Khasiat Menakjubkan Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh ialah rempah serbaguna dengan rasa manis serta aroma harum yg khas. Cengkeh umumnya dipakai sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue.

Tetapi ternyata, kandungan nutrisi didalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja keuntungan cengkeh yang sanggup kita dapatkan?

Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, serta 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, serta 3% vitamin C dari keperluan harian tubuh.

Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, serta vitamin E, meski jumlahnya sedikit. Berbagai vitamin serta mineral berguna inilah yg menyokong keuntungan cengkeh untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

1. Melindungi dari kanker
Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menerbitkan perkembangan kanker.

Cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk kontributif menetralisir radikal bebas.

Kekuatan antioksidan didalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih manjur daripada vitamin E serta jenis antioksidan lainnya.

Penumpukan radikal bebas didalam tubuh bisa merusak kode DNA serta menyulut stres oksidatif sehingga melantarkan berbagai penyakit kronis.

Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai membawa dampak penuaan.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit
Cengkeh mendapati sifat antibakteri yang bisa menutup infeksi. suatu penelitian mengindikasikan bahwa minyak esensial cengkeh mujarab membunuh bakteri E. coli yang sanggup menjadikan kram perut, diare, hingga kelelahan.

Cengkeh juga menopang mengawasi kesehatan mulut dengan mengakhiri pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi serta penyakit gusi (gingivitis).

Jika tak mau mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk memperoleh kemaslahatan yang satu ini.

3. Memajukan kesehatan hati
Tak cuma melindungi tubuh dari kanker, eugenol didalam cengkeh bisa membantu menambah kesehatan hati.

Sebuah penelitian hewan yang diadakan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh bisa meninggikan tugas hati serta menyedikitkan peradangan.

Penelitian lain memperlihatkan bahwa eugenol menopang meredakan gejala sirosis hati. Mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yang sering jadi tanda penyakit hati.

tapi demikian, wajib diingat bahwa eugenol bisa berbalik jadi racun bagi hati andaikata dikonsumsi di dalam dosis tinggi. Satu studi kasus mengunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak bisa menyebabkan kerusakan hati yg serius.

4. Membela kesehatan tulang
Pengeroposan tulang bisa memajukan efek mendapati osteoporosis. Nah, sebentuk penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif didalam cengkeh terbukti kontributif merawat dan meninggikan kepadatan massa tulang.

Kandungan mangan didalam cengkeh juga meringankan proses pembentukan tulang, serta sungguh-sungguh berarti bagi kesehatan tulang.

5. Mengobati sakit maag
Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, kaya stres serta infeksi.

Sebuah penelitian pada hewan menampilkan bahwa minyak esensial cengkeh bisa menaikkan produksi lendir lambung yang bertugas sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus menghindari erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

6. Menanggulangi kadar gula darah
Penelitian memperlihatkan bahwa senyawa yang ditemukan didalam cengkeh bisa membantu menanggulangi gula darah.

Penelitian lain mendalami efek ekstrak cengkeh serta nigericin, senyawa yg ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia atau pada tikus dengan diabetes.

Cengkeh serta nigericin didapatkan untuk meninggikan penyerapan gula dari darah ke sel, menaikkan sekresi insulin serta menambah peran sel-sel yang memproduksi insulin.

Insulin yaitu hormon yg bertanggungjawab untuk mentransfer gula dari darah ke sel. di dalam kombinasi dengan diet seimbang, kebaikan cengkeh dapat membantu melindungi kadar gula darah.