Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Saat Puasa agar Tahan Seharian

Makanan Sahur yg Mengenyangkan – Di bulan suci Ramadan, sahur jadi salah satu rutinitas wajib yang pastinya kita laksanakan setiap subuh. Selain jadi bagian dari ibadah, makan sahur juga berfungsi memberi energi bagi tubuh kita untuk beraktivitas seharian beserta menangkal keinginan untuk makan, hingga tibanya waktu berbuka puasa.

Nah, untuk mempersiapkan ibadah puasa lancar seharian, kamu harus untuk memilih-milih makanan serta minuman apa yang sanggup bikin kamu lebih tahan godaan makanan sebab tahan lapar seharian penuh.

Berikut rekomendasi makanan yg bikin kenyang saat puasa berikut ini!

Makanan Sahur yang Mengenyangkan

1. Oatmeal

Bukan cuma menyehatkan, makanan sehat yang satu ini juga memberi efek kenyang lebih lama. Oatmeal benar-benar mengandung karbohidrat kompleks yg memberi energi bagi tubuh beserta otak kita untuk beraktivitas seharian.

Nggak karbohidrat kompleks, oatmeal juga kaya akan serat yg memberi efek kenyang lebih lama, sehingga makanan dari gandum utuh ini sangat cocok untuk kamu konsumsi di waktu sahur. Oatmeal dengan tambahan susu, almond beserta buah-buahan segar.

Pastinya akan memproduksi kamu bersemangat beserta nggak kelaparan hingga menjelang waktu buka puasa.

2. Sup sayur

Puasa jadi waktu yg paling benar untuk menurunkan berat badan. Nah kamu dapat menyempurnakan program diet kamu di bulan puasa dengan makan hidangan sup saat sahur. Nggak wajib takut kelaparan sebab kandungan nutrisi beserta air dari berbagai sayuran di dalamnya akan menggarap kamu kenyang lebih lama, beserta menurunkan keinginan untuk makan.

Bahkan studi yang digelar para peneliti dari Pennsylvania State University menemukan, orang yang makan satu porsi sup sayur untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan.

3. Telur

Telur yakni salah satu makanan yang kaya akan protein. Tingginya kandungan protein di dalamnya ini lah yang mempersiapkan orang yang makan telur di pagi hari akan merasa kenyang di dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut diriwayatkan oleh Shelley McGuire dari American Society for Nutrition.

Nah, untuk kamu yang sedang menjalani ibadah puasa, kamu dapat makan sebutir telur sebagai hidangan penutup saat sahur. Dijamin mesti kamu akan terus bersemangat sampai waktu berbuka nanti.

4. Alpukat

Semangkuk alpukat ataupun segelas jus alpukat murni saat sahur juga dapat jadi pencegah rasa lapar yg sering muncul di siang hari. Sebutir alpukat mengandung banyak serat serta lemak baik yg butuh waktu cukup lama untuk dicerna.

Selain itu, lemak baik ini juga akan “menghipnotis” otak untuk membikin perut tentu merasa kenyang. Buah yang dagingnya legit ini juga kaya akan folat, potassium, beserta vitamin E.

Beberapa penelitian menjumpai bahwa makanan yg mengandung ketiga nutrisi ini akan lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya.

5. Apel

Menutup waktu sahur dengan sebutir buah apel dijamin akan membentuk kamu menjadi lebih bersemangat untuk menjalani kegiatan harian, walaupun sedang berpuasa. Tingginya kadar air serta serat di dalamnya lah yang membentuk buah yg satu ini memberi efek kenyang yg lebih lama.

Sangat direkomendasikan kamu makan apel tanpa membuang kulitnya, sebab kulit apel mengandung serat pektin yang berperan sebagai penekan nafsu makan. menjadi sesuai banget yah buat kamu yang lagi diet.

Sebutir apel juga cuma mengandung 80 kalori, akan tetapi kandungan serat beserta airnya membangun kita merasa kenyang yg sama dengan kenyang setelah makan besar.

6. Kacang beserta Biji-bijian

Selesai sahur bingung mau ngapain? Mau tidur akan tetapi udah nggak ngantuk lagi? Kamu dapat menghabiskan waktu sebelum Imsak dengan menonton televisi sambil ngemil kacang-kacangan, yg pastinya akan menggarap kamu nggak akan merasa lapar saat berpuasa.

Yup, almond, walnut, mede beserta jenis kacang lainnya sungguh-sungguh kaya akan protein beserta karbohidrat kompleks yg bersifat mengenyangkan. tapi sebaiknya kamu pilih kacang yang nggak terlalu asin maupun terlalu manis, agar nutrisi di dalamnya nggak berubah jadi kalori tinggi yang justru menaikkan berat badanmu.

Selain kacang, biji-bijian sangat cocok dijadikan makanan saat sahur karena kaya serat sehingga bisa membantu sistem pencernaan sekaligus membersihkan saluran pencernaan. Makanan biji-bijian kaya kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis, serta kacang polong juga mengandung protein, vitamin serta juga mineral.

7. Ikan

Nggak hanya mempersiapkan perut kenyang lebih lama, ikan yg mengandung lemak baik kaya Salmon beserta Tuna juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Nah kamu dapat menambahkan ikan didalam menu sahur kamu.

Salmon yg dipanggang maupun dikukus, bukan digoreng, ditambah dengan sayur-sayuran hijau, pastinya akan menggarap kamu lebih bersemangat untuk beraktivitas di bulan puasa.

8. Kurma

Selama ini banyak orang yg menganggap buah kurma lebih setimbang untuk dimakan saat berbuka puasa. akan tetapi nyatanya, makan kurma saat sahur juga benar-benar disarankan loh. Tingginya kandungan serat di dalam buah kurma akan memproduksi kamu kenyang lebih lama, serta pastinya juga baik untuk kesehatan pencernaanmu. Karena itu, nggak tersedia salahnya kamu ngemil sejumlah buah kurma setelah makan sahur.

9. Dark Chocolate

Hampir semua orang tentu suka sama makanan yang satu ini, cokelat! Yup, rasanya yang manis beserta efek bahagia yg diberikannya menggarap banyak dari kita yg menggilai makanan ini. Kabar baiknya, cokelat, khususnya coklat hitam juga benar-benar ampuh untuk memberi rasa kenyang yg lebih lama loh!

Senyawa yang terkandung didalam dark chocolate berfungsi untuk menangguhkan proses pencernaan, sehingga akan membangun kamu merasa kenyang. Nggak hanya itu, coklat hitam juga dapat mengecilkan nafsu untuk mengonsumsi makanan manis beserta berlemak yang tinggi akan kalori.

Wah, serasi banget yah buat kamu yang lagi diet!

10. Beras Merah

Konsumsi beras mereah yang kaya akan gizi beserta bikin kenyang tahan lama dengan harga terbaik di sini!

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dengan arsitektur kimia rumit sehingga proses pemecahan beserta penyerapannya menginginkan waktu lebih lama dibanding karbohidrat biasa.

Dengan mengonsumsi makanan beras merah saat sahur, kamu bisa terasa kenyang sepanjang hari.

11. Daging Merah

Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur yaitu makanan yg mengandung protein tinggi kaya daging ayam ataupun daging sapi. Protein dipakai tubuh di dalam proses metabolisme untuk mendatangkan energi. Jadi, sajikanlah daging pada menu makanan saat sahur.

12. Yogurt

Minuman yogurt pantas dikonsumsi saat sahur karena minuman susu fermentasi ini kaya kalsium beserta vitamin D dan mengandung probiotik ialah bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat di usus. Yogurt juga adalah sumber protein sehingga bisa melancarkan metabolisme.

Dengan mengonsumsi makanan serta minuman sahur yg bikin kenyang di atas, sekarang nggak tersedia lagi yang namanya kelaparan beserta lemas saat puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.