Kumpulan Aneka Resep Masakan Sahur Berkuah

Enak dan sedap yaitu dua kata yang pas menggambarkan sajian menu sahur kali ini. Hidangan aneka berkuah sememangnya memudahkan anda untuk dapat mencerna dan mengunyah sajian ini pada saat sahur. Nah, bila anda penasaran semacam apa saja resep dan langkah didalam membuat aneka resep sahur dari hidangan berkuah kali ini. Maka tak wajib khawatir, anda akan bisa menyimaknya dengan praktis dan simple dibawah ini.  Berikut ini ialah aneka resep sahur hidangan berkuah yang sehat dan enak.

Sup Makaroni Sosis

Bahan-Bahan:
✅ 100 gram makaroni kecil
✅ 2 buah wortel, potong kotak
✅ 1/2 sendok teh merica bubuk
✅ 1 buah paha ayam tanpa tulang
✅ 2.000 ml kaldu ayam
✅ 3 buah sosis sapi
✅ 3 siung bawang putih, cincang halus
✅ 1 batang daun bawang, potong 1 cm
✅ 5 1/2 sendok teh garam
✅ 100 gram kacang polong
✅ 1 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membikin Sup Makaroni Sosis yang Enak dan Mantap
✅ Metode berguna pertama yg akan bisa kita lakukan di dalam membuat sajian kali ini yakni dengan membentuk bahan-bahan yg tersedia pada resep sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
✅ Adapun bahan pertama yang akan bisa anda sajikan untuk membangun sajian kali ini diantaranya adalah dengan menyiapkan makaroninya terlebih dahulu.
✅ Siapkan panci dan masukkan air kedalamnya lalu kemudian memasukkan makaroni kedalamnya dan rebus secara merata sampai matang dan kenyal. Bila telah matang maka angkat sajian ini dan sisihkan didalam sebentuk wadah.
✅ Tiriskan air pada makaroni secara merata dan sisihkan sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
✅ Setelah selesai maka selanjutnya kita akan potong-potong sosisnya dengan bentuk bulat ketebalan kira-kira 1/2 cm. Lalu masukkan di dalam wadah sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainya.
✅ Nah, selesai membangun semua bahan maka metode selanjutnya ialah dengan meracik bumbu dan membentuk sajian kali ini.

Cara Membikin Sup Makaroni Sosis yang Enak dan Mantap:
✅ Untuk membangun hidangan kalin ini anda akan bisa mengerjakannya dengan sederhana dan sederhana. adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebentuk wajan diatas kompor dengan memakai api yg sedang.
✅ Bila wajan telah panas maka silahkan masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak jadi lebih panas secara merata.
✅ Baru setelah itu, masukkan bawang putih kedalamnya dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yg enak dan sedap.
✅ Setelah selesai maka masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk sampai daging ayam berubah warnanya jadi lebih pucat secara merata dan teksturnya jadi lebih mengeras secara merata.
✅ Masukkan air kaldu kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan kuah jadi terlihat berkaladu dan merata.
✅ Masukkan sosis sapi kedalamnya bersama dengan makaroni dan juga garam, merica dan wortel. Lalu aduk-aduk secara merata semua sajian ini.
✅ Tambahkan pula pala bubuk kedalamnya dan aduk-aduk secara merata semua sajian ini sampai tercampur secara merata dan matang.
✅ Menjelang diangkat anda akan senantiasa bisa menuangkan kacang polong bersama dengan daun bawang. Lalu aduk-aduk semua sajian ini hingga tercampur  secara merata.

Nah, setelah matang kemudian hidangan ini akan bisa anda nikmati selagi masih hangat dan disantap bersama dengan sepiring nasi yang enak dan matang.  Untuk menambah rasa dan selera dari sajian kali ini maka anda akan bisa menambahkan bawang goreng sebagai tambahan dari sajian yg satu ini.

Sup Tahu Putih Brokoli

Bahan-Bahan:
✅ 1 bonggol sedang brokoli
✅ 1 buah tahu sutera
✅ 100 gram jagung putren
✅ 2 cm jahe, memarkan
✅ 4 siung bawang putih, memarkan
✅ 2 batang seledri, ikat
✅ 1/4 sendok teh merica bubuk
✅ 2 sendok teh garam
✅ 1/2 sendok teh pala bubuk
✅ 1/2 sendok teh gula pasir
✅ 1 batang daun bawang, potong 1 cm
✅ 1.500 ml kaldu ayam
✅ 1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis

Persiapan Mempersiapkan Sup Tahu Putih Brokoli Sajian Sahur yg Menggoda:
✅ Untuk mengawali langkah kali ini cara pertama yg akan bisa anda lakukan untuk membangun sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu memilih bahwa anda telah mempersiapkan peranti bahan yang tersedia pada resep. cara ini jadi hal bernilai yang mesti untuk anda lakukan dengan baik sebab akan memudahkan anda untuk mempersiapkan sajian kali ini.
✅ Adapun persiapan pertama yang akan bisa anda lakukan untuk sajian kali ini adalah dengan memotong brokoli. Potong brokoli berdasarkan dengan kuntumnya. Anda dapat menggunakan pisau untuk memudahkan anda menjalankannya secara merata.
✅ Setelah selesai maka masukkan potongan brokoli kedalam wadah dan sisihkan secara merata sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan lainnya.
✅ Sebelum itu, bernilai sekali untuk anda membersihkan brokoli secara merata. Aduk-aduk juga dan pastikan anda membersihkan brokoli sampai ke bagian celahnya.
✅ Langkah selanjutnya ialah dengan memotong tahu putihnya. Potong dan bagi jadi empat bagian secara merata. Lalu masukkan di dalam wadah sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan lainnya.
✅ beberapa saat itu, untuk jagung putren anda bisa memotong bahan ini dengan bentuk menyerong secara merata. Lalu masukkan didalam wadah dan bersihkan secara merata.
✅ Nah, setelah semua bahan dibersihkan dengan baik maka langkah selanjutnya yg akan bisa anda lakukan adalah dengan mulai meramu bahan.

Car Mempersiapkan Sup Tahu Putih Brokoli Sajian Sahur yang Menggoda:
✅ Untuk membentuk sajian kali ini cukup simpel dan sederhana, anda cuma kudu menyiapkan suatu wajan diatas kompor dan nyalakan api yg sedang. Lalu tunggu sampai wajan jadi lebih panas merata.
✅ Bila telah panas maka masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak panas. Baru setelah itu, tumis kedalamnya bawang putih bersama dengan jahe memakai minyak zaitun.
✅ Masak dan tumis bahan diatas sampai layu dan tercium bau harum yang enak dan sedap. Lalu setelah itu, masukkan kaldu ayam kedalamnya.
✅ Tuangkan pula seledri kedalam kuah bumbu dan masak sajian ini sampai mendidih dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
✅ Selanjutnya yakni dengan menambahkan brokoli bersama dengan jagung dan bumbui dengan memakai merica bubuk, gula pasir dan pala. Lalu aduk-aduk sajian ini.
✅ Masak sup sampai matang dan cicipi pula kuah bumbunya apakah telah pas ataupun belum. Bila belum maka silahkan koreksi bumbunya sampai pas.
✅ Menjelang diangkat anda akan bisa menambahkan tahu bersama dengan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.

Bila telah matang angkat sajian ini dan hidangkan di dalam sebentuk wadah. Untuk menambah selera maka anda akan bisa menuangkan bawang goreng dibagian atasnya secara merata.

Pindang Patin Berkuah

Ingin bersantap sahur dengan menu makanan apa mulai menjadi kebingungan yang mendera beberapa banyak orang. andaikan sudah bosan dengan menu daging ayam maupun daging sapi, mengapa tak bersantap sahur dengan daging ikan? bila dirasa ikan goreng yakni olahan yg tidak menarik dan mengunggah selera makan saat sahur, kenapa tidak coba untuk mengolah daging ikan menjadi masakan berkuah? Salah satunya dapat dengan memasak pindang ikan patin.

Ya, ikan patin selain enak diolah jadi hidangan pindang, juga disebutkan mendapati kandungan asam lemak omega-3 yg mana dipahami mendatangkan kemaslahatan kesehatan bagi manusia, salah satunya untuk ibu hamil yg disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan omega-3 untuk perkembangan otak janin.

Nah, sayang kan rasanya melewati kebaikan ikan patin begitu saja? Lalu kaya apa cara membuat hidangan ikan patin? Ini pemaparan resep pindang patin yg mudah dibuat untuk menu sahur nanti. Selamat mencoba!

Pindang Patin (untuk dua porsi)

Bahan-bahan;
✅ 1/2 kilogram ikan patin;
✅ 1 batang sereh, geprek, potong;
✅ 3 lembar daun jeruk;
✅ 1 jari laos;
✅ 2 buah cabe merah, potong serong;
✅ 3 buah cabe ijo, potong serong;
✅ Air asam jawa, secukupnya;
✅ 2 buah jeruk nipis;

Bumbu halus:
✅ 5 siung bawang merah;
✅ 3 siung bawang putih;
✅ 2 butir kemiri;;
✅ 1 ruas jahe;
✅ 1 jari kunyit;
✅ 3 buah cabe merah;;
✅ 1 sendok teh lada bubuk;
✅ Garam, secukupnya;
✅ Minyak goreng secukupnya, untuk menumis;

Cara membuat;
✅ Bersihkan ikan patin yang telah dipotong;
✅ Lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Lalu bilas dengan air;
✅ Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan, laos, cabe merah hingga harum. Baru tambahkan air, sereh, daun jeruk, air asam jawa, garam, dan bubuk penyedap rasa;
✅ Masak sebentar sampai kuah sedikit agak mengental lalu masukan ikan patin;
✅ Masak lagi hingga ikan patin matang dan bumbunya meresap sekitar 15-20menit. Cicipi rasa, tes hingga rasanya pas sesuai selera. Sajikan selagi hangat.

Sayur Oyong Bening Bihun

Oyong yang juga dipahami dengan kata gambas ini seragam dijadikan sayur bening karena mendapati cita rasa yang netral dan enak pastinya. Selain enak, sayur oyong pun kaya akan khasiat untuk keseahatan tubuh kita. Oleh karena itulah, anda mesti membikin sayur yang satu ini untuk disajikan di meja makan. apabila anda bosan dengan sayur oyong bening yg biasa maka anda dapat membuat variasi lain. Untuk memperoleh sayur oyong yang berbeda dari sayur oyong lazimnya maka salah satu metodenya yaitu dengan menambahkan bahan pelengkap. tersedia berbagai macam bahan pelengkap yang dapat ditambahkan, dimana salah satunya adalah bihun. Oyong dan bihun akan mempersiapkan sayur yang diperoleh lebih spesial dan istimewa, sehigga dengan begitu anda pun tak akan bosan untuk menyantapnya. Nah, bagi anda yg ingin memproduksi sayur oyong bening bihun ini di rumah , anda dapat langsung saja simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan baku Sayur Oyong Bening Bihun
✅ 300 gram oyong
✅ 100 gram bihun
✅ 1 buah wortel
✅ 100 gram daging ayam fillet
✅ 800 ml air

Bumbu Sayur Oyong Bening Bihun
✅ 3 buah cabai merah
✅ 2 buah bawang merah
✅ 2 lembar daun salam
✅ 2 buah bawang putih
✅ Garam secukupnya
✅ Gula merah secukupnya
✅ Penyedap rasa secukupnya

Cara memproduksi Sayur Oyong Bening Bihun yang Sederhana dan Enak
✅ Langkah pertama yaitu, kupas oyong yg sudah anda siapkan. Lalu potong oyong dengan ketebalan kurang lebih 2 cm.
✅ Cuci bihun yang sudah anda siapkan.
✅ Kupas wortel, lalu potong dengan arah menyerong.
✅ Iris halus bawang merah dan bawang putih.
✅ Iris kasar cabai merah.

Cara menggarap Sayur Oyong Bening Bihun
✅ Langkah pertama yaitu, siapkan panci ataupun alat lainnya yang digunkan untuk memasak.
✅ Lalu masukan semua bumbu yang sudah diiris kaya bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Aduk sampai merata dan masak sampai air mendidih serta bumbu mengeluarkan aroma harum.
✅ Masukan wortel yang sudah dipotong. Masak wortel sampai setengah matang.
✅ Masukan irisan ayam. Masak sampai ayam benar-benar matang.
✅ Tambahkan bihun dan oyong yang sudah dipotong. Aduk merata dan masak sampai layu.
✅ Setelah itu, tambahkan bumbu semacam garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Aduk merata sampai bumbu larut.
✅ Masak kembali sampai semua bahan benar-benar matang dan bumbu meresap. andaikan telah matang, angkat dan sajikan pada mangkuk saji yg sudah disiapkan. Lalu ambil bawang merah goreng yang sudah anda siapkan. Taburi di atas sayur oyong bening bihun yang sudah disajikan di atas mangkuk.

Sayur oyong bening bihun sudah selesai dibuat. Setelah ini anda dapat menyajikan di meja makan agar dapat disantap. Agar lebih nikmat santaplah sayur oyong bening bihun ini didalam keadaan hangat.