10 Manfaat Bengkoang untuk Kebugaran dan Kecantikan

Warga negara Indonesia pasti tidak asing lagi sama yang namanya bengkoang. Tipe umbi-umbian hal yang demikian tak jarang dibuat menjadi menu di rujak, jus, salad dan asinan buah.

Tidak cuma di Indonesia, Bengkoang termasuk  tenar di bermacam-macam belahan dunia. Pun bengkoang banyak dipakai sebagai bahan pokok dalam produk kecantikan seperti sabun, lotion, lulur, sampai masker.

Bengkoang mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Manfaat bengkoang untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Pun umbi ini juga memberikan khasiat lebih bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan hal yang demikian yakni tanaman tahunan dan bisa tumbuh menempuh 4-5 meter panjangnya, padahal akarnya dapat menempuh 2 meter. Batang pohon bengkoang menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang menjalar ke bawah.

Berdasarkan hasil sebuah studi dalam Sciencedirect, bengkoang mempunyai nama latin Pachyrhizus erosus. Umbi-umbian hal yang demikian mempunyai nutrisi penting antara lain mineral, fitonutrien, dan senyawa organik lainnya.

Bengkoang terhitung  punya kandungan serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein nabati. Segala kandungan hal yang demikian tentu sungguh-sungguh dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut merupakan manfaat bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan


1. Melancarkan Pencernaan

Bengkoang memiliki kandungan serat makanan cukup tinggi. Pada dasarnya, segala makanan yang mempunyai kandungan serat sungguh-sungguh bagus untuk menolong pelaksanaan pencernaan tubuh. Kandungan serat hal yang demikian berimbas bagus untuk memecahkan ambeien, perut kekenyangan, diare, sampai gangguan pencernaan lainnya.

Bagi Anda mengalami siklus membuang air besar (BAB) yang tak rutin, karenanya rajinlah konsumsi bengkoang. Kecuali serat, kandungan mineral pada Bengkoang termasuk  benar-benar bagus untuk menjaga kesehatan cara pencernaan.

2. Menjaga Tenaga dan Kepadatan Tulang

Tulang ialah satu di antara organ tubuh yang benar-benar penting, sehingga sepatutnya dijaga kesehatannya. Sekiranya tulang mulai lemah dan kropos, karenanya dapat berimbas buruk bagi kehidupan.

Anda dapat menjaga tenaga dan kepadatan dan energi tulang. Senyawa mineral dalam bengkoang mencakup magnesium, zat tembaga, dan zat besi. Kandungan ini tidak cuma bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh, tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Bengkoang mempunyai kesanggupan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kadar LDL yang benar-benar terkait dengan penyakit jantung. Anda dapat mengkonsumsi bengkoang mentah atau diolah menjadi jus untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Kandungan air dan serat dalam bengkuang bisa menolong menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kecuali serat dan kadar mineral yang tinggi, kandungan vitamin C dalam Bengkoang terhitung  berfungsi sebagai antioksidan juga bisa menolong dalam cara kerja penurunan kadar kolesterol dalam darah.

4. Menyelesaikan Darah Tinggi

Bengkoang mengandung kalium cukup tinggi untuk menolong mengendalikan tekanan darah. Senyawa kalium yakni vasodilator yang akan berfungsi dalam mengurangi ketegangan pada pembuluh darah sehingga berguna untuk menurunkan stres pada metode kardiovaskular.

Dengan seperti itu, bengkoang bisa memecahkan tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan tembaga dan zat besi yang ada dalam bengkoang berkhasiat untuk menjaga kesehatan metode sirkulasi darah. Senyawa hal yang demikian ialah unsur penting bagi sel darah merah.

Dengan adanya unsur-faktor hal yang demikian, karenanya bisa melancarkan oksigen tersebar ke segala tubuh via metode sirkulasi darah yang lancar.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seluruh orang tentu mau mempunyai otak cerdas dan kecakapan kognitif mengesankan. Anda dapat mewujudkannya dengan mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin. Manfaat kni dilarenakan adanya kandungan vitamin B6 pada bengkoang yang diandalkan cakap memaksimalkan kecakapan kognitif dan fungsi otak lainnya.

7. Mencegah Penyakit

Manfaat bengkoang berikutnya ialah meningkatkan cara imunitas tubuh, sehingga bisa bisa mencegah beragam penyakit. Bengkoang mengandung vitamin C cukup tinggi.

Vitamin C dalam tubuh berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan metode kekebalan tubuh. Kalau kekebalan tubuh meningkat, karenanya Anda tak akan gampang terserang kuman, virus, maupun jamur yang bisa menyebabkan penyakit.

Kandungan vitamin C dalam Bengkoang terhitung  ialah zat antioksidan natural yang cakap memerangi radikal bebas hasil polusi. Faktanya, radikal bebas bisa menyebabkan bahaya kesehatan yang mengkhawatirkan.

8. Menuntaskan Diabetes dan Turunkan Berat Badan

Pasien diabetes umumnya akan direkomendasikan oleh dokter untuk mengkonsumsi bengkoang. Umbi hal yang demikian bisa membatasi gula dalam darah. Bengkoang memang mempunyai rasa segar tanpa asam atau manis seperti buah-buahan pada lazimnya.

Melainkan justru di balik rasanya, bengkoang mengandung gula cukup rendah, sehingga daat menurunkan kadar gula dalam darah. Kecuali itu, Bengkoang terhitung  mengandung rendah kalori dan serat yang tinggi guna menolong seseorang untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan


9. Mencerahkan Kulit

Manfaat bengkoang untuk mencerahkan dan mempercantik kulit tidak perlu diragukan lagi. Banyak produk kecantikan yang berbahan utama sari bengkoang. Bengkoang mempunyai kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sehingga benar-benar bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan Vitamin C ditemukan dalam lapisan luar (epidermis) dan dalam (dermis) kulit Anda. Gizi ini berperan sebagai antioksidan yang bisa menolong memproduksi kolagen supaya kulit konsisten sehat dan cemerlang secara natural.

Anda dapat membikin masker bengkoang natural untuk menutrisi kulit dari luar. Kecuali itu, Anda dapat mengkonsumsi bengkoang untuk menyehatkan kulit dari dalam.

10. Bikin Awet Muda

Awet muda yakni dambaan beberapa besar orang. Kecuali mengaplikasikan perawatan kimiawi, Anda akan lebih bagus memakai bengkoang untuk merawat kulit secara natural dan aman.

Vitamin C dalam bengkoang bisa menghilangkan pertanda-pertanda penuaan sebab berperan dalam sintesis kolagen dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa menolong membetulkan dan mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari radikal bebas dan imbas buruk cahaya sang surya.