Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Kenali Dulu Tipenya

Jikalau bekas jerawat membangun kamu malu beserta tidak nyaman, kamu tidak sendirian. melimpah orang mengeluhkan situasi kulit yg satu ini sepanjang tahunnya. mempunyai jerawat aktif bagi beberapa besar orang bisa mendatangkan perasaan stres. tetapi, berhasil menutup pertumbuhan beserta penyebaran jerawat saja belum cukup. karena setelah itu, muncul permasalahan baru; bekas jerawat.

Pemilik tipe kulit wajah berminyak menjurus rentan berjerawat. Bertarung melawan jerawat pasti tak mudah. serta lebih tidak praktis lagi untuk menandaskan bekasnya. tetapi, kamu tidak boleh pesimis. Jangan segan untuk memeriksa beserta menelaah perihal perawatan wajah guna memusnahkan bekas jerawat tersebut.

Perawatan bekas jerawat mungkin tak sepenuhnya langsung menyembuhkan. serta terkadang, biayanya juga mahal. tetapi, tidak ada salahnya dicoba. Simak uraiannya berikut ini.

Penyebab Bekas Jerawat Muncul

Bekas jerawat umumnya disebabkan oleh jerawat inflamasi, kaya papula (benjolan berwarna merah muda), pustula (benjolan merah muda dengan nanah putih), maupun kista.

Terdapat sebagian faktor yang berkontribusi mengenai efek berkembangnya bekas jerawat. Pertama, faktor genetik: andaikan kamu mendapati anggota keluarga yang mempunyai bekas jerawat, kamu beefek lebih tinggi mendapatinya juga.

Kedua, jenis kulit. Pemilik kulit lebih terang lebih rentan mengenai eritema jerawat (kemerahan persisten) setelah jerawat radang, beberapa saat pemilik kulit wajah condong gelap lebih rentan berkenaan hiperpigmentasi pasca-inflamasi maupun bercak coklat., demikian penjelasan Dr. Claire Chang, dermatologis di Union Square Laser Dermatology dikutip dari Harpers Bazaar.

Ketiga, jangan sering menyentuh jerawat Anda. Intensitas yg berlebihan di dalam menyentuh jerawat aktif akan membangkit trauma berlebihan beserta memperburuk peradangan yang menimbulkan bekas jerawat.

Dr. Chang menyarankan untuk meluputkan scrub berbahan keras serta produk perawatan kulit yang mampu memproduksi iritasi kulit berlanjut. direkomendasikan juga untuk berhenti memencet beserta memegang jerawat yg masih aktif, karena hal tersebut bisa menyebabkan radang beserta bekas luka.

5 Jenis Bekas Jerawat

Jenis bekas jerawat tersedia bermacam-macam. tersedia 5 yang paling lazim ialah ice pick scar, boxed scar, rolling scar, hyperpigmentation scar serta hypertropic scar.

Kelima jenis bekas jerawat ini mendapati kekhasan bentuk beserta penyebabnya masing-masing. tetapi sejumlah besar bekas jerawat selalu disebabkan oleh peradangan. cara mengatasinya pun berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya kamu ketahui dulu bekas jerawat jenis apa yg sedang kamu miliki. Berikut penjelasannya.

1. Ice Pick Scar
Ice Pick Scar adalah jenis bekas jerawat dengan keunikan bentuk semacam lubang yg kecil, menyempit, beserta menembus jauh ke didalam kulit. Ice pick scar yaitu salah satu jenis bekas jerawat yg cukup sulit ditangani. Bekas ini dihasilkan oleh cystic acne yg biasa muncul pada lokasi pipi, dagu serta rahang.

Cystic acne yg terinfeksi akan mebuat jalan ke permukaan serta merusak jaringan tisu pada kulit, meluputkan bekas luka semacam lubang tusukan berbentuk silinder. metode menghapuskan bekas jerawat ini bisa dilantaskan dengan perawatan khusus semacam laser, punch excision, beserta cangkok kulit.

2. Boxed Scar
Boxed Scar yaitu bekas jerawat yang mempunyai sudut beserta tepi yang jelas. Boxed scar muncul andaikata kamu mendapati peradangan saat sedang berjerawat. Bekas jerawat jenis ini lazimnya tak terlalu dalam, tapi mendapati tempat luka yg lebih lebar hingga batasan bekas jerawat terlihat lebih jelas.

Penyebabnya yaitu hilangnya jaringan tisu serta kolagen pada kulit. Ketika radang menghancurkan kolagen, jaringan tisu pada kulit akan hilang beserta daerah kulit tersebut akan tertekan. metode meniadakan bekas jerawat ini adalah dengan perawatan punch excision, punch elevation, laser surfacing, serta dermal filler.

3. Rolling Scar
Rolling Scar ialah bekas jerawat yang membentuk tekstur kulit wajah tidak rata kaya bergelombang, lebar beserta dangkal. Rolling scar lazimnya terbentuk karena jerawat mendapati peradangan didalam waktu yg lama. beserta bekas jerawat ini akan semakin terlihat seiring bertambahnya usia, akibat menghilangnya kekencangan kulit wajah. teknik meredakan bekas jerawat ini bisa dijalankan dengan perawatan laser beserta facial filler tampilan bergelombangnya tersamarkan beserta hilang.

4. Hypertropic Scar
Hypertropic Scar yaitu bekas jerawat yg berubah warna jadi gelap serta nampak kaya benjolan. Hypertropic scar juga diketahui dengan nama keloid. Benjolan pada bekas jerawat ini disebabkan oleh tubuh yang secara tak sengaja membuat sel secara berlebihan didalam upayanya memperbaiki sel kulit yg sedang rusak akibat inflamasi. metode merawat bekas jerawat ini yaitu dengan suntikan steroid maupun costisone. kamu juga bisa menggunakan produk retinol topical beserta perawatan laser.

5. Hyperpigmentation Scar
Hyperpigmentation Scar yaitu bekas jerawat yang tidak meninggalkan bekas luka tapi merenovasi warna ataupun pigmen pada kulit wajah. Hyperpigmentation scar disebabkan oleh peradangan yang mempersiapkan kulit membentuk melanin secara berlebihan. andaikata tidak segera ditangani, bekas luka ini akan butuh waktu 1 hingga 2 tahun untuk hilang. cara eliminasi bekas jerawat jenis ini adalah dengan rajin memakai sun screen beserta eksfoliasi kulit dengan teratur memakai produk yang mengandung glycolic acid serta retinoid untuk mempercepat proses regenerasi sel.