Apa yang Dimaksud Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi? Berikut Pengertian dan Contoh Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Kita yakin kamu sudah akrab dengan kata eksplanasi. Karena di dunia pendidikan dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita biasanya menemukan kata eksplanasi, mungkin dari guru kita, orang tua kita, bahkan dari teman kita.

Ini adalah salah satu contoh teks eksplanasi. Misalnya, apakah Anda pernah menjelaskan sesuatu kepada teman Anda? Misalnya teman Anda bertanya, bagaimana proses hujan, atau bagaimana proses penciptaan manusia ?, dll. Lalu Anda jelaskan kepada teman Anda tentang hal itu. Penjelasan ini adalah salah satu contoh teks eksplanasi.

Lantas apa itu Kausalitas? Kausalitas adalah prinsip sebab-akibat yang ilmunya dan pengetahuan yang secara otomatis bisa diketahui tanpa membutuhkan pengetahuan dan perantaraan ilmu yang lain; bahwa setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan serta kekhususan-kekhususan eksistensinya akibat sesuatu atau berbagai hal lain yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak memerlukan sanggahan. Keharusan dan keaslian sistem kausal merupakan bagian dari ilmu-ilmu manusia yang telah dikenal bersama dan tidak diliputi keraguan apapun.

Definisi Teks Eksplanasi adalah teks yang menceritakan proses yang berkaitan dengan pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah dan budaya. Teks Eksplanasi adalah untuk mengatakan 'mengapa' dan 'bagaimana' pembentukan fenomena. Ini sering ditemukan dalam buku teks sains, geografi dan sejarah. Sedangkan Kausalitas dibangun oleh hubungan antara suatu kejadian (sebab) dan kejadian kedua (akibat atau dampak), yang mana kejadian kedua dipahami sebagai konsekuensi dari yang pertama.

Jadi sampai disini tentu kamu sudah mengetahui pengertian teks eksplanasi dan kausalitas. Lalu, Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi? Adapun yang dimaksud hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi ialah suatu hubungan yang dibentuk karena suatu kejadian atau sebab serta dampak atau akibat dari sebuah kejadian tersebut.

Struktur Umum Teks Eksplanasi
- Pernyataan umum
Pernyataan umum; menyatakan masalah fenomena yang harus dijelaskan.
- Urutan penjelasan
Urutan eksplanasi; menyatakan serangkaian langkah yang menjelaskan fenomena tersebut.

Tujuan Teks Eksplanasi
- Eksplanasi adalah teks yang menceritakan proses yang berkaitan dengan pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah, dan budaya.
- Untuk menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

Menurut Mark Anderson dan Kathy Anderson mengatakan bahwa jenis teks eksplanasi sering digunakan untuk mengetahui bagaimana dan mengapa sesuatu (fenomena) terjadi di alam.

Fitur Bahasa dari Teks Eksplanasi

Dalam teks penjelasan, ada fitur linguistik seperti di bawah ini:
- Menggunakan present tense sederhana
- Menggunakan kata benda abstrak (noun noune noun)
- Menggunakan suara Pasif
- Menggunakan kata kerja Tindakan
- Mengandung penjelasan proses ..


Contoh Teks Eksplanasi

Banyak mobil, motor dan kendaraan modern lainnya memiliki perangkat lampu peringatan bahan bakar. Lampu peringatan biasanya berwarna merah yang menyala secara otomatis ketika tingkat bahan bakar di tangki sangat rendah. Lampu peringatan memberi informasi kepada pengemudi tentang jumlah bensin di dalam tangki. Ketika lampu menyala merah, ia memberi tahu pengemudi bahwa bensin di tangki hampir kosong. Karena itu ia harus memasukkan lebih banyak bahan bakar ke dalam tangki. Namun tahukah Anda cara kerja lampu peringatan bahan bakar?

Nah inilah cara kerja lampu peringatan bahan bakar dan memberikan informasi kepada pengemudi tentang jumlah bensin yang akurat di dalam tangki. Ketika tingkat bahan bakar turun, pelampung di dalam tangki bergerak ke bawah. Ketika kondisi ini terjadi, tuas juga bergerak ke bawah dan itu membuat tuas menyentuh kontak listrik dan menyalakan lampu peringatan bahan bakar di dashboard mobil.

Lampu merah yang muncul di panel bahan bakar dasbor memberi tahu pengemudi bahwa ia membutuhkan lebih banyak bensin untuk mobilnya. Ketika ia menuangkan bensin lebih banyak ke dalam tangki, kondisi ini membuat tingkat bahan bakar naik dan mendorong pelampung ke atas. Sebagai gantinya, itu memutuskan kontak listrik dan membuat lampu merah mati.
Newer Post Older Post Home