Mengapa Harus Ada Seorang Housekeeping Di Hotel?

Housekeeping di indonesia diucap dengan tata graha, yang berasal dari kata  tata berarti mengawasi ,  menyelenggarakan, mengategorikan, mengopeni, sedangkan graha ialah bangunan, rumah,  wisma, hotel. arti tata graha (housekeeping) yakni bagian dari departemen yang bertanggung jawab menata atau menata peralatan, mengawasi kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Beban kerja housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat penting disamping  mejaga kebersihan dan kenyamanan serta memperbaiki kerusakan dan memberikan sentuhan dekorasi pada suatu lokasi, Housekeeping juga diharuskan memiliki perencanaan jangka pendek ataupun jangka panjang dalam rangka mengontrol penggantian furniture atau perlengkapan lain-lain serupa  vacum cleaner,  brushing mesin  dll.

Housekeeping yaitu sebutan lain dari tata graha adalah salah satu departement yang berlokasikan dibawah room devision. Kata house keeping dibagi ialah dua ialah House yang artinya rumah dan keeping yang artinya melindungi. akibatnya dapat diartikan housekeeping yakni mengawasi rumah. Dalam artian luas housekeeping merupakan bagian atau departement yang ada di hotel yang memiliki fungsi untuk mengawal, mengurus, dan membersihkan serta merawat rooms atau kamar-kamar hotel maupun daerah diluar kamar hotel.

Pengertian Housekeeping

pengertian Housekeeping menurut Djohan, T.M (1993)ialah salah satu bagian yang ada didalam hoetl yang mengatasi hal-hal terkait dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh lokalitasl umum agar seluruh tamu dan staf dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel.

uraian Hotel menurut Menteri melancong Pos dan Telekomunikasi No. KM3/PW/003/MPPT86 yaitu salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruhnya jasa lain-lain bagi umum yang dikelola secara komersil. Pengertian housekeeping lain-lain yaitu salah satu departement yang berada di sebuah hotel yang mementingkan kelengkapan, kebersihan, kamar, keselamatan, kelestarian lingkungan pada kawasan hotel baik dalam hal operasional maupun administrasinya.