[DIY] Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Di tengah mewabahnya virus corona, masker serta hand sanitizer jadi produk yg paling banyak dicari orang, bahkan saat ini untuk memperoleh hand sanitizer di pasaran amat sulit, beserta harganya juga betul-betul mahal. Hal ini niscaya menjadi kegelisahan bagi masyarakat yg menginginkannya. Tak mesti bersedih, kita dapat kok membangun hand sanitizer sendiri.

menangkal sungguh lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk menghindari infeksi virus corona beserta penyakit COVID-19. Salah satu cara utamanya ialah membela kebersihan dengan mencuci tangan, tapi sekiranya tak sempat cuci tangan, orang akan lebih praktis memutuskan menggunakan hand sanitizer.

Tapi sebab maraknya virus corona, banyak persediaan hand sanitizer di pasaran tak sebanyak dulu serta produsen mungkin tak mampu memenuhi permintaan hand sanitizer yg semakin banyak. Untungnya, memproduksi hand sanitizer sendiri tidak serumit yg dibayangkan, kendatipun sungguh wajib diawasi dengan seksama.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika, hand sanitizer terbaik adalah yang berbahan dasar alkohol, ataupun mempunyai kandungan alkohol lebih banyak daripada bahan lainnya.

Membuat hand sanitizer membutuhkan bahan-bahan berikut ini:
  • Isopropil maupun alkohol (99 persen alkohol)
  • Gel aloe vera/lidah buaya
  • Minyak esensial untuk pengharum, semacam lavender ataupun tea tree oil.

Cara membentuk hand sanitizer di rumah
Kunci mempersiapkan hand sanitizer yg efektif membunuh kuman adalah memakai perbandingan bahan 2:1 untuk alkohol beserta lidah buaya. cara ini akan mengawasi kandungan alkohol sebantak 60% pada hand sanitizer.

Bahan:
  • 3/4 mangkuk isopropil maupun alkohol (99%)
  • 1/4 mangkuk aloe vera gel
  • beberapa tetes minyak esensial

Cara membuat:
  • Campurkan semua bahan dalam wadah steril dengan memakai sendok plastik yang kering serta telah bersih.
  • Tuang ke di dalam botol kosong yang bersih.

Hampir sama, menurut World Health Organization (WHO), aransemen hand sanitizer terdiri dari isopropil alkohol maupun etanol, hidrogen peroksida, gliserin beserta air steril, air yg sudah disuling ataupun air yg telah direbus.

Jadi, pastikan memproduksi hand sanitizer dengan pedoman bahan di atas ya. seumpama takut membentuk hand sanitizer yang tidak tepat, dapat minta saran ke dokter ataupun ahli kesehatan.