Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Cengkeh yakni rempah serbaguna dengan rasa manis serta aroma harum yg khas. Cengkeh umumnya dipakai sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue. tapi ternyata, kandungan nutrisi di dalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja khasiat cengkeh yang dapat kamu dapatkan?

Kandungan nutrisi berharga didalam cengkeh

Meski ukurannya kecil, jangan sepelekan kandungan nutrisi didalam cengkeh. Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, serta 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, serta 3% vitamin C dari keperluan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, serta vitamin E, meski jumlahnya sedikit.

Berbagai vitamin serta mineral bernilai inilah yang membantu faedah cengkeh untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh


1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang sanggup mengundang perkembangan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk mendukung menetralisir radikal bebas. kemampuan antioksidan di dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih mujarab daripada vitamin E serta jenis antioksidan lainnya.

Penumpukan radikal bebas didalam tubuh bisa merusak kode DNA serta mengakibatkan stres oksidatif sehingga memanifestasikan berbagai penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai mendatangkan penuaan.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Cengkeh mendapati sifat antibakteri yang dapat menutup infeksi. suatu penelitian menerangkan bahwa minyak esensial cengkeh mujarab membunuh bakteri E. coli yang sanggup menjadikan kram perut, diare, hingga kelelahan.

Cengkeh juga menopang memperhatika kesehatan mulut dengan memutuskan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi serta penyakit gusi (gingivitis). andaikata kamu tidak mau mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk memperoleh kebaikan yang satu ini.

2. Menaikkan kesehatan hati

Tak cuma melindungi tubuh dari kanker, eugenol di dalam cengkeh bisa membantu memajukan kesehatan hati.

Sebuah penelitian hewan yg dilaksanakan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh bisa meninggikan peran hati serta meluak peradangan. Penelitian lain menerangkan bahwa eugenol  kontributif meredakan gejala sirosis hati. Penelitian lain yang digelar pada manusia menjumpai bahwa mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yg sering jadi tanda penyakit hati.

akan tetapi demikian, wajib diingat bahwa eugenol bisa berbalik jadi racun bagi hati kalau dikonsumsi didalam dosis tinggi. Satu studi kasus mengekspos bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak bisa menyebabkan kerusakan hati yang serius.

3. Melihara kesehatan tulang

Pengeroposan tulang bisa memajukan efek kamu mendapati osteoporosis. Nah, semacam penelitian yang dilantaskan pada hewan melaporkan bahwa senyawa aktif didalam cengkeh sudah terbukti kontributif memperhatika dan meninggikan kepadatan massa tulang

Kandungan mangan didalam cengkeh juga menolong proses pembentukan tulang, serta amat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

4. Mengobati sakit maag

Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yg dipengaruhi oleh beragam faktor, kaya stres serta infeksi.

Sebuah penelitian pada hewan menampilkan bahwa minyak esensial cengkeh bisa menambah produksi lendir lambung yg bertugas sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus meninggalkan erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

5. Kadar gula darah

Penelitian mengunjukkan bahwa senyawa yg ditemukan di dalam cengkeh bisa membantu menanggulangi gula darah. Penelitian lain menyidik efek ekstrak cengkeh serta nigericin, senyawa yg ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia atau pada tikus dengan diabetes.

Cengkeh serta nigericin didapatkan untuk menambah penyerapan gula dari darah ke sel, memajukan sekresi insulin serta meluaskan tugas sel-sel yg membentuk insulin. Insulin yaitu hormon yg bertanggungjawab untuk mengalihkan gula dari darah ke sel. didalam kombinasi dengan diet seimbang, faedah cengkeh dapat membantu mengawasi kadar gula darah Anda.