Apa yang Dimaksud Dengan Presentasi Video?

Apa yang dimaksud dengan presentasi video? Yang dimaksud presentasi video adalah suatu video animasi atau rekaman yang menggambarkan suatu produk atau layanan (promo layanan dalam format video yang durasinya biasanya tidak lebih dari 30-120 detik). Sebuah presentasi ialah proses penyajian topik ke penonton. Biasanya demonstrasi, pengantar, ceramah, atau pidato yang dimaksudkan untuk menginformasikan, membujuk, menginspirasi, memotivasi, atau untuk membangun niat baik atau untuk menyajikan ide atau produk baru.

Presentasi video yang menarik dan menawan dapat menarik perhatian ribuan pengguna Internet. Jadi, bagaimana Anda bisa membuat presentasi video yang mudah diciptakan dan sangat efektif? Pengetahuan dan keterampilan apa yang diperlukan untuk membuat presentasi video Anda efektif? Bagaimana presentasi video ini dapat mendorong keterlibatan dan pada akhirnya menciptakan konversi?

Sebelum Anda mulai membuat presentasi video Anda, putuskan seperti apa itu nantinya. Ada beberapa jenis presentasi video dan masing-masing memiliki pro dan kontra:

Rekam Presentasi Video Langsung

Cara termudah untuk membuat presentasi video adalah dengan merekam pidato atau penampilan langsung. Presentasi seperti itu biasanya diberikan oleh para ahli terkemuka dari berbagai bidang.

Keunggulan

  • Cepat dan mudah dibuat: Untuk merekam video streaming langsung, Anda hanya perlu kamera. Segera setelah Anda merekam presentasi, Anda dapat langsung mengunggahnya ke situs web atau blog Anda.
  • Kualitas konten yang tinggi: Ketika presenter mempersiapkan pidatonya, ia biasanya melakukan banyak riset pada informasi yang ia persiapkan. Itu sebabnya video ceramah sering mengandung konten yang paling relevan.

Kekurangan

  • Agak mahal untuk dibuat: Jika Anda perlu membuat presentasi video berkualitas profesional pada subjek tertentu, Anda harus mendapatkan layanan dari perusahaan khusus atau menangani sendiri semua produksi. Bagaimanapun, presentasi langsung berkualitas tinggi menyiratkan biaya tinggi yang sesuai.
  • Hak terbatas untuk merekam: Jika Anda membuat rekaman selama pidato presenter, Anda harus mendapatkan hak atas rekaman Anda darinya. Jika tidak, Anda tidak akan dapat mempublikasikan rekaman di situs web Anda.


Presentasi Video Interaktif

Presentasi video interaktif adalah cara paling fleksibel untuk menyajikan informasi. Presentasi semacam ini menggabungkan keunggulan dari kuliah langsung dan webinar. Mari kita lihat keunggulan utamanya:

Keunggulan


  • Cepat dan mudah dibuat: Untuk membuat presentasi video interaktif, Anda hanya perlu memiliki PowerPoint dan kamera web.
  • Memasukkan multimedia tambahan: Anda dapat melengkapi presentasi interaktif Anda dengan rekaman presentasi langsung, plus tautan ke webinar dan / atau multimedia lainnya.
  • Informatif: Presentasi video interaktif dibuat dapat mencakup tidak hanya slide, tetapi juga narasi video dan audio dan pemutar fungsional.
  • Interaktif: Dengan bantuan pemutar dan tombol serta hyperlink interaktif, Anda dapat memberi pengguna kendali penuh atas pemutaran presentasi Anda, atau membatasi kontrol yang tersedia dengan spesifikasi persis Anda.

Cara Membuat Presentasi yang Sukses

Setelah memilih jenis presentasi khusus, kini Anda dapat mulai membuat dan menambahkan konten. Untuk memastikan konten Anda efektif dan relevan, ikuti beberapa aturan sederhana:
  1. Tetap singkat. Statistik menunjukkan bahwa bahkan video yang paling menarik pun bisa kehilangan perhatian penonton di menit kedua pemutaran. Tempatkan nilai pada waktu pengguna Anda yang singkat saja.
  2. Tunjukkan pesan utama Anda terlebih dahulu. Jangan membuat audiens Anda menunggu ide kunci Anda. Tunjukkan dengan jelas di muka dan kemudian secara berurutan tunjukkan semua detail pendukung yang relevan. Segera setelah Anda selesai membungkus presentasi. Bersikap singkat, berani, dan pergi.
  3. Buat argumen yang ringkas. Bantu pengguna menghafal informasi kunci dengan mengulanginya beberapa kali. Mulailah dengan ide kunci Anda, jelaskan selama presentasi dan kemudian rangkum kembali di akhir.
  4. Buat skrip yang relevan. Sangat penting bahwa presentasi Anda singkat. Tetap relevan dan rapi, dan aksen poin utama. Pastikan presentasi Anda dapat dimengerti dengan menggunakan bahasa yang mengalir alami yang dibumbui dengan humor yang mengundang tawa.
  5. Investasikan dalam kualitas. Karena video adalah bagian utama dari presentasi Anda, itu harus berkualitas tinggi. Gunakan kamera resolusi tinggi dan buat rekaman di studio profesional.
  6. Ciptakan nuansa yang kaya dan dinamis. Untuk menarik perhatian audiens, buat presentasi Anda dinamis: gunakan animasi dan transisi dan menyegarkan presentasi Anda dengan mengubah tata letak slide Anda.

Presentasi video adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian klien dan menjawab pertanyaan mereka dalam bentuk yang menarik dan nyaman. Membuat presentasi video yang sukses lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa aturan sederhana dan kemudian belajar menggunakan alat sederhana seperti PowerPoint.
Newer Post Older Post Home