Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Redistribusi Pendapatan

Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Redistribusi Pendapatan - Redistibusi penghasilan ialah usaha menyalurkan kembali penghasilan dari rakyat yang mempunyai ekonomi yang mampu(kaya) kepada warga yang tidak mampu(miskin). Contoh: pungutuan pajak, merupakan redis…

Redistibusi penghasilan ialah usaha menyalurkan kembali penghasilan dari rakyat yang mempunyai ekonomi yang mampu(kaya) kepada warga yang tidak mampu(miskin).

Contoh: pungutuan pajak, merupakan redistribusi untuk wujud jaminan sosial pemerintah kepada rakyat. 

Redistribusi penghasilan dibagi ialah 2 macam ialah:

Redistribusi vertikal yakni aktifitas, kegiatan transfer/memberi, uang dari orang yang kaya/mampu kepada orang yang tidak mampu/miskin.

Contoh: Membeli suatu barang diminimarket, membeli barang dimall, harga barang-barang tersebut sudah ada pajaknya. Hasil pajak tersebut, akan dimanfaatkan pemerintah memberi subsidi. mirip memberi subsidi ke tiket kendaraan umum yang yaitu lebih murah karena pajak tersebut.

Redistribusi horizontal, merupakan transfer/memberi uang antarkelompok.

Contoh
mirip siklus kehidupan, orang dewasa ke anak-anak. Orang dewasa yang berpendapatan akan memberi pendapatanya kepada saudaranya. Namun berbanding berbeda waktu kecil, belum berpendapatan, hanya diberi uang oleh orang dewasa.

Suatu kelompok perusahaan maupun pekerja menyumbangkan uang untuk jaminan sosial kepada masyarkat.

Program Program Pemerataan Redistribusi penghasilan

Pemberian jaminan akses kebutuhan primer kepada rakyat tidak mampu.

Kebutuhan primer mirip sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan pula untuk rakyat tidak mampu.

Program pemberian kredit lunak.

Program dikenal KUR(Kredit Usaha Rakyat), ini bertujuan meminjami modal usaha kecil biar berkembang, dan memberi bunga rendah pula untuk para, pelaksana wirausaha.

Pemerintah dalam usahanya untuk pemerataan ekonomi merupakan pengembangan industri kecil.

Program ini diujar Program Nasional Pemberdayaan rakyat Mandiri Pedesaan(PNPM Mandiri Pedesaan). Tujuan program ini untuk menanggulangi kemisikan, perluasan kesempatan kerja, mempercepat pemerataan penghasilan.


Pengertian redistribusi penghasilan adalah reditribusi yaitu penyebaran kekayaan atau kepemilikan yang diiliki oleh kelompok menengah atas di salurkan kepada kelompok menengah kebawah. Retridistribusi bertujuan untuk memeratakan penghasilan. Pendistribusian penghasilan ini dapat berupa penmungutan pajak, dan pemungutan lain-lain.

Redistribusi penghasilan dapat berupa Vertikal Dan Horizontal:
1. Redistribusi Vertikal merupakan redistribusi yang ditindak lanjuti cara mengaplikasikan transfer berupa uang yang ditindak lanjuti oleh golongan menengah atas ke golongan menengah ke bawah .
2. Redistribusi Horizontal yaitu redistribusi yang ditindak lanjuti dengan cara mentransfer uang dari kelompok satu ke kelompok yang lain-lain.

TEKNIK REDISTRIBUSI PENGHASILAN


1. Transfer Tunai
Teknik ini ialah kaidah pemerataan sama dengan redistribusi vertikal yakni dengan cara menstransfer uang dengan penghasilan yang diterima.

2. Transfer Barang
Teknik ini merupakan program yang ditindak lanjuti dengan cara mentransfer berupa barang yang berpotongan fisik dan bukan berupa uang.

3. Program kesempata kerja
Teknik ini merupakan program yang ditindak lanjuti dengn cara menyediaka lapangan peerjaan bagi orang-orang golongan menengah kebawah yang disertai pemberian skill.

Apa yang dimaksud dengan redistribusi penghasilan?

Redistribusi (pendistribusian kembali) penghasilan ialah pendistribusian kembali penghasilan warga kelompok kaya kepada rakyat kelompok miskin baik dari pajak atau pungutan pungutan lain.

Apa yang dimaksud redistribusi penghasilan?

Redistribusi penghasilan adalah salah satu kewajiban Pemerintah dengan cara dana yang dari publik (baik pajak ataupun non-pajak) dimanfaatkan untuk memperluas pemerataan penghasilan dan kesejahteraan.

Contoh redistribusi pendapatan nasional

Praktik redistribusi penghasilan di Indonesia dan contohnya ialah:

1. Pajak
Pajak menjadi redistribusi penghasilan berarti bahwa orang pribadi/badan yang berpendapatan tinggi akan membayar lebih kepada negara untuk membantu membangun sarana dan infrastruktur yang dapat dimanfaatkan untuk semua.

Dengan demikian, orang dengan penghasilan rendah akan menciptakan manfaat secara tidak langsung dari penghasilan orang yang berpendapatan tinggi.

Contoh: pajak untuk membangun jalan. Orang miskin, biarpun tidak punya mobil atau kendaraan pribadi lainya, tetap akan mendapati manfaat dari dibentuknya jalan, karena dapat berangkat kerja dengan mudah mengaplikasikan transportasi umum. Barang kebutuhan juga akan lebih murah bila angkutannya mudah.

2. Subsidi
Subsidi kepada golongan yang dianggap tidak mampu menerapkan dana dari penghasilan negara (baik pajak ataupun non-pajak) untuk meringankan biaya kebutuhan sehari-hari.

Contoh: subsidi bahan bakar motor (BBM).

3. Asuransi
Asuransi merupakan resdistribusi penghasilan, dimana peserta suransi akan secara tidak langsung membantu peserta lain yang menemukan musibah, mirip penyakit, kecelakaan atau meninggal dunia.

Contoh: asuransi ini ialah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

4. Zakat dan sedekah
Sumbangan yang bersifat keagamaan serupa zakat, sedekat (dalam agama Islam) atau persepuluhan (dalam aama Kristen) merupakan contoh redistribusi penghasilan, dari para pemeluk agama yang mampu kepada golongan yang kurang mampu. Sumbangan keagamaan ini bermanfaat mengurangi kesenjangan sosial, meluaskan solidaritas dan rasa peduli serta membantu pihak yang memerlukan.

Contoh: zakat fitrah setiap sebelum hari raya Idul Fitri

5. Kredit lunak
Kredit lunak ialah redistribusi penghasilan kepada wirausaha kecil dari kalangan industri yang lebih maju. Bantuan kredit lunak untuk modal usaha bermanfaat bagi wirausaha kecil untuk mengembangkan usaha. Bantuan ini juga membuka lapangan kerja efeknya warga kecil akan meningkat kesejahteraannya.

Berikan Contoh redistribusi pendapatan dalam bidang pertanian

Contoh redistribusi penghasilan dalam bidang perkebunan, ialah:
Pemberian subsidi / bantuan berupa benih bermutu dan pupuk kepada para petani.

Penjelasan:
Redistribusi penghasilan yaitu pendistribusian kembali penghasilan warga golong kaya kepada masyakarakat golongan miskin.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement