Cara Praktis Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Anda niscaya telah tahu bahwa cuci tangan betul-betul berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai kuman beserta penyakit. Maka, mencuci tangan perlu dibiasakan. akan tetapi, tersedia juga saat-saat di mana Anda memerlukan pembersih tangan yang sanggup dibawa kemana pun, misalnya saat naik kendaraan biasa. Di kala ini, hand sanitizer dapat jadi alternatif Anda. Selain praktis serta tak menginginkan air, tata letak hand sanitizer juga memang amat sederhana. Anda bahkan dapat memproduksi hand sanitizer sendiri di hunian. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Mengapa perlu memproduksi hand sanitizer sendiri?

Produk-produk hand sanitizer yg dijual di pasaran mengandung berbagai bahan kimia tambahan yg memang tidak perlu. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah agen antibakteri benama triklosan beserta triklokarban. Penelitian yang dirilis oleh FDA (badan pengawas obat beserta makanan) di Amerika Serikat pada 2013 membuktikkan bahwa agen antibakteri tersebut ternyata tidak bisa mengincar kuman beserta bakteri penyebab penyakit kaya flu beserta batuk. Lebih jauh, FDA melaporkan bahwa pemakaian produk antibakteri yang mengandung triklosan maupun triklokarban tidak lebih ampuh didalam membersihkan tangan dibandingkan dengan produk yang bersifat alami tanpa tambahan zat kimia tertentu. Triklosan malah akan membikin tubuh Anda lebih resistan tentang antibiotik bakteri.

Selain itu, kandungan triklosan ternyata beakibat memicu berbagai situasi sulit kesehatan bagi Anda serta keluarga. Penelitian terbaru yg dikerjakan oleh University of California Davis menguak bahwa pendayagunaan bahan kimia ini beefek mendatangkan gangguan pada peranan otot kerangka serta jantung manusia. Di samping bahaya tersebut, dampak dari penerapan berbagai produk pencuci tangan yg mengandung triklosan ataupun triklokarban sebenarnya tidak akan langsung terasa. lazimnya penerapan teratur didalam jangka waktu tiga sampai lima tahun baru akan membuahkan kulit kering serta sensitif.

Berbagai minyak esensial serta khasiatnya

Sebagai substitusi agen antibakteri beserta zat pewangi yang berbahaya bagi tubuh, gunakan minyak esensial murni serta organik untuk hand sanitizer Anda. Minyak esensial murni yaitu ekstrak dari tumbuhan yang mendapati berbagai khasiat mujarab bagi tubuh Anda. Jadi, Anda tak mesti khawatir dengan keampuhannya.

Wangi yang dihasilkan pun bersifat alami. seandainya dibandingkan dengan hand sanitizer yg dijual di toko-toko, aroma hand sanitizer dengan minyak esensial tak menyengat atau berbau bahan kimia yang tajam. Sebagai acuan Anda, berikut ialah berbagai opsi minyak esensial yang mampu dicampurkan di dalam hand sanitizer buatan rumah.

Minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak esensial pohon teh betul-betul kaya akan kandungan antibakteri serta antimikrobial alami. Khasiatnya sebagai penangkal berbagai jenis virus, bakteri, beserta kuman pun telah teruji sejak berabad-abad lalu. Selain itu, minyak esensial ini juga mampu melawan infeksi yg disebabkan oleh bakteri.

Lavender

Berbagai penelitian di seluruh dunia sudah membuktikan khasiat minyak esensial lavender sebagai antibakteri serta antijamur yg alami. Minyak ini juga aman bagi kulit sensitif. Di samping itu, aroma lavender yg menenangkan akan membangun Anda merasa lebih rileks.

Jeruk

Minyak esensial dari jeruk mempunyai peran antiseptik beserta antioksidan. Sebagai sumber antioksidan, minyak ini akan meregenerasi sel-sel kulit tangan Anda sehingga tangan pun akan senantiasa lembut beserta kenyal. Untuk menolong menahan pertumbuhan virus maupun bakteri di dalam tubuh, antioksidan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Kayu manis

Tak cuma sedap untuk dihidangkan sebagai pelengkap makanan serta minuman, kayu manis juga dapat dicampurkan didalam hand sanitizer alami Anda. Minyak esensialnya berfungsi sebagai antibakteri serta antimikrobial yg efektif menghalau berbagai organisme penyebab penyakit.

Alat serta bahan yg dibutuhkan

Untuk membentuk hand sanitizer alami Anda di rumah, siapkan alat serta bahan-bahan berikut ini.

  • 3 sendok makan gel lidah buaya, dapat Anda beli di toko kecantikan ataupun apotek
  • Minyak esensial, Anda boleh mencampurkan sejumlah jenis minyak esensial beserta takarannya dapat disesuaikan dengan keharuman yang Anda inginkan (lazimnya Anda akan menginginkan sekitar 8 tetes)
  • 1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA), dapat dibeli di apotek
  • Mangkuk maupun wadah kaca
  • Botol plastik kecil

Cara membentuk hand sanitizer

Campurkan beserta aduk merata semua bahan yg telah Anda siapkan ke didalam mangkuk kaca. Hindari mangkuk ataupun wadah plastik saat mengaduk adonan hand sanitizer. tersedia akibat minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu didalam adonan akan merusak plastik. tapi, bila sudah teraduk hingga merata, wadah plastik boleh Anda gunakan.

Setelah semua bahan hand sanitizer Anda tercampur dengan konsistensi yang baik (tidak terlalu encer serta tak terlalu kental), pindahkan ke botol plastik kecil. Hand sanitizer alami Anda pun siap untuk dibawa ke mana pun Anda beserta keluarga bepergian. Ketika mendokumentasikan hand sanitizer buatan tempat tinggal ini, jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung.