Daun Sirih dan Jeruk Nipis Untuk Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Tak dapat dipungkiri, penyebaran virus corona ataupun Covid-19 di Indonesia telah memproduksi sejumlah masyarakat panik.

Masyarakat pun berburu masker beserta hand sanitizer hingga jadi langka di pasaran.

Ya, hand sanitizer sungguh-sungguh menjadi barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat saat ini.

Sebab, kegunaannya dapat membunuh bakteri bahkan virus corona yg melekat di tangan.

Untuk itu, masyarakat diusulkan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun, juga memakai hand sanitizer berbahan alkohol.

Karena stoknya yang mulai langka di pasaran, hand sanitizer pun dapat dibuat sendiri di tempat tinggal memakai bahan sederhana, yaitu daun sirih serta jeruk nipis.

Dilansir dari laman Youtube Universitas Airlangga, dengan judul 'Susah menyelidik Bahan Hand Sanitizer? Coba Buat dengan Daun Sirih', Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menggambarkan cara pembuatannya.

"sungguh pembuatan hand sanitizer banyak dibutuhkan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu praktis pembutannya, cuma masyarakat lazim untuk memperoleh bahan bakunya mungkin tidak praktis ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari.

Karena tak simpel bagi masyarakat awam menjumpai etanol, maka Retno Sari pun mencoba dengan memakai bahan yang tersedia di pekarangan rumah, adalah daun sirih.

"sungguh ini hasil penelitian kami telah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita mempersiapkan penukar hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

Ia pun kemudian menambahkan bahan lain pada hasil penelitiannya itu, sehingga jadi hand sanitizer yang mampu dipakai semua orang.

"Kemudian Maret kita coba menambahkan bahan lain yang juga mendapati efek anti bakteri beserta juga untuk memecahkan persoalan pada sirih sendiri," kata dia.

Seperti yg dikenal, kata Retno Sari, daun sirih ini yaitu tanaman yg telah sering dipakai sebagai antiseptik.

"Nah kalau tersedia di tempat tinggal, kita dapat gunakan rebusan daun sirih, kemudian sebab daun sirih ini praktis teroksidasi, menjadi warnanya lazimnya berubah jadi cokelat. Nah ini dapat diatasi dengan menambahkan jeruk nipis, nanti dia dapat menahan oksidasi," bebernya.

Ia pun berharap masyarakat dapat mencoba hand sanitizer sendiri ini di rumah.

"Tidak kudu terbentuk kepanikan ya untuk membeli hand sanitizer sampai memborong serta segala macam, masyarakat dapat membikin hand sanitizer untuk pendayagunaan sendiri, tapi tidak untuk diperjual belikan, karena tidak dapat digunakan di dalam jangka waktu yg lama," kata dia.

Berikut bahan beserta langkah pembuatannya:

Bahan-bahan:
- Daun sirih 50 gram
- Air 200 ml
- Jeruk Nipis

Cara membuat:
- Ambil 50 gram daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih serta diangin-angin biar kering
- Dipotong-potong kecil
- Panaskan air 200 ml
- Tuangkan air panas ke daun sirih yg telah dipotong-potong
- Rendam kemudian steam didalam panci dengan api kecil selama 30 menit
- Setelah itu disaring hingga bisa ekstra air
- Tambahkan jeruk nipis
- Aduk serta tambahkan air

Agar hasilnya tak berwarna, pada saat penyaringan ditunggu sampai dingin dulu daun sirihnya, kemudian jeruk nipisnya kita masukkan dulu didalam wadah penyaringan, baru daun sirinya disaring di situ. menjadi warnanya akan bening.

"Baunya niscaya sungguh daun sirih, akan tetapi ini efektif. menjadi kadar daun sirih yang 15 persen ke atas itu sama efektifnya dengan etanol, kemampuan meluak jumlah bakteri, semoga bermanfaat," tutup Retno Sari.

Membuat Hand Sanitizer dengan Alkohol
Semua pihak sepakat bahwa untuk meluputkan penularan penyakit, termasuk virus corona, cara terbaik yang dapat dilangsungkan adalah mencuci tangan dengan sabun beserta air dan meluputkan menyentuh wajah.

Tetapi kalau sedang berpergian, maupun tak mempunyai akses air bersih beserta sabun, hal terbaik berikutnya yakni memakai hand sanitizer.

tetapi, di sebagian negara yg terdampak wabah virus corona, hand sanitizer jadi barang langka karena banyak diborong oleh masyarakat.

Kita tak harus khawatir seandainya tidak bisa menemukannya, karena kita dapat membuatnya sendiri, serta ini tidaklah sulit.

Sejumlah situs menyerahkan penjelasan mengenai metode mencampur formula hand sanitizer sendiri.

Resepnya mungkin sedikit berbeda, tetapi pada intinya apabila hendak membuat pembersih tangan sendiri, kita wajib memahami sejumlah hal berikut:

1. Agar efektif, pembersih tangan perlu mempunyai kekuasaan setidaknya 60 persen isopropil alkohol.

akan tetapi, sebab perlu mencampurkan pembersih dengan gel lidah buaya untuk menstabilkan beserta melindungi tangan, sejumlah besar menyarankan campuran mengandung paling sedikit dua pertiga isopropil, alkohol 99 persen, beserta sepertiga gel lidah buaya.

Setelah dicampur, masukkan ke didalam wadah kecil.

2. Pembersih ini cuma efektif andaikan kita memakainya secara menyeluruh di tangan beserta kemudian mengeringkannya.

Menyemprotkan cuma beberapa tetes di telapak tangan kemudian menyekanya tidak akan menunjang sama sekali.

3. apabila tangan betul-betul kotor ataupun berminyak, maka menurut Pusat Pengendalian beserta Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, hand sanitizer tak akan banyak membantu.

4. Hal terbaik yang mampu kita kerjakan tetap dengan mencuci tangan serta menjauhkan tangan dari wajah.

5. Belum tersedia informasi maupun masalah di luar sama yg mengatakan tentang penyebaran infeksi melalui ponsel, menjadi kita tak mesti khawatir.

Meski begitu, bila kita masih mempunyai kekhawatiran ponselmu pernah disentuh oleh seseorang yang mungkin terpapar, kita dapat menggunakan tisu dengan alkohol untuk membersihkannya.