Cara Membuat Hand Sanitizer Gel Sendiri di Rumah yg Mudah

Mencuci tangan dengan sabun beserta air hangat masih adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman beserta terhindar dari virus corona. cuma saja terkadang Anda seringkali kesulitan untuk menyelidik lokasi untuk mencuci tangan dengan sabun. opsi lainnya, Anda dapat menggunakan cairan pembersih tangan. Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah.

Sebagai catatan, hand sanitizer sebaiknya cuma digunakan untuk membersihkan tangan ketika Anda tidak mendapati akses ke sabun serta air. Cairan pembersih tangan juga sebaiknya tidak digunakan terlalu sering.

Untuk membentuk cairan pembersih tangan sendiri, berikut ini bahan-bahan yang Anda perlukan.

  • 2/3 cangkir alkohol gosok (isopropyl alcohol)
  • 1/3 cangkir jel lidah buaya
  • 1/2 sdt minyak vitamin E (opsional)
  • 8-10 tetes minyak esensial, semacam lavender, peppermint, maupun lemon

Campurkan semua bahan di dalam wadah tertutup hingga rata. apabila terlalu encer, tambahkan jel lidah buaya.

Kandungan alkohol di dalam alkohol gosok serta vodka diklaim membunuh sejumlah besar bakteri beserta sebagian virus, sedangkan minyak lidah buaya beserta vitamin E meringankan mengawasi kulit Anda senantiasa lembap.

Beberapa minyak esensial, kaya pohon teh serta lavender, dilaporkan mempunyai sifat antibakteri serta antivirus, sekalipun Anda harus memakainya dengan hati-hati serta melangsungkan tes tempel untuk alergi terlebih dahulu.

Selain mempunyai peranan antiseptik, essential oil berguna untuk menetralisir bau dari alkohol. Tambahkan essential oil bila Anda membutuhkan aroma yang lebih kuat. seandainya tidak suka dengan lavender, daun mint, maupun lemon, essential oil semacam tea tree juga dapat dipakai.

Hanya saja, Anda juga tak dapat menggantungkan hand sanitizer sepenuhnya. Lebih baik mencuci tangan secara biasa dengan sabun beserta menggosoknya dengan benar sesuai yg dianjurkan WHO untuk meninggalkan penyebaran virus corona.

Catatan: Berhati-hatilah saat membikin dan mencampurkan semua bahannya serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. Semua bahan dapat dijumpai di pasaran.