13. Memahami Manfaat Bawang Putih Dalam Menangani Hipertensi

Bawang putih atau garlic yakni salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan, termasuk untuk menyurutkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, benarkah bawang putih mampu menanggulangi hipertensi?

yakni salah satu penyakit yang banyak dialami penduduk Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terjadi kenaikan jumlah penderita hipertensi daripada 5 tahun sebelumnya.

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darahnya sudah menjangkau 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya pada bermacam-macam organ fisik, misalnya gagal ginjal, serangan jantung, atau stroke, jika tidak ditangani.

Bawang Putih Dapat merendahkan Kolesterol

Bawang putih dapat membantu menyusutkan kolesterol, yang ialah salah satu faktor pembawa meningkatnya tekanan darah. Dalam hal ini, bawang putih bertugas dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari makanan di dalam saluran pencernaan.

Bawang putih juga mampu menghambat kerja enzim HMG-CoA (3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme A) reductase dan hepatic cholesterol 7α-hydroxylase yang berkewajiban besar dalam memgambaran kolesterol. Dengan demikian, produksi kolesterol pun akan menurun.


Menangani Hipertensi dengan Bawang Putih

Selain menyusutkan kolesterol, yang secara tidak langsung dapat merendahkan tekanan darah, bawang putih juga mengandung zat-zat yang membantu mengawasi tekanan darah agar tetap normal. Menurut penelitian, zat alami dalam bawang putih yang mampu menyurutkan tekanan darah, antara lain:
  • Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate)
  • Allyl methyl thiosulfonate
  • 1-propenyl allyl thiosulfonate
  • Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine


Zat-zat yang tersemat di dalam bawang putih tersebut bertindak dengan cara merangsang fisik untuk memperoleh zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S). Kedua zat tersebut akan menyurutkan ketegangan pada pembuluh darah yang memproduksi tekanan darah meningkat. Melemasnya pembuluh darah akan diikuti dengan turunnya tekanan darah.

Di samping itu, bawang putih juga bertindak dengan cara menghambat kerja zat endothelin 1 dan angiotensin II, yang pada akhirnya juga melemaskan pembuluh darah.

Namun sayangnya, kandungan zat aktif di dalam 1 siung bawang putih yang satu dengan yang sebagainya belum tentu sama, akibatnya efek terapi yang didapatkan juga akan berbeda.

Oleh karena itu, sebelum menerapkan bawang putih menjadi alternatif terapi komplemen untuk menanggulangi hipertensi, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter penyakit dalam atau dokter gizi. 

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami juga Efektif


Tekanan darah tidak melulu sanggup diturunkan dengan mengonsumsi obat. Berikut ini daftar makanan penurun darah tinggi.

Sayuran Hijau

Hipertensi maupun tekanan darah tinggi bakal sebabkan masalah kesehatan. gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi, kayak bayam serta sawi bisa bantu mengontrol tekanan darah.

Hipertensi juga kerap disebut sebagai silent killer karena terkadang tak mengakibatkan gejala alhasil tak terobati untuk waktu yang lama serta mengakibatkan kematian. Namun, diet dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi berikut dapat membantu mengontrol tekanan darah kamu.

Menurut Harvard Medical School, berjibun sayuran berdaun hijau, kayak kubis, bayam, serta collard mengandung kalium juga magnesium yang yakni mineral fundamental untuk mengatasi tekanan darah. Nutrisi ini yakni bagian berharga dari diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Diet kaya kalium menolong tubuh jadi lebih efisien di dalam membuang surplus natrium. Sebaliknya, magnesium didalam sayuran hijau mendukung meningkatkan aliran darah yang sehat.

Selain sayuran, ditemukan beberapa asupan lain yang mampu menyokong menurunkan tekanan darah tinggi kayak buah beri, susu skim serta yogurt, oatmeal, pisang, salmon, mackerel, biji-bijian, cokelat hitam, kacang pistachio, minyak zaitun, dan delima. Simak selengkapnya.

Telur

Telur juga dapat jadi alternatif makanan penurun tensi tinggi. Menurut sebentuk penelitian terbaru yang diusulkan dalam American Chemical Society, putih telur bisa menjadi makanan penurun darah tinggi alami.

Seperti yang dilaporkan MensHealth.com, sewaktu tikus dengan tekanan darah tinggi diberi makan protein yang didapatkan dalam putih telur, tekanan darah mereka turun, sebanding dengan dosis rendah Captopril, obat penurun darah tinggi. kendatipun begitu, khasiat telur sebagai makanan penurun darah tinggi ini wajib penelitian lebih lagi.

Selain itu, kuning telur juga menyimpan peptida yang terbukti bisa mengurangi tekanan darah secara signifikan. Tekanan darah tinggi adalah faktor hasil penyakit kardiovaskular.

Kemudian, putih telur dapat membantu mengurangi tekanan darah dan sama manjur dengan obat biasa. Menurut penelitian pada Pertemuan Nasional & Pameran American Chemical Society di New Orleans dilansir oleh everydayhealth.com, menampakkan bahwa mengelompokkan putih telur dengan obat-obatan mampu jadi satu di antara teknik ampuh mengurangi tekanan darah tinggi.

Brokoli

Tekanan darah tinggi ataupun hipertensi sanggup menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Brokoli yakni sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, serta kalium.

Penelitian sebelumnya pada hewan udah menemukan bahwasanya diet tinggi brokoli bisa membantu mengurangi darah tinggi alami paling cepat, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Brokoli kaya bakal senyawa yang mampu menopang mengurangi kerusakan pada arteri, ini memungkinkannya untuk menjadi satu di antara makanan penurun tensi darah.

Menurut ahli kesehatan, makan lebih gede kangkung maupun brokoli bakal membantu turunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi imbas komplikasi kesehatan serius.

Brokoli ialah sayuran yang sekaligus sumber teratas mineral pengatur tekanan darah magnesium, kalsium, serta kalium. Ketiga mineral tersebut ialah tanda berjibun makanan untuk turunkan tekanan darah.

Jus Bit

Berdasarkan semacam penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan tekanan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit tekanan darahnya turun sekitar 10 mmHg.

Menurut dr. Karin Wiradarma, bit dapat menjadi makanan penurun darah tinggi karena diketahui menyimpan zat yang bernama nitrat, yang sanggup diubah jadi NO (nitrit oksida) dalam tubuh. Zat ini bertugas untuk memperlebar pembuluh darah. bila pembuluh darah melebar, tekanan darah pun akan turun.

Sekali lagi, makanan penurun darah tinggi lazimnya tinggi kalium. Nah, pisang dapat menjadi satu di antara seleksian makanan untuk turunkan darah tinggi secara alami. Satu pisang menyimpan sekitar 420 miligram kalium, atau 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram yang diusulkan American Heart Association setiap harinya.

Cokelat Hitam

Jika sahabat menyidik makanan yang sanggup mengurangi tekanan darah tinggi juga rasanya enak, cokelat hitam sanggup jadi pilihan. kendati rasanya pahit, cokelat hitam kaya antioksidan yang disebut flavanol, yang bikin pembuluh darah lebih elastis. Untuk menemukan hasil terbaik, makanlah cokelat hitam tak lebih dari 1 ons sehari juga pastikan mengandung setidaknya 70 persen kakao.

Buah Delima

Minum jus buah delima secara rutin dapat membantu menyusutkan angka tekanan darah Anda. Tapi, sepantasnya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula. semacam studi pada 2012 lalu mendapatkan bahwa saat orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu, tekanan darahnya turun.

Yoghurt

Yoghurt sanggup menjadi preferensi yang bagus untuk memenuhi keperluan susu sahabat serta menjadi alternatif makanan penurun darah tinggi yang cepat dan efektif. Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 maupun lebih porsi yoghurt seminggu, efek terkena tekanan darah tinggi berkurang hingga 20 persen.

Oatmeal

Oatmeal adalah dari sebagian makanan yang sanggup turunkan tekanan darah tinggi. Oatmeal menyimpan jumlah serat yang cermat juga biji-bijian yang sungguh-sungguh penting untuk melihara tekanan darah normal.

Penelitian klasik udah membuktikan bahwasanya makan oatmeal dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, serat bisa membantu kamu melindungi berat fisik ideal juga mencegah obesitas, faktor konsekuensi tekanan darah tinggi.

Semangka dan Buah kiwi

Beberapa penelitian menuturkan bahwa kandungan asam amino sitrulin yang didapati dalam buah semangka dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi. suatu studi menjumpai mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka mendapati penurunan tekanan darah secara alami, utamanya di pergelangan kaki juga arteri lengan.

Kiwi dipercaya menjadi satu di antara buah penurun darah tinggi. Para peneliti mendeteksi bahwa makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu dapat mengurangi tekanan darah. beberapa saat itu, satu porsi kiwi harian juga dapat mengurangi tekanan darah pada orang-orang yang tekanan darahnya meningkat, walaupun tidak signifikan.

Buah Beri

Makanan yang mampu turunkan darah tinggi seterusnya adalah buah beri. Pigmen yang memberi warna pada jenis buah beri, semacam blueberry, strawberry, serta blackberry, kaya akan antosianin yang memiliki manfaat luar biasa bagi pembuluh darah Anda.

Ini yaitu senyawa alami yang mampu meringankan dinding arteri jadi lebih luas serta lebih fleksibel untuk mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang mempunyai kandungan omega-3 tinggi, semacam salmon, dapat bermanfaat sebagai makanan untuk orang darah tinggi. Penelitian mengekspos omega-3 bisa menurunkan tekanan darah. American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan berlemak setidaknya dua kali didalam seminggu.

Minyak Zaitun

Tidak ada salahnya mengganti minyak sawit sahabat selama ini dengan minyak zaitun. karena, minyak zaitun mengandung senyawa polifenol. Senyawa ini, menurut peneliti dari University of California, bisa melawan peradangan juga menurunkan darah tinggi. Itu sebabnya minyak zaitun yakni bagian berarti dari diet DASH.

Kandungan polifenol di dalam minyak zaitun benar-benar sehat buat tubuh. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu pembuluh darah selalu elastis. Ini ialah pilihan cerdas untuk lemak sehat. kenakan sebagai alternatif mentega, minyak sayur, maupun minyak kanola di dalam masakan kamu tatkala mengolah makanan penurun darah tinggi.