Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksposisi

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksposisi - Kamu tentu sudah sering membaca berita di koran. Berita-berita yang biasanya menjelaskan informasi atau pengetahuan tertentu. Berita yang mirip ini termasuk dalam salah satu jenis teks berbahasa Indo…

Kamu tentu sudah sering membaca berita di koran. Berita-berita yang biasanya menjelaskan informasi atau pengetahuan tertentu. Berita yang mirip ini termasuk dalam salah satu jenis teks berbahasa Indonesia, teks eksposisi. Disini kami bakal membahas tentang pengertian umum dan jenis-jenis teks eksposisi.

Teks eksposisi ialah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung info atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam rupa yang padat, singkat dan jelas. Pada paragraf eksposisi tersebut mempunyai sifat ilmiah atau bisa kita katakan seperti pernyataan yang bersifat non fiksi. Sebuah teks eksposisi bisa membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Tujuan teks esjabatan merupakan untuk menjelaskan atau memaparkan info tertentu efeknya dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

Ada sejumlah jenis teks eksposisi yang perlu kamu tahu, di antaranya:
  • Teks eksposisi interpretasi
  • Teks eksposisi proses
  • Teks eksposisi klasifikasi
  • Teks eksposisi pertentangan
  • Teks eksposisi Ilustrasi
  • Teks eksposisi Analisis
  • Teks eksposisi perbandingan
  • Teks eksposisi berita
Sebagai upaya untuk memperjelas dan agar kamu nggak bingung, simak sejumlah contoh teks eksposisi berikut ini:

Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan melewatinya. Nah, proses pembiasan ini yang memisahkan cahaya putih merupakan warna spektrum. Warna spektrum yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Atau yang sering kita tahu dengan singkatan mejikuhibiniu. Kemudian warna-warna itu memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya tampak melengkung ialah pelangi.

Suara dan Cahaya Petir

Tahukah kamu kenapa cahaya petir dan suaranya datang dalam waktu yang beda? Ada berbeda-beda waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya. Kecepatan suara 767 mil per jam (1,230 kilometer per jam), sedangkan kecepatan cahaya ialah 669,6 juta miles per hour (1, 08 miliar kilometres per jam).

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi dalam Bahasa Indonesia sekarang sudah bisa ditemukan di mana-mana. Di koran, majalah, buku bacaan, semuanya ada. Ada sejumlah jenis teks eksposisi, di antaranya yaitu teks eksposisi keterangan, teks eksposisi proses, teks eksposisi klasifikasi, teks eksposisi pertentangan, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi analisis, teks eksposisi perbandingan, dan teks eksposisi berita.
Disini kita bakal bahas soal sejumlah jenis teks eksposisi, di antaranya teks eksposisi penjelasan dan teks arti proses.

Teks eksposisi definisi
eksposisi ketentuan yakni suatu paragraf eksposisi yang mempunyai isi mengenai pengertian suatu hal. Contohnya serupa ini:

Lagu anak yakni lagu yang mengandung nilai-nilai yang selaras untuk anak-anak, biasanya dibuat dengan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami anak-anak usia 6 sampai 12 tahun. Dengan demikian, tidak semua lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak bisa ditutur lagu anak.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Sejumlah contoh dari sejumlah jenis paragraf eksposisi telah ditampilkan di artikel ini. Adapun artikel tersebut antara lain contoh paragraf eksposisi maksud, dan contoh paragraf eksposisi klasifikasi. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan sejumlah contoh paragraf eksposisi dari jenis paragraf eksposisi lain-lain, di mana jenis paragraf eksposisi tersebut yaitu paragraf eksposisi proses. Paragraf eksposisi proses sendiri adalah paragraf yang berisi proses atau tatacara dalam mengerjakan suatu hal. rupa atau isi dari paragraf ini sendiri kurang lebih sama dengan yang ada pada teks prosedur dalam bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui mirip apa wujud dari paragraf ini, berikut ditampilkan sejumlah contoh paragraf eksposisi proses yang diitampilkan di bawah ini!

Contoh 1:
Nasi goreng adalah masakan yang lazim di Indonesia. Makanan ini sering dimasak dan disajikan baik itu di rumah ataupun di restoran; baik pagi ataupun malam. Nasi goreng sendiri tergolong masakan yang tergolong mudah untuk disajikan. Adapun langkah-langkah yang mesti ditindak lanjuti dalam menghasilkan nasi goreng antara lain:

Menyediakan sejumlah alat dan bahan serupa spatula, minyak gorang/mentega, wajan, kompor, piring, nasi satu piring, kecap, telur, bawang merah+bawang putih, dan bahan lanjutan lain serupa saus sambal, sosis, daging, dan lai bagaikannya.
Memanaskan minyak goreng atau mentega di atas wajan dengan api sedang.
Memasukan pelbagai bahan mirip bawang merah+bawang putih, telur, nasi goreng, dan bahan-bahan sebagainya.
Meniriskan nasi goreng di atas piring saat nasi goreng telah matang.
Nasi goreng pun siap untuk disajikan dan juga disantap.

Contoh 2:
Kue cucur ialah salah satu kue tradisional yang ada di Indonesia. Kue ini ada di hampir seluruh area di Indonesia, serupa di Jawa Barat, Yogyakarta, dan juga Sumatera Barat. Dari segi pembuatannya, kue ini tergolong sederhana dan mudah untuk dibuat. Adapun porses pembuatan kue ini sendiri (yang dilansir dari laman id.wikibooks.org) merupakan selaku berikut!

Bahan-Bahan:
450 ml air.
150 gram gula merah yang telah disisir secara halus.
100 gram gula pasir.
300 gram tepung beras.
30 gram tepung terigu.
Minyak goreng secukupnya.

Cara menghasilkan:
Didihkan air, gula merah, dan gula pasir. Setelah didihkan, air hasil rebusan tiga bahan tersebut lalu disaring dengan mengaplikasikan saringan.
Tuang air hasil rebusan tiga bahan tersebut ke dalam tepung beras dan tepung terigu sambil diuleni selama kurang lebih 15 menit.
Setelah diuleni, adonan tersebut kemudian dikocok-kocok dengan menerapkan sendok sayur selama kurang lebih 20 menit.
Diamkan adonan selama 2 jam.
Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil dengan api sedang, kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan kue cucur ke dalamnya.
Selama di dalam wajan, siramkan minyak ke adonan kue cucur lalu adonan ditusuk dengan tusuk sate di bagian tengahnya hingga adonan tersebut yaitu kering.
Angkat adonan lalu kemudian tiriskan.
Kue cucur pun siap untuk disajikan dan juga disantap.

Demikianlah sejumlah contoh paragraf eksposisi proses dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui sejumlah contoh dari jenis-jenis paragraf lain-lain, maka pembaca bisa membuka dua artikel berikut, merupakan contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, dan juga artikel contoh paragraf deskripsi tentang ekonomi. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf pada khususnya, ataupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement