. Pohonnya tumbuh dengan teknik merambat meski mempunyai batang yg kuat serta cukup besar. Rambatan pohon ini dapat mencapai ketinggian lebih dari 5 meter hingga ke puncak pohon lain.

Akarnya pun menghujam di dasar aliran air lahan gambut. Pohon ini cuma bisa hidup dikawasan rimbun di mana sinar matahari tak banyak masuk, tertutup rimbunnya hutan. Sepintas, pohonnya kaya pohon biasa, sulit dibedakan dengan tanaman lain.

2. Dianggap tanaman mistis

Bajakah yakni tanaman khas Kalimantan Tengah yg telah lama dimanfaatkan sebagai penyembuh kanker secara turun-temurun oleh nenek moyang suku Dayak.

Guru pembimbing SMAN 2 Palangkaraya, Herlina, mengatakan, belum pernah tersedia penelitian ilmiah berkenaan tanaman bajakah. Hingga muncul anggapan dari masyarakat setempat yang mengindentikkan tanaman bajakah dengan hal berbau mistis.

3. Miliki antioksidan

Kayu bajakah ialah tanaman yang dijadikan obat penyembuh kanker oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya. Menurut Kepala Laboratorium Bio Kimia beserta Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) mereka tak menyangka, saat ditawari menganalisis kayu bajakah tersedia banyak kandungan senyawa antioksidan pada kayu bajakah yang sanggup berfungsi melawan sel kanker.

Hasil penelitian di lab, yang jelas bajakah ini mempunyai senyawa-senyawa yang dapat berperan sebagai antioksidan yg sekaligus dapat berperan sebagai anti kanker.

4. Sembuhkan kanker payudara stadium empat

Daldin, salah satu warga suku Dayak asli di Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya, keluarga penderita kanker payudara stadium empat, mengungkapkan bahwa ibunya menderita kanker payudara stadium empat 10 tahun lebih.

Ibunya divonis mengidap kanker payudara stadium empat pada 1970-1980-an, hingga memicu payudaranya mengeluarkan nanah. Bahkan, dokter meminta ibunya mesti segera digarap tindakan operasi. tetapi, sang ibu menolak beserta menetapkan untuk pulang kampung.

Daldin mengatakan, ibunya bisa sembuh total setelah mengonsumsi rebusan air dari akar tanaman bajakah yang dicari ayahnya di tengah hutan. cuma dalam dua minggu reaksi, sebulan sembuh total.

5. Takut eksploitasi hutan

Setelah tiga SMAN 2 Palangkaraya berhasil mendeteksi obat mujarab penyembuh kanker dari tanaman bajakah serta jadi juara dunia di Seoul, Korea Selatan, muncul kekhawatiran dari guru tersebut akan banyak orang memburu pohon itu sehingga dapat merusak hutan di Kalimantan Tengah.

Awalnya Helita menolak untuk diwawancarai, terlebih-lebih membuka secara utuh asal-usul beserta istilah jelas kayu yg disebut bajakah tersebut. Ia tidak hendak penemuan itu malah berdampak pada kerusakan hutan di Kalimantan Tengah. Bahkan, ia khawatir akan tumbuh eksploitasi alam besar-besaran tentang hutan di Kalimantan Tengah, secara khususnya bagi kategori yang mempunyai tujuan untuk komersial.